Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

3 Perempuan Inspiratif dalam Hidup Saya

Perempuan Inspiratif

3 Perempuan Inspiratif yang dalam Hidup Saya - Menjadi perempuan itu istimewa. Dengan segala apa yang ada dalam dirinya, perempuan tak hanya bisa menajalankan semua perannya dengan baik. Perempuan juga mampu memberi dampak bagi sekitarnya. Perempuan bisa saling menginspirasi perempuan lainnya. Dalam hidup saya, ada tiga sosok perempuan yang sangat saya kagumi. Tiga perempuan ini mampu menginspirasi saya untuk mengikuti jejaknya. Memberikan dampak bagi lingkungan sekitar.

Septi Peni Wulandani

Perempuan Inspiratif
Septi Peni Wulandani | @septi.peni

Septi Peni Wulandani atau yang biasa disapa dengan sebutan bu Septi adalah perempuan Inspiratif pertama dalam hidup saya. Bu septi membuat saya bangga dengan peran utama saya. Ya, saya bangga menjadi ibu rumah tangga!

Bu Septi adalah pendiri Ibu Profesional. Ibu Profesional adalah sebuah komunitas penggerak perempuan agar bisa menjadi seorang ibu yang profesional. Melalui beragam program yang ada di Institut Ibu Profesional, setiap perempuan belajar bagaimana menjadi seorang ibu yang profesional.

Saya mengenal bu Septi saat mengikuti kelas matrikulasi Ibu Profesional. Kelas dasar di Institut Ibu Profesional. Senang bisa diajari langsung oleh bu Septi.

Bu Septi mampu menunjukkan bahwa menjadi ibu rumah tangga tidak membuat perempuan kehilangan kemampuan berkarya. Bu Septi bisa menelurkan banyak karya dari dalam rumah. Tak hanya mampu membuat Ibu Profesional yang mampu memberdayakan banyak perempuan, tetapi juga membuka beberapa usaha dalam bidang pendidikan. Yaitu : 
  1. Jarimatika, metode pembelajaran matematika.
  2. Abaca-baca, metode belajar membaca.
  3. Jari Quran, metode belajar Al Quran.
  4. Padepokan Lebah Putih, sekolah formal ramah anak.
  5. Komunitas Belajar Cantrik, komunitas para orangtua homeschooling.

Baca Juga : Ibu Profesional, Sekolahnya Para Ibu

Bu Septi telah memperoleh berbagai penghargaan atas kemampuan leadership dan perubahan yang dilakukannya, diantaranya adalah:
  1. Pemenang Danamon Award 2006 sebagai “Individu Pemberdaya Masyarakat”.
  2. Ashoka Fellowship 2007 sebagai “Woman of Enterpreneur”.
  3. Tokoh Pilihan Majalah Tempo 2007 sebagai “10 Tokoh yang Mengubah Indonesia”
  4. Penghargaan Menpora 2007 sebagai “20 Pemuda yang Mengukir Prestasi”.
  5. Nominator International Enterpreuner of the year dari Ernst and Young tahun 2007
  6. Ikon 2008 Majalah Gatra untuk bidang ilmu pengetahuan dan Teknologi
  7. Kartini Award versi majalah Kartini, 2009

Perempuan Inspiratif

Bu Septi membuat saya terus semangat berubah menjadi lebih baik lagi. Baik sebagai ibu, istri maupun sebagai perempuan. Saya bangga menjadi seorang ibu profesional.

Mia Sutanto

Perempuan Inspiratif
Mia Sutanto | Fb. Mia Sutanto

Mia Sutanto adalah sosok Kartini masa kini. Perjuangannya untuk bayi-bayi di Indonesia patut diapresiasi. Mia Sutanto adalah salah satu pendiri AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia), sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan agar setiap bayi di Indonesia menerima hak nya : ASI (Air Susu Ibu).

Berangkat dari pengalaman menyusui anak pertamanya, Mia Sutanto mendirikan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Saat menjadi ibu di tahun 2004, Mbak Mia bertekad memberi ASI untuk anaknya. Seperti ibu lainnya, ia menganggap menyusui adalah sesuatu yang alami dan mudah. Kenyataanya, Mbak Mia mengalami berbagai permasalahan seputar menyusui dan bingung harus mencari bantuan ke mana. Akibatnya, putrinya tak mendapatkan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama, dan bayinya hanya disusui selama 10 bulan.

