Es Krim Oen, Es Krim Legendaris di Kota Malang





Hari ini kami sekeluarga pergi ke Malang. Pukul 09.30 kereta yang kami tumpangi tiba di stasiun Malang. Sambil menunggu waktu check in hotel, kami memutuskan untuk menikmati es krim legendaris di kota Malang. Ya, Es Krim Oen!.




Toko es krim ini sudah terkenala dan selalu menjadi wishing list setiap wisatawan yang berkunjung ke Malang. Bangunan toko dengan arsitektur klasik ini serasa membawa kita kembali ke masa kolonial dulu. 



Saat pertama kali masuk, ada papan besar yang bertulidkan "Welkomm in Malang. Toko “Oen” Die Sinds 1930 Aan De Gasten Gezelligheid Geeft”. Tulisan dalam bahasa Belanda tersebut berarti “Selamat Datang Di Malang. Toko Oen adalah tempat untuk berkumpul & bersosialisasi sejak 1930". Es krim ini menjadi tempat berkumpulnya sosialita masa kolonial dulu. 




Kami memesan es krim banana split dan dawet santan. Rasa es krimnya pas banget. Tidak terlalu manis, dan khas resep es krim jaman dulu. Oh ya, selain es krim, toko Oen juga menyajikan berbagai menu main course. Seperti nasi goreng, steak, sop buntut dan lain sebagainya. 




Berbagai bakery dan jajan pasar juga disajikan disini. Sebagai kudapan di hotel, saya memesan roti sobek. Rotinya enak dan empuk banget. Roti resep jadul dan homemade ini cocok banget untuk teman minum teh dan kopi. Tapi kami memakannya tanpa teh atau kopi, tetap enak dan nikmat kok, hehe.




Interior toko juga klasik. Kursi-kursi rotan siap menyambut para tamu yang ingin menikmati es krim legendaris ini. Para pelayan juga memakai baju-baju pelayan khas restoran Eropa. Baju putih-putih lengkap dengan celemeknya.





Es krim Oen ini pertama kali diciptakan oleh perempuan keturunan Tionghoa, Oma Oen yang awalnya membuka toko kue di Yogyakarta tahun 1910. Baru pada 1922, Oma Oen mengembangkan es krim buatannya dan membuka kedai es krim di Semarang, Jakarta, Malang. Sayangnya, cabang Yogya dan Jakarta sudah ditutup. Sisanya, kedai “Oen” di Malang dijual ke pemilik baru nya dan cabang Semarang dipertahankan oleh keturunan Oma Oen.




Letak toko ini ada di Jalan Jendral Basuki Rachmad No 5 Malang, Jawa Timur. Hanya sekitar 2km dari stasiun kota Malang. Jadi kalau ke Malang, jangan lupa mampir kesini ya.



Es Krim Oen, Es Krim Legendaris di Kota Malang Es Krim Oen, Es Krim Legendaris di Kota Malang Reviewed by Dee_Arif on September 08, 2018 Rating: 5

14 komentar:

  1. Aku masukin ke daftar wisata kuliner yg wajib aku kunjungi saat berada di malang ah, makasih share pengalamannya ya mbk.

    BalasHapus
  2. kalau ke malang mah ga pernah ketinggalan nyoba nih ice cream, bikin nagih :D

    BalasHapus
  3. Jadi ingin banana splitnya *ngiler*

    BalasHapus
  4. Mba Dian, tulisannya bikin saya pengen jalan-jalan ke Malang dan coba es krim Oen 😊

    BalasHapus
  5. aku suka banget dengan es krim

    BalasHapus
  6. Wah selama ke Malang belum senpat mampir ke sini.

    BalasHapus
  7. kayaknya enak banget ini es krim.. besok kalau kemalang mampir kesini ahh mau mencicipi rasanya

    BalasHapus
  8. Wah bisa kopdar nih kapan-kapan mbak hehehehe. Anyway range harga dong di toko Oen. Saya blumm sempat ke sini, baru pindah ke Lawang dan jarang pula ke Malang hehehehe. Salam kenal mbk

    BalasHapus

Ngeblog karena Cinta

Kenapa menulis di blog? Jawabannya adalah karena cinta. Ya, semua karena cinta. Cinta apa? Ada tiga cinta yang membuat saya menulis d...

Diberdayakan oleh Blogger.