Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Cara Memperbaiki Skin Barrier Rusak Beserta Rekomendasi Produknya

 

Cara Memperbaiki Skin Barrier Rusak Beserta Rekomendasi Produknya

Lapisan yang melindungi kulit wajah seperti skin barrier ternyata bisa rusak. Skin barrier penting untuk dijaga oleh setiap orang. 

Karena skin barrier ini memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Nah, lapisan kulit atas ini harus dijaga dengan baik, karena jika tidak akan mengalami kerusakan. 

Lantas, bagaimana cara memperbaiki skin barrier yang rusak? Apa saja ciri-ciri rusaknya skin barrier? Yuk, kita simak penejalsan lebih lengkapnya berikut ini. 

Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak

Menurut beberapa sumber ada ciri-ciri skin barrier rusak, ternyata tidak hanya satu ciri saja, banyak ciri yang muncul dan mungkin tidak disadari selama ini diantaranya roscea dan eksim, iritasi kulit kronis, kulit yang gatal.

Dehidrasi, kulit kusam, hiperpigmentasi, infeksi kulit, tertundanya penyembuhan luka, jerawat, sensitif atau meradang, infeksi bakteri, virus atau jamur pada kulit, kulit kering dan bersisik. 

Penyebab Skin Barrier Rusak

Penyebabnya ini bisa timbul karena lingkungan atau gaya hidup yang bisa mempengaruhi skin barrier. Inilah beberapa penyebab rusaknya skin barrier seperti lingkungan yang kering atau lembap, cuaca panas atau dingin.

Lalu, allergen, iritasi, polutan, merokok, terlalu banyak terkena paparan sinar matahari, mandi air panas, sabun atau detergen yang keras, perawatan kulit yang buruk, luka atau cedera, banyak mengkonsumsi makanan tak sehat, stress mental atau fisik, kurang tidur, penuaan, genetic, sering mencuci tangan, dan juga penggunaan exfoliation yang keras. 

Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Setelah mengetahui ciri-ciri dan penyebab skin barrier rusak, kini saatnya kamu untuk mengetahui dan menemukan solusi tentang permasalahan kerusakan skin barrier ini. Simak rinciannya berikut ini:

Minimalisisr Rutinitas Perawatan Kulit

Jika kamu beranggapan bahwa dengan menggunakan banyak skincare akan membuat kulit sehat. Tetapi nyatanya tidak. justru pemakaian skincare yang banyak dan tak sesuai jenis kulit, justru akan membuat skin barrier menjadi lemah. 

Selain melakukan konsultasi dengan dokter, kamu juga bisa menggunakan perawatan kulit dalam skincare yang sudah ada, untuk bisa mengatasinya. 

Jika kamu ingin melakukan eksfoliasi, perhatikan bagaimana reaksi kulit terhadap metode eksfoliasi yang digunakan. 

Gunakan Serum atau Pelembab yang Khusus untuk Perawatan Skin Barrier

Tidak hanya penggunaan serum dari bahan kimia saja, kandugan dari bahan alami dapat kamu pertimbangkan dan coba untuk mendukung perawatan skin barrier yang lebih baik. 

Kamu bisa menggunakan produk serum yang memiliki kandungan seperti essential ceramide, antioksidan, dan bahan alami lainnya. 

Menurut sumber, produk yang memiliki kandungan bahan ceramide bisa membantu memperbaiki kulit kering, gatal, dan kerak yang disebabkan oleh skin barrier yang tak berfungsi dengan baik. 

Gunakan Pembersih Kulit yang Lembut

Selanjutnya adalah dengan membersihkan kulit dari kotoran polusi yang menempel, selepas beraktivitas. 

Polusi juga bisa merusak kulit, jadi penting untuk menghilangkan kotoran dari wajah setelah beraktivitas. 

Gunakan bahan alami, dan double cleansing atau pembersihan ganda untuk membersihkan wajah. 

Obati Peradangan 

Ketika kulit wajah sedang teriritasi, cobalah untuk periksa keadaanya setiap hari. Penggunaan serum yang menenangkan kulit sangat diperlukan. 

Tapi, bila peradangan semakin parah, seperti rosacea atau eksim, sebaiknya segeralah untuk menemui dokter kulit yang bersertifikat untuk mengobati peradangan. 

Jalani Gaya Hidup Sehat

Kulit mencerminkan apa yang kamu makan, kualitas tidur, hingga bagaimana kamu menangani stress yang akan berdampak pada tubuh. 

Sehingga tetap jaga pola makan sehat, dan juga istirahat yang cukup, disamping olahraga secara rutin. 

Gunakan Tabir Surya

Jika tidak menggunakan tabir surya sama sekali, kemungkinan besar kulit akan mengalami kerusakan terutama kerusakan skin barrier. 