Awal tahun 2007, Mbak Mia mengikuti pelatihan konselor menyusui yang diselenggarakan Sentra Laktasi Indonesia. Setelahnya, ia mulai mengedukasi orang terdekatnya. Ibu tiga anak ini juga bergabung di milis ASIFORBABY.

Setelah bertemu dengan ibu-ibu menyusui dari milis tersebut, semua sepakat mendirikan support group untuk ibu menyusui di Indonesia. Maka, berdirilah Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia. Saat ini AIMI sudah mempunyai banyak cabang di seluruh Indonesia.

Mbak Mia menginspirasi saya tak hanya ingin sukses menyusui anak-anak saya, tapi juga berjuang agar anak-anak lainnya juga mendapatkan ASI.

Saya bergabung dengan AIMI Cabang Jawa Timur pada tahun 2014. Kemudian di tahun 2016 saya mengikuti pelatihan konselor menyusui. Saya ingin membantu ibu-ibu untuk bisa sukses menyusui.

Baca Juga : Pengalaman Mengajar Kelas Edukasi Menyusui Secara Online

Perempuan Inspiratif
Saya saat mengisi kelas edukasi menyusui di rumah sakit | dokpri


Selain aktif sebagai pengurus di AIMI Jawa Timur saya juga aktif sebagai konselor menyusui. Saya mengedukasi ibu-ibu dalam berbagai media. Mulai dari mengisi kelas edukasi menyusui, melakukan layanan home visit, menulis di blog hingga berbagi lewat sosial media seperti melakukan Live IG ataupun kuliah WhatssApp seputar menyusui.

Saya ingin berperan dalam meningkatkan angka menyusui di Indonesia. Membantu para ibu agar sukses menyusui. Memastikan setiap bayi memperoleh haknya : ASI. 

Ani Berta

Perempuan Inspiratif
Ani Berta | @ani.berta

Ani Berta, adalah sosok perempuan ketiga yang sangat menginspirasi hidup saya. Teh Ani, begitu saya biasa menyapanya. Nama besar Teh Ani sebagai blogger sudah lama saya dengar. Namun baru akhir-akhir ini saya bisa berinteraksi dengan teh Ani. Tepatnya saat saya bisa mengikuti ISB Course. Saya senang sekali bisa belajar langsung dari Teh Ani.

Teh Ani adalah seorang blogger, content writer, social media enthusiast, founder of Indonesian Social Blogpreneur (Komunitas ISB), founder detik Blogger Community, Co-Founder Blogger Reporter Indonesia Community, Member of IWITA (Indonesian Women IT Awareness), Serempak Community and Founder of ISB (Indonesian Social Blogpreneur). Teh Ani saat ini fokus di aktivitas digital dan menulis blog.

Puluhan lomba blog sudah dimenangkan oleh Teh Ani. Saat ini teh Ani juga sibuk menjadi pembicara dalam berbagai kesempatan. Teh Ani juga banyak berkiprah di dunia internasional, misalnya :

  1. Consultant & Media Monitoring Australian Aid - 2015  www.mampu.or.id
  2. Speaker at Asean Work Life Balance Conference - 2016 (Cyber Jaya Malaysia)
  3. Participants of Google Interviewees  - 2016
  4. Reporter “Unbound Innovation Festival”  - 2017 (Marina Bay Sands Singapore).

Teh Ani selalu memberikan wejangan bahwa menulis itu harus dari hati. Tulisan yang berasal dari hati, pasti akan sampai ke hati juga. Teh Ani juga selalu menekankan bahwa content is king. Jadi sebelum sibuk dengan SEO ataupun optimasi sosial media, pastikan sudah bisa membuat konten yang bagus. Konten yang bagus akan membawa kita ke berbagai kesempatan yang ada.

Baca Juga : Sukses Menjadi Blogger Profesional

Teh Ani adalah sosok yang sangat menginspirasi. Tak hanya kepiawaiannya sebagai blogger yang membuat saya kagum, tapi juga perannya dalam memberdayakan orang lain. ISB Course yang saya ikuti saat ini adalah wujud tanggung jawab sosialnya. Teh Ani ingin memberdayakan banyak blogger dengan ilmu dan pengalaman yang dimilikinya. Semua materi kursus dibagikan secara gratis. Luar biasa bukan?

Perempuan Inspiratif
Saat memenangkan lomba blog | dokpri


Teh Ani membuat saya semakin semangat untuk menekuni dunia blogging. Membuat saya semakin semangat untuk terus menulis konten yang bermanfaat. Saya ingin menjadi blogger yang sukses menebar banyak manfaat bagi sesama. 

