Senin, 01 Mei 2017

Yuk, Ajari Anak Kejujuran



Kejujuran adalah nilai terpenting dalam kehidupan Oleh karena itu, perlu ditanamkan semenjak dini. Hmm,, lalu bagaimana ya cara menanamkan kejujuran pada anak?
Simak penuturan berikut :
Pertama, jadilah contoh. Anak-anak tidak akan pernah salah mengcopy. Mereka adalah peniru ulung. Oleh karena bila anda ingin memiliki anak yang jujur, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menjadi orangtua jujur. Bila dalam keseharian anak-anak melihat orangtuanya bersikap jujur, maka mereka juga akan tumbuh menjadi anak-anak yang jujur.





Kedua, biasakan anak untuk menceritakan fakta sebenarnya. Berikan kesempatan pada anak untuk menceritakan fakta yang sebenarnya. Dengarkan cerita mereka, tanpa memberi penilaian terlebih dahulu.
Ketiga, bila anak melakukan kesalahan, hendaknya tidak bertanya dengan nada menuduh. Ketika anak melakukan kesalahan, dengarkan penjelasan mereka terlebih dahulu. Jadilah pendengar yang baik. Hindari menjadi seorang investigator. Dengan demikian ketika melakukan kesalahan, mereka tidak takut mengakui. Mereka tidak akan berbohong untuk menutupi keslahan.
Keempat, berikan penghargaan bila anak telah berkata jujur. Apabila anak telah berbuat jujur. Berikan reward pada mereka. Tak harus hadiah berupa benda, pujian yang tulus juga akan berarti bagi mereka.
Kelima, jelaskan lewat cerita bahwa kejujuran adalah hal yang baik. Anak-anak akan mudah melakukan sesuatu bila mereka mengetahui manfaatnya. Ceritakan kepada anak tentang kisah-kisah pentingnya menjaga kejujuran. Bila tahu manfaat kejujuran, mereka akan mudah melakukannya. Mereka akan tumbuh menjadi anak-anak yang jujur.
Nah bagaimana? Mudah bukan mengajari anak-anak kejujuran? Berani jujur itu hebat.

Keliling Jakarta Dua Hari, Tidak Cukup !!

Jakarta, kota yang cukup berarti buat saya. Merantau selama 1,5 tahun cukup membuat saya jatuh cinta dan merindu. Makanya se...