Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

7 Resep Masakan Korea Halal yang Mudah Dibuat di Rumah

masakan korea halal
masakan korea halal | shutterstock




7 Resep Masakan Korea Halal yang Mudah Dibuat di Rumah - Drama Korea tak hanya menampilkan cerita yang menarik dan menghibur, tetapi bisa membuat penontonya mengenal berbagai ragam budaya Korea. Salah satunya adalah masakan Korea. Menonton drama Korea menggugah saya untuk ikiit menikmati masakan Korea. Beberapa masakan Korea yang sudah pernah saya coba adalah Bulgogi, Ramyeon, Tokebi dan Twigim. Tak banyak memang, masih jarang kedai masakan Korea yang ada di Surabaya. Kalaupun adanya, kelasnya adalah restoran bintang lima, yang harganya tentu tak ramah di kantong. Selain itu juga, masih jarang kedai masakan Korea yang hanya menyajikan masakan Korea yang halal. Itu yang membuat saya sedikit was-was dalam menikmati masakan Korea di luar rumah.

Masakan Korea Mudah



Beragamnya masakan Korea membuat saya ingin mencoba membuatnya sendiri. Selain lebih terjamin kehalalnya, buat masakan Korea sendiri pasti lebih hemat dikantong, hehe.


Banyak juga masakan Korea mudah yang bisa dibuat di rumah.


1. Inkigayo Sandwich

masakan korea halal
Inkigayo Sandwich | Shutterstock


Inkigayo Sandwich adalah resep masakan Korea mudah yang bisa dibuat di rumah. Sandwich ini adalah kudapan avorit para idol Korea saat manggung di SBS. Inmigayo sandwich alias roti lapis ini cuma dijual di kantin SBS, jadi tak sedikit yang belum merasa benar-benar perform di SBS Inkigayo kalau belum menyantapnya.


Sandwich ini memiliki perpaduan bahan yang unik dengan bahan kunci selai stroberi. Membuat Inkigayo sandwich ini sangat mudah lho.


Bahan:


- Roti tawar kupas secukupnya
- Selai stroberi secukupnyaGaram secukupnya
- Merica hitam bubuk secukupnya

Creamy mayo :

-  4 sendok makan mayones
- 2 sendok makan susu kental manis

Salad kentang dan telur :

- 1 buah telur rebus
- 1 buah kentang rebus
- 3 buah crabstick (rebus sebentar, lalu disuwir)
- 2 sendok makan creamy mayo

Salad wortel dan kol :

- 1 buah wortel kecil yang diserut
- kol secukupnya, dirajang halus
- 2 sendok makan creamy mayo
- merica hitam bubuk secukupnya
- garam halus secukupnya


Cara membuat :


Campur bahan-bahan untuk membuat creamy mayo, setelah itu sisihkan.


Buat salad kentang dan telur rebus. Lumatkan telur rebus dan kentang rebus menggunakan garpu.


Campur dengan crab stick yang sudah disuwir-suwir. Aduk bersama creamy mayo, garam, dan merica bubuk secukupnya.


Campur kol dan wortel yang sudah dirajang. Bumbui dengan garam dan merica bubuk secukupnya, kemudian aduk hingga rata.


Siapkan selembar roti tawar kupas, lalu oles dengan salad kentang dan telur rebus. Tutup dengan selembar roti, lalu beri selai stroberi dan ratakan. Tutup lagi dengan roti lalu oles dengan salad wortel. Terakhir tutup dengan roti tawar kupas lagi.

Sajikan sandwich setelah dipotong menjadi berbentuk segitiga.


2. Bibimbap (Nasi Campur Khas Korea)


masakan korea halal
Bibimbap | Pixabay


Bibimbap atau nasi campur khas Korea ini ternyata cukup mudah untuk dibuat di rumah.


Berikut ini ada resep bibimbap.


Bahan :


- 100 gram daging sapi giling
- tauge secukupnya
- bayam secukupnya, potong-potong
- wortel secukupnya, potong korek api
- mentimun secukupnya, potong korek api
- jamur kancing secukupnya
- potong korek api1/2 buah bawang bombay, cincang1 siung bawang putih
- cincang 1 butir telur ayam
- garam dan merica bubuk secukupnya

Bumbu :


- 1 sendok makan gochujang
- 1 sendok makan kecap asin
- 1 sendok makan minyak wijen
- 1 siung bawang putih, haluskan
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh wijen sangrai

Cara Membuat Bibimbap  :


Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga agak kecokelatan, masukkan daging giling, tumis hingga daging berubah warna.

Bumbui dengan garam dan merica bubuk. Tambahkan sedikit kaldu bubuk jika suka. Matang, sisihkan.


Rebus tauge, sisihkan. Rebus bayam, tiriskan airnya. Bumbui bayam dengan sedikit garam, bawang putih dan minyak wijen. Sisihkan.


