SCRIPT ANTI M1 BL WATON Parade 2019, Festival Budaya Khas Jember - Dee Stories

WATON Parade 2019, Festival Budaya Khas Jember



WATON Parade 2019





Hari kedua di Jember, rombongan Sueger Famtrip 2019 menuju ke Pantai Watu Ulo. Kami akan berkumpul bersama ratusan warga Jember. Kami akan melihat kemeriahan WATON Parade 2019.


WATON (Watu Ulo Pegon Parade) 2019 adalah festival budaya yang diadakan oleh Pemkab Jember. WATON digelar untuk melestarikan budaya masyarakat jember. Mulai dari parade Pagon hingga serunya makan tumpeng bersama.


Ada apa saja di WATON 2019 ini? Baca terus yuk...


Pertunjukan Seni Khas Jember 



Bersama Ta Butha'an



Acara WATON Parade 2019 dibuka dengan beragam tarian yang dibawakan oleh Sanggar Seni Jaranan Putri Wijoyo Sakti. Juga ada penampilan dari Patrol Jember Putra Percussion. Beragam penampilan ditampilkan. Mulai dari reog, tari kuda kencak, tari jathilan dan tarian khas Jember lainnya. Tak ketinggalan ada juga Ta' Butha'an (Buto/Raksasa)


Parade Pegon



Parade Pegon ini bisa disebut sebagai inti dari acara WATON Parade 2019. Jadi acara WATON ini pada dasarnya adalah untuk melestarikan tradisi masyarakat Jember, khusunya yang ada di daerah Ambulu. 


Parade Pegon



Disini setiap lebaran ketupat yang dirayakan pada hari ketujuh pasca idul fitri, masyarakat selalu berkumpul bersama di sebuah tempat wisata. Mereka membawa ketupat dan lepet untuk dimakan bersama. Nah Pegon menjadi alat transportasinya.


Pegon adalah kendaraan tradisional sejenis pedati. Pegon ditarik dengan dua ekor sapi. Uniknya, para penarik Pegon ini disebut "BAJINGAN". Pegon yang datang di acara ini dihias semenarik mungkin. Siapa yang paling menarik, dialah pemenangnya.

Serunya naik pegon




Parade Pegon sudah rutin digelar setiap tahunnya. Namun baru kali ini parade Pegon digelar dalam event WATON. Kali ini ada 58 Pegon yang mengikuti parade. Saya pun berkesempatan merasakan naik Pegon walau sebentar. Seru euy.. !


Festival Bakar Ikan


WATON yang digelar di pantai Watu Ulo ini juga bertujuan agar masyarakat gemar makan ikan. Ikan adalah sumber protein tinggi dengan harga terjangkau. 


Bupati Jember memeriahkan Festival Bakar Ikan



Maka di acara WATON Parade 2019 ini juga digelar Festival Bakar Ikan. Sebanyak 50 orang peserta membakar ikan secara bersama-sama. Tak ketinggalan bupati Jember, dr. Hj.  Faida, MMR ikut serta membakar ikan. Bupati juga berpesan agar masyarakat Jember gemar makan ikan. 


Gunungan Ketupat


Arakan Gunungan Ketupat



Dalam acara ini juga ada arak-arakan gunungan ketupat. Gunungan ketupat dibawa dari dari Kantor Desa Sumberejo dan berakhir di Pantai Watu Ulo. Sampai di Pantai Watu Ulo, gunungan ketupat diserahkan kepada bupati. Setelah berdoa bersama, gunungan ketupat ini dibagi kepada semua masyarakat yang hadir. Alhamdulillah saya kebagian lepetnya 😊😊😊.


Beragam Lomba dan Hadiah



Agar acara semakin semarak, digelar beberapa perlombaan. Mulai dari lomba menulis cerita rakyat, lomba vlog, lomba mewarnai dan juga lomba melukis. 


Lomba Luki



Tak hanya itu, masyarakat yang hadir memiliki kesempatan mendapatkan hadiah-hadiah yang menarik. Mulai dari kipas angin, kompor hingga lemari es. Caranya dengan kupon undian yang didapat setiap transaksi di stand-stand UKM yang ada disana.


Makan Tumpeng Bersama






Di akhir acara sambil mendengarkan pengumuman para pemenang lomba, masyarakat bisa menikmati tumpeng. Pemkab Jember menyediakan beberapa tumpeng untuk dibagikan kepada semua masyarakat yang datang. Rombongan Blogger Nusantara juga kebagian makan tumpeng bersama. Para blogger makan tumpeng bersama pelajar asing yang ada di Jember. Mereka berasal dari beberapa negara, mulai dari Thailand, Cina, India, Jepang dan Korea Selatan. 


