Perjalanan Blogging 2018 : Titik Awal Menjadi Seorang Blogger Profesional





Perjalanan Blogging 2018 : Titik Awal Menjadi Seorang Blogger Profesional – Tak terasa, hari ini adalah hari terakhir di tahun 2018. Tahun 2018 menjadi titik awal bagi saya dalam menjalani profesi sebagai seorang blogger. Di tahun ini bayak kisah yang membuat saya semakin bersemangat untuk meningkatkan kapasitas sebagai seorang blogger.



Memulai Menjadi Blogger






Saya sangat menyukai dunia tulis menulis, itu adalah alasan awal mengapa saya ingin menjadi seorang blogger. Awalnya blog ini hanya untuk menuliskan perjalanan saya sebagai seorang ibu. Bagaimana saya menjalankan tugas sebagai home educator di Omah Rame. Mengamati setiap tumbuh kembang anak-anak saya. Mencatat portofolio harian mereka. Blog ini membahas berbagai permasalahan dunia parenting. Postingan pertama saya adalah menceritakan si sulung yang suka sekali dengan aktivitas science. Melakukan pengamatan disekitarnya. Artikel pertama saya bisa dilihat disini.

Baca Juga : Blogger Wanna Be


Selain itu, blog ini awalnya adalah sebagai media menuliskan setiap tugas dalam kelas yang saya ikuti di komunitas Ibu Profesional. Ya, saya adalah mahasiswa dari Institut Ibu Profesional (IIP). Kelas yang sudah saya jalani adalah Kelas Matrikulasi dan Kelas Bunda Sayang. Saat ini sedang menunggu Kelas Bunda Cekatan dan mencoba menempa diri menjadi fasilitator di Kelas Matrikulasi. Oh ya, sekedar informasi IIP adalah komunitas yang bergerak dibidang peningkatan kapasitas para ibu untuk bisa menjalankan perannya secara professional. IIP selayaknya sekolah bagi para ibu.


Pekerjaan Pertama dari Ngeblog


Setelah mengikuti Blog Coaching Clinic yang diadakan oleh Blogger Perempuan, saya memeang langsung membuat blog dengan domain berbayar. Yes, domain berbayar adalah langkah awal bagi seorang blogger professional. 




Sebulan setelah memiliki domain berbayar saya mendapat undangan gathering blogger. Meliput sebuah acara yang diadakan oleh MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat). Acara tersebut menjadi langkah awal saya sebagai seorang blogger profesional.


Dari acara tersebut saya mulai mengenal dan menjalin relasi dengan sesame blogger. Setelah acara itu saya bergabung dengan BLITZ Community, sebuah grup WAG yang didirikan oleh Mbak Avy Chujniah. Bergabung dengan komunitas blogger membuat saya bisa mendapatkan banyak info seputar blogging, selain itu juga mendatangkan informasi tawaran  pekerjaan.


Meningkatkan Kapasitas


Selama tahun 2018 ini saya juga melakukan banyak hal untuk meningkatkan kapasitas sebagai blogger profesional. Beberapa hal yang saya lakukan untuk medukung pekerjaan sebagai seorang blogger adalah :

1. Rutin Menulis


Namanya blogger ya pasti tugasnya nulis. Saya percaya, dengan rutin menulis kemampuan menulis saya akan semakin terasa. Semakin banyak berlatih, akan membuat kualitas tulisan semakin baik. Bukankah menghasilkan artikel yang readable adalah sebuah keharusan bagi seorang blogger?

2. Bergabung dalam Komunitas Blogger


Sejak ingin menekuni dunia blogging, saya bergabung dengan berbgai komunitas blogger. Seperti diawal saya ceritakan, dengan bergabung komunitas kita akan banyak belajar dan mendapatkan informasi pekerjaan. Sejauh ini ada beberapa komunitas blogger yang saya ikuti, yaitu BLITZ Community, Blogger Perempuan, Blogger Crony, Ibu-Ibu Doyan Nulis dan ODOPfor 99 Days.



3. Writing Challenge


Tahun ini saya banyak mengikuti writingchallenge, diantaranya ada 30 Hari Bercerita, One Day One Post dari komuitas ODOP, Sehari Satu Tulisan Bersama ODOPfor 99 Days dan Writing Challenge 30 day Bersama Blogger Perempuan. Ikut writing challenge ini sangat membantu saya untuk konsisten menulis.