Jadi, menggunakan tabir surya memang sangat penting. Tabir surya atau SPF yang lebih besar dari 30 harus dipakai setiap hari sebagai rutinitas demi perawatan kulit dan melindungi dari radiasi sinar matahari. 

Jika tidak menggunakan skin barrier, maka kulit akan terpapar radiasi dan sel-sel kulitnya menjadi rusak. 

Rekomendasi Produk untuk Memperbaiki Skin Barrier

Setelah mengetahui ciri-ciri, penyebab, dan cara memperbaiki skin barrier, kamu bisa mencoba produk keluaran dari Erha yaitu Naturally Speaking Baby Melon Skin Barrier Serum


Rekomendasi Produk untuk Memperbaiki Skin Barrier


Jika kamu mencari serum untuk skin barrier rusak yang terbuat dari bahan alami, produk serum ini sangat direkomendasikan. Serum ini terbuat dari ekstrak melon dengan hasil 7in1 untuk memperbaiki skin barrier kamu. 

Fungsinya untuk mengunci kelembaban kulit dan memperkuat skin barrier kulit akan terasa lebih sehat setelah penggunannya. 

Bahan lain yang digunakan seperti 3 essential ceramide yang bekerja untuk menjaga dan menguatkan skin barrier, dan menyerap 38% lebih cepat ke dalam kulit. 

Selain itu ada antioksidan, mengandung moisturizer, dan betaine 1%. Kamu bisa membelinya secara offline maupun online.

12 komentar

  1. Makasih infonya, ibuku sampai usia sekarang 91 thn , kulitnya bersih, bercahaya padahal gak pakai apa2 cuma bedak dingin saja. Sedangkan aku kulitnya kalah mulus sama ibuku

    BalasHapus
  2. Ternyata bukan cuma karena paparan sinar matahri saja yang bisa membuat skin barrier jadi rusak, tapi banyak faktor lain.

    Serum berbahan melon, wah bisa dicoba nih

    BalasHapus
  3. Lucuu amaayy kemasannyaaa..
    Berasa untuk usia remaja yaah.. Tapi sekali lagi, semua butuh perawatan skin barrier agar kulit tetap sehat dan mulus tanpa masalah agar penyerapan skincare juga optimal. Bahan ceramide dari Naturally Speaking Baby Melon Skin Barrier Serum uda terjamin memperbaiki skin barrier.

    Erha memang ahlinya perawatan kulit.

    BalasHapus
  4. Ternyata banyak faktor yg bikin skin barrier rusak ya. Jadi memang menjaga skin barrier yu penting banget..untunglah skr udh banyak produk bisa mengatasi masalah tsb. Aku udah coba beberapa merk klo yg ini belum sih. Kalo liat dr isi kandungannya menarik sih. Prmgen nyoba

    BalasHapus
  5. info yang sangat bermanfaat soalnya aku mengalami banget tetiba kulit jadi sangat sensitif dan mulai gatal timbul pula jerawatan hiks

    BalasHapus
  6. iya nih sekarang malah yang ngetrend itu minimalis skincare ya bukan 9 langkah kayak yang dulu. memang sih penting banget buat menjaga skin barrier kulit ini karena kalau rusak bisa bikin banyak masalah bagi kulit

    BalasHapus
  7. Iya nih ternyata kalau pakai skinker yang keliru malah merusak kulit
    Kalau sudah rusak, sayang banget kalau tidak segera diobati
    Untunglah ya ada produk yang bisa atasi

    BalasHapus
  8. Skin barrier tuh memang bagaikan benteng kokoh yang melindungi kulit dari berbagai serangan dari luar. Makanya penting banget menjaga skin barrier agar tetap kuat dan sehat. Ini aku gemas sekali lihat packagingnya, cakeeeepppp

    BalasHapus
  9. Kulitku nii perlu diperbaiki skin barrirnya, jarang perawatan suka lupaa bersih bersih wajah. Kudu mulai aware nihh dengan diri sendiri dan kesehatan kulit

    BalasHapus
  10. Eh tumben nih kemasan produk Erha lucu ijo2 gtu, sesuai namanya mengandung melon2 yaa. Gak nyangka ternyata ekstrak melon juga bagus buat kesehatan kulit.
    Setuju banget utk beberapa skncare seperti serum, pelembab, dan tabir surya jangan sampai skip.

    BalasHapus
  11. saya nih mba barrier skinnyamulai rusak,lagi cari skincare yang cocok, kayaknya gara-gara sering kepanasan tapi gak pakai sunscreen, lihat yang dari erha naural gitu jadi pengen nyoba mba

    BalasHapus
  12. Memasuki kepala tiga, dah mulai jg mengalami skin barrier, rasanya gak enak banget huhu, bkin gak percaya diri. Pengen cobain nih produk nya

    BalasHapus