Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Bersama Anak

  

Kegiatan bermanfaat saat bulan puasa bersama anak

Halo, teman deestories

Tak terasa ya sudah seminggu pertama kita berpuasa Ramadan. Bagaimana puasanya? Semoga tetap lancar dan penuh keberkahan, ya! 

Oh ya, selama bulan puasa ini apa yang dilakukan di rumah? Sudahkah melakukan kegiatan yang bermanfaat ? Pastinya ya, agar lebih bernilai ibadah baiknya kita isi Ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat. 

Hari ini saya mau cerita tentang 5 kegiatan bermanfaat saat bulan puasa bersama anak. Maklum, sebagai ibu rumah tangga, tentunya saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama anak-anak. 

Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa Bersama Anak

Banyak juga aktivitas bermanfaat saat bulan puasa yang bisa dilakukan bersama anak. Berikut adalah lima kegiatan bermanfaat saat bulan puasa bersama anak. 

1. Membuat Takjil

Kegiatan bermanfaat saat bulan puasa bersama anak

Bulan Ramadan rasanya tak lengkap jika tak ada takjil saat berbuka. Membuat takjil bisa menjadi kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan bersama anak. 

Baca Juga : 5 Menu Sahur Praktis dan Sehat untuk Anak

Seperti hari ini, saya mengajak anak-anak membuat kacang hijau kayu manis. Anak-anak senang karena bisa membantu memasak menu takjil. 

2. Mengaji

Mengaji juga menjadi kegiatan favorit antara saya dan anak-anak di bulan puasa ini. Biasanya kami bertiga mengaji setelah shalat subuh. Biar anak-anak nggak tidur lagi habis subuh. 

3. Membaca Buku

Kegiatan bermanfaat saat bulan puasa bersama anak

Membaca buku adalah aktivitas yang cukup menarik untuk dilakukan bersama anak saat bulan puasa. Buku jadi teman yang asik sambil menunggu datangnya suara adzan. 

4. Bermain Boardgame 

Kegiatan bermanfaat saat bulan puasa bersama anak

Anak-anak pasti suka bermain. Apalagi kalau diajak main boardgame. Pasti mereka senang. 

Baca Juga : Serunya Bermain Maze Petualangan Tahfidzku 

Bermain boardgame menjadi kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah berama anak. Juga menjadi sarana belajar bagi anak-anak. 

5. Tidur 

Tidur? Yakin tidur termasuk kegiatan bermanfaat saat bulan puasa? Yakin dong!

Teman-teman pasti tahu, tidurnya orang berpuasa itu ibadah. 

Berikut hadits yang menjelaskan tentang hal ini:  

نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ وَصُمْتُهُ تَسْبِيْحٌ وَعَمَلُهُ مُضَاعَفٌ وَدُعَاؤُهُ مُسْتَجَابٌ وَذَنْبُهُ مَغْفُوْرٌ

“Tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan, doanya dikabulkan, dan dosanya diampuni,” (HR Baihaqi).  

See? Tidur juga termasuk kegiatan bermanfaat saat bulan puasa. Sesekali aja anak tidur lebih lama. 

Nah itu tadi 5 kegiatan bermanfaat saat bulan puasa  bersama anak. Apakah teman-teman punya kegiatan bermanfaat lainnya? Yuk ceritakan di kolom komentar, ya!

Terima kasih.

#BPNRamadan2022

#Day9






18 komentar

  1. Bikin takjil/ menu buka puasa dan sahur, itu nyenengin bangett sik.
    walopun kadang klo anak ikutan bantu jadi makin rempong, tapiii beneran super FUN, aselik!

    BalasHapus
  2. Bermain bareng anak menjadi kegiatan menarikbagi anak dan orang tua di bulan Ramadan ya, Mbak . Board game atau kartu semacam UNO bisa tuh.

    BalasHapus
  3. Salfok sama kegiatan tidurnya, mbaa 😅😅😅

    BalasHapus
  4. Kreatif sekali mba, memanfaatkan waktu dengan anak dengan berbagai macam kegiatan. Pasti anak jadi lebih tertantang ya dan pasti besoknya minta kegiatan yang baru lagi nih

    BalasHapus
  5. Boardgame sepertinya seru dan bikin tidak terasa puasa, idenya menarik nih buat diikuti

    BalasHapus
  6. Aku lebih kurang sama, kadang juga nonton bareng..film yang semua umur jadi bisa ngobrolin pesan film setelahnya. Apalagi anak-anak saya sudah remaja, bisa nyisipin nasihat dari apa yang kami tonton bersama.

    BalasHapus
  7. Nomer 4 paling disukai anak-anak. apalagi emaknya. Bikin anteng

    BalasHapus
  8. memberikan aneka kegiatan saat anak sedang puasa memang efektif ya mbak, agar anak-anak tetap semangat puasanya dan ga mengeluh

    BalasHapus
  9. ih seru ya bisa berkegiatan dengan anak, aku selama Ramadan anak anak paling uska kalo diajak tarwih ke masjid

    BalasHapus
  10. Sama banget iih...
    Paling suka pas bobok. Hehhee...soalnya anakku yang kedua sering dipanggil temennya buat main kan.. Jadi pulang-pulang suka ngeluh "Masih lama...masih lama..."
    Jadi mending bobok aja.. Asalkan gak di waktu-waktu yang gak boleh tidur, kaya abis ashar.

    BalasHapus
  11. Setuju, mba, tidur juga merupakan ibadah, dengan tidur kita menunaikan hak badan kita untuk beristirahat. Seru kegiatannya mba, apalgi bareng kricils, thankyou for sharing, mba.

    BalasHapus
  12. Boardgame dan membaca buku kegiatan yang mengasyikkan dan bisa mengalihkan dari fokus menahan lapar dan haus ketika puasa. Bikin takjil atau menu buka juga seru.

    BalasHapus
  13. Anakku masih sekolah di bulan puasa. Pulang sekolah, sholat, lalu tidur siang. Kadang dia bantu buat takjil tapi ya itu, mood mood an🤭

    BalasHapus
  14. Anak saya laki-laki, Mbak. Kalau saya males masak, dia yang semangat untuk mau masak sendiri. yah, jadinya mau tidak mau harus tetap semangat lagi.

    BalasHapus
  15. Aku suka tidur tapi kalo tidur lama-lama pas puasa, waktu bangun malah kerasa lapernyaa. Heu.. Jadi mending ngelakuin aktivitas lain kayak masak atau ngaji ya. Nemenin balita pas puasa tu juga bikin haus. Wkwk. Apalagi kalo minta bacain buku bolak balik..

    BalasHapus
  16. bulan ramadan bisa jadi sarana bagi kita untuk mengenalkan berbagai kegiatan positif dan ibadah juga, ya,mbak. kalau anakku mereka sukanya main atau nonton kalau jelang buka puasa soalnya emaknya sibuk nyiapin menu berbuka. he

    BalasHapus
  17. Pasti asyik banget bermain boardgame bersama anak-anak dan suami di bulan Ramadan. Apalagi saat menjelang waktu berbuka. Soalnya biasanya ini jam-jam rawan anak tergiur ma menu berbuka jadi kalau diajak main kan perhatiannya bisa teralihkan

    BalasHapus
  18. Semuanya bermaanfaat, asik banget kalau kegiatannya seru begini, nggak kerasa tiba-tiba udahmaghrib

    BalasHapus