Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Ini Dia 7 Tips Memasak Praktis ! Memasak Kini Hanya 5 Menit!

tips masak praktis
Tips Memasak Praktis | Pixabay



Memasak menjadi hal yang terpisahkan bagi setiap ibu. Tiada hari tanpa memasak. Namun terkadang memasak bisa menjadi hal yang membingungkan bagi seorang ibu. Ketika bangun pagi masih saja ada ibu yang bingung harus masak apa hari ini. Memasak menjadi dihindari karena banyaknya waktu dan tenaga yang dihabiskan untuk memasak setiap harinya.

Sebenarnya memasak bisa menjadi hal yang menyenangkan, memasak tidak akan menghabiskan banyak waktu bila kita tahu caranya. Sahabat Saliha, ini dia tujuh tips memasak yang bisa dilakukan di rumah, agar memasak cepat dan praktis :

1.      Buat Menu 10 Hari

Menghindari kebingungan dalam menyediakan masakan setiap harinya dimulai dengan membuat perencanaan. Buatlah list menu selama 10 hari. Kenapa 10 hari? Karean bila di buat seminggu maka menu akan mudah ditebak di pekan berikutnya.


Biar lebih seru libatkan anggota keluarga lainnya. Membuat menu secara tematik, misalnya sepuluh hari pertama menu laut kemudian sepuluh hari kedua menu unggas.


2.      Buat Papan Menu

Papan menu adalah database  acuan dalam membuat menu 10 hari. Kenapa harus membuat papan menu? Papan menu berguna untuk memonitor menu keluarga. Dari papan menu kita dapat mengetahui variasi masakan 10 hari sebelumnya dan masakan untuk 10 hari berikutnya. Dengan papan menu, belanja mingguan akan lebih mudah dikelola. Papan menu akan mempermudah kita dalam menyusun menu 10 hari tapi cukup dengan berbelanja seminggu sekali.


Letakkan papan menu di dapur, sehingga akan memudahkan kita dalam menyusun menu. Beri warna yang berbeda untuk setiap bahan makanan. Misalnya merah untuk daging dan biru untuk ikan. Ini akan mempermudah dalam membuat variasi makananan.


Tugas sebagai ibu adalah mengenalkan berbagai variasi makanan, agar lidah anak terbiasa makan makanan apa saja.


3.      Susun Menu Gizi Seimbang

Pastikan menu yang disusun adalah menu yang mengandung gizi seimbang.
Apa itu gizi seimbang? Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal.
Berikut adalah prinsip menu gizi seimbang :

v  Sesuai kebutuhan gizi

Ketika menyusun menu perhatikan angka kecukupan gizi. Angka kecukupan gizi dihitung dari kebutuhan kalori sehari.

v  Proporsi zat gizi

Selain memperhatikan kebutuhan kalori, menu yang disusun harus memperhatikan proporsi zat gizi. Proporsi zat gizi bisa dilihat dari tumpeng gizi seimbang di bawah ini.

tips masak praktis
Gizi Seimbang | wikipedia

                                                         



v  Distribusi makanan dalam satu hari


Perhatikan distribusi makanan dalam satu hari. Ini termasuk menyediakan makanan yang warna-warni. Selain untuk memenuhi nutrisi tubuh, makanan yang warna-warni akan menarik perhatian anak. Mereka pun akan lahap dalam menyantapnya.

v  Ketersediaan bahan makanan

Menu yang disusun usahakan terbuat dari bahan makanan yang tersedi dekat lokasi tempat tinggal. Misalnya bila susah mencari ikan salmon, bisa diganti dengan ikan tongkol. Harganya lebih murah, lebih mudah di dapat tapi kandungan gizinya juga tidak kalah.


v  Keuangan

Ketika menyusun menu, sesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga. Pilih bahan makanan loka, selain mudah di dapat, harganya juga lebih terjangkau.


4.      Berbelanja Seminggu Sekali



Buat jadwal belanja seminggu sekali, misalnya ketika hari libur. Setelah belanja , racik bahan untuk siap dimasak. Misalnya bumbui ikan, potong dan cuci bersih sayur lalu di taruh di dalam wadah.

tips masak praktis
Belanja Mingguan | dokpri


Dengan begini bahan akan lebih cepat dan mudah untuk dimasak. Tak perlu repot-repot memotong ataupun membumbui terlebih dahulu.

