Menyusui ; Perjuangan Kartini Masa Kini



Setiap tanggal 21 April kita memperingati  Hari Kartini. Kartini, melalui tulisan-tulisannya memperjuangkan kesempatan pendidikan bagi perempuan. Atas jasanya itu, Kartini diangkat sebagai pahlawan nasional dan hari kelahirannya dijadikan sebagai hari nasional. Kartini menjadi simbol perjuangan perempuan Indonesia.
Setiap perempuan berjuang sesuai tuntutan jamannya. Bila dulu perempuan berjuang untuk mendapatkan pendidikan, kini perempuan khusunya yang telah menjadi seorang ibu harus berjuang untuk memenuhi hak dasar bayi : ASI. Menyusui sekalipun merupakan sesuatu yang alamiah, pada kenyataannya adalah hal yang tidak mudah.
Banyaknya hambatan menyusui berdampak pada rendahnya angka ASI Eksklusif di Indonesia. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2015 menunjukkan cakupan ASI di Indonesia hanya 30 %. 




Lalu apa yang harus dilakukan para ibu agar sukses menyusui?
Perhatikan tiga hal berikut ini:
Niat
Saat mengetahui kehamilannya, seorang ibu harus sudah memiliki niat bahwa kelak ketika bayinya lahir, ia akan memberikan ASI. Niat tersebut terus dipupuk dengan meyakini bahwa ASI adalah hal yang terbaik untuk bayi. “Air Susu Ibu adalah hadiah yang sangat berharga yang dapat diberikan pada bayi.
Informasi
Selama masa kehamilan hendaknya ibu mulai membekali dirinya dengan segala informasi yang berkaitan dengan ASI. Cari segala informasi tentang ASI, mulai dari apa yang pertama kali dilakukan saat bayi lahir, bagaimana melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini), posisi pelekatan yang benar, segala fakta dan mitos tentang menyusui, dan lain sebagainya.
Dukungan
Menyusui bukan hanya interaksi antara ibu dan bayi saja. Namun juga membutuhkan dukungan dari orang-orang disekitarnya. Mulai dari suami, orantua, keluarga, rekan kerja hingga pemerintah. Menyusui menjadi mudah bila memiliki dukungan dari lingkungan.

Selamat Hari Kartini. Selamat berjuang Ibu . ASI investasi masa depan buah hati. kASIh Ibu, kekuatan Ibu.






Oleh :
Dian Kusumawardani, S.Sos
Ketua Divisi Edukasi & Pelatihan AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia)            Jawa Timur

Menyusui ; Perjuangan Kartini Masa Kini Menyusui ; Perjuangan Kartini Masa Kini Reviewed by Dee_Arif on April 20, 2017 Rating: 5

Mau Sukses Melakukan Food Preparation? Ini Caranya!

Food Preparation,. Food Preparation atau yang lebih akrab disebut foodprep adalah gaya hidup kekinian yang dilakukan oleh para mama ...

Diberdayakan oleh Blogger.