Mau Jadi Blogger Keren? Lakukan Tujuh Langkah Berikut! Kamu Pasti Akan Jadi Blogger Keren






Blogger, siapa yang tidak bangga menyandang profesi ini. Salah satu profesi kekinian yang banyak dicita-citakan oleh generasi milineal. Bahkan generasi era 90 an sekarang juga mulai serius menggeluti profesi ini. Termasuk saya, iya sejak setahun ini saya mulai serius untuk merintis karir sebagai blogger.  Menurut saya ini profesi yang sesuai dengan passion saya, saya suka menulis. Selain itu profesi inilah yang tetap memungkinkan saya untuk tetap punya banyak waktu dalam menemani dua buah hati yang masih balita sekaligus menghasilkan uang sendiri.

Saya pun berkeinginan bisa menjadi seorang blogger keren. Hmm apa ya blogger keren itu?. Kalau menurut saya blogger keren itu blogger yang punya blog terawat. Terawatt artinya blognya bagus secara tampilan dan isi. Blognya memberi banyak informasi pada orang banyak, sehingga punya banyak pengunjung. Mampu menjadi seorang influencer. Kalau sudah begitu, otomatis pundi-pundi uang akan berdatangan dari aktivitas ngeblog.

Apakah saya sudah menjadi seorang blogger keren? Belum lah, tapi saya masih selalu berusaha untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Setidaknya dari berbagai referensi dan pengalaman pribadi, menurut saya ada tujuh langkah yang harus dilakukan agar bisa menjadi seorang blogger keren.
1.      Menulis

Berusaha mematuhi one day one post

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menjadi seorang blogger keren pastinya adalah menulis. Iyalah, jika tidak menulis, mau diisi apa blognya. Usahakan untuk menulis setiap hari, one day one post gitu lah. Dengan menulis secara rutin, kemampuan menulis kita akan semakin terasah. Tak perlu langsung membuat post  yang panjang. Minimal 500 kata per hari juga sudah cukup. Pastikan lakukan research dulu ya sebelum menulis. Cari topik yang menarik dan bermanfaat untuk banyak orang, tak sekadar curahan hati saja. Supaya banyak orang yang mendapatkan manfaat dari tulisanmu, dan ini pada akhirnya akan membuat blogmu ramai pengunjung.

2.      Membaca
Jika aktivitas utama dari ngeblog itu adalah menulis, pastikan kamu juga rutin membaca. Membaca itu seperti asupan gizi bagi blogger. Dengan membaca, kamu akan memiliki banyak referensi bagi tulisanmu. Semakin sering kamu membaca, semakin kaya juga hasil tulisanmu. Kalau saya memaksakan diri untuk selalu memenuhi target minimal satu buku tiap pekan. Kalau perlu ikut saja gerakan one week one book, yang banya dilakukan oleh beberapa komunitas blogger. Biasanya kalau ikutan program bersama gini, bisa bikin kita semangat dan konsisten membaca.
Biasakan setiap selesai membaca buku, kamu tulis review buku tersebut. Sesuai pepatah bijak, ikatlah ilmu dengan tulisan. Ilmu yang kamu dapat setelah membaca, tidak akan hilang. Selain itu mereview buku bisa menjadi satu topik tulisan dalam blogmu. Seperti saya, di blog saya ada label “Buku minggu ini”. Didalamnya terdapat beberapa review buku yang sudah saya baca selama sepekan.

Label Buku Minggu ini, mengikat ilmu dari buku yang dibaca


3.      Platform Berbayar
Bila kamu sudah niat menjadikan aktivitas ngeblog sebagai sebuah profesi, pastikan kamu membuat blog dengan platform  berbayar. Sebagaian besar job untuk blogger mensyaratkan ditulis dalam platform berbayar.
Bila kamu sudah memiliki blog dengan platform berbayar, pastikan kamu mendesain blogmu dengan baik. Misalnya gunakan template blog yang menarik. Blog dengan background berwarna putih, akan lebih disukai.

Memilih background berwarna putih untuk blog saya


4.      Bergabung dengan Komunitas Blogger
Ya, saat kamu sudah serius ngeblog pastikan kamu juga bergabung dengan komunitas blogger. Ada banyak komunitas blogger yang tersebar di Indonesia, semua bisa kamu temukan dengan mudah melalui berselancar di internet. Saya mengikuti banyak komunitas blogger, salah satunya adalah Warung Blogger.
Warung Blogger, salah satu komunitas blogger yang saya ikuti

Apa sih manfaat bergabung dengan komunitas blogger? Banyak!. Pertama, melalui komunitas blogger kamu akan punya banyak teman. Menambah teman berarti menambah ilmu juga lho, karena berteman dengan sesama blogger akan membuat kita bisa saling berbagi seputar ilmu blogging.
Kedua, bisa belajar dari para maestro. Salah satu agenda yang sering dilakukan oleh komunitas blogger adalah sesi sharing dengan para maestro di bidang blogging. Kamu bisa dibimbing langsung dengan ahlinya. Seperti saya yang pernah berkesempatan mengikuti sharing dari beberapa maestro blogger seperti Shintaries, Carolina Ratri dan Grace Melia hanya dengan bergabung dalam komunitas blogger. Sekalipun lewat online, saya mendapat banyak asupan materi tentang dunia blogging.
Ketiga, dari kominitas blogger kamu bisa mendapat banyak informasi tentang lomba-lomba blog yang bisa jadi peluang kamu mengumpulkan portofolio sebagai blogger. Selain itu, di komunitas blogger biasanya juga akan disebar informasi job for blogger. Alhamdulillah saya sudah beberapa kali dapat tawaran pekerjaan dari komunitas blogger.
Keempat, loyal supporter . Ya, di komunitas blogger kamu bisa dapat pendukung yang loyal. Teman-teman di komunitas blogger tidak akan pelit untuk sekadar memberikan like dan comment nya untuk setiap postingan kamu. Dukungan ini sangat berarti lho, karena ini pada akhirnya akan meningkatkan traffic blogmu.

