Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Puasa di Rumah Aja, Lakukan 7 Aktivitas Ini Agar Tak Bosan

Puasa di rumah aja


Halo, teman deestories..

Apa kabarnya? Semoga selalu sehat, ya!

Apa kabar puasa? Masih semangat kah? Harus semangat, ya!

Puasa tahun ini kita masih dalam suasana pandemi, ya. Jadi ada baiknya bila puasa di rumah saja. 

Bosan? Nggak lagi! Dengan melakukan 7 aktivitas ini, dijamin puasa di rumah saja tetap seru! Anti bosan, deh! 

Nggak percaya? Baca artikelnya sampai habis, ya!

Puasa di Rumah Aja

Puasa di rumah aja masih jadi pilihan terbaik saat ini, ya. Buat jaga-jaga, ingat COVID-19 masih ada! Bahkan bermunculan beragam variasi virus, yang katanya lebih berbahaya. 

Tentunya kita nggak mau kan, ibadah puasa jadi terganggu karena kita sakit. Apalagi jika terkena virus COVID-19 ini. 

Melindungi diri untuk tetap puasa di rumah aja, adalah pilihan terbaik. Biar kita lebih fokus beribadah di bulan Ramadan ini, setuju? 

7 Aktivitas Seru untuk Usir Bosan Saat Puasa di Rumah Aja

Siapa sih, yang betah di rumah aja? Apalagi bulan puasa seperti ini. Godaan ngabuburit maupun buka puasa bareng tentu sangat besar. 

Belum lagi saat mendekati hari raya lebaran, pastinya pengen banget berburu diskon di mall. 

Tenang, meski puasa di rumah aja kita bisa tetap survive, kok! Banyak aktivitas seru yang bisa kita lakukan saat puasa di rumah aja. Berikut contoh 7 aktivitas seru saat puasa di rumah aja. 

1. Perbanyak ibadah

Namanya juga bulan Ramadan, bulan istimewa. Jangan melewatkan Ramadan begitu saja. Dengan puasa di rumah aja, kita bisa memaksimalkan ibadah di bulan penuh berkah ini. 

Perbanyak ibadah, tak sekadar puasa saja. Lakukan banyak ibadah, baik yang wajib maupun yang sunnah. 

Mulai dari membaca Al Qur'an, berdzikir, hingga mengkaji banyak ilmu agama. Jadikan Ramadan sebagai momentum mendulang banyak kebaikan. Tak ada waktu yang sia-sia, semuanya digunakan untuk ibadah. 

2. Melakukan hobi

Setiap orang pasti punya hobi, begitu juga dengan teman-teman, kan? Apa hobi teman-teman? Lakukan saja sambil mengisi waktu puasa di rumah aja. 

Kalau ada yang punya hobi berkebun, yuk berkebun saat Ramadan. Kalau ada yang punya hobi crafting, crafting saja. Siapa tahu bisa kasih hadiah buat orang tersayang dari hasil crafting selama Ramadan. 

Kalau saya, hobinya sih nulis dan menonton drama Korea. Jadi, jika semua pekerjaan selesai saya akan nonton drakor. Nanti drama yang ditonton bisa ditulis review nya! 

Melakukan hobi tidak hanya untuk mengisi waktu luang. Tapi juga bisa jadi saluran stress, lho. Biar kita nggak suntuk menghadapi rutinitas harian. 

3. Kreativitas barang bekas di rumah

Sejak pandemi, saya lebih sering berbelanja secara online. Ini jadi PR tersendiri. Banyak sekali kardus bekas kemasan belanja online. Apakah teman-teman juga begitu? Punya banyak kardus atau barang bekas lainnya di rumah? 

Kalau punya, barang-barang bekas tadi bisa dimanfaatkan kembali, lho. Dibuat menjadi barang yang lebih berguna. 


Melakukan kreativitas dari barang bekas, bisa jadi aktivitas yang seru saat puasa di rumah aja. Seperti saya dan anak-anak di rumah. Kami membuat beragam kreativitas dari barang bekas. Ada rumah boneka, panggung boneka, kotak pensil ataupun mainan DIY. 

Baca Juga : DIY Celengan Cantik Ala Chacha 

Seru banget ini. Mengisi waktu puasa dengan hal bermanfaat. Juga bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. 

