Jumat, 21 April 2017

10 Trik Seru Membuat Anak Gemar Membaca






Tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku Sedunia, momen ini bisa digunakan sebagai ajang menumbuhkan minat baca, terutama pada anak. Taukah Bunda, Negara kita memiliki minat baca yang rendah. Berdasarkan studi "Most Littered Nation In the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Indonesia persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). Hal ini sungguh disayangkan, mengingat bangsa yang maju adalah bangsa yang gemar membaca dan menghasilkan karya.



Menumbuhkan minat baca dimulai sejak dini. Orangtua memiliki peran penting dalam menumbuhkan minat baca. Lalu bagaimana caranya menumbuhkan minat baca pada anak? Yuk lakukan sepuluh hal berikut :





1)      Berilah kesempatan kepada anak untuk membaca atau dibacakan buku setiap hari. Dalam sehari minimal beri waktu 20 menit untuk membaca buku.
2)      Pilih buku sesuai dengan usia anak. misalnya, bagi usia balita pilih buku yang terbuat dari karton tebal atau busa sehingga tidak bisa sobek.
3)      Orangtua member kesempatan kepada anak untuk memilih buku yang disukai dan membantu mereka menemukan buku tersebut.
4)      Berikan kesempatan pada anak untuk menceritakan apa yang mereka lihat dari buku tersebut.
5)      Tanggapi cerita yang mereka utarakan sehingga mereka terdorong untuk terus menyukai buku.
6)      Jangan memaksa anak untuk membaca, tetapi ciptakan situasi yang menyebabkan mereka ingin tahu isi buku.
7)      Letakkan buku pada tempat yang dapat dijangkau anak.
8)      Biasakan anak untuk mengembalikan buku pada tempatnya.
9)      Bimbinglah anak untuk memelihara buku agar tidak rusak.
10)   Biasakan menjadikan buku sebagai hadiah. Bila anak berulangtahun ataupun meraih prestasi, berikan buku sebagai hadiah.

Tumbuhnya minat baca ini akan memberikan banyak manfaat bagi anak. pertama, menambah kosa kata anak. Melalui membaca, anak akan terbiasa mendengar berbagai kosakata baru. Hal ini akan memperkaya anak dalam memahami berbagai kata yang ada disekitarnya. Kedua, meningkatkan keterampilan komunikasi. Dengan perbendaharaan yang semakin banyak, anak lebih mudah berkomunikasi. Mereka akan lebih percaya diri dalam berucap. Ketiga, mengenalkan konsep baru. Dengan membaca anak akan mengenal konsep-konsep baru terhadap kejadian yang ada di lingkungannya. Misalnya konsep tentang kejadian alam, sains atau yang lainnya. Keempat, melatih kemampuan berpikir logis. Dengan membaca anak akan terlatih berpikir logis.
Banyak sekali bukan manfaat dari menumbuhkan minat baca pada anak. Tunggu apalagi, ayah dan bunda yuk bacakan buku pada anak.
Disusun Oleh :
Dian Kusumawardani, S.Sos.
Home Educator Omah Rame, Book Advisor dan Penulis Buku Jibaku Post Power Syndrome Full Time Mom

Keliling Jakarta Dua Hari, Tidak Cukup !!

Jakarta, kota yang cukup berarti buat saya. Merantau selama 1,5 tahun cukup membuat saya jatuh cinta dan merindu. Makanya se...