5.      Rajin Blogwalking
Sebagai seorang blogger jangan lupa untuk sering melakukan blogwalking. Blogwalking adalah aktivitas mengunjungi blog-blog lainnya. Banyak manfaat dari kegiatan blogwalking ini. Selain dapat mencari inspirasi bagi blog kamu sendiri, blogwalking bisa meningkatkan perkembangan blogmu di search engine.

6.      Upgrading Ilmu
Jangan lupa untuk selalu menambah ilmu seputar dunia blogging. Baca buku-buku yang membahas dunia blogging. Datangi workshop-workshop yang membahas seputar blogging. Apalagi jika workshop itu diisi oleh para maestro blogger.

Saat mengikuti workshop bersama master blogger, Shintaries

Praktekkan setiap ilmu baru yang kamu dapat. Asah terus kemampuan ngeblogmu. Semakin diasah tentu akan semakin baik.

7.      Buat Portofolio
Tak hanya melamar sebagai karyawan perusahaan yang membutuhkan pengalaman, seorang blogger juga perlu memiliki pengalaman. Bisakan membuat portofolio dari setiap pekerjaan yang kamu dapatkan dari kegiatan ngeblog. Di blog saya ada label khusus yang saya gunakan sebagai dokumentasi portofolio saya, saya beri label “Job Review”. 

Label Job Review, sebagai bentuk portofolio

Dengan portofolio ini kamu bisa dilihat oleh calon klien. Saya pernah mendapat job dari klien hanya karena mereka melihat blog saya. Saat dihubungi mereka, rasanya seperti dapat durian runtuh lho.

Nah itu tadi tujuh langkah yang sampai saat ini sedang saya lakukan secara konsisten. Saya yakin, dengan rutin melakukan tujuh hal berikut saya akan menjadi seorang blogger keren. Saya sudah mencobanya, sekarang giliran kamu. Trust me its work. . J

“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menu7uh Warung Blogger Labih Baik : Yuk,Jadi Blogger Keren!”

Mau Jadi Blogger Keren? Lakukan Tujuh Langkah Berikut! Kamu Pasti Akan Jadi Blogger Keren Mau Jadi Blogger Keren? Lakukan Tujuh Langkah Berikut! Kamu Pasti Akan Jadi Blogger Keren Reviewed by Dee_Arif on Juni 05, 2018 Rating: 5

21 komentar:

  1. Thanks a lot mbak tips buat jadi blogger kecenya. Sukses!

    BalasHapus
  2. Beneran ini bagus banget tipsnya, 1-6 aku selalu jalanin tapi yg no 7 aku masih meraba-raba ahhahaha

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    BalasHapus
  3. Terima kasih tipsnya mba.. Kalau mau serius ngeblog memang harus konsisten yaa.. Bukan hanya tentang menulis, tapi juga upgrade ilmu dan blogwalking, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, konsisten itu yg jadi tantangan

      Hapus
  4. Duh ngerasa deh, bulan puasa ini aku jarang BW.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama,,, habis ramadan di geber terus BW nya

      Hapus
  5. Sy udah buat blog dari 2011 tp sayang tdk terawat. Hiks. Lg berniat jd blogger keren. Terima kasih tipsnya mbk.

    BalasHapus
  6. Sudah sejak SMA sampai rumah tangga aku buat blog bahkan yang blog lama terbengkalai dan bikin blog baru. baca postingan ini jadi semangat minimal naikin jumlah pembaca dulu. kalo dah oke masuk ke cari duit dari blog hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yang penting konsisten nulis dulu,,

      :)

      Hapus
  7. Yang paling ingin aku biasain itu membaca dan blogwalking mbk. Makasih sharingnya. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah bagus itu,,
      salam kenal juga

      Hapus
  8. Semoga Mpo jadi keturalan keren. biar nulis rajin dan memberi manfaaat bagi orang lain

    BalasHapus
  9. One day one post sama one week one book, sepertinya yang belum pernah saya coba mbak. Pol-polan cuma bikin tulisan seminggu sekali, kalau masalah baca buku, ya Allah, jarang banget. Seringnya malah baca blogpost temen lewat blogwalking ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. BW juga bisa jadi referensi lhoo

      Hapus
  10. Buat saya konsisten itu yang paling susah deh..
    Apalagi kalau malas lg melanda.

    BalasHapus
  11. One Day One Post! Duh itu keren banget memang. Aku masih belum berhasil nih.
    Thanks tipsnya ya, Mbak

    BalasHapus

Situs Streaming Film Yang Wajib Dikunjungi

Kesibukan kantor dan juga kesibukkan kampus yang tidak ada hentinya akan menyebabkan pikiran menjadi kusut. Sehingga dampaknya rasa sunt...

Diberdayakan oleh Blogger.