Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

7 Kiat Sukses Jualan Online Bagi Ibu Rumah Tangga


Jualan online
Jualan online | Pixabay




Jualan online jadi pilihan bagi banyak orang. Banyak orang memilih melakukan jualan online, baik sebagai pekerjaan sampingan ataupun pekerjaan utama. 


Setiap tahunnya, pelaku jualan online ini terus bertambah. Berdasarkan data Statistik Market Insights, jumlah pengguna lokapasar daring atau e-commerce di Indonesia mencapai 178,94 juta orang pada 2022. Jumlah tersebut meningkat 12,79% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 158,65 juta pengguna.


Semua orang bisa melakukan jualan online ini, termasuk ibu rumah tangga. Banyak ibu rumah tangga yang melakukan jualan online agar tetap produktif meski di rumah saja. 


Ibu Rumah Tangga, Yuk Jualan Online



"Yuk jualan online"! Ajakan dari sahabat saya beberapa tahun lalu, saat saya memutuskan untuk resign dari kantor, dan memilih menjadi ibu rumah tangga. 


Dia sendiri sudah melakoni jualan online sejak lama. Tak heran dia bisa memberikan saya semangat untuk mulai jualan online. Bahkan, dia juga tak segan-segan memberikan ide jualan online buat saya. 


Katanya, banyak barang yang bisa dijual oleh ibu rumah tangga. Mulai dari buku dan mainan anak, perlengkapan rumah tangga, hingga sembako. Pilih saja yang memang paling sesuai dengan kemampuan dan target pasar. 


Menjadi ibu rumah tangga memang kadang dilematis. Saat di rumah saja, inginnya bisa mendampingi tumbuh kembang anak dengan optimal. Namun, di satu sisi ingin tetap punya penghasilan sendiri. 


Nah, jualan online lah yang bisa menjawab dilema tersebut. Dengan berjualan secara online, ibu bisa tetap memiliki penghasilan sambil momong anak di rumah. 


Bahkan, bila ditekuni dengan serius dan sungguh-sungguh, berjualan secara online bisa menghasilkan penghasilan melebihi para pekerja kantoran! 


Jadi, para ibu rumah tangga, yuk jualan online saja! 


Kiat Sukses Jualan Online Bagi Ibu Rumah Tangga


Pastinya saat berjualan secara online, kita ingin bisa menghasilkan. Produk yang dijual laku keras, cuan datang! 


Tapi bagaimana ya caranya? Apalagi buat ibu rumah tangga yang baru mulai jualan online? 


Jangan khawatir, berikut adalah beberapa kiat sukses jualan online bagi ibu rumah yang saya dapatkan dari beberapa pengalaman teman-teman yang sudah sukses jualan online. 


Tentukan target pasar


Langkah pertama untuk sukses berjualan online adalah menentukan target pasar. Bidik calon customer kita. 


Apakah mereka para ibu rumah tangga, pekerja kantoran, anak sekolah, atau yang lainnya. 


Bisa juga dengan melihat status ekonominya. Apakah dari kalangan bawah, menengah, atau atas. Ini penting, untuk memilih produk apa yang akan kita jual dan besaran harganya. 



Pilih ide jualan


Mencari ide jualan tidak akan sulit jika kita sudah menentukan target pasar. 


Apa saja yang bisa dijual? Tentunya barang-barang yang dibutuhkan oleh customer. Kalau target pasar kita para ibu rumah tangga, maka jualan sembako atau perlengkapan rumah tangga bisa jadi ide jualan yang tepat. 


Kalau target pasar kita adalah anak sekolah, maka jualan alat tulis dan perlengkapan sekolah adalah yang paling pas. 


Aplikasi jualan online
Kiat jualan online | Pixabay



Berikan deskripsi yang jelas


Kunci jualan online yang laris manis salah satunya adalah memberikan deskripsi yang jelas pada produk yang dijual. 


Jangan lupa untuk posting foto yang jelas. Berikan juga deskripsi produk yang jelas dan lengkap. 


Kalau foto dan keterangannya jelas, dijamin akan langsung memikat pelanggan. 


Gencar promosi


Namanya jualan, ya pasti harus promosi. Gimana barang dagangan mau laku, kalau nggak pernah dipromosikan? 