4. Eksperimen di Dapur

Konon, Ramadan ini bikin aktivitas di dapur makin menantang. Gimana nggak menantang, jika selama sebulan penuh harus bisa memasak hidangan sahur dan berbuka. 

Bagaimana caranya agar hidangan yang disajikan bisa tetap lezat dan sehat untuk mendukung aktivitas puasa. Tapi tetap harus yang praktis dan nggak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Bisa nih, eksperimen di dapur. Mencari resep menu buka puasa praktis. Atau menu sahur yang sehat dan cepat.  Bisa juga bikin takjil yang enak. Atau bahkan bereksperimen membuat kue kering untuk hidangan lebaran. 

5. Main Boardgame

Siapa yang dulu kecilnya suka main monopoli dan ular tangga. Mainan boardgame seperti monopoli dan ular tangga bisa jadi aktivitas yang seru saat puasa di rumah aja. 

Apalagi sekarang banyak boardgame kekinian yang nggak hanya menghibur, tapi juga edukatif. Pas banget dimainkan bersama anak-anak di rumah. 

6. Konmari barang-barang

Pasti banyak teman-teman yang sudah kenal dengan metode konmari ini. Yup, seni beberes dari Jepang ini juga asyik dilakukan saat puasa di rumah aja. 

Ketika kita melakukan konmari kita nggak sekadar membereskan barang, lho. Tetapi juga bisa jadi peringatan pada kita untuk membeli barang sesuai kebutuhan.

Contohnya saya, beberapa lalu saya sedang melakukan konmari untuk jilbab-jilbab yang saya miliki. Betapa terkejutnya saya, ternyata selama ini saya sudah punya banyak jilbab! Saya pun akhirnya mengurungkan niat saya untuk membeli jilbab baru yang iklannya lewat di sosmed! 

7. Berkomunitas

Hidup di era digital seperti ini, membuat saya banyak bersyukur. Bagaimana tidak, internet bisa membuat saya terhubung dengan banyak teman-teman sefrekuensi di seluruh Indonesia. Saya bisa melakukan banyak kegiatan virtual dengan teman-teman komunitas. 

Puasa di rumah aja


Bahkan saya bisa banyak belajar dengan bergabung dalam komunitas. Ada banyak komunitas yang saya ikuti, sebagian besar adalah komunitas kepenulisan. 

Ada IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) yang membuat saya bertumbuh menjadi penulis yang lebih baik lagi. Baik itu penulis buku maupun penulis blog. 

Ada pula KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional), dengan program ODOP (One Day One Post) nya, saya bisa tetap konsisten menulis setiap hari. 

Tak ketinggalan komunikasi Drakor Class. Tempat kami saling berbagai cerita drama Korea. Tak hanya menonton drama Korea saja. Drakor Class memberikan saya banyak kesempatan baru, mulai dari mengisi siaran radio, podcast, IG Live hingga menjadi kontributor tetap di website Drakor Class. 

Last but not least, pastinya komunitas Blogger Perempuan. Komunitas pertama yang membuat saya mantap untuk menjadi seorang blogger profesional. Ya, kala itu saya pernah bertemu dan belajar langsung dengan mbak Shihtaries, founder Blogger Perempuan. Apa yang diceritakan dan diajarkan mbak Shihtaries di acara Blog Coaching Clinic, tahun 2017 lalu memantapkan saya membuat blog TLD dan memilih berkarir sebagai blogger. 

Apalagi saat Ramadan ini, BPN 30 DAY

RAMADAN CHALLENGE makin bikin saya semangat nulis. Nggak ada kata bosan, meski harus puasa di rumah aja. Saya bisa ikut tantangan dari Blogger Perempuan.

Penutup

Itu tadi 7 aktivitas yang saya lakukan untuk mengisi waktu puasa di rumah aja. Bagi saya, ketujuh aktivitas tersebut sangat seru. Membuat saya tak pernah bosan meski menghabiskan waktu puasa di rumah aja. 

Bagaimana dengan teman deestories lainnya? Apa yang teman-teman lakukan saat mengisi waktu puasa di rumah aja? 

Saling berbagi cerita di kolom komentar, ya!

Terima kasih..

#BPNRamadan2022

#Day5








1 komentar

  1. Sayaaa!! Waktu masih kecil dulu sering banget "membunuh waktu" dengan main monopoli bareng teman/keluarga :D

    BalasHapus