Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tips Aman Ajak Anak Main di Luar Saat Pandemi

 

Zambuk

"Bunda, ayo dong ke taman dekat. Aku bosan di rumah terus. Ke mall nggak bisa, mau ke hotel juga belum boleh. Ke taman dekat apa juga nggak boleh"

Aluna merengek, dia mau jalan-jalan ke taman dekat. Taman dekat itu maksudnya taman bermain di kompleks sebelah. Jadi di kompleks perumahan sebelah ada taman yang lengkap dengan alat-alat bermain. Mulai dari ayunan, jungkat-jungkit dan prosotan. Kesukaan anak-anak banget deh!

Biasanya setiap pagi, sambil nature walk saya mengajak Aluna mampir ke taman itu. Jaraknya cukup dekat dari rumah, sekitar 600 meter. Butuh waktu 7 menit untuk mencapainya. 

Hanya saja saat pandemi seperti ini, apalagi dengan adanya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) seperti ini, kami sudah tidak pernah jalan-jalan kesana. Lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. 

Namun nampaknya, akhir-akhir ini Aluna merasa bosan. Dia rindu main di luar. Setelah memikirkan baik-baik, saya pun mengabulkan keinginannya untuk main di luar. Tetapi dengan beberapa syarat, seperti tips aman ajak anak main di luar berikut ini. 

Alasan Anak Tetap Perlu Main di Luar Saat Pandemi

Salep Atasi Gigitan Serangga

Saat pandemi seperti ini, baiknya memang anak-anak di rumah saja. Menjaga anak-anak untuk bermain di rumah saja tentu bisa menjadi salah satu cara melindungi mereka agar tidak terpapar virus COVID-19 ini. Namun mengingat waktu pandemi yang belum bisa diprediksi berakhir kapan, tentu akan semakin sulit membuat anak betah di rumah saja. 

Bermain di luar punya banyak manfaat bagi anak-anak. Dengan bermain di luar, bisa meningkatkan fungsi otak anak. Keterampilan motorik anak juga meningkat saat mereka bermain di luar. 

Tak hanya itu, saat bermain di luar anak-anak bisa terhindar dari depresi dan kecemasan, bahkan kekebalan tubuhnya juga meningkat. Wah, ini tentu semakin dibutuhkan saat pandemi seperti ini. Jika kekebalan anak meningkat, tentu dia bisa terhindar dari paparan virus dan penyakit, seperti virus COVID-19 ini. 

Tapi, tentu saat pandemi seperti ini ada beberapa aturan agar anak aman main di luar. Saat pandemi seperti ini, tentu ada beberapa hal yang perlu disesuaikan.

Tips Aman Main di Luar Saat Pandemi

Apa saja yang harus dipersiapkan agar anak aman main di luar saat pandemi seperti ini? Berikut tips aman main di luar saat pandemi yang telah saya terapkan bersama Aluna. 

1. Pastikan anak dalam kondisi sehat

Ketika anak mengajak main di luar saat pandemi seperti ini, pastikan anak dalam kondisi sehat. Jangan mengajak anak keluar rumah bila anak sedang sakit. Saat sakit, anak rentan terkena paparan virus. Tentu sangat berbahaya bila kita tetap mengajaknya main di luar. 

2. Buat kesepakatan

Sebelum main di luar, ajak anak membuat kesepakatan. Seperti yang saya lakukan pada Aluna. Sebelum berangkat kami bersepakat untuk selalu memakai masker dan tidak menyentuh area wajah dengan tangan yang belum dibersihkan. 

3. Memilih waktu

Saat mengajak anak main di luar di masa pandemi seperti ini, pastikan memilih waktu yang tepat. Kalau saya, pilih waktu di pagi hari. Sebab selain sekalian menikmati udara segar, pagi hari taman sepi. Bahkan seringnya hanya ada kami berdua. Tentu ini lebih aman, karena kami tak harus menjaga jarak dengan orang lain. 