Cerita tiga perempuan hebat ini tak hanya membuat saya kagum. Tapi juga mampu membuat saya bergerak mengikuti jejak mereka. Berusaha memberdayakan diri sendiri dan menebar manfaat bagi sesama.

Bagaimana dengan teman-teman? Siapa sosok yang sangat menginspirasi dalam kehidupan teman-teman? Ditunggu ceritanya di kolom komentar ya...

Terima Kasih



33 komentar

  1. Mba, aku yg kenal cuma teh ANIBERTA (tanpa 'H')
    beliau memang warbiyasakkk inspiring!
    Menggerakkan siapa aja, dan selalu bersemangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mba. Aku juga belum mengenal yang dua lagi selain Teh Ani Berta. Thank you so much, Mba Dian, jadi mengenal dua wanita hebat lainnya deh ini. Salut dengan kiprah ketiganya. They are amazing ya!

      Hapus
  2. Selalu salut sama perempuan2 inspiratif, mereka hadir untuk saling memberikan semangat agar kita terus berkarya.
    Semua perempuan buatku inspiratif, mereka memberikan kontribusinya masing2.

    BalasHapus
  3. Aku tau Mia Sutanto aja nih dari AIMI dari jaman anakku yang pertama lahir taunya, skr udah mau masuk SMA :-D
    Wih ada Teh Ani juga listnya, perempuan menginspirasi ya

    BalasHapus
  4. seneng ya mengetahui banyak perempuan inspiratif yang dekat di lingkungan, bisa memberikan inspiratif dan motivasi buat perempuan-perempuan lainnya

    BalasHapus
  5. Aku taunya teh Ani Berta hihi..kalo mb Mia yang AIMI dulu aku suka baca2 tentang pemberian ASI pada bayi. Para perempuan tersebut sangat inspiratif. Patut menjadi panutan di bidangnya masing2.

    BalasHapus
  6. Salut dengan semua perempuan yang menginspirasi. Sudah seharusnya para perempuan memang bergerak dan saling mendukung

    BalasHapus
  7. Bangga dengan para perempuan yg menginspirasi tersebut. Aku belum pernah ketemu langsung sih, cuma tahu nama dan kiprah beliau. Semoga mb Dian juga bisa menjadi perempuan yg menginspirasi yah...Semangaat...

    BalasHapus
  8. Wah kirain bakal milih orang terdekat seperti ibunda 😀😀😀
    Dari 3 sosok di atas hanya kenal teh Ani
    Mungkin karena ketertarikan yang berbeda ya?
    Kalau disuruh milih, saya akan memilih perempuan pejuang lingkungan hidup

    BalasHapus
  9. Inspirasi dari 3 perempuan inspiratif tersebut jadi membuat kita sebagai perempuan bangga juga, karena bisa berprestasi dalam bidang apa pun.

    BalasHapus
  10. Ibu Septi aku sering menonton di YT, suka dengan cara penyampaikannya beliau. Bagaimanapun juga Ibu rumah tangga juga harus mempunyai kepercayaan dirinya dalam mendampingi suami dan mengasuh anak-anak ya. Aku suka banget dengan visinya Ibu Septi, sayangnya aku belum masuk kelas Ibu Profesional

    Mbak Ani Berta tahu, tapi ndak begitu kenal, jarang berinteraksi. Kalau yang ke dua, sering ditulis dan dibicarakan oleh teman-teman

    BalasHapus
  11. Wah, jadi bisa baca profil dari founder Ibu Profesional & Asosiasi Ibu Menyusui. Kalo dibimbing oleh Teh Ani Bertha tentu udah pernah. Materi beliau ini kembali mengingatkan saya tentang storytelling. Waktu dulu ikut kelas fiksi, saya udah pernahbelajar sebenarnya ttg storytelling ini dan karena nulis fiksinya juga sedang vakum so gaya menulis saya yang to the point kembali on fire deh wkwkwk. Makasih banget kepada Teh Ani, diingatkan ttg materi storytelling dan intinya mau fiksi maupun true story tetep gunakan storytelling.

    BalasHapus
  12. Sosok-sosok inspiratif yang luar biasa. Membuat kita memiliki mentor agar tetap terus semangat berbuat kebaikan dan menjadi orang yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  13. Keren memang 3 sosok tersebut yaaa, inspiratif banget dan bikin kita termotivasi untuk juga bisa berkarya dengan apa yang kita cintai yaa mba

    BalasHapus
  14. ketiganya sangat inspiratif!