Tumis wortel hingga layu, bumbui dengan sedikit saus tiram. Sisihkan. Tumis jamur dan bumbui dengan sedikit garam dan merica. Sisihkan. Tumis sebentar mentimun hingga layu, tambahkan gula. Angkat.


Goreng telur mata sapi setengah matang.  Campurkan semua bumbu untuk bibimbap.  Selanjutnya sajikan bibimbap di mangkuk. Letakkan nasi di mangkuk. Tata setiap bahan melingkar dan taruh telur mata sapi di tengah. Lalu tuangkan bumbunya di dekat telur.


Sajikan bibimbap yang sudah ditata. Sebelum disantap, aduk terlebih dahulu hingga semua bahan tercampur rata.

3. Jjajangmyeon (Mie Pasta Kedelai Hitam)


masakan korea halal
Jjajangmyeon | mulpix


Jjajangmyeon berarti mie saus goreng. Ini adalah sajian mi yang disajikan bersama saus berwarna gelap. Sausnya dibuat dari sayuran dan daging yang ditumis bersama pasta kedelai hitam.

Bahan : 


- 400 gram sirloin/has dalam
- 200 gram lobak putih
- 200 gram zucchini
- 300 gram kentang
- 200 gram Jamur shiitake
- 1 buah bawang bombay, potong dadu
- 5 sendok makan chunjang (pasta kedelai hitam)
- 2 sendok makan tepung maizena1 sendok makan gula pasir
- 2 sendok teh kaldu ayam
- 1 sendok makan minyak wijen
- 500 ml air
- 5 porsi mi telurminyak goreng secukupnya
- garam secukupnya
- merica secukupnya

Pelengkap :


1 buah timun, potong korek apidanmuji (acar lobak kuning) secukupnya

Cara membuat:

Potong dadu daging, lobak putih, zucchini, jamur shiitake, dan kentang seukuran 1 cm.


Panaskan sedikit minyak di penggorengan dan tumis chunjang hingga harum dan sisihkan di pinggir penggorengan.


Tambahkan minyak lagi dan tumis daging hingga berubah warna. Masukkan lobak dan tumis sebentar.


Tambahkan kentang, bawang bombay dan zucchini. Aduk rata hingga setengah matang. Kemudian masukkan chunjang yang sudah ditumis tadi. Tambahkan air dan masak hingga seluruh bahan matang.


Kentalkan dengan tepung maizena yang sudah dicampur sedikit air. Kemudian, masukkan minyak wijen.


Tata mi telur yang sudah direbus dan ditiriskan airnya di mangkuk. Tuang saus kedelai hitam di atasnya.

Taburi jajangmyeon yang sudah dibuat tadi dengan timun yang sudah diiris korek api.


4. Bulgogi (Daging BBQ)

masakan korea halal
Bulgogi | Shutterstock


Bulgogi adalah masakan Korea yang sering saya buat di rumah.  Olahan daging sapi BBQ ala Korea ini cukup populer di Indonesia, karena rasanya memang cocok dengan lidah lokal.


Memasak bulgogi ini cupkup mudah lho.


Bahan :


- 350 gram daging tenderloin sapi, iris tipis
- wijen sangrai secukupnya
- daun bawang/kucai secukupnya, iris halus


Bumbu Perendam :

- 2 sendok makan kecap asin
- 1 sendok makan kecap manis
- 3 sendok makan air
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan madu
- 1 sendok makan minyak wijen
- 1 sendok teh lada hitam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk



Baca Juga : 6 Drama Kore Medis yang Wajib Ditonton


Cara Membuat Bulgogi :


Campur kecap asin, kecap manis, kecap asin, air, gula pasir, madu, minyak wijen, lada hitam, dan kaldu bubuk. Aduk hingga rata.


Masukkan daging yang sudah diiris tipis dalam bumbu rendaman.


Rendam daging sapi ke dalam bumbu dan masukkan ke dalam lemari es. Diamkan selama 2 jam.


Panaskan wajan antilengket. Keluarkan daging dari dalam lemari es, lalu panggang di wajan dengan api sedang.


Cukup panggang daging sampai berubah warna kedua sisinya agar tidak alot.


Pindahkan bulgogi ke piring saji, lalu taburi dengan wijen sangrai dan daun bawang yang sudah diiris halus.


5. Dakgangjeong

masakan korea halal
Dakgangjeong | Pixabay


Dakgangjeong adalah olahan ayam goreng khas Korea Selatan. Setelah digoreng renyah, ayam dibalut dengan bumbu yang legit dan ditaburi kacang dan wijen.


