Jumat, 26 Mei 2017

Berpuasa saat Menyusui, Boleh Kah?



Alhamdulillah kita sudah memasuki bulan puasa. Bagi anda yang sedang menyusui seringkali timbul keraguan, bolehkah ibu menyusui berpuasa? Apakah tidak mengganggu pemberian gizi si kecil?.
Ibu menyusui tetap diperbolehkan berpuasa. Puasa pada dasarnya sama dengan mengganti waktu makan. Bila di hari biasanya kita makan di waktu pagi, siang dan malam maka ketika puasa kita makan saat sahur, buka dan sebelum tidur.
Ibu menyusui membutuhkan 700 kalori setiap harinya, untuk itu disarankan agar memenuhi nutrisi dengan banyak mengkonsumsi buah, sayur, serat dan air.



Bagi ibu yang masih menyusui bayi eksklusif (usia 0 - 6 bulan) disarankan untuk tidak berpuasa. Bayi usia 0 – 6 bulan, ASI menjadi satu-satunya sumber nutrisi bayi. Sehingga asupan ibu tidak boleh berkurang.
Produksi ASI bergantung pada supply dan demand, selama berpuasa tetaplah menyusui dan memerah sesuai yang sudah dijadwalkan. ASI akan tetap diproduksi walaupun saat berpuasa selama proses menyusui masih berjalan. Namun setiap ibu memeiliki kondisinya tersendiri. Jika ibu merasa puasa mempengaruhi produksi ASI, maka lakukan evaluasi. Memperbaiki asupan nutrisi atau membatalkan puasa.
Selamat menjalankan ibadah puasa. Ibu menyusui boleh berpuasa bila kondisi memungkinkan.

#day1
#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara

Ditulis Oleh :
Dian Kusumawardani, S.Sos
Konselor Laktasi dan Ketua Divisi Edukasi & Pelatihan AIMI Jawa Timur

Keliling Jakarta Dua Hari, Tidak Cukup !!

Jakarta, kota yang cukup berarti buat saya. Merantau selama 1,5 tahun cukup membuat saya jatuh cinta dan merindu. Makanya se...