Belanja Wawasan di Jelajah Cita-Cita 2






Hari Minggu, 9 September 2018 team Omah Rame menghadiri acara Jelajah Cita-Cita (JCC) 2 yang diadakan oleh Institut Ibu Profesional Malang Raya. Di acara ini anak-anak bisa memperkaya wawasan mereka tentang berbagai profesi yang ada. Ada banyak profesi yang dikenalkan. Mulai dari tenaga kesehatan, olahragawan, militer, broadcasting, ilmuwan dan lain sebagainya.

Sebagaimana dalam pendidikan berbasis fitrah, usia 0-6 tahun anak diperkaya wawasannya tentang berbagai hal. Misalnya tentang beragam profesi yang ada. Sedangkan untuk usia 7-15 tahun, untuk mengembangkan fitrah bakat anak maka ajak anak melakukan tour de talent dan bertemu maestro. Di acara JCC peserta dibagai menjadi dua kelompok, junior (0-6 tahun) dan maestro (7-15 tahun).

Chacha masih dalam kategori junior. Jadi dia hanya berkeliling setiap booth yang ada. Namun tak hanya melihat, di JCC ini anak-anak bisa bersimulasi langsung tentang profesi yang dikunjungi. Beberapa booth yang dikunjungi Chacha antara lain : 


💠  Apoteker




Di booth ini Chacha mengenal apa itu profesi apoteker. Apoteker adalah profesi yang bertugas membuat obat. Apoteker bekerja di apotik, rumah sakit dan juga industri. Di booth ini Chacha juga mencoba membungkus obat yang sudah di racik. 

💠 Bidan



Bidan adalah profesi yang membantu ibu melahirkan. Di booth ini Chacha diajari merawat bayi yang baru lahir. Ada simulasi boneka bayi yang di bedong. Chacha nampak antusias. Ya, kalau mau jadi bidan boleh nak. Asal jadi bidan yang mendukung ASI eksklusif ya, hehe.

💠 Dokter Gigi




Booth ini seru! Selain berkenalan dengan profesi dokter gigi, di booth ini anak-anak diberikan informasi bagaimana cara merawat gigi yang benar. Lalu melakukan simulasi cara menyikat gigi yang baik. 

💠 Dokter Hewan



Chacha sempat punya keinginan untuk menjadi dokter hewan. Makanya saat berkunjung di booth ini dia sangat antusias. Dia bisa memeriksa langsung kucing yang ada di booth. 

💠 Ilmuwan




Salah satu kegiatan yang rutin saya lakukan di rumah dengan Chacha adalah melakukan percobaan sains sederhana. Saat ada boot ilmuwan, dia tidak sabar untuk segera berkunjung. Di booth ilmuwan ini Chacha melakukan eksperimen mencampur berbagai jenis larutan.

💠 Cheff



Booth ini dari awal acara terlihat paling rame. Setelah berhasil masuk antrian, Chacha pun bisa belanja wawasan tentang profesi ini. Lalu diajak praktek membuat pancake buah. Pastinya dia sangat girang. Cheff adalah salah satu cita-cita yang dimilikinya.

💠 Polisi




Di booth ini Chacha belajar menjadi polisi lalu lintas. Mempelajari berbagai jenis rambu-rambu lalu lintas. Lalu berfoto dengan sepeda motor polisi. 




💠 Dongeng




Booth ini mengajak anak mengenal profesi mendongeng. Mendongeng tidak hanya dengan membaca buku saja. Tapi juga menggunakan berbagai media pendukung. Misalnya boneka tangan, topeng dan juga origami. Chacha juga belajar membuat origami di booth ini.

💠 Pemadam Kebakaran




Booth ini membuat Chacha mengerti apa saja tugas pemadam kebakaran dan alat-alat apa saja yang harus dibawa oleh para pemadam. Chacha juga bisa berfoto dengan mobil pemadam kebakaran lho. Seru sekali.

💠 Astronom



Ini adalah booth terakhir yang dikunjungi Chacha. Dia excited dengan berbagai gambar-gambar tata surya. Lalu mencoba menggunakan teleskop.





Sebenarnya masih banyak profesi yang dikenalkan dalam acara ini. Hanya memang untuk kelompok junior lebih terbatas. Chacha memang hanya mengunjungi booth yang dia ingingkan. Sehingga tidak sempat berkeliling ke semua booth. Tetapi yang jelas hari ini dia sangat senang. Dia bisa tahu berbagai jenia profesi. Nantinya, apapun profesi yang dimilikinya, semoga menjadi penebar manfaat di bumi ini. Amin.

Belanja Wawasan di Jelajah Cita-Cita 2 Belanja Wawasan di Jelajah Cita-Cita 2 Reviewed by Dee_Arif on September 09, 2018 Rating: 5

3 komentar:

Tiga Tema Blog Favorit

Dulu, pertama kali ngeblog saya sama sekali tidak tahu apa-apa tentang seluk beluk blogging. Blog pertama saya adalah www.ruangb...

Diberdayakan oleh Blogger.