Jumat, 18 Mei 2018

Tips Bukber Tanpa Ribet




Bulan ramadan identik dengan banyaknya acara bukber alias buka bareng. Acara bukber ini biasanya mulai berdatangan menjelang sepuluh hari kedua ramadan. Maklum jika di sepuluh hari pertama, kebanyakan orang masih ingin khusyu menikmati berbuka dengan keluarga. Sedangkan di sepuluh hari terakhir, biasanya sudah mulai fokus untuk mempersiapkan mudik lebaran.

Bukber dijadikan juga sebagai ajang silaturahmi. Makanya bukber ini sangat bervariasi. Mulai dari bukber teman SD, SMP, SMA sampai teman kampus. Belum lagi bukber teman kantor ataupun kelompok pengajian.

Tapi ada beberapa permasalahan yang biasa terjadi saat bukber. Mulai dari bingung cari tempat makan, ketinggalan shalat magrib atau bahkan sampai ngelewatin teraweh. Duh itu pengalaman saya dulu jaman abg,, malu...

Nah mungkin beberapa tips berikut bisa bikin bukber nggak ribet.

1. Cari Tempat yang Strategis

Pilih tempat yang strategis, mudah dijangkau oleh semua peserta bukber. Jadi aksesnya mudah dijangkau oleh semuanya. Kalau bisa tidak di dalam mall. Selain ribet cari tempat makan, bakal ribet juga cari tempat parkir. Ya kan?

2. Reservasi

Pastikan reservasi tempat terlebih dahulu ya. Biar nggak bingung pas hari H. Selain itu biar kita tidak terlunta-lunta. Pengalaman dulu, baru satu jam bisa makan setelah magrib karena sulitnya dapat tempat bukber tanpa reservasi.






3. Bawa Takjil

Baiknya bawa takjil sebelum acara bukber. Jadi pas adzan magrib berkumandang, makan takjil dulu. Terus shalat magrib bersama. Habis shalat baru makan. Biar shalat magribnya bisa tepat waktu dan nggak akan kelewatan.

4. Bawa Perlengkapan Shalat

Acara bukber tidak hanya meramaikan tempat makan saja, tapi juga meramaikam masjid. Biar nggak perlu ribet nunggu mukena, ada baiknya bawa mukena sendiri. Nggak perlu ngantri, shalat juga tenang.

5. Cari Tempat Bukber yang Dekat Masjid

Last but not least ni, tempat bukber yang ideal itu yang dekat dengan masjid. Atau paling tidak yang mudah terakses dengan masjid. Ini penting, biar setelah buka bisa langsung shalat taraweh bareng.

Nah dengan lima tips itu dijamin bukber berjalan tanpa ribet. Bukber bisa menambah pahala karena menjalin silaturahmi. Bukber tak membuat kita meninggalkan amalan ramadan yang lain.

6 komentar:

  1. iya harus yg deket mesjid soalnya klo ditempat makannya ngantri dan penuh bangetsss

    BalasHapus
  2. Hmm.. Kembali tergantung kesepakatan dengan temen-temen..

    BalasHapus
  3. betul bangets,, biar bukber ga bkin ninggalin magrib

    BalasHapus
  4. makasih tispnay, aku jarang ikutan krn selalu penuh dg orang jd kurang nyaman

    BalasHapus
  5. Iya bener tuh harus reservasi biar ga terlunta-lunta, tahu sendiri kan dalam kondisi lapar biasanya malah gampang esmosi. Tips bawa takjilnya itu boleh juga, selama ini ga kepikiran hal itu.

    BalasHapus
  6. Sayang ya banyak yg bukber tapi lupa sama sholat maghribnya

    BalasHapus

Kue Srikaya, Makanan Khas Ampel yang Selalu Dirindukan di Bulan Ramadan

Berbicara makanan khas, kali ini saya akan bercerita tentang makanan khas ampel yang lebih sering muncul saat bulan ramadan. Ya, sebaga...