Makan Hokben Pakai Sambal Indonesia? Bisa Banget!!

Di siang hari yang mendung, setelah menempuh perjalanan sejauh 12,6 km maka tibalah saya di gerai Hokben yang terletak di Jalan Polisi Istimewa (M. Yasin) Surabaya. Ini adalah kunjungan saya yang kedua di gerai ini. Sebelumnya saya kesini di acara reuni SMP. Gerai Hokben ini memang memiliki banak kelebihan, yang kelihatan jelas adalah area parkirnya yang sangat luas. Didukung oleh fasilitas musola dan wifi yang super kenceng, bias dijadikan alternatif bagi coworking ni.




Napak Tilas Sejarah Hokben
Ada pepatah yang sangat terkenal, “Tak Kenal Maka Tak Sayang”, nah sebelum saya bercerita lebih banyak tentang menu baru hokben, ada baiknya kita mempelajari sejarah Hokben terlebih dahulu (mentang-mentang yang nulis guru sejarah, hahaha).
 
 Hokben ini dulunya bernama Hoka-Hoka Bento, pertama kali berdiri di Indonesia pada tahun 1985. Gerai pertama Hokben ada di daerah Kebon Kacang Jakarta. Hokben ini ada di bawah lisensi PT. Eka Bogainti. Hokben menjadi pelopor restoran khas Jepang di Indonesia.



 
Lima tahun kemudian, yakni tahun 1990 Hokben mulai merambah Jawa Tengah, tepatnya di kota Bandung. Hingga saat ini ada 25 gerai Hokben yang tersebar di seantero Jawa Barat. Gerai terbaru ada di Transmart Cirebon. 

Tahun 2005 Hokben masuk ke Jawa Timur, gerai Hokben Polisi Istimewa ini adalah gerai pertama Hokben di Jawa Timur. Sampai dengan saat ini sudah ada 10 gerai Hokben yang tersebar di Surabaya dan Malang.

Hokben terus berkembang menyesuaikan zaman, tahun 2007 Hokben membuka layanan Call Centre dan Delivery Order. Siapa saja yang kangen dengan lezatnya Hokben tinggal telepon saja, praktis kan…



Keberadaan Hokben semakin diterima di hati keluarga Indonesia, Hokben pun berkembang menjadi restoran keluarga. Banyaknya orangtua yang mengajak anaknya menikmati Hokben, membuat Hokben kembali berinovasi. Tahun 2008 Hokben meluncurkan menu khusus anak-anak, namanya “Kidzu Bento”. Setiap pembelian menu ini akan disertai dengan mainan, kali ini yang menjadi hadiah dari Kidzu Bento adalah “Diecast Car”. 



Tak Perlu Ragu dengan Kehalalan Hokben
Teman-teman yang muslim tak perlu ragu dengan status kehalalan Hokben. Tahun 2008 Hokben telah mendapakan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). 



Kemudian pada tahun 2017 Hokben memperoleh Sertifikat Sistem Jaminan Halal dari MUI. Apa bedanya sertifikat halal dengan sertifikat sistem jaminan halal? 


Sertifikat halal adalah sebuah legitimasi bahwa bahan makan yang disajikan aman dikonsumsi baik dari sisi kesehatan dan dari sisi pengajaran agama Islam yakni halal atau boleh dan baik untuk dikonsumsi bagi umat muslim. Sedangankan sertifikat jaminan halal dibuat untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan adalah halal tidak terkontaminasi najis. Penerapan SJH (Sistem Jaminan Halal) merupakan bentuk komitemen perusahaan untuk menghasilkan produk yang halal. Nah tak perlu ragu dan risau, Hokben halal,, Alhamdulillah..
Transformasi Hokben
Tahu tidak jika Hokben ini awalnya bernama Hoka Hoka Bento. Tahun 2013 ada peremajaan logo Hokben yang diikuti dengan perubahan nama dari Hoka-Hoka Bento menjadi Hokben. Uniknya nama Hokben ini diambil dari istilah para pengunjung lho. Orang biasa menyebut Hoka-Hoka Bento menjadi Hokben. Wah Hokben ini sangat memperhatikan konsumen yaa.. 



Ketika berubah menjadi Hokben, logo Hokben juga berubah. Perubahan logo ini tidak turut merubah karakter dalam logo. Logo Hokben masih tetap Taro dan Hanako kok, hanya mereka di buat dalam pose yang berbeda. 

