Kamis, 17 Mei 2018

Mengenal Sirup Legendaris dari Kota Pahlawan



Surabaya, selain terkenal dengan bangunan-bangunan tempo dulunya juga masih menyisakan kuliner jadulnya.
Salah satunya adalah Siropen Telasih Surabaya.
Ini adalah sirup pertama yang dikenal oleh orang Indonesia.

Sirup ini mulai diproduksi sejak tahun 1923.
Sirup ini didirikan oleh seorang Belanda bernama JC Van Drogele.
Pabriknya ada di Jalan Mliwis no 5 Surabaya.
Pabrik dengan arsitektur kuno khas Belanda ini, hingga kini masih kokoh berdiri.

Dulunya sirup ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan terbatas.
Sirup ini hanya boleh diminum oleh orang Belanda dan kalangan bangsawan saja.
Rakyat biasa hanya bisa menelan ludah tanpa bisa menikmati kesegaran sirup ini.

Siropen Telasih Surabaya ini ada dua jenis.
Pertama, Siropen Telasih yang terdiri dari 8 varian rasa.
Yaitu Jeruk Keprok, Mawar, Lychee, Frambosen, Melon, Vanili, Cocopandan dan Arbei.
Harganya dibandrol sekitar 23-24 ribu/botol.
Sirup ini bisa didapat di modern market lokal, seperti Bilka.


Siropen Telasih Surabaya (Sumber Gambar : Kabar Surabaya)



Kedua, Siropen Gourmet.
Sirup ini untuk campuran kopi.
Juga terdapat 8 varian rasa.
Antara lain hazelnut, caramel, vanila, mocha, rum, iris cream, mojinto mint dan chocolate.
Siroupen Gourmet ini bisa di dapat di Papaya dan Ranch Matket.
Harganya sekitar 85-100 ribu/botol.

Sirup ini mampu bertahan selama 95 tahun karena selalu menjaga kualitasnya.
Selalu menggunakan gula asli dan tanpa bahan pengawet.
Saat ini hanya memproduksi untuk pasaran lokal Jawa Timur saja.
Sedangkan untuk daerah lain dibuat berdasarkan pesanan.
Setiap bulannya pabrik ini memproduksi 10-15 ribu botol sirup per bulannya.

Jadi bagaimana? Tertarik mencicipi sirup legendaris ini?

15 komentar:

  1. kok kurang familiar ya sama bentuk botolnya. jarang nemu di Batam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,, klo di luar jatim made by order

      Hapus
  2. Siropen telasih yg frambosen ini favorit banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru mau ntoba yg frambosen :)

      Hapus
  3. wah kok aku baru tahu ya, pdhl dulu mah sering banget ke surabaya ke rumah nenek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,, emang terbatas promonya

      Hapus
  4. Ini sirope wong sugih kalau kata Mamaku dulu, rasanya enak banget.. Jadi kangen pulkam Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak,, dulu kn cm blh buat bangsawan

      Hapus
  5. Baru tau soal sirup ini. Untuk rasa bedanya sama m*rj*n dll itu apa mbak? Penasaran jadinya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini tanpa bahan pengawet. 95 tahun tetap jaga kualitas

      Hapus
  6. Di Sidoarjo ada gak ya? Males ke Sby :D Aku naksir botolnya, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sidoarjo Surabaya mah dekat :)

      Hapus
  7. Ya amppuuuun, jd penasaran ama rasanya mba. Apalagi diproduksi terbatas gini. Kesannya ekslusif ya. Botonya juga baguuus. Lux gitu. Kalo ke surabaya aku wajib nyari ini :). Yg campuran kopi itu aku pengen banget

    BalasHapus

Tips Bukber Tanpa Ribet

Bulan ramadan identik dengan banyaknya acara bukber alias buka bareng. Acara bukber ini biasanya mulai berdatangan menjelang sepuluh hari...