    Bahwa wanita TAK PERLU BERKARYA itu satu judgemental dan ini buktinya, ketiganya berhasil mendobrak stigma tentang perempuan yang 'di rumah saja cukuplah...."

    BalasHapus
  15. Wah keren ya. Dan salut bgt dengan semua perempuan yang menginspirasi untuk perempuan lainnya.
    Bisa saling support juga satu sama lain :)

    BalasHapus
  16. Tau bgt sm bu septi n mb ani berta. Mrk mmg sosok yg inspired banget. Akupun byk belajar dr mereka mba

    BalasHapus
  17. Dari 3 perempuan insporatif, tentunya akan mempengaruhi perempuan lainnya untuk berkarya. Senang kalau semakin banyak yang berkarya dan menjadi inspirasi

    BalasHapus
  18. Bu Septi dan Teh Ani Berta memang sudah saya tahu sejak lama. Masing-masing memiliki pengaruh luar biasa terhadap perempuan lain. Mereka memangb perempuan-perempuan yang inspiratif

    BalasHapus
  19. Ketiga perempuan ini membuktikan yaa kalau perempuan tak semata-mata nguplek dengan urusan RT. Tapi perempuan juga bisa membuahkan prestasi. Walau tak harum di dunia mungkin kelak harum di surga.

    BalasHapus
  20. Sosok-sosok insipiratid seperti ini memang membuat kita untuk terus bergerak dan berkarya. Kalau mereka bisa insyaallah kita juga bisa.

    BalasHapus
  21. Sosok menginspirasi semua ya mbak, sosok seperti mereka ini yang bikin kita semangat dan terus mau belajar pantang menyerah :)

    BalasHapus
  22. Wajar banget ya 3 tokoh ini jd inspirasi karena memang prestasinya gak diragukan lagi. Pada keren2 semuanya

    BalasHapus
  23. Ketiganya memang perempuan hebat, aku selalu kagum mengikuti sepak terjang ketiganya, dedikasi mereka pada dunia yang digelutinya masing-masing. Keren!

    BalasHapus
  24. Wah keren ini mbak Dee, aku jadi ingin membuat tulisan perempuan inspiratif versiku nih. Karena memang ku akui kita pun pasti memiliki panutan dalam hidup.

    BalasHapus
  25. Ketika perempuan bisa berkontribusi dan menginspirasi bagi perempuan lain ya..
    Efeknya sungguh luar biasa.
    Semoga ketiga tokoh perempuan inspiratif tersebut senantiasa diberikan kelimpahan berkah dan kesehatan.

    BalasHapus
  26. Dari ketiga perempuan diatas, saya kenal ya sama teh Ani saja. Kenal sejak awal ngeblog tahun 2009 keatas. Alhamdulillah sekarang masih silaturahmi. Keren keren sekali ketiga perempuan ini. Semoga selalu menginspirasi

    BalasHapus
  27. Keren-keren memang ya 3 perempuan ini. Perjuangan dan manfaat mereka kepada lingkungannya sangat besar. Lihat yang begini tuh bikin termotivasi, tapi sekaligus juga malu sama diri yang suka ngeluh dengan keadaan. Padahal perjuangan para perempuan ini luar biasa.

    BalasHapus
  28. Saya sebatas tahu beliau bertiga, dalam artian belum kenal orangnya tapi kenal sebagian kiprahnya.
    Memang hebat-hebat ya, sangat pantas dinobatkan sebagai perempuan inspiratif. Mereka mampu menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal-hal baik. (lalu melihat ke diri sendir, huwaaa..berasa jauuuhnya)

    BalasHapus
  29. Saya mengenal ketiganya juga lewat medsos, ada tulisan bu septi, jadi inget cita cita ingin masuk iip tapi sampai sekarang belum aja😊

    BalasHapus
  30. Utk tokoh yang nomer 1 dan 2 saya belum kenal (baru tahu dari postingan ini), tapi komunitasnya sudah cukup familiar. Nah kalau Teh Ani Berta ini bisa dibilang sangat familiar dan pernah ketemu langsung beberapa tahun lau saat ada acara di Yogya. Salut sama Teh Ani pokoknya

    BalasHapus
  31. Toss saya juga sepakat
    Kalau Ibu Septi mah sejak masuk di IP saya sudah kagum dengan beliau
    Ajaran Math-nya bikin seneng anakku belajar

    BalasHapus
  32. Perempuan dengan kontribusinya pada diri, keluarga dan masyarakat adalah sosok perempuan inspiratif. Salut juga buat ketiga perempuan yg disebutkan, semoga kita bisa belajar dari mereka.

    BalasHapus