Lakukan promosi secara gencar. Bisa lewat tetangga sekitar ataupun media sosial. Bisa juga menggunakan jasa digital marketing agar promosi lebih optimal. 


Berikan promo menarik


Pelanggan pasti suka jika saat berbelanja mendapatkan promo. Berikan promo menarik, mulai dari bebas ongkir, subsidi ongkir, atau bahkan produk bonus. 


Promo menarik ini akan membuat customer lebih memilih produk kita, dibandingkan penjual lainnya. 


Pelayanan prima


Memberikan pelayanan prima pada pelanggan, akan membuat produk kita lebih dipilih. 


Berikan penjelasan yang mudah dipahami saat pelanggan bertanya. Merespon secara cepat juga akan lebih memuaskan pelanggan. 


Gunakan platform e-commerce


Sekarang ini, sudah ada banyak platform e-commerce termasuk Lazada yang bisa membantu jualan online makin optimal. Aplikasi jualan online memudahkan kita dalam berjualan secara online. Mulai dari melakukan promosi hingga mengirim barang ke pembeli. 


Aplikasi jualan online dilengkapi dengan layanan ekspedisi pengiriman barang. Bahkan, beberapa diantaranya menawarkan jasa jemput barang di rumah. Kita nggak repot lagi pergi ke tempat pengiriman barang, deh! 


Yuk, Jualan Online di Lazada


Jualan online di Lazada tentu lebih menguntungkan. Lazada ini sudah memiliki banyak pengalaman sebagai platform jual beli online. Sejak tahun 2012, Lazada sudah menjadi pilihan banyak orang. 


Jualan online di Lazada bisa meluaskan target pasar kita, lho. Sebab, marketplace ini nggak hanya ada di Indonesia. Lazada sudah melayani pasar Asia Tenggara, mulai dari Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. 


Cara Jualan Online di Lazada


Nggak hanya punya target pasar yang luas, salah satu keuntungan lainnya dari jualan online di Lazada adalah prosesnya yang mudah dan cepat. Selain itu juga tidak perlu menyiapkan dokumen yang rumit. 


Berikut ini cara jualan online di Lazada. 


  • Daftar dulu di website Lazada Indonesia. Siapkan scan dokumen seperti KTP, surat izin usaha, dan buku tabungan. 

  • Tanda tangani kontrak kesepakatan dengan Lazada. Pastikan membaca setiap poin secara teliti. Jika sudah melakukan penandatanganan, unggah kembali kontrak tersebut. 

  • Jika akun jualan online sudah terdaftar di Lazada, segera unggah produk yang ditawarkan. Unggah foto produk yang jelas. Jangan lupa berikan juga deskripsi produk. 

  • Mulai berjualan online di Lazada. 


Nah, bagaimana? Mudah kan cara jualan online di Lazada.


Belajar Jualan Online dari Web Yuk Jualan Online


Buat ibu rumah tangga yang baru memulai jualan online, jangan khawatir. Di Lazada kita bisa memanfaatkan website yukjualanonline.com. 


Ide jualan
website yukjualanonline.com | dokpri



Website tersebut bisa memberikan banyak keuntungan bagi kita, seperti :

  • Memberikan banyak tips jualan, mulai dari bagaimana membuat foto produk yang menarik hingga melakukan promosi.
  • Mengetahui beragam tren pasar yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis.
  • Lazada University, memberikan beragam kurikulum yang bisa membantu pelaku UMKM meningkatkan omsetnya.
  • Lazada Club, tempat di mana para seller menjalin relasi, saling bertukar informasi, bahkan memberi inspirasi.
  • Mengetahui berbagai strategi penjualan yang bisa dimanfaatkan untuk menjaring banyak pelanggan.


Tentunya semua itu sangat membantu ibu rumah tangga seperti saya yang baru saja jualan online. Tak perlu risau, selama ada kemauan dan usaha. Kita pasti bisa! 

Jadi, yang perlu kita siapkan adalah semangat untuk terus jualan online. Jangan menyerah! Terus berusaha. 


Demikian 7 kiat sukses jualan online bagi ibu rumah. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman dalam berjualan online. 


Kalau ada kiat lainnya, boleh lho share di kolom komentar. 