Pagi hari juga saat yang tepat, sekalian berjemur. Jadi, sekali main di luar, dua tujuan terlampaui 😆😆.

4. Patuhi protokol kesehatan

Tentunya saat ajak anak main di luar, tetap patuhi protokol kesehatan. Minta anak selalu memakai maskernya. Jangan menyentuh area wajah dengan tangan yang belum dibersihkan. 

Setelah bermain jangan lupa segera bersihkan tangan anak. Kebetulan di taman tempat kami bermain tidak ada tempat mencuci tangan, jadi saya bersihkan tangan Aluna menggunakan handsanitizer. Setelah sampai di rumah, ganti baju anak dan mandi. 

5. Bawa perlengkapan pendukung

Janga lupa, saat ajak anak main di luar bawa berbagai perlengkapan pendukung. Mulai dari masker cadangan, handsanitizer, tisu basah, botol minum dan salep untuk mengatasi gigitan nyamuk dan serangga. Obat atasi gigitan serangga

Tahu sendiri kan, saat mengajak anak main di luar ketika pandemi seperti ini ancamannya bukan hanya virus COVID-19 saja, tetapi juga gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Jadi saat main di luar, saya selalu membawa Zambuk, salep untuk mengatasi gigitan serangga pada anak. 

Zambuk Salep Mengatasi Gigitan Serangga Pada Anak

Saat main di luar, apalagi main di taman, anak-anak rentan digigit nyamuk dan serangga lainnya. Ini yang membuat saya selalu membawa Zambuk saat mengajak Aluna main di luar. 

Kasihan jika anak digigit serangga. Selain akan merasa gatal, tak jarang saat anak digigit serangga akan menimbulkan bekas di kulit. Gigitan serangga pada anak biss menimbulkan bekas kemerahan, kehitaman bahkan lebam. Tentu ini bisa membuat kulit anak nggak mulus lagi, kasihan. 

Beruntung saya bertemu dengan salep Zambuk. Salep Zambuk ini adalah salep yang bisa membantu meredakan nyeri dan gatal-gatal akibat gigitan serangga dan nyamuk, serta bisa membantu meredakan memar dan terkilir ringan. Zambuk menjadi obat tradisonal siap sedia di rumah. 

obat atasi gigitan nyamuk


Tekstur dan warna 

Salep Zambuk ini teksturnya mudah meresap di kulit, tidak lengket. Salep berwarna hijau, tidak panas di kulit. Juga memiliki aroma khas, berbeda dengan balsam yang biasanya berbau tajam. Ini yang membuat Zambuk sangat cocok untuk anak-anak. 

Kandungan

Salep Zambuk ini memiliki beberapa kandungan seperti : 

⏺️ Minyak eucalyptus

⏺️ Champ/thyme

⏺️ Oil

⏺️ Colophony


Tak perlu khawatir dengan kandungan bahan dari salep Zambuk ini, sebab semuanya diformulasikan secara tepat untuk mengatasi masalah gigitan serangga. Salep Zambuk ini juga sudah terdaftar di BPOM. 

Obat oles Zambuk

Kemasan 

Zambuk dikemas dalam bentuk pot kaleng yang memiliki kemasan luar dari kotak karton. Tersedia dalam dua ukuran, yaitu ukuran 8 gram dan 25 gram. 

Zambuk ini kemasanya travellable. Mudah dibawa kemana saja. Termasuk saat main di luar bersama anak. 

Harga 

Harga salep Zambuk ini cukup terjangkau. Ukuran 8 gram dibandrol mulai harga 12 ribuan. Sedangkan untuk ukuran 25 gram harganya 29 ribuan. Salep ini bisa dibeli di apotik terdekat di marketplace. 

Zambuk Bikin Aman Main di Luar

Selain dengan mematuhi protokol kesehatan, membawa salep Zambuk adalah tips aman ajak anak main di luar. Jangan sampai pandemi menghambat tumbuh kembang anak, ya!