Bahan :


- 1,5 kg ayam yang sudah dipotong-potong
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh lada hitam
- 1 sendok teh jahe, cincang
- 80 gram tepung kentang atau tepung maizena
- 40 gram kacang tanah, goreng (optional)
- 4 siung bawang putih, cincang
- 3 atau 4 buah cabai merah, buang bijinya, potong melintang menjadi 3 bagian
- 60 ml kecap asin120 ml sirup beras atau sirup jagung
- 1 sendok makan cuka putih
- 1 sendok makan mustard (optional)
- 1 sendok makan gula merah
- 1 sendok makan biji wijen
- Minyak sayur/minyak goreng

Cara membuat :


Taruh ayam dalam mangkuk dan aduk rata dengan garam, jahe, dan lada hitam.


Lapisi ayam dengan tepung kentang/tepung maizena. Tekan-tekan ayam agar lapisan tepung melekat sempurna. Setelah itu sisihkan ayam.


Panaskan wajan, tambahkan 2 sendok makan minyak, bawang putih cincang, dan cabai merah. Tumis hingga harum.


Tambahkan kecap, sirup beras/sirup jagung, cuka, dan saus mustard (opsional). Aduk dan biarkan sampai mengeluarkan gelembung selama beberapa menit. Tambahkan gula merah dan aduk hingga gula merah cair. Angkat dan sisihkan.


Goreng ayam yang sudah dilapisi tepung di dalam minyak panas dan masak selama sekitar 12 sampai 13 menit. Angkat dan tiriskan, lalu diamkan selama beberapa menit sampai agak dingin. Kemudian goreng kembali selama 12 atau 15 menit dan tiriskan kembali.


Proses penggorengan dua kali ini dimaksudkan agar ayam renyah dan bagian dalamnya matang sempurna.


Panaskan kembali saus sampai gelembung. Jangan terlalu lama agar saus tidak mengeras. Masukkan ayam goreng dan kacang tanah, kemudian aduk hingga rata. Angkat dan sajikan dengan taburan biji wijen.


6. Tokebi

masakan korea halal
Tokebi | Travelvui


Tokebi ini bisa menjadi kudapan yang cocok dinikmati sambil ngeteh sore di rumah lho. Kudapan ini juga menjadi kudapan favorit anak-anak. Membuat Tokebi ini cukup mudah kok.


Bahan :


- 250 gram tepung pancake mix
- 75 ml susu cair
- 4-5 buah sosis ukuran besar (misalnyabratwurst/knockwurst)
- 1 butir telur ayam
- kentang goreng beku secukupnya
- tusuk sate secukupnya
- minyak goreng secukupnya

Saus :


- Gula pasir berbutir halus secukupnya
- Saus tomat/sambal secukupnya
- Honey mustardsecukupnya

Cara membuat :


Dalam mangkuk, campurkan tepung pancake mix, telur ayam dan susu. Aduk sampai rata, kemudian tuang ke dalam gelas tinggi agar lebih mudah mencelupkan sosis nanti.


Potong-potong kentang goreng membentuk dadu, kemudian sisihkan.


Tusuk sosis dengan tusuk sate, kemudian lapisi dengan sedikit tepung kering agar adonan pancake bisa menempel sempurna.


Celupkan sosis tusuk ke dalam adonan pancake hingga terbaluri seluruhnya. Setelah itu gulingkan pada kentang beku. Tekan-tekan agar kentang menempel sempurna pada adonan pancake.


Panaskan minyak goreng yang banyak, kemudian goreng sosis tusuk dengan api sedang. Pastikan adonan pancake di dalamnya matang dan kentang berwarna keemasan. Kurang lebih proses penggorengan berlangsung selama 5 menit.


Angkat tokebi yang sudah matang dan gulingkan ke gula pasir. Sajikan bersama saus tomat dan honey mustard.


7. Nasi Goreng Kimchi

masakan korea halal
Nasi Goreng Kimchi | Pixabay


Nasi goreng adalah makanan favorit saya. Makanya saya penasaran ingin menconba nasi goreng kimchi. Ternyata cara membuatnya cukup mudah lho.


Bahan :


- 2 cup nasi
- 1/2 cup kimchi
- 1/2 cup daging sapi
- 1 sdm kecap manis
- 2 batang daun bawang
- 1/4 bawang bombay
- 1 butir telur
- bawang putih secukupnya
- minyak sayur
- minyak wijen
- garam dan merica


Cara membuat


Potong kimchi menjadi kecil-kecil. Iris bawang bombay dan daun bawang, lalu cincang bawang putih


Bumbui daging dengan kecap manis, merica bubuk, dan bawang putih cincang. Tumis daging dengan minyak sayur hingga matang


Tambahkan bawang bombay dan kimchi, masak selama 5 menit. Masukkan daun bawang dan bawang putih cincang, masak sebentar lalu matikan api.