Terima kasih. 






51 komentar

  1. Sebagai IRT, sempat terlintas di pikiran ingin jualan online. Baca postingan ini, makin semangat pengen memulai. Tapi masih banyak yang perlu dipersiapkan matang-matang. Karena jualan online nantinya pasti berkaitan dengan kirim-kirim barang. Tentu perlu mobilitas. Semoga ada ekspedisi yang siap jemput meski barang sedikit ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sih dengan harapan saya yg juga pengen punya usaha sampingan saat di rumah saja. Kepikiran juga jualan online, dan makin mantap setelah ada informasi jualan online di Lazada

      Hapus
  2. Baru 3 bulan ini aku engga kerja, kok rasanya ada yg kurang kalau ngeblog dan nulis-nulis doang. Menarik nih kalau ada kesibukan jualan online. Pelajari dulu deh websitenya. Cari peluang dari rumah kan...

    BalasHapus
  3. Target market dan ide mau jualan apa tuh emang krusial banget ya. Jadi emang harus benar-benar kita pikirkan di awal saat ingin memulai jualan online. Biar nggak tersendat saat ingin mengembangkan bisnis rumahan yang sedang kita jalankan.

    BalasHapus
  4. ya, Sekarang peluang usaha bagi Ibu Rumah Tangga semakin terbuka lebar ya, Mbak. Banyak ide usaha ang bisa kita jalankan, dan bisa sekali disesuaikan dengan pasion. Bisnis rumahan selain modal tidak besar, juga minim risiko. Bisa sambil tetap menjalankan akvitas lainnya di rumah.

    BalasHapus
  5. jangan jadi penjual jadi pelangan di lazada aja udah meguntungkakan
    seperti Belanja online menjadi lebih mudah dan menguntungkan dengan banyak diskon

    BalasHapus
  6. Menentukan target pasar ini memang harus jeli, agar bisnis yang dijalankan bisa tepat sasaran kustomer

    BalasHapus
  7. Bisa banget deh ibu rumah tangga sukses bisnis online kalo gabung Lazada

    BalasHapus
  8. JAdi lebih baik jualan yg fokus ke 1 produk atau jenis tertentu agar pangsa pasarnya jelas ya? misalnya jual sepatu ya sepatu aja, atau jual baju dan sepatu (produk fashion).

    Kalau yang jualan model palugada (apa loe mau gue ada) bagaimana nih?

    BalasHapus
  9. sekarang kalo jualan enak ya bener-bener nggak perlu toko. bahkan bisa jadi dropshipper. boleh juga nih Lazada. sangat membantu para seller baru dengan adanya situs Yuk Jualan Online

    BalasHapus
  10. Jualan online sekarang jadi peluang besar buat nambah penghasilan yah, Mbak. Termasuk buat ibu rumah tangga nih. Apalagi kalo tau cara Jualan di Lazada, jualan jadi makin laris dah.

    BalasHapus
  11. Jualan online melalui e-commerce itu pilihan tepat. Soalnya orang-orang sudah terbiasa belanja di ecommerce. Saya pun begitu. Jualan di e-commerce ini bikin kita kayak punya toko online gitu.

    BalasHapus
  12. Lazada merupakan salah satu e-commerce yang lahir di awal2 dunia marketing online mulai marak dan terus berkembang hingga sekarang tanpa banyak drama2 yaa.

    BalasHapus
  13. Dulu saat coba jualan online kurang gencar di promosi. Jadinya bikin produk ngga dikenal banyak orang. Jualan di Lazada ini termasuk mudah ya daftarnya

    BalasHapus
  14. Peluang usaha online makin terbuka lebar ya mba. Dan ini banyak kiat2 sukes jualan di forumnya ya, berkumpul dengan seller Lazada lain. Tentu bisa menjaga semangat kita jualan online deh

    BalasHapus
  15. Ooh yukjualanonline ini punya Lazada tohh. asyikk kalo ada komunitas yang saling support jualan kek gini ya ngga sih? Lazada setauku jugaa brandingnya dapet banget untuk barang2 dengan kualitas oke

    BalasHapus
  16. Cocok kalau buat ibu rumah tangga, sambil ngurus anak dan rumah jualan online di Lazada jadi solusi.

