Blended Learning, Cara Belajar Ibu Profesional






Blended Learning, Cara Belajar Ibu Profesional - "Al - ummu madrasatul ula, iza a'dadta sya'ban thayyibal a'raq", Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik. Pepatah Arab ini menunjukkan betapa seorang ibu memiliki tanggungjawab yang besar. Ibu bertanggungjawab pada pendidikan anak-anaknya. Maka sudah selayaknya seorang ibu harus selalu belajar. Ibu yang cerdas akan melahirkan generasi yang cerdas pula.


Mencari Metode Pembelajaran Terbaik


Bila memang seorang ibu harus selalu belajar, maka bagaimanakah cara nya belajar? Apa metode pembelaharan terbaik bagi para ibu? Berbicara tentang metode pembelajaran, ada beberapa jenisnya. Pertama, metode pembelajaran konvensional. Metode ini adalah metode dimana murid dan guru berada dalam satu tempat melalui diskusi tatap muka secara langsung. Sebagaimana yang terjadi di sekolah formal, kursus dan bimbingan belajar.




Metode konvesional ini tentu tidak cocok bagi sebagaian besar ibu. Tak banyak ibu yang punya waktu dan akses untuk pergi belajar ke suatu tempat. Kesibukan mengurus rumah dan mengasuh anak akan terbengkalai bila ibu harus pergi belajar ke "sekolah".




Lalu seiring berkembangnya zaman, berkembang pula metode pembelajaran. Ada metode pembelajaran E-Learning. Metode ini memungkinkan peserta didik untuk belajar secara fleksibel. Menyesuaikan waktu dan tempat yang dimiliki. Medianya adalah berbagai jenis gawai, misalnya PC, laptop dan smartphone.

Namu metode E-Learning juga memiliki kelemahan. Metode ini tidak memiliki interaksi secara langsung antara guru dan murid. Selain itu cara belajar seperti ini membuat murid merasa sendirian, ini akan berimbas pada semangat belajar. Saat belajar sendiri tentu akan lebih berat untuk konsisten. Tak ada teman yang menyemangati.

Blended Learning





Lalu apa metode yang tepat bagi saya yang juga seorang ibu ini. Jawabannya adalah blended learning. Blended learning adalah cara belajar yang mengkombinasi pembelajaran tatap muka (konvensional) dan pembelajaran berbasis komputer (online dan offline).

Tujuan dari blended learning adalah memfasilitasi terjadinya belajar dengan berbagai sumber belajar dengan mempertimbangkan karakteristik pembelahar dalam belajar.

Menurut saya, metode ini sangat cocok bagi para ibu. Keterbatasan waktu bisa membuat ibu belajar secara virtual, misalnya bergabung dalam WAG. Seperti saya saat ini bergabung dalam WAG Zero Waste untuk belajar zero waste secara lebih mendalam.


Tetapi saya juga tetap bisa berinteraksi dengan fasilitator dan teman-teman seperjuangan, diwaktu-waktu tertentu kami juga melakukan kopdar.

Sekolah di Ibu Profesional





Sejak menjadi ibu, saya bergabung ke dalam komunitas Ibu Profesional. Ibu profesional adalah sekolah bagi para ibu, tak hanya di Indonesia tetapi juga di mancanegara. Ibu Profesional bertujuan untuk mendidik ibu mampu menjalani perannya secara profesional. Bersungguh-sungguh dan bahagia menjalani semua perannya, mulai dari mengurus suami, mengasuh anak, menata rumah juga menata diri sendiri.

Tahap pembelajaran di Ibu Profesional di mulai dari kelas foundation - matrikulasi - bunda sayang - bunda cekatan - bunda produktif dan bunda saleha. Saat ini saya sudah lulus bunda sayang, dan menunggu untuk masuk ke kelas bunda cekatan.

Pembelajaran di Ibu Profesional bisa dibilang bersifat blended learning. Fasilitator disetiap kelas bertindak sebagai kawan belajar, yang tidak selalu tahu semua hal tetapi juga mau belajar untuk mengetahuinya. Fasilitator adalah pembelajar terbuka yang fleksibel sesuai dengan keperluannya.




Dengan mengikuti kelas di Ibu Profesional saya bisa meningkatkan kapasitas sebagai seorang ibu. Dan metode blended learning adalah metode yang tepat bagi saya.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu juga selalu belajar untuk meningkatkan kapasitasmu sebagai seorang ibu? Metode pembelajaran apa yang kamu gunakan? Cerita yuk.... :)


Referensi :


1. Materi Calon Fasilitator Matrikulasi Instutut Ibu Profesional


Blended Learning, Cara Belajar Ibu Profesional Blended Learning, Cara Belajar Ibu Profesional Reviewed by Dee_Arif on Januari 19, 2019 Rating: 5

13 komentar:

  1. terima kasih artikelnya sangat membantu saya yang masih belajar menjadi orang tua yang baik

    BalasHapus
  2. Berfaedah banget, Saya lumayan paham sekarang

    BalasHapus
  3. menjadi Ibu memang butuh ilmu, karena tugasnya menyiapkan generasi penerus bangsa. Semoga aku bisa menerapkan blended learning dengan maksimal

    BalasHapus
  4. Kalau saya belajar teorinya nyambi-nyambi saat di kantor, belajar prakteknya di rumah

    BalasHapus
  5. Ibu adalah madrasah kehidupan. Untuk itu harus selalu update ilmu dan skill agar bisa benar-benar menjadi ibu yang profesional meski tidak bekerja kantoran.

    BalasHapus
  6. Salah satu program yg akan dilaksanakan di bandung barat oleh wabup nya. Mudah2an ini jadi pencerahan untuk semua

    BalasHapus
  7. pengen ikutan sih tapi takut perhatoan maish terpecah nih hikz. semoga acaranya sukses ya mbakkk

    BalasHapus
  8. Menjadi ilmu yang berharga nih mbak. Sekalian tambah2 untuk belajar.

    Salam kenal,
    http://www.kidalnarsis.com/

    BalasHapus
  9. di saat anak dituntut untuk terus belajar maka sebaiknya kita sebagai orang tua juga harus ikutan belajar karena bagaimana pun yang namanya lingkungan anak itu berkembang. Jika orang tua tidak belajar maka akan ketinggalan oleh anak

    BalasHapus
  10. Saat ini saya lebih sering ikut kelas online di Facebook ketimbang WAG. Alasannya lebih mudah mengecek ulang materi yg terlewat tanpa capek scroll. Selain itu, kadangkala waktu kopdar berbenturan dengan waktu kosong saya utk keluar rumah.hehehe...

    BalasHapus
  11. Benar sekali, saat ini mencari ilmu lebih mudah karena adanya kemajuan teknologi. Bisa lewat wag atau tele juga...

    BalasHapus
  12. Asik banget mbak. Jadi belajar di Ibu Profesional bisa memberi wawasan baru bagi para ibu rumah tangga. Gak cuma dibikin stres karena kerjaan rumah, tapi bersosialisasi dengan orang2 yg bermanfaat .

    BalasHapus
  13. Salut sama ibu pembelajar satu ini. Makin rajin jadi silent reader saya di sini, hehe

    BalasHapus

Berburu Promo untuk Liburan Keluarga

"Bunda, ayo naik pesawat!" ujar Aluna saat kami bermain bersama di balkon. Kebetulan rumah kami tak jauh dari Bandara ...

Diberdayakan oleh Blogger.