Masukkan nasi putih, aduk rata. Pastikan nasi telah dicuci hingga bersih. Tambahkan 1-2 sdm minyak wijen, nyalakan kembali apinya.  Tambahkan garam dan merica sesuai selera


Sebagai tambahan, masak telur yang bisa kamu buat menjadi sunny side up, scrambled egg, atau omelet. Setelah semuanya selesai, sajikan nasi goreng dan taruh telur di atas atau di pinggir nasi.


Jadi gimana? Mana masakan Korea yang ingin kalian buat di rumah? Oh ya cerita tentang masakan Korea juga bisa kalian nikmati di tulisan-tulisan genk Korea saya ya.


Ada tulisan kak Gita yang mengulas masakan Korea secara lengkap. Kak Rijo yang punya pengalaman makan kimchi buat menghilangkan mual saat hamil muda. Atau ada kak Rian yang sampai harus merayu suaminya untuk makan tangsuyuk.


Masakan Korea memang tidak semuanya bisa dinikmati ya. Kalau menurut kak Alienda, makan masakan Korea yang cocok di lidah saja. Contohnya meski kimchi sangat populer, kak Lala merasa tidak cocok.


Kalau kak Ima dan kak Dwi, punya cerita seru. Sudah makan masakan Korea di Korea nya. Kalau kak Risna sudah punya restoran Korea langganan di Chiang Mai.


Kak Asri bahkan pernah membuat kimbap sebagai hidangan berbuka puasa. Kreatif ya.


Kalau mau tahu drama Korea yang membahas aneka masakan Korea, kalian bisa mampir ke tulisan kak Lithaetr ya.


Mau kulineran masakan Korea di Bandung? mampir ke blog teh Lendy ya. 


Kalau kak Nadya memilih ramyeon sebagai masakan Korea favoritnya. Atau mau merasakan sensasi makan mie bareng Kim Soo Hyun seperti yag kakak Dea rasakan?






15 komentar

  1. Tak kasih liat istriku nanti, pengen minta dibuatin. semoga mudah bikinnya hehee
    baca resep sih mudah gatau nanti prakteknya

    BalasHapus
  2. Liat tokebi kok jadi inget kim shin ya? Wkwkwk..

    BalasHapus
  3. Aghhhhh wajib save iniii :D. Makanan Korea itu salah satu favoritku :D. Yg prnh aku bikin sendiri tp cm bibimbap, yg walopun gampang, cuma rempoooong yaa Krn sayurannya hrs masak 1-1 :D. Tp puas sih waktu jadi. Cm daging giling ya aku ganti jd daging jenis shortplate yg tipis2 panjang itu mba. Makin mantep sih Krn LBH berasa :D.

    Ntr weekend jd pgn bikin tokebi deh Ama sandwich nyaaa :D. Kalo jajangmyeon walopun aku penasaran banget, even pas ke Korsel blm sempet nyoba juga, tp LBH milih beli aja. Soalnya kalo blm ngrasain aslinya gimana, aku ga berani bikin secara ga tau yg dibikin udh mirip asli ato blm :D.

    BalasHapus
  4. waaa aku suka banget nih sama masakan korea kaya gini, suka banget sama bibimbab, dan selagi dirumah aaja kaya gini kangen banget sama korean bbq juga huhu

    BalasHapus
  5. tar kalo suami lg nganggur tak kasih dia ah! dia yg hobi masak. aku sukanya makan. thx mbak!

    BalasHapus
  6. waah pengen coba nasi goreng kimchinya sama tokebi kak
    astaga aku jadi mendadak laper

    BalasHapus
  7. Masakan Korea emang mirip banget dengan masakan Indonesia ya?
    Tapi resep di atas nampaknya udah dimodifikasi ya?
    Karena masakan Korea ngga pakai kaldu ayam/sapi
    Terlebih yang mendapat campuran MSG

    BalasHapus
  8. Wah menarik juga nih makanannya. Kalo diperhatikan hampir sama kyk di indonesia cuma yang membedakan bubum nya kali ya

    BalasHapus
  9. kenapa coba semua menunya menggoda...duh apalagi Dakgangjeong. Bisa bisa nambah terus

    BalasHapus
  10. Wahhhhh.... Aku ngiler banget sama Jjajangmyeon (Mie Pasta Kedelai Hitam) hihi.... Pingin cobain ah masak sendiri 😍

    BalasHapus
  11. Terima Kasih informasi bermanfaat bisa dicoba untuk diterapkan siapa tau bis bikinnya.

    BalasHapus
  12. Hi kak,

    Perkenalkan saya merlyn dari situs HL8 ingin menawarkan kerjasama dalam bentuk program affiliasi dimana anda bisa mendapatkan keuntungan komisi 40% flat dari kami setiap bulannya, Apabila anda tertarik silahkan hubungi kami di affiliate[a]hl8asia .com atau fb saya.

    Terima kasih atas perhatiannya

    merlyn

    BalasHapus