4. Training






Sebagai blogger newbie tentu saya harus banyak melakukan peningkatan skill. Saya mengikuti berbagai training yang mendukung aktivitas blooging saya. Mulai dari training copywriting, optimasi instagaram, blog coaching clinic hingga teknik dasar SEO.

5. Blogwalking


Blogwalking itu penting bagi setiap blogger lho, dengan blogwalking kita bisa membangun networking dengan sesama blogger. Blogwalking punya banyak manfaat, salah satunya bisa meningkatkan DA/PA blog lho!.

6. Optimasi Sosial Media


Pekerjaan menulis di blog juga terintegrasi dengan sosial media. Setiap klien, selain ingin produknya ditulis dalam blog, juga ingin disebarkan melalui media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube. Makanya, sosial media juga harus dioptimasi. Menambah jumlah follower dan meningkatkan engagement rate.

7. Buka Rekening BCA


Last but not least, saat menjalani pekerjaan sebagai blogger membuat saya harus menambah rekening bank. BCA menjadi rekening wajib yang harus dimiliki seorang blogger. Maklum sebagian besar klien akan membayar melalui rekening BCA. Ya, biar pembayaran lancar dan tak terkena potongan biaya transfer gitu deh.


2018 Result


Berikut adalah pencapaian blogging di tahun 2018 :

πŸ’  Publish 364 artikel, dengan empat tema utama : parenting, travelling, kuliner dan lifestyle.

πŸ’  Bekerjasama dengan 25 brand, riwayat partnership bisa dilihat disini.

πŸ’  Berhasil mengikuti writing challenge selama 30 hari berturut-turut dengan 30 Hari Bercerita, ODOP dan Blogger Perempuan.

πŸ’  DA/PA meningkat, sekarang DA/PA sebesar 23/31.




πŸ’  Menjadi asisten trainer dalam pelatihan ngeblog Bersama Coding Mum Surabaya.

πŸ’  Membeli action cam dari hasil ngeblog.

πŸ’  Finalis lomba blog Zero Waste yang diadakan oleh Gajahlah Kebersihan.


Resolusi Blogging 2019

Setiap orang tentu inging menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang. Begitu juga dengan saya, tahun 2019 saya ingin lebih baik lagi dalam dunia blogging. Beberapa resolusi blogging yang ingin saya capai di tahun 2019 adalah

πŸ’ Menguasai teknik SEO

πŸ’  DA/PA : 30/40

πŸ’  Statistik pengunjung meningkat 75%

πŸ’  Penawaran kerjasama meningkat

πŸ’  Konsiten menulis sehari satu artikel

πŸ’  Menang lomba blog

πŸ’  HP baru dari hasil ngeblog 😊






Terimakasih 2018, semoga 2019 akan lebih baik lagi. Selamat tahun baru, selamat meyonsong kehidupan yang lebih baik. Tahun baru, harapan baru 😊










Perjalanan Blogging 2018 : Titik Awal Menjadi Seorang Blogger Profesional  Perjalanan Blogging 2018 : Titik Awal Menjadi Seorang Blogger Profesional Reviewed by Dee_Arif on Desember 30, 2018 Rating: 5

12 komentar:

  1. Sudah disusun sedemikian rupa ya target2nya. Semoga apa yang diharapkan tercapai ya mba

    BalasHapus
  2. selamat ya mbak DAnya naik...byk prestasinya...salam kenal dari semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak salam kenal, iya walaupun masih belum tinggi yng penting ada perbaikan :)

      Hapus
  3. DA PA blog saya juga susah naik. Mentok di 25/32 terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah itu da lumayan bagus daripada punya aku,,hahaha

      Hapus
  4. DA/PA saya nggak naik. Masih banyak yang perlu dibenahi. Tapi saya cukup senang dengan pencapaian di tahun 2018.
    Semoga tahun 2019 makin sukses ya mbak.

    BalasHapus
  5. Bravo, keren mbaknya bisa konsisten ikut 30 hari bercerita ODOP dan BP, aku belum bisa karena masih gak konsisten menulis. Selamat yaa, semoga resolusi 2019 tercapai dengan baik, aamiin

    BalasHapus
  6. wah nggak nyangka sejak ikut MPR itu jadi produktif
    semoga tahun ini makin berkibar ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makasih banyak ya mbak Avy, atas bantuannya selama ini :)

      Hapus

Serunya Jalan-Jalan ke Mini Agrowisata Surabaya

Mini Agro Wisata Surabaya Surabaya dikenal sebagai kota metropolitan. Sarabaya menjadi kota pusat bisnis. Namun ternyata di balik...

Diberdayakan oleh Blogger.