5.      Manajemen Lemari Es

Manajemen lemari es yang baik akan memudahkan kita dalam memasak. Berikut manajemen lemari es yang bisa dilakukan antara lain:


v  Semua bahan makanan di tata first in first out . Misalkan jika berbelanja hari Sabtu, maka bahan makanan yang terletak paling dalam adalah bahan makanan untuk hari Jum at, sedangkan yang paling luar adalah bahan makanan untuk hari Minggu.


v  Tempatkan semua bahan makanan dalam wrap yang tertutup rapat. Pastikan bahan makanan yang disimpan dalam keadaan kering, misalnya untuk sayur-sayuran agar tidak membusuk.


v  Letakkan bahan-bahan lauk seperti daging dan ikan ke dalam freezer agar kondisinya tetap segar sampai waktu digunakan.


6.      Buat Bumbu Dasar



Membuat bumbu dasar akan menghemat waktu memasak, jadi anda tidak perlu lagi menguleg setiap akan memasak. Secara umum ada tiga jenis bumbu dasar yang bisa dijadikan memasak berbagai jenis masakan. Bumbu-bumbu bubuk juga diperlukan, seperti bawang putih bubuk sebagai bumbu dapur

1. Bumbu dasar putih

Bumbu dasar putih dibuat dari campuran bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar. Bumbu jenis ini biasanya digunakan untuk membuat sayur lodeh, soto, dan opor.

tips masak praktis
Bumbu dasar | dokpri


2. Bumbu dasar kuning

Bumbu dasar kuning terbuat dari bumbu dasar putih di tambah kunyit. Bumbu tradisional ini digunakan untuk membuat ayam goreng, ayam bakar, soto, dan gulai.

3. Bumbu dasar merah

Bumbu dasar merah ini juga pengembangan dari bumbu dasar putih. Bumbu ini dibuat dari bumbu dasar putih di tambah cabai merah. Biasanya digunakan untuk membuat sambal goreng atau ayam panggang.

Pastikan saat membuat bumbu dasar ini bumbu ditumis dalam waktu yang lama dan kemudian disimpan dalam jar yang bersih dan kering. Anda bisa menggunakan toples bekas madu atau selai untuk menyimpan bumbu dasar ini. 

7.      Sedia Parutan Kelapa

Masakan Indonesia tidak bisa dipisahkan dari santan. Banyak berbagai jenis masakan yang membutuhkan santan, misalnya opor, kare, gulai dan lain sebagainya. Sediakan kelapa parut di rumah, bagi per porsi dan simpan di freezer agar lebih awet. Bila membutuhkan membuat santan, anda bisa langsung mengambilnya. 


Demikian 7 tips memasak praktis, dengan tujuh tips ini kegiatan memasak anda menjadi lebih mudah. Memasak tak butuh banyak waktu. Anda pun bisa menghemat tenaga dan biaya. Tak perlu membeli makanan di luar, karena semua bisa dimasak dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba!

43 komentar

  1. Sebelum pandemi aku biasa belanja seminggu sekali. Kupikir pas pandemi bisa 2 minggu sekali, eh malah tiap 3 hari sekali. Pandemi ga jadi praktis masak2 ku :D

    BalasHapus
  2. Wuah pengen juga tuh bisa seminggu sekali belanja. Dulu sih sewaktu di rumah cuma tiga orang. Belanjanya seminggu cukup. Sekarang sejak menjadi lima orang tiga hari sekali belanjanya malah. Wuah terima kasih tipsnya. Patut dicoba tuh.

    BalasHapus
  3. Nah ini, pas banget diterapkan selama pandemi ini, belanjanya sekalian. Kegunaan kulkas sangat berarti untuk menyimpan bahan makanan.

    BalasHapus
  4. Pengen banget bisa nyetok untuk seminggu, tapi kadang hanya bertahan tiga atau empat hari, maklum anak-anakku lagi masa pertumbuhan jadi makannya sehari bisa 4 atau 5 kali hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya, parutan kelapa nggak akan berupa rasa kalau disimpan sampai seminggu?

