Menulis Tidak Sekadar Hobby. Menulis Bisa Menjadi Bisnis yang Menjanjikan. Simak 4 Tips Sukses Berbisnis Menulis dari Teh Indari Mastuti, CEO dari Indscript Creative


Pekan ini grup ODOPfor99days menggelar kuliah whatssapp (Kulwap) bersama Teh Indari Mastuti, CEO dari perusahaan penulisan yang bernama Indiscript Creative. Di kulwap kali ini para member belajar bagaimana menulis tak hanya sekedar hobby, tapi juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.



Mengenal Sosok Indari Mastuti
Indari Mastuti Rezki Resmiyati Soleh Addy adalah nama lengkap dari Indari Mastuti. Indari Mastuti dipilih sebagai nama pena. Perempuan kelahiran Bandung, 38 tahun yang lalu ini adalah alumnus Universitas Padjajaran yang sudah menulis 65 buku.
Hobby menulis sudah ditekuni sejak SD. Perannya sebagai ibu rumah tangga tak menghalanginya untuk memulai sebuah bisnis. Bersama suaminya, Teh Indari Mastuti mendirikan sebuah perusahaan yang bernama Indiscript Creative. sebuah perusahaan yang memiliki core bisnis di bidang penulisan dan training bisnis.



Keberhasilannya merintis bisnis penulisan memperoleh hasil yang gemilang. Tak tanggung-tanggung, sudah 10 penghargaan di bidang bisnis dan penulisan telah diraihnya. Sekarang beliau juga menjadi salah satu pengurus pusat Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Jawa Barat (IWAPI Jabar).

Memulai Bisnis Penulisan

Indiscript Creative mulai didirikan pada tahun 2007. Perusahaan ini menjadi wadah bagi para ibu rumah tangga (IRT) untuk melejitkan potensinya di bidang bisnis dan penulisan. Indscript Creative menjadi agen naskah yaitu menjadi “jembatan” antara penulis dengan penerbit untuk menerbitkan naskah menjadi buku. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan pasar, maka kini Indscript Creative berkembang menjadi Indscript Copywriting dan Indscript Training Center.
Menjalankan bisnis penulisan selama 11 tahun tentu memiliki banyak pengalaman yang tak diragukan lagi. Teh Indari juga tak segan membagai tips kepada peserta kulwap ODOPfor 99days yang ingin memulai bisnis penulisan. Berikut ini beberapa tips yang diberikan oleh Teh indari Mastuti, bila ingin sukses menjalankan bisnis penulisan.



Pertama,  sebelum memulai bisnis penulisan kita harus punya mental bisnis. Anggaplah bisnis penulisan kita seperti halnya bisnis-bisnis lainnya. Misalnya, bisnis fashion ataupun bisnis kuliner, jangan sampai menganggap bahwa bisnis penulisan ini hanya sebagai sampingan atau sekadar mengisi waktu luang kita di rumah.
Kedua, siapkan portofolio. Portofolio bisa berupa blog, artikel di berbagai media cetak ataupun media online. Ketiga, pastikan membidik pasar yang jelas, dan jasa penulisan yang jelas anda kuasai. Contoh, waktu memulai bisnis Indscript, Teh Indari menyadari bahwa keahliannya adalah menulis buku, maka pasarnya adalah penerbit.
Keempat, jangan malu-malu untuk membrandingkan diri sebagai seorang penulis. Jadilah penulis yang berbeda dengan penulis lainnya. Misalnya, Teh Indari yang membranding dirinya sebagai penulis yang paham dunia bisnis dan mencetak lebih banyak menulis.
Sebelum keempat tips tersebut dilakukan dan menjalankan bisnis penulisan, pastikan kita memiliki kemampuan menulis dengan baik. Kemampuan menulis dengan baik bisa diasah dengan banyak mencari referensi dan rutin menulis setiap hari. Jadwal harian akan mempermudah kita memiliki waktu untuk menulis. Jadwalkan ada waktu rutin setiap harinya untuk menulis. Tak perlu banyak-banyak, satu jam juga sudah cukup, yang utama adalah konsistensi. Jadi bagaimana? Mau berbisnis penulisan? Kalau saya sih iyes.

Menulis Tidak Sekadar Hobby. Menulis Bisa Menjadi Bisnis yang Menjanjikan. Simak 4 Tips Sukses Berbisnis Menulis dari Teh Indari Mastuti, CEO dari Indscript Creative Menulis Tidak Sekadar Hobby. Menulis Bisa Menjadi Bisnis yang Menjanjikan. Simak 4 Tips Sukses Berbisnis Menulis dari Teh Indari Mastuti, CEO dari Indscript Creative Reviewed by Dee_Arif on Maret 27, 2018 Rating: 5

4 komentar:

  1. Teh Indari asyiik pisan bisa menginspirasi para perempuan di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  2. Ih keren yaa Teh Indari.. kalo saya satu jam itu ibarat baru pemanasan mbak, hehehe. Mungkin memang harus selalu dibiasakan biar nulisnya makin cepat dan makin baik.. Makasih resumenya teh.

    BalasHapus
  3. Wuaaa keren. Makasih banyak tipsnya.

    BalasHapus

Situs Streaming Film Yang Wajib Dikunjungi

Kesibukan kantor dan juga kesibukkan kampus yang tidak ada hentinya akan menyebabkan pikiran menjadi kusut. Sehingga dampaknya rasa sunt...

Diberdayakan oleh Blogger.