    BalasHapus
  17. Nah ini berdaya meski cuma pake daster di rumah, semuanya bisa dilakukan ya mbak, apalagi sekarang ilmu betebaran dimana-mana, tinggal asah skill dan kuatkan kemauan, semua nggak ada yang mustahil.

    BalasHapus
  18. Pengen mulai jualan online tapi nggak mulai mulai. Kadang bingung mau jualan apa mbak. Sudah takut duluan kadang. Padahal banyak kesempatan ya. Bisa jualan di e commerce Lazada juga

    BalasHapus
  19. Ibu rumah tangga sekarang bisa jualan juga dari rumah ya. banyak ilmu yang bisa didapatkan jika kita memutuskan untuk berjualan di Lazada. Karena ada program yang menarik untuk seller.

    BalasHapus
  20. Asiknya jualan online ini, bisa dilakukan di mana saja dan oleh siapa aja. Apalagi kalau udah tau ilmunya, makin asik deh.

    BalasHapus
  21. Seneng bgt deh kalo ada emak2 yg msh semangat utk nambah penghasilan rumah tangga. Meski dilakukan di rumah, jgn remehkan kekuatan jualan online. Apalagi di Lazada. Kita bakal dibimbing oleh expert kalo ada masalah penjualan. Asyik bgt kan

    BalasHapus
  22. Kalau enggak jualan online maka ada celah buat ngegosip wkwkw
    Mending dimanfaatkan waktunya buat cari peluang cuan
    Salah satunya jualan di Lazada

    BalasHapus
  23. Sempat pengen sih jualan online tapi bingung mau mulainya gimana. Makanya sekarang belajar jadi affiliate Lazada dulu aja. Hehehehe. Btw makasih tipsnya mak, rasanya kok jadi pengen mulai jualan juga

    BalasHapus
  24. Beberapa waktu lalu aku sempat usaha kecil kecilan sih sama anakku, tapi gak kepikiran buat jualan di e commerce. Wajib di coba nih..

    BalasHapus
  25. Yup penting banget menentukan target pasar sebelum memulai usaha

    BalasHapus
  26. Berkat kemajuan teknologi, ibu rumah tangga bisa berpeluang mendapatkan penghasilan dari rumah salah satunya dengan jualan online, senangnya banyak marketplace sekarang memberi kesempatan pada ibu rumah tangga mendapatkan penghasilan tambahan.

    BalasHapus
  27. Sejak pandemi melanda, jualan online sudah banyak dilakukan para ibu rumah tangga untuk menyiasatinya pemasukan keluarga yang mulai tersendat. Sekarang semakin pesat malah didampingi untuk bisa jualan di e-commerce. Senang banget pasti ya

    BalasHapus
  28. Bisa jadi pilihan ibu rumah tangga untuk usaha dari rumah ya lewat jualan online di Lazada

    BalasHapus
  29. Aku jadi penasaran kontrak apa tu dengan Lazada? Maksudku isinya? Soalnya kyknya baru lazada ini yang ada kontrak kyk gtu bukan sih? Mungkin demi kenyamanan pedagang sekaligus pembeli juga kali ya?
    Aku jadi kangen sama masa2 jualan online, tapi yg agak repot emang kudu packing dan nganter ke jasa pengiriman, kudu bener2 menyediakan waktu kalau mau sukses :D

    BalasHapus
  30. Sukses jualan online termasuk salah satu impian saya nih Mbak. Tapi memang mental wirausaha itu harus dipupuk terus ya, supaya gak gampang down ketika perjalanan menuju sukses terasa lama dan penuh tantangan hehehe. Penting nih gabung di marketplace2 yang bisa mendukung kemajuan usaha kita.

    BalasHapus
  31. saya sebenarnya sudah ada ide jualan dari beberapa tahun lalu cuma masih belum berani action nih soalnya banyak takutnya. padahal sekarang mudah banget ya kalau mau jualan online dan modalnya juga tidak terlalu besar

    BalasHapus
  32. aku yang sebagai konsumen juga pernah nyobain beli di lazada dan cukup lengkap, peluang banget buat ibu rumah tangga gabung sama atmosfer ecommerce lazada ini!

    BalasHapus
  33. kalo misalnya gak ada surat izin usaha itu gimana ya? masih bisa gak daftar lazada?