Stay healthy Stay happy!




55 komentar

  1. kasian juga mbak anak anak sekarang
    main di rumah terus juga tidka baik
    tapi di luar kadang was was juga
    memang hal terbaik tetap jaga prokes dan cari waktu sepi
    dan kalau ada taman dekat rumah sebaiknya di sana saja
    yang penting masih tetap bisa merasakan udara segar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, makanya sesekali perlu main di luar

      Hapus
  2. Anakku selama pandemi ini belum mau main di luar, terakhir itu pernah ke play park tapi pagi sekali sebelum buka. Yang penting nih anak-anak paham tentang protokol kesehatan selama berada di luar rumah ya mak.

    BalasHapus
  3. Salah satu yang bikin orang tua was-was saat pandemi kayak gini ya ketika anak-anak bermain di luar rumah. Selain anak-anak harus dalam kondisi sehat, saat bermain juga harus tetap memperhatikan prokes ya

    BalasHapus
  4. nah ini biasanya klo gatal karena gigitan nyamuk tuh y gak gampang ilang klo buat kita sih gapapa ya, kadang anak apalagi masih kecil kan masih panik n g nyaman, ada zambuk bisa segera teratasi

    BalasHapus
  5. anakku termasuk yang sedikiit main di luar rumah selama masa pandemi, sekalinya pernah ya pas pagi2 jalan pagi bareng2 mampir deh ke taman bermain sekitar rumah

    BalasHapus
  6. Keponakanku anak rumahan, tapi ya memang butuh juga keluar. Biasanya ke rumah saudara yang dekat rumah. Kalau mau beli sesuatu ke kota, pilih hari yang gak sibuk dan wajib pakai masker dan teman-temannya

    BalasHapus
  7. Bawa anak jalan2 aplg d masa pandemi memang harus perhatikan prokes yah. Oiya aq baru tau nih produk antinyamuk Zam yg bisa digunakan anak. Pas bgt dsni musim hujan dan banyak nyamuk

    BalasHapus
  8. Dunia anak2 memang dunia bermain, setelah hampir 2 tahun merasa dibatasi, wajar kita pun orang tua memberikan kelonggaran sedikit untuk bermain di luar, tentunya dengan prokesnya yang harus dijaga.\
    DAn salah satunya adalah zambuk ini.Noted deh, aku rekomen ke adekku yang punya anak kecil.

    BalasHapus
  9. Baru tau salep zambuk ini... Harus punya nih, apalagi sekarang lagi musim dbd juga ya...

    BalasHapus
  10. yg penting siapkan ZAMBUK
    ttp prokes dan anak2 kudu bahagiaaaaaa

    BalasHapus
  11. aku udah lama banget nggak ngajak anakku main ke taman. sebagai gantinya, sekarangini suka cari teman makan yang ada wahana main, kolam, dan sejenisnya. mayanlah bikin anak bergerak..

    BalasHapus
  12. Wah aku baru tahu nih tentang Zambuk. Penting ya obat buat mengatasi gigitan nyamuk dan serangga lainnya ini disiapkan di rumah. Soalnya anak-anak tuh kalau digigit serangga kadang ngeluh terus, risih dengernya. Hehehe.
    Makasih infonya, Mbak :)

    BalasHapus
  13. Zambuk ini andalan ku juga, saat di rumah bahkan saat traveling pun selalu ku baya kemana-mana.

    BalasHapus
  14. Zambuk ini kalo di Medan udah terkenal banget kak. Bukan cuma oinment buat digigit serangga aja. Buat anak-anak kalo jatuh memar juga. Bahkan kadang dipake buat luka bakar.