Hoka Suka , Perpaduan Citarasa Jepang & Indonesia
Masakan Indonesia terkenal kaya rasa, ada yang manis, ada yang asin juga ada yang gurih. Berbagai masakan Indonesia juga banyak yang pedas. Bahkan orang Indonesia tidak bias lepas dari sambal, apapun makanannya. Makanya Indonesia juga kaya akan variasi berbagai jenis sambal, dari Sabang sampai Merauke.
Hokben tampaknya sangat mnegerti hal ini, makanya baru-baru ini, tepatnya tanggal 12 Februari 2018, Hokben meluncurkan menu baru. Menu yang sangat fantastis!. Mencoba memadukan citarasa Jepang dan Indonesia. Menu itu adalah Hoka Suka. 



Hoka Suka terdiri dari 3 jenis varian :
1.Hoka Suka 1



Menu ini terdiri dari 3 (tiga) tusuk Yakitori Grilled yang disajikan lengkap dengan nasi, kering kentang, acar kuning, serta sambal Indonesia.
2.Hoka Suka 2



Memadukan 4 (empat) buah Ebi Furai yang dilengkapi nasi dengan kering kentang, acar kuning, serta sambal Indonesia.
3. Hoka Suka 3


Menu ini mengombinasikan 1 (satu) buah Chicken Katsu yang didampingi nasi dengan kering kentang, acar kuning, serta sambal Indonesia.

Hoka Suka ini bias disantap dengan 3 variasi sambal khas Indonesia. Ada sambal bawang dari Jawa, sambal matah dari Bali dan sambal hijau dari Padang. Hidangan Hokben yang khas Jepang ini ternyata cocok juga bila dinikmati dengan sambal khas Indonesia. 



Seperti saya yang kali ini memilih Hoka Suka 2, awalnya saya pilih memakannya dengan sambal matah. 




Duhh rasanya nampol banget, ternyata satu sambal tidak cukup. Akhirnya saya memilih sambal hijau untuk menghabiskan Hoka Suka 2. 



Tak hanya bias dinikmati bersama Hoka Suka, sambal ini juga bias dinikmati bersama menu Hokben lainnya. Saya memilih takoyaki dengan cocolan sambal bawang. 


So lengkap sudah pengalaman saya menikmati tiga sambal nusantara yang pedasnya nampol banget ini. Kamu juga bias kok langsung menikmati ketiga sambal ini, karena sambal ini juga dijual terpisah. Harganya juga murah kok, hanya lima ribu rupiah saja!.

Hoka Suka ini benar-benar menu akulturasi Jepang Indonesia lho. Tak hanya disajikan dengan sambal, di Hoka Suka juga ada acar kuning dan kering kentang. Tuh kan Indonesia banget deh. Fix Hoka Suka ini very recomende!! Kaya Rasa Semua Suka!.





Makan Hokben Pakai Sambal Indonesia? Bisa Banget!! Makan Hokben Pakai Sambal Indonesia? Bisa Banget!! Reviewed by Dee_Arif on Maret 02, 2018 Rating: 5

7 komentar:

  1. Sipsipsip. Sambalnya oke nih, saya pilih yang sambal bawang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,, sambal bawang juga jadi pilihan saya,, paling favorit :)

      Hapus
  2. Hokben makin mantap, kolaborasi antara menu Jepang & Indo makin tambah ajib dilidah, hehe... Boleh mampir jg mba di blog saya, hehe... www.ichafaaizah.com

    BalasHapus
  3. Dan pastinya halal menjadi alasan berkunjung ke hokben ya mbak

    BalasHapus
  4. wah asik, kini pilihan sambalnya banyak dan pas dengan selera indonesia.

    BalasHapus
  5. Lima tahun kemudian, yakni tahun 1990 Hokben mulai merambah Jawa Tengah, tepatnya di kota Bandung. -> ini Jawa Barat mungkin maksudnya ya mbak? :D

    Wah udah lama ga makan di Hokben. Lihat foto-foto di sini jadi mupeng :D

    BalasHapus
  6. nuansa indonesia makin kental di hokben. suka bangets

    BalasHapus

Tiga Tema Blog Favorit

Dulu, pertama kali ngeblog saya sama sekali tidak tahu apa-apa tentang seluk beluk blogging. Blog pertama saya adalah www.ruangb...

Diberdayakan oleh Blogger.