Ini Dia 7 Tips Memasak Praktis ! Memasak Kini Hanya 5 Menit!



Memasak menjadi hal yang terpisahkan bagi setiap ibu. Tiada hari tanpa memasak. Namun terkadang memasak bisa menjadi hal yang membingungkan bagi seorang ibu. Ketika bangun pagi masih saja ada ibu yang bingung harus masak apa hari ini. Memasak menjadi dihindari karena banyaknya waktu dan tenaga yang dihabiskan untuk memasak setiap harinya.
Sebenarnya memasak bisa menjadi hal yang menyenangkan, memasak tidak akan menghabiskan banyak waktu bila kita tahu caranya. Sahabat Saliha, ini dia tujuh tips memasak yang bisa dilakukan di rumah, agar memasak cepat dan praktis :
1.      Buat Menu 10 Hari
Menghindari kebingungan dalam menyediakan masakan setiap harinya dimulai dengan membuat perencanaan. Buatlah list menu selama 10 hari. Kenapa 10 hari? Karean bila di buat seminggu maka menu akan mudah ditebak di pekan berikutnya.
Biar lebih seru libatkan anggota keluarga lainnya. Membuat menu secara tematik, misalnya sepuluh hari pertama menu laut kemudian sepuluh hari kedua menu unggas.
2.      Buat Papan Menu
Papan menu adalah database  acuan dalam membuat menu 10 hari. Kenapa harus membuat papan menu? Papan menu berguna untuk memonitor menu keluarga. Dari papan menu kita dapat mengetahui variasi masakan 10 hari sebelumnya dan masakan untuk 10 hari berikutnya. Dengan papan menu, belanja mingguan akan lebih mudah dikelola. Papan menu akan mempermudah kita dalam menyusun menu 10 hari tapi cukup dengan berbelanja seminggu sekali.
Letakkan papan menu di dapur, sehingga akan memudahkan kita dalam menyusun menu. Beri warna yang berbeda untuk setiap bahan makanan. Misalnya merah untuk daging dan biru untuk ikan. Ini akan mempermudah dalam membuat variasi makananan.
Tugas sebagai ibu adalah mengenalkan berbagai variasi makanan, agar lidah anak terbiasa makan makanan apa saja.
3.      Susun Menu Gizi Seimbang
Pastikan menu yang disusun adalah menu yang mengandung gizi seimbang.
Apa itu gizi seimbang? Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal.
Berikut adalah prinsip menu gizi seimbang :
v  Sesuai kebutuhan gizi
Ketika menyusun menu perhatikan angka kecukupan gizi. Angka kecukupan gizi dihitung dari kebutuhan kalori sehari.
v  Proporsi zat gizi
Selain memperhatikan kebutuhan kalori, menu yang disusun harus memperhatikan proporsi zat gizi. Proporsi zat gizi bisa dilihat dari tumpeng gizi seimbang di bawah ini.

                                                         Sumber : wikipedia



v  Distribusi makanan dalam satu hari
Perhatikan distribusi makanan dalam satu hari. Ini termasuk menyediakan makanan yang warna-warni. Selain untuk memenuhi nutrisi tubuh, makanan yang warna-warni akan menarik perhatian anak. Mereka pun akan lahap dalam menyantapnya.
v  Ketersediaan bahan makanan
Menu yang disusun usahakan terbuat dari bahan makanan yang tersedi dekat lokasi tempat tinggal. Misalnya bila susah mencari ikan salmon, bisa diganti dengan ikan tongkol. Harganya lebih murah, lebih mudah di dapat tapi kandungan gizinya juga tidak kalah.
v  Keuangan
Ketika menyusun menu, sesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga. Pilih bahan makanan loka, selain mudah di dapat, harganya juga lebih terjangkau.
4.      Berbelanja Seminggu Sekali
Buat jadwal belanja seminggu sekali, misalnya ketika hari libur. Setelah belanja , racik bahan untuk siap dimasak. Misalnya bumbui ikan, potong dan cuci bersih sayur lalu di taruh di dalam wadah.


Sumber : dokumentasi pribadi

Dengan begini bahan akan lebih cepat dan mudah untuk dimasak. Tak perlu repot-repot memotong ataupun membumbui terlebih dahulu.
5.      Manajemen Lemari Es
Manajemen lemari es yang baik akan memudahkan kita dalam memasak. Berikut manajemen lemari es yang bisa dilakukan antara lain:
v  Semua bahan makanan di tata first in first out . Misalkan jika berbelanja hari Sabtu, maka bahan makanan yang terletak paling dalam adalah bahan makanan untuk hari Jum at, sedangkan yang paling luar adalah bahan makanan untuk hari Minggu.
v  Tempatkan semua bahan makanan dalam wrap yang tertutup rapat. Pastikan bahan makanan yang disimpan dalam keadaan kering, misalnya untuk sayur-sayuran agar tidak membusuk.
v  Letakkan bahan-bahan lauk seperti daging dan ikan ke dalam freezer agar kondisinya tetap segar sampai waktu digunakan.
6.      Buat Bumbu Dasar
Membuat bumbu dasar akan menghemat waktu memasak, jadi anda tidak perlu lagi menguleg setiap akan memasak. Secara umum ada tiga jenis bumbu dasar yang bisa dijadikan memasak berbagai jenis masakan.
1. Bumbu dasar putih
Bumbu dasar putih dibuat dari campuran bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar. Bumbu jenis ini biasanya digunakan untuk membuat sayur lodeh, soto, dan opor.





Sumber : Dokumentasi Pribadi

2. Bumbu dasar kuning
Bumbu dasar kuning terbuat dari bumbu dasar putih di tambah kunyit. Bumbu tradisional ini digunakan untuk membuat ayam goreng, ayam bakar, soto, dan gulai.

3. Bumbu dasar merah
Bumbu dasar merah ini juga pengembangan dari bumbu dasar putih. Bumbu ini dibuat dari bumbu dasar putih di tambah cabai merah. Biasanya digunakan untuk membuat sambal goreng atau ayam panggang.

Pastikan saat membuat bumbu dasar ini bumbu ditumis dalam waktu yang lama dan kemudian disimpan dalam jar yang bersih dan kering. Anda bisa menggunakan toples bekas madu atau selai untuk menyimpan bumbu dasar ini.
7.      Sedia Parutan Kelapa
Masakan Indonesia tidak bisa dipisahkan dari santan. Banyak berbagai jenis masakan yang membutuhkan santan, misalnya opor, kare, gulai dan lain sebagainya. Sediakan kelapa parut di rumah, bagi per porsi dan simpan di freezer agar lebih awet. Bila membutuhkan membuat santan, anda bisa langsung mengambilnya.


Demikian 7 tips memasak praktis, dengan tujuh tips ini kegiatan memasak anda menjadi lebih mudah. Memasak tak butuh banyak waktu. Anda pun bisa menghemat tenaga dan biaya. Tak perlu membeli makanan di luar, karena semua bisa dimasak dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba!
Ini Dia 7 Tips Memasak Praktis ! Memasak Kini Hanya 5 Menit! Ini Dia 7 Tips Memasak Praktis ! Memasak Kini Hanya 5 Menit! Reviewed by Dee_Arif on Januari 20, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Blogger, Profesi Impian?

Blogger, menjadi salah satu profesi pilihan bagi beberapa orang. Kendati saat ini posisinya sudah mulai digeser oleh para youtuber da...

Diberdayakan oleh Blogger.