Minggu, 19 Agustus 2018

Tips Copywriting for Blogger


Hari Jum at kemarin, komunitas ODOPfor99day menggelar kulwap bersama Deka Amalia. Adapun topik yang dibahas sangat menarik, yaitu copywriting for blogger. Deka Amalia seorang penulis yang sudah memiliki pengalaman menulis selama  dua puluh dua tahun, memberikan tips-tips copywriting bagi semua member WAG ODOPfor99days.  





*Apa itu copywriting *

Copywriting adalah sebuah teknik menulis yang membuat pembaca merespon apa yang kita inginkan. Sebelum memulai copywriting siapkan ide terlebih dahulu. Pikirkan pesan apa yang ingin disampaikan, setelah itu tuliskan.

Copywriting memiliki tujuan untuk  mendapat respon dari pembaca yaitu membeli, mendaftar, mengingat atau melakukan tujuan lain sesuai dengan yang kita harapkan.

* Pentingnya Copywriting * 

Copywriting sangat penting dalam bisnis online yang menggunakan media tulisan untuk mendapatkan calon pelanggan. Dalam bisnis online, secara sederhana manfaat copywriting adalah menjadikan tulisan kita mampu menggaet para pelanggan. 

Melewatkan copywriting sama saja melewatkan kesempatan memperoleh pelanggan dan membuang waktu. Dengan copywriting waktu yang kita gunakan dalam bermedia sosial akan efisien dan tertarget.

Copywriting juga membantu kita membranding produk kita. 
Secara berkala brand kita akan makin kuat dan orang mengenal kita sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Sebagai seorang blogger, copywriting bisa membuat tulisan kita lebih disukai oleh pembaca. Setiap copywriting yang kita tulis di blog, pada akhirnya akan menbranding diri kita sebagai seorang blogger. Misalnya, jika kita banyak menulis tentang travelling, orang akan mengenal kita sebagai travel blogger. Atau saat kita banyak menulis tentang kuliner, maka kita akan disebut sebagai kuliner blogger. Dan masih banyak lagi, semua bergantung dari copywriting yang kita lakukan.

* Tips Copywriting for Blogger *

1. Siapkan Materi Copywriting

Sebelum memulai copywriting, pastikan kita sudah punya ide tulisan. Apa yang ingin kita tulis dan produk knowledge dari copywriting kita. 

2. Batasan Kata Dalam Copywriting

Tidak ada batasan kata dalam cipywriting. Namun baiknya tidak terlalu panjang, agar pembaca tidak bosan. Tulis dengan cara bercerita yang runtut dan mudah dipahami. 

3. Soft Selling

Copywriting bisa juga dibilang soft selling. Yaitu membuat tulisan dengan cara bercerita. Ceritakan informasi atau manfaat tentang suatu hal, pasti akan membuat pembaca tertarik.

4. Tahu Ilmunya

Menjadi seorang copywriter sukses tentu harus tahu ilmunya. Cari berbagai referensi tentang copywriting. Mulai dari buku hingga berbagai artikel di media sosial. Atau mendatangi berbagai seminar dan workshop yang membahas copywriting.

5. Perbanyak Jam Terbang

Tentunya untuk menjadi copywriter sukses harus memperbanyak jam terbang. Konsisten menulis. Upayakan setiap hari ada tulisan baru dari blog kita. Menjaga konsistensi menulis adalah dengan mencintai pekerjaan kita (blogger = menulis). Buatlah jadwal kerja dan timetable. 

6. Percaya Diri

Last but not least, setiap kesuksesan butuh rasa percaya diri. Brandingkan diri sendiri adalah wujud nyata bahwa kita percaya diri. Misalnya dengan membuat kartu nama yang bisa kita bagikan saat menghadiri acara-acara. Atau rajin mengiklankan diri sendiri.






Demikian tips copywriting for blogger yang bisa saya simpulkan dari kulwap bersama Deka Amalia kemarin. Semoga bermafaat :)

2 komentar:

  1. Wah, sangat bermanfaat buat saya ini. Buat membranding songkoklukisnusantara. Thanks sharingnya Mbak.

    BalasHapus

Menikmati Makan Malam Romantis di Rooftop Darmo Steakhouse Batiqa Hotel Darmo Surabaya

Beberapa bulan lagi, pernikahan kami menuju tahun ke tujuh. Tujuh tahun menjalani pernikahan, rasanya luar biasa. Bahagia dan kesedihan...