      Hapus
  5. wah kereeeen. jadi pengen bikin yang ada pada tulisan ini. semoga aku bisa. aamiin

    BalasHapus
  6. Ide papan menu kreatif juga nih, mbak. Sayangnya aku belum ketemu papan menu yang cocok untuk dapurku. Aku juga belanja seminggu sekali sejak pandemi, jadi ingat jaman punya bayi dulu. Aku belanja tuh semingu sekali, ada bayi dan masih kerja pula. Jadi jam 7 pagi semua makanan untuk orang dewasa dan bayi harus siap. Kalo sekarang anak-anak udah dewasa semua jadi nyantai meski udah prepare menu tapi kadang diubah2 tergantung permintaan mereka

    BalasHapus
  7. Semua tipsnya gampang banget sebetulnya dipraktikkan yaaa. Kalo mau masak kilat, suami tengah malah minta dimasakin juga gampil mah ini. Hehehe. Saya sudah praktekin foodprep beberapa tahun terakhir. Sangat terbantu banget. Manajemen kulkas juga lebih bagus dan rapih.

    BalasHapus
  8. solutif banget bikin bumbu dasar mbak

    Yang lainnya bikin daging ayam/sapi berbumbu, bisa jadi isian perkedel,dadar, campuran sayuran/mie/bihun

    BalasHapus
  9. Aku baru sampai ke tahap membagi bahan makanan dan ditempatkan di kotak rapat aja nih. Lebih cepat sih jadinya karena nggak perlu repot potong potong sebelum masak. Tinggal manajemen lemari es nih dan beberapa poin lainnya, apalagi soal nyiapin bumbu dasar. Huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bumbu dasarnya itu enakan disimpan di kulkas bagian bawah apa di freezer. Awetnya sampe berapa lama?

      Hapus
  10. Ia ya bakalan jauh lebih praktis jika seperti ini. Tapi ku gak suka masak nih 😅 lebih karena belum di rumah sendiri dan malas kalau banyak yang berkomentar pas mau masak sesuatu, jadilah untuk mempermudah hidup dan gak bikin stress mending beli aja 🤣

    BalasHapus
  11. Iya nh. Saya pelaku masak 5 menit karena keluarga lebih suka makanan fresh yang dimakan bersama pada satu waktu. Setelah melakukannya bertahun-tahun, tips di atas tidak ribet kok.

    BalasHapus
  12. Ulasan bermanfaat, layak dicoba. 👍

    BalasHapus
  13. Makasih tipsnya mba, saya juga belanja mingguan sekarang sejak pandemi. Tp ngga bikin food preparation nih, pdhl membantu banget ya biar cepet masak

    BalasHapus
  14. Menyiapkan bahan-bahan dasarnya dulu memang bisa memangkas waktu memasak yang biasanya membutuhkan waktu lebih lama. Sangat praktis bila digunakan pada saat saat yang kritis

    BalasHapus
  15. Luar biasa ya tipsnya. Apalagi bagi ibu Pekerja seperti saya. Kalau gak buat jadwal spti ini wah wah bakal pusing mau masak apa. Tapi kalau saya skrg malah seringan beli sih. Hihi

    BalasHapus
  16. Sekarang tinggal praktis dan teknologi yang canggih sehingga menyimpan makanan dalam kulkas lebih awet, segar. Memudahkan kita memasak cuma lima menit saja

    BalasHapus
  17. Waah...bisa konsisten begini tu...keren banget, Di.
    Beberapa waktu lalu sempat semangaaat banget masak, tapi akhir-akhir ini karena suami sering keluar kota, jadi menurun lagi.
    Huhuu~

    BalasHapus
  18. Wuih keren banget. Terencana dengan baik. Aku masak cuma nerima apa adanya di tukang sayur. Sekarang ke pasar takut mak. Di warung kurang lengkap. :(

    BalasHapus
  19. Memang suka bingung menentukan menu harian. Apalagi kalau tukang sayur bawa belanjannya sama itu2 aja. Jadi kadang2 saya ke pasar buat cari lauk yang tidak ada di mbak tukang sayur. Kayaknya bisa di coba nih mbak, ide buat papan menu. Biar gak bingung ya.

    BalasHapus
  20. Makasih tips-tipsnya bermanfaat banget, selama ini mengandalkan mang sayur buat masak sehari-hari, kalau mang sayur nggak dateng, kelimpungan deh

    BalasHapus
  21. Aku juga udah melakukan tuh. Belanja, diracik, dan disiapkan di wadah, lalu simpan lemari es. Nanti kalau mau masak, tinggal defross. Sip...