    BalasHapus
  15. Ohh alaah ini bentuknya salep gitu ya mba ternyata. Kebetulan anakku ini kulitnya kulit kentang banget.. Eh apa kulit nanas ya sebutnya. Digigit nyamuk bekasnya lamaaaa banget ilangnya. Bahkan ada yg ngga ilang2 hiks

    BalasHapus
  16. Jadi inget, waktu itu tetangga sebelah belum terpapar corona. Anak saya selalu main bareng anaknya. Namun setelah ayahnya terpapar corona, anak saya selalu main di dalam saja, biar lebih aman.

    Makasih tipsnya keren banget. BTW, kita orang terlalu fokus dengan corona, sampai lupa dengan penyakit yang berbahaya kayak DB. Penting banget nih olesin Zambuk, biar aman dari hisapan nyamuk betina (karena cuma nyamuk betina yang hisap darah, bukan gigit darah).

    BalasHapus
  17. Baru tahu tentang salep Zambuk ini, dan lihat di kemasannya buatan Bayer. Padahal pabriknya masih satu daerah dengan tempat tinggal 🤭. Tapi kalau sdh Bayer, kualitas sdh pasti bagus. Apalagi tau salep Zambuk bisa untuk menghindari gigitan serangga dan nyamuk. Jadi bisa melindungi anak-anak saat bermain di luar rumah dan terhindar dari DB.

    BalasHapus
  18. Aku baru tahu kalo Zambuk ini dari Bayer. Produsen ini emang terkenal soal produk bermutunya sih.

    Walau aku udh lama banget ga pake salep utk obat nyamuk. Kadang malah berasa gatal. Apalagi kadang cm bertahan maksimal 6 jam. Kalo lagi capek, kdg tidurku bs lbh dr itu.

    Tapi aku penasaran sih ama produknya Bayer. Biasanya sih lgsg cespleng. Mau coba ah.

    BalasHapus
  19. Saya pun setuju untuk anak bisa tetap main di luar saat pandemi. Ya, mungkin akan ada banyak penyesuaian. Tetapi, juga sekalian mengajarkan ke anak untuk bisa disiplin dengan prokes

    BalasHapus
  20. wah produknya bisa saya rekomendasikan ke saudara saya, keponakan saya sering banget main di luar dan kadnag kalau pulang udah merah2 kulitnya karena nyamuk

    BalasHapus
  21. Baru tahu nih salep Zambuk..ada gak ya di apotik/toko obat disini.. Penting sih sedia di rumah ya..secara anak-anakku mainnya sering di luar rumah..

    BalasHapus
  22. Walaupun lagi pandemi, harus tetap beraktivitas di luar ruangan yah agar tubuh tetap sehat, pastinya dipantau agar aman hehe. Memang nih digigit serangga ganggu banget, boleh nih dicoba Zambuk.

    BalasHapus
  23. Iya bener, main di luar juga waspada dengan nyamuk. Sakit paling ringan bila digigit paling berupa gatal dan merah-merah, yang berat kalau sampai kena DBD, ini yang bahaya. Mudah-mudah selalu aman bermain di luar ya anaknya :)

    BalasHapus
  24. Waspada saat bepergian ke luar itu sangat perlu ya kak, apalagi yang dibawa adalah anak-anak, agar aman dari gigitan nyamuk

    BalasHapus
  25. wah aku baru tahu zambuk aku noted nih, sebab aku emang paling worry kalo anak. pergi keluar terus nyamuk kebun tuh luarbiasa. kebetulan depan rumahkebun hiks. anak2 biasanya keluar main di sana

    BalasHapus
  26. Anaknya kyk aku, gak betahan di rumah hehe. Btw produk Zambuk ini kyk udh legend ya mbak. Mamaku dulu prnh beliin bwt aku soalnya. Ternyata utk mengatasi gigitan serangga ya.

    BalasHapus
  27. Anakku baru 9 bulan, jadi memang perlu persiapan ekstra kalau ngajak main keluar meskipun hanya beberapa meter dari jarak rumah.

