Selasa, 04 September 2018

Review Buku Talents Dynamic








Akhirnya, sebulan lebih saya berhasil menamatkan buku ini. Buku karya Abah Rama Royani dan Endro Prasetyo Aji ini memang harus pelan-pelan di bacanya. Isinya daging semua. Membuat saya bisa benar-benar mengetahui potensi bakat yang saya miliki. 

Buku Talents Dynamics ini adalah kelanjutan buku Talents Mapping. Dalam buku ini tema-tema bakat yang ada di bahas lebih dalam. Terdiri dari lima bab : 

❤ Bab 1 : Liputan Praktisi
Berisi pengalaman santri Talents Mapping yang sudah pernah mengadakan kelas Talents Dynamic. Bagaimana mereka merasakan manfaat bakat yang dimiliki dan menyadari kekuatan serta dinamika dalam kehidupan mereka sehari-hari.

❤ Bab 2 : Edisi Pendahuluan
Bab ini menceritakan latar belakang penulisan buku ini.

❤ Bab 3 : Apa dan Mengapa Bakat
Di bab 3 ini kita akan mengetahui ikhtisar informasi penting mengenai bakat. 

❤ Bab 4 : Dinamika Bakat




Dalam bab ini dijelaskan perpaduan beragam bakat yang membentuk karakter unik dari seseorang. 34 tema bakat yang ada dikelompokkan dalam empat bagian : Striving, Thinking, Influencing dan Relating.




Masing-masing bakat dideskripsikan. Dilengkapi contoh dan bagaimana dinamikanya. Kolom monolog bakat membuat pembaca lebih mengerti tentang bakat yang dijelaskan. 





❤ Bab 5 : Pengelolaan Bakat
Bab terakhir dalam buku ini membuat pembaca dipandu tentang bagaimana mengelola bakat yang dimiliki. Baik secara individu maupun kelompok.




Misalnya, salah satu bakat yang saya miliki adalah COMMAND. Maka saat saya menjadi COMMAND yang siap berkonfrontasi, saya perlu berbicara yang lebih persuasif. Mencari mitra yang berbakat WOO atau Emphaty. Namun ketika menghadapi orang yang bersifat COMMAND, saya harus aktif bertanya. 

Buku ini membantu saya mengenali bakat-bakat yang saya miliki. Mensinergikan semua bakat agar dapat dioptimalkan dalam kehidupan sehari-hari.

3 komentar:

  1. ada ya orang yang pengen konflik sebagai tantangan dalam hidupnya... hmmm buku bagus juga kayaknya :)

    BalasHapus
  2. Pengen baca juga.semoga ada kesempatan. Terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus
  3. Tks infonya, jadi pengen baca, tapi yang talent mapping aja belum...

    BalasHapus

Menikmati Makan Malam Romantis di Rooftop Darmo Steakhouse Batiqa Hotel Darmo Surabaya

Beberapa bulan lagi, pernikahan kami menuju tahun ke tujuh. Tujuh tahun menjalani pernikahan, rasanya luar biasa. Bahagia dan kesedihan...