WATON Parade 2019 memang sangat meriah. Pemkab juga berencana menjadikan event ini sebagai event tahunan. Harapannya WATON Parade 2019 ini bisa membuat pariwisata Jember lebih dikenal secara luas. Selain itu juga tetap bisa melestarikan semua kearifan lokal yang dimiliki Jember.







31 komentar

  1. Bagian paling cape dari acara Waton ini pas waktu nunggu sapi2 menarik pegon dan ngikutin mereka sampai ke lokasi acara Weton, hehehe...tapi seru sih

    BalasHapus
  2. Berpanas-panas ria tapi warga sangat bersemangat ya, Mbak Dee. Baru tahu kalau cikar disebut pegon di Jember. Kreatif nih ada acara bakar ikan massal segala, dilombakan dan dimakan bareng ya. Pengin ke Jember lagi euy! Pengin borong oleh-oleh....

    BalasHapus
  3. puncak acara yang paling berkesan setiap acara biasanya makan bersama dengan menu tumpeng....btw..jember keren lah ngadain festival seperti itu...seru sepertinya, ciri khas bunda indonesia banget

    BalasHapus
  4. Seru banget bisa makan Tumpeng bersama masyarakat Jember dan pelajar asing. Kira-kira gimana ya mba penilaian mereka tentang Tumpeng ini? jadi penasaran.

    BalasHapus
  5. Jember memang gak pernah abis acara keren nya. Selain Jember Fashion Carnaval ternyata ada Waton Parade

    BalasHapus
  6. Gerobak sapinya disini dihias sekali, dengan adanya acara ini tradisi pegon makin dikenal y

    BalasHapus
  7. Pengen banget bisa berkunjung ke Jember. dan ikut menyaksikan berbagai macam acara budayanya yg menarik kayak parade waton ini..n masih penasaran jg sm jember festival karnaval nya ��

    BalasHapus
  8. mantap betul memang jember, ga ada matinya untuk event kreatif seperti ini. Lanjutkan

    BalasHapus
  9. wahh ikut merasakan keseruannya nih...meski panas-panas tetep semangat ya...

    BalasHapus
  10. Asik banget nih bisa liat langsung dan berinteraksi dalam acara budaya ini. Unik dan bisa banyak ambil objek foto hehehe

    Salam
    www.kidalnarsis.com

    BalasHapus
  11. Mungkin sebetulnya festival Pegon ini menarik, tapi saya lebih merasa jelas jika ukuran foto-fotonya dibesarkan lagi supaya saya bisa melihat dengan jelas :)

    BalasHapus
  12. Mba Dee, keren banget ini acara. Memelihara budaya lokal dan bisa menarik pariwisata. Itu acara tahunan, ya? Kalo info2 kaya gini ttg Jember bisa liat dimana?

    BalasHapus
  13. Wah asyik banget bisa mnnghadiri upacara alias kebudayaan daerah lain nih...pasti seru..aku baru tau ttg kebudayaan Jember nih ..

    BalasHapus
  14. Wah, jadi tahu ttg Parade Pegon ya... Sebelumnya saya cuma mengerti Arab Pegon, waktu nyantri di Jogja dulu hehe

    BalasHapus
  15. aku penge banget naik di atas pedati itu
    jadi inget cerita pendek pas sd dulu
    kapan bisa ke jember
    parade budanya asyik dan pantainya oke punya

    BalasHapus
  16. Wah Jember selalu punya acara yang menarik yaa. Sebelumnya aku cuma tahu ada carnaval setiap tahunnya. Ternyata sekarang juga ada waton parade. Bisa jadi contoh buat daerahku nih

    BalasHapus
  17. Festival bakar ikan! Ngebayangin aromanya gimana... jadi auto laper gini.

    BalasHapus
  18. Wah Mupeng banget
    Harus dijawalin kesana ah
    Terimakasih reportasenya ya 👍👍

    BalasHapus
  19. salut sama Pemkab Jember yang bisa bikin event nasional semeriah ini. semoga tahun depan bisa ikut lagi

    BalasHapus
  20. Aku sebenarnya aga takut sama festival yang ada ritualnya dahulu sebelum mulai.
    Seperti Reog dan apakah festival lain juga membutuhkan doa-doa atau sejenisnya?

    Yakin aku,
    Indonesia memang negeri yang kaya akan falsafah kehidupan.

    BalasHapus
  21. yahhhh...
    sepertinya aku kurang beruntung..
    beberapa kali ke Jember nggak ngepasi event. Jadi pengen ke Jember lagi nih...

    Btw itu daerah Ambulu tu sebelah mana sih kak??

    BalasHapus