    BalasHapus
  22. Duh memasak sering bikin aku lambat tidur malam wkwk gegara galau nyusun menu. Pengen Coba nyatat ah

    BalasHapus
  23. Aku nggak bisa mbak belanja seminggu sekali. Soalnya kan banyak tuh. Buat aku yang jarang masak jadinya malah jadi buang buang sayuran. Kadang kelupaan sampai busuk. Irii sama ibu ibu yang pintar dan semangat masak

    BalasHapus
  24. Kadang saya suka binggung mau masak apa hari ini.Soalnya kalau menunya sama keluarga bosan dan nanti makannya tidak banyak. Sepertinya saya perlu buat papan menu, supaya menu saya bervariasi.Terima kasih atas tipsnya,nanti mau saya praktekkan

    BalasHapus
  25. Hehe.. Aku masih suka random masaknya. Belanja juga seringnya tiap hari karena di depan ada penjual sayur. But tengkiu tips nya mb. Salam kenal ya

    BalasHapus
  26. Saat punya baby aku aga jarang masak nih haha catering is th best buat saat ini, tapi memang aku tipe org yg belanja permingguan gitu stok-stok bahan masakan juga klo sempet masak untuk weekend

    BalasHapus
  27. Boleh dicoba nih tipsnya. Terkadang masak itu bisa menghabiskan waktu. Apalagi kalau yang dimasak banyak. Gunanya kulkas untuk menyimpan makanan yang bisa disimpan agak lama.

    BalasHapus
  28. Mbak udh nyobain resep churros milo dari rinaresep belum? enak banget loh, dijamin! Resep-resep dari rinaresep emang mantul sih ya

    BalasHapus
  29. Kalau bumbu dasarnya sudah disediakan, makin simple memasaknya, jadi nggak pakai lama

    BalasHapus
  30. Duh sebenernya mudah yaa..mau coba ah..aku msh berantakan nih manajemen dapurnya😅

    BalasHapus
  31. Membuat papan menu ini penting sekali supaya tidak bingung setiap hari mau masak apa.

    BalasHapus
  32. Tipsnya bisa dicoba nih.. Seneng banget kalau masak hanya membtuhkan waktu 5 menit.

    BalasHapus
  33. Mantap mbak tipsnya. Aku sementara ini masih pakai Cara belanja seminggu sekali Dan menyusun menu mingguan sih. Belum sekomplit mbak. Sambil belajar food prep biar belanjaan awet di dalam kulkas.

    BalasHapus
  34. Salam kenal dariku sesama Member Ibu Profesional ya, Mbak.
    Kebetulan aku di Regional Asia.

    Aku tertarik sekali dengan tips tentang papan menu.
    Betul juga ya..dengan 10 hari menu dan ditulis di papan, membuat anggota keluarga bisa saling mengingatkan

    BalasHapus
  35. Membuat papan menu boleh juga mba. Suka blank kadang mau buat apa. Yang lainnya juga oke sarannya. PR lainnya adalah bagaimana bahan makanan bisa awet seminggu

    BalasHapus
  36. Nah, membuat bumbu dasar ini yang penting. Jadi enggak bolak-balik kudu uleg ataupun blender aneka bumbu ya. Tinggal sendok aja dan tuang di alat masak. Mempersingkat waktu memasak banget ini

    BalasHapus
  37. Perlu dicoba, tapi nanti kalau si baby udah ga sering oe oe hehehe

    BalasHapus
  38. Iyesss kalau masaknya udah direncanakan sebelumnya emang jadi lebih cepat ya mba.. apalagi kalau emang semua bahan ada di rumah... apalagi skarang sudah banyak bumbu dan bahan instan yg tinggal masak ya..

    BalasHapus
  39. Sejak pindah lagi ke rumah orang tua nggak bingung soal masak memasak. Tapi tips ini aku simpan untuk dipraktikkan lagi kalau sudah tinggal lagi di rumah sendiri. Makasih, sharingnya, mbak.

    BalasHapus
  40. Tipsnya ok nih. Saya termasuk emak-emak yang butuh praktis ekonomis dan efisien untuk urusan dapur.

    BalasHapus
  41. Selama pandemi, aku juga mengikuti cara seperti ini mbak.. terbukti banget praktis dan hemat

    BalasHapus