    BalasHapus
  28. Aku punya 4 ponakan di rumah yg sekarang beranjak ke usia 2 tahun, sekalipun gak pernah main di luar rumah karena pandemi..
    Setuju banget kalau anak juga perlu adaptasi dan mengenal dunia di luar rumahnya. Seperti main di taman atau ke kebun binatang ..

    Zambuk, baru tau dari baca artikel ini, hihi.. Sepertinya ponakanku butuh ini, karena kalau udah digigit nyamuk, bentolnya itu nampak banget

    BalasHapus
  29. Ajak anak keluar rumah di saat pandemi gini memang agak rempong ya, Mbak. Kondisi harus beneran fit, juga wajib patuhi prokesnya.

    Karena anak saya masih belum bisa memakai prokes, saya jadi gak pernah jalan-jalan.

    Main aja sama anak di halaman rumah.

    BalasHapus
  30. Butuh boleh-boleh aja main tapi lihat kondisinya ya, aku juga suka kemana-mana pagi jadi masih sepi & segar udaranya

    BalasHapus
  31. Wah Zambuk ini andalan aku banget pas anak-anak masih kecil, biasanya aku suka stok banyak banget soalnya bagus buat ngobatin anak-anak kalau kejedot...hahaha. Memang sih terkurung di rumah dan dibatasi aktivitas selama hampir dua tahun ini bikin anak-anak bosan apalagi sekolah juga via daring, kadang aku juga bolehin anak-anak main ke taman dekat rumah asal prokesnya ketat.

    BalasHapus
  32. Setuju,anak bisa tetap main tentu dengan taat prokes dan teteup berbekal Salep Zambuk

    Andalan banget ini bantu redakan nyeri dan gatal-gatal akibat gigitan serangga dan nyamuk, serta bisa membantu meredakan memar dan terkilir ringan. Jadi tenang hati

    BalasHapus
  33. Iya kasihan ya anak-anak jadi jenuh pasti di rumah terus mainnya. Mending kalo ada saudara, kalo anak tunggal lebih kasihan lagi. Pakai masker juga apa anak bisa terus makai ya, duhh semoga mereka tetap patuh prokes.

    Zambuk ternyata tuh salep ya, aku belum pernah pakai untuk anak-anak ku

    BalasHapus
  34. Bagian tentang membuat kesepakatan dengan anak itu penting banget menurutku. Jadi si kecil tahu bahwa kegiatan main di luar ini dapat berlaku dengan menerapkan beberapa peraturan yang harus dipatuhi jadi dia bisa menjaganya.

    BalasHapus
  35. Pandemi gini udah jarang keluar ke taman, paling sesekali aja cari waktu yang sepi ahaha..Ke taman pagi-pagi emang lumayan sepi lho, berasa taman bermain sendiri. zambuk ini ampuh banget, dulu selalu setok di rumah.

    BalasHapus
  36. Betul, aku setuju sekali dengan bagian 'membuat kesepakatan', Mbak. Karena dengan begitu, anak akan tahu mana yg boleh, mana yg tidak untuk dilakukan saat main di luar begitu

    BalasHapus
  37. Baru tahu ada produk zambuk. Memang kita para ibu harus siap siaga peralatan waktu keluar rumah saat pandemi, seperti produk ini yg kayanya recommended

    BalasHapus
  38. Oalah aku baru tau kalo zambuk itu khasiatnya banyak!
    Aku pernah dikasih adik ipar katanya harus punya stok gitu di rumah

    BalasHapus
  39. Sesekali boleh lah ya mbak anak-anak main diluar di masa PPKM ini, tapi tentu saja harus ada aturan yang disepakati bersama dan ditaati.

