Peluang Bisnis Rumahan dari Kulit Nanas





Memilih menjadi seorang ibu rumah tangga teradang membuat perempuan seolah mati gaya. Rutinitas pekerjaan rumah yang tak ada habisnya, membuat rasa jenuh melanda. Belum lagi bila masih belum memiliki kemapanan finansial. Rasanya jadi serba salah. Lalu kemudian tercetus keinginan untuk menjalankan bisnis rumahan.

Bisnis Rumahan


Bisnis rumahan adalah bisnis yang bisa dijalankan dari dalam rumah. Memang kebanyakan pelaku bisnis rumahan adalah perempuan. Perempuan yang telah memutuskan menjadi ibu rumah tangga tetapi masih ingin mendapat penghasilan sendiri.

Jangan meremehkan bisnis rumahan. Bisnis rumahan apabila dikelolah dengan tepat pasti akan memberikan keuntungan yang besar.

Namun mungkin sebagai seorang pemula, kita masih harus meraba-raba. Bagaimana menjalankan bisnis rumahan dengan sukses? Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan agar sukses berbisnis rumahan.





1. Dukungan keluarga


Namanya juga bisnis rumahan, pastinya dilakukan di rumah. Maka dukungan keluarga adalah langkah awal yang harus dipenuhi. Keluarga adalah pihak yang nantinya akan memberikan bantuan baik materi maupun non materi bagi kelangsungan bisnis rumahan yang kita jalankan.

2. Pilih bisnis sesuai minat


Saat memulai berbinis rumahan, pastikan memilih bisnis sesuai minat kita. Misalnya kita suka sekali kuliner, maka kita mulai berbisnis di bidang kuliner. Bukankah menjalankan sesuatu sesuai minat itu terasa mudah dan menyenangkan? 😊

3. Siapkan modal


Modal tak hanya melulu soal materi. Tetapi juga bisa berupa sumber daya yang kita miliki. Akan lebih lancar bila bisnis yang kita jalankan sesuai dengan sumber daya yang ada. Misalnya, tinggal di daerah pesisir maka bisnis kita bisa seputar hasil laut.

Sedangkan modal materi, mungkin bisa kita mulai bisni dengan modal kecil. Sebagai pemula tentu kita masih belum bisa menghasilkan untung besar. Adakalanya kita harus bersiap untuk gagal dan merugi. So, baiknya mulai dengan kecil-kecilan dulu ya 😊

4. Promosi sosial media


Di era digital seperti ini, media sosial memegang kunci penting. Promosikan bisnis rumahan di sosial media. Agar semakin banyak orang yang tahu bisnis kita.


Bisnis Olahan Kulit Nanas


Kulit nanas, apa yang ada dibenak kita tentang kulit nanas. Sebelumnya, saya selalu menganggap bahwa kulit nanas adalah sampah. Tidak bisa dimanfaatkan. Ternyata saya salah.

Kandungan Kulit Nanas


Jika daging buahnya kaya akan kalium, kalsium, chlor dan sulfur, kulit nanas juga mengandung gizi yang tak kalah lezatnya. 

Tak hanya itu, kulit buah yang satu ini juga mengandung asam chlorogen, yaitu senyawa antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Cytine di dalamnya berguna untuk pembentukan kulit dan rambut. Sedangkan asam amino esensial di dalamnya berguna untuk memperbaiki jaringan otot.

Wah nggak nyangka ya, ternyata kulit nanas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dan ini juga bisa menjadi peluang bisnis lho. Sebagai maana yang dilakukan oleh Uswah, seoarang mompreneur yang merintis bisnis rumahan dari kulit nanas.

Inspirasi Bisnis : Dapur Uswah, Mengolah Aneka Produk dari Kulit Nanas


Adalah Uswatun Hasanah, seorang mompreneur yang memulai bisnis rumahannya dari kulit nanas. Uswah, mendirikan Dapur Uswah. Dapur Uswah adalah dapur teladan yang ingin memberikan keteladanan bagi sekitar bahwa kebaikan bisa dimulai dari dapur. Tempat yang sangat akrab bagi setiap ibu rumah tangga.

Salah satu project dapur uswah adalah Dapur Uswah Jual Beli. Dimana salah satunya adalah berbagai olahan dari kulit nanas.

Olahan Kulit Nanas






Mengapa memilih nanas, karena disekitar tempat tinggalnya banyak dijumpai kulit nanas. Berawal dari keinginan mengurangi sampah, Uswah mulai mencari tahu tentang manfaat kulit nanas. Dan setelah tahu begitu banyak manfaat kulit nanas, Uswah pun mulai mengolah berbagai produk dari kulit nanas.

Produk-produk yang dihasilkan Dapur Uswah dari kulit nanas antara lain : 

1. Sirup




Sirup adalah produk pertama yang dihasilkan Dapur Uswah dari kulit nanas. Rasanya segar dan menyehatkan.




2. Muffin




Muffin dari kulit nanas? Siapa yang menyangkan. Kulit nanas lebih tepatnya bagian matanya bisa diolah menjadi jajanan yang lezat.

3. Cenil




Cenil, makanan tradisional ini masih mendapat tempat dihati penggemarnya. Cenil nanas, pasti sangat unik dan enak rasanya.

Produk yang dihasilkan oleh Dapur Uswah diberi nama OKUNA. Okuna artinya, Olahan Kulit Nanas. Wah unik ya namanya.



Tak menyangka ya, kulit nanas bisa jadi bahan baku bisnis kuliner. Ternyata memulai bisnis rumahan tidaklah sulit. Bisa dilakukan dengan apa yang ada disekitar kita. Bagaimana? Mau mencoba berbagai produk Okuna? Atau mau berbisnis rumahan? 


Peluang Bisnis Rumahan dari Kulit Nanas Peluang Bisnis Rumahan dari Kulit Nanas Reviewed by Dee_Arif on April 15, 2019 Rating: 5

6 komentar:

  1. woooow kulit nanas bisa dibikinbikin gitu ya mbak. keren banget sih. baru tahu. kupikir kulit nanas gatal gitu kena kulit terus nggak bisa dimanfaatin. ternyata bisaa. keren euy

    BalasHapus
  2. Ya ampun ini sih informatif dan keren banget!
    Moga2 banyak yg mau coba
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Kirain kulit nanas tuh ga ada manfaatnya tuh trnyata bisa jg yah... Kl sirup sih sdh sering tapi kalo kue" dan cenil baru ini tau... Wih bisa jg nih. Pan menjelang puasa apa lebaran nanas pasti melimpah tuh.

    BalasHapus
  4. Jadi pengen nyobain sirupnya deh kayaknya seger tuh kak hehhe, wah kreatif sekali dibikin cenil juga, mantabbbb kak

    BalasHapus
  5. Wah keren banget. Boleh tau cara mengolah kulit nanas menjadi muffin? Karena di sini kulit nanas melimpah dan dibuang begitu saja.

    BalasHapus
  6. Kreatif banget neh, belum kepikiran sebelumnya kulit nanas bisa diolah jadi makanan lagi. Taunya cuma dibuang atau dibuat kompos

    BalasHapus

Peluang Bisnis Rumahan dari Kulit Nanas

Memilih menjadi seorang ibu rumah tangga teradang membuat perempuan seolah mati gaya. Rutinitas pekerjaan rumah yang tak ada habi...

Diberdayakan oleh Blogger.