Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Review Buku " Lima Tahun Pertama Anak Berkebutuhan Khusus"



Dunia anak-anak selalu menjadi hal yang menarik bagi saya. Selalu menjadi sumber inpirasi bagi setiap karya-karya tulisan saya. Kali ini saya ingin memperdalam pengetahuan tentang anak berkebutuhan khusus (ABK).

Pilihan pertama saya adalah buku dari Deka Amalia, buku yang berjudul "Lima Tahun Pertama Anak Berkebutuhan Khusus". Buku ini diangkat dari kisah nyata penulis dalam menemani anak gadisnya yang seorang ABK. Pengalamanan dalam membimbing dan menemani ABK selama lima tahun pertama dituangkan secara apik dalam buku ini. 

Sebagai pembuka, buku ini menceritakan bagaimana suara hati penulis ketika mengetahui anaknya adalah anak ABK. Bagaimana reaksi penulis saat tahu anaknya ABK, kemudian bagaimana penulis menjalani takdirnya untuk membing anak ABK. Lalu ada cerita bahagia dimana anak ABK nya kini telah duduk di bangku kuliah. Seperti memetik buah kesabaran yang manis.

Buku ini terdiri dari 9 bab : 

1. Kisah Kelahiran
2. Saat Tahun Pertama
3. Saat Tahun Kedua
4. Saat Tahun Ketiga
5. Saat Tahun Keempat
6. Saat Tahun Kelima
7. Karena Setiap Anak adalah Pribadi yang Berbeda
8. Tentang Pendidikan
9. 10 Kesalahan dalam Mendidik Anak Saat Balita

Dalam setiap bab tentang tahun pertama hingga kelima diuraikan bagaimana tahapan fisik dan psikis anak. Lalu diceritakan setiap terapi dan proses yang dilakukan anak. Penulis juga memberi tips-tips tentang berbagai kegiatan edukatif bagi ABK. 

Bab terakhir sangat berkesan bagi saya, tentang 10 Kesalahan dalam Mendidik Anak Saat Balita. Ah, betapa saya masih sering melakukan berbagai kesalahan tersebut. 

Buku setebal 134 halaman ini sangat padat dan berisi. Menjadi rujukan bagaimana menemani ABK.  Tips-tips yang diberikan sangat ilmiah dan berbasis pengalaman pribadi. Bahasanya ringan dan mudah dimengerti. 

Cocok sebagai referensi bagi setiap orangtua ABK atau para penggiat pendidikan ABK. 

1 komentar

  1. As an opening, this book tells how the author's conscience when he discovered his child was a child with special needs.

    BalasHapus