    Zambuk, saya baru tahu ada salep ini buat melindungi efek gigitan serangga, produksi Bayer. Ingat jaman kecil dulu, Bayer ini produsen yang cukup terkenal di masyarakat

    BalasHapus
  40. pakai masker itu yang suka dicopot2 kesel kadang
    tapi emang senang ya mak lihat anak-anak bermain sama teman-teman di luar setelah biasanya dikerem di rumah. kalau sore itu perlu banget ngindari gigitan nyamuk ampunnn. kupikir zambuk itu yang buat kalau benjol besar itu loh

    BalasHapus
  41. anak saya paling males kalo digigit serangga atau nyamuk terus saya pakein balsam, baunya tajam dan panas. beruntung dong ya sekarang ada salep zambuk. wajib punya nih

    BalasHapus
  42. Sama nih, anak-anak ku kadang masih main ke taman kota yg ada plosotan nya. Kadang juga ke lapangan kompleks. Yg penting tetep prokes dan tentu bawa anti nyamuk kayak zambuk

    BalasHapus
  43. Jangankan anak-anak yang buth bermain di luar, orang dewasapun sangat butuh. Sekadar refresing dan jalan pagi atau sore cukuplah. Nah, menjaga kesehatan saat bermain di luar itu tak bisa kita anggap enteng, salah satunya digigit serangga seperti nyamuk. Untung sekarang ada berbagai produk yang bisa mengatasi gigitan nyamuk seperti Zambuk ini.

    BalasHapus
  44. Artikel yang menawarkan solusi. Bagus sekali nih. Soalnya anak-anak itu identik dengan main di luar. Sekarang ponakan aku juga jadi suka main ke rumah neneknya. Kebetulan dekat. Merupakan salah satu solusi juga sih. Jelas terjaga keamanannya.

    BalasHapus
  45. Baru tahu aku ada salep zambuk. Asyik banget nih udah BPOM. Apalagi kemasan yang kecil, bisa dibawa kapan saja dan ke mana saja ya. Harganya juga ekonomis banget.

    BalasHapus
  46. Terima kasih atas tips dan tulisannya, Mbak. Saya jadi tahu nih ada salep merk Zambuk.
    Memang anak-anak masih perlu diawasi untuk bermain di luar di tengah pandemi yang belum selesai ini. Saya juga belum berani ajak main keponakan jauh-jauh dari rumah.

    Thanks for sharing ya, Mbak. Salam hangat. :)

    BalasHapus
  47. Main dirumah tetus bikin anak bisan emang.....pastikan ke taman yg gak ramai..atau caru waktu yg gak rame orang..yang penting pake masker dan jaga jarak sih..yetus pake anti nyamuk.. zambuk..

    BalasHapus
  48. Tiap ortu kudu punya stok Zambuk nih
    karena emang kandungannya cihuy beraattt
    kepake bgt buat anak2

    BalasHapus
  49. Benar2 harus dipersiapkan segalanya ya mba. Demi melindungi anak2 kita.

    BalasHapus
  50. Samaan Mba. Aku pun suka ajak anak ke Taman, pagi-pagi banget sambil saya belanja sayur ke mang sayur depan kompleks. Kalau habis pulang ke rumah anakku Aku suruh cuci tangan buat jaga kebersihan aja. Baru tahu ada salep Zambuk, harganya terjangkau juga ya.

    BalasHapus
  51. Wah mantep nih salepnya, pengen nyoba ah.

    BalasHapus
  52. Paling kesel emang kalau pas main di luar trus kegigit serangga. Kasihan kulit anak jadi merah-merah yaa.. Pas banget nih punya Zambuk untuk dibawa pas anak-anak ngajak main di luar rumah.

    BalasHapus
  53. Kemasan zambuk ini mengingatkanku pada balsam zaman dulu yaa..
    Yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana.
    Pakai sedikit sudah sangat berkhasiat.

    BalasHapus
  54. Seneng banget yaa Aluna main bareng Bunda di taman, dan gak perlu khawatir digigit nyamuk atau serangga karena Bunda selalu sedia salep Zambuk yaa

    BalasHapus