    BalasHapus
  34. Ide jualan di rumah sudah berderet, tinggal eksekusinya nih. Jualan di Lazada kayaknya mudah, ya. Tinggal sesuaikan kategori jualannya, udah gitu langsung deh jualan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, mbak. aku juga sudah lama nih pengen jualan online cuma belum terealisasi nih jualannya

      Hapus
  35. Biarpun jadi ibu rumah tangga tapi tetap bisa mendapatkan penghasilan ya mak. Berjualan online salah satunya ya, karena ini pun bisa dikerjakan di rumah.

    BalasHapus
  36. Nah bener, untuk para ibu rumah tangga, kalo mau sukses bisnis, bisa ngandelin marketplace ya. Gak perlu toko online sendiri. Semua ada tool yang bisa membantu untuk cuan. Kayak di Lazada. Aduh jadi kepengen deh bisa bisnis di Lazada juga.

    BalasHapus
  37. nah kan, ini kayaknya salah satu pertanda aku untuk kembali usaha online deh, di kantor teman2 juga pengen buka usaha online, btw makasi buat tipsnya

    BalasHapus
  38. Aku jadi hobi nontonin orang live.
    Rasanya seneng melihat seller memberikan improvisasi pada produknya. Dan memulai di Lazada, ternyata banyak sekali keuntungannya. Salah satunya dengan dibekali ilmu jualan online yang bisa diikuti step by stepnya agar sukses berjualan online.

    BalasHapus
  39. Gencar promosi dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, yuupp... ini penting banget ya mbak. Yuk kita manfaatkan platform e-commerce ini untuk menambah pundi2 rupiah.

    BalasHapus
  40. Kalau dipikir-pikir, kalau hanya baca judulnya, pasti banyak yang skeptis nih. Emang masih zaman ya jualan online? Nyatanya, aktivitas berjualan online sekarang tuh makin hits dan semakin ada jalannya. Nah gak tahu kan bahwa Lazada kini sudah melebarkan target pasar. Saya aja baru tahu dari postingan ini

    BalasHapus
  41. Jadi dengan jualan di Lazada, seller bisa jual barangnya sampai ke Malaysia, Filiphina, Thailand, Vietnam kah?
    Justru ibu rumah tangga jualan online itu penghasilannya Wow kalau udah tahu triknya

    BalasHapus
  42. Aku juga pengen jualan online, tapi masih bingung mau jualan apa, hehe

    Soalnya udah berkali-kali jualan tp belum ada yang berhasil, huhu

    BalasHapus
  43. Surat Izin Usaha bentuknya seperti apa ya mbak? bisa diurus di mana dan apa berbayar? Kupikir bisa langsung buka toko hanya dengan KTP.

    BalasHapus
  44. Sekarang dimudahkan dengan adanya teknologi...meski tinggal di kampung pelosoj tapi bisa jualan yg pangsa pasarnya orang kota atau malah di luar negeri. Ecommerce sangat membantu sekali dalam pemasaran inginya kita mau usaha dan belajar

    BalasHapus
  45. waa terimakasih tips nya ya.. walau usaha rumahan, tetap harus terencana dengan baik.. harus punya konsep yang jelas juga :D sering promo, jangan malu untuk berdagang :)

    BalasHapus
  46. Jadi kalau mau jualan online tuh nggak bisa asal-asalan juga ya mbak kalau mau sukses. menentukan target pasar dulu, baru memutuskan mau jualan apa, dan juga gimana promosinya

    BalasHapus
  47. Masya Allah keren yaa sekarang kerja dirumah tidak diragukan lagi untuk bisa sukses karena ulet dan May belajar

    BalasHapus
  48. ibu rumah tangga memang kadang dilematis. Saat di rumah saja, inginnya bisa mendampingi tumbuh kembang anak dengan optimal. Namun, di satu sisi ingin tetap punya penghasilan sendiri >> Aah dimana ada niat di situ ada jalan ya, mbak. apalagi sekarang udah mudah difasilitasi ky Lazada gini. Berkah buat ibu-ibu yang jualan online, gak masalah status wa nya jadi buka PO, saling dukung saling menyemangati aja.

    BalasHapus