Minggu, 21 Januari 2018

Bosan dengan Olahan Pasta yang Itu-Itu Saja? Coba Varian Pasta Baru Berikut Ini !


Siapa yang tak tahu pasta, makanan khas Italia. Pasta terbuat dari campuran tepung terigu, olive oil, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spageti, makaroni dan lasagna.


Pasta biasanya dimasak dengan berbagai varian. Mulai dari Aglio Olio, Afredo, Pesto, Marinara, Carbonara dan Bolognese.
Kalau saya lebih sering memasak pasta bolognese.

Namun kemarin ketika mengikuti  "Finna Foodies Cooking Competition", saya dan suami bereksperimen menyajikan pasta jenis baru.
Pasta yang lebih Indonesia, hahaha.
Apa itu? Pasta Jawa Sambal Terasi Finna.






Seperti biasa, pasta direbus dulu hingga matang, jangan lupa tambahkan garam saat merebusnya.
Siapkan telur kocok, daging cincang dan duo bawang.
Ketika pasta matang, angkat dan tiriskan.

Kemudian kita siapkan sausnya. Tumis duo bawang, daging cincang.
Masukkan telur kocok.
Jangan lupa Sambal Terasi Uleg Finna.
Tambahkan air, masak hingga mengental.

Siapkan pasta, siram saus yang sudah matang tersebut.
Berikan terong goreng juga.
Jangan lupa kerupuk udang dari Finna.
Pasta menjadi lengkap dang sangat  Indonesia.








Sambal terasi uleg dari finna ini rasanya  lebih rumahan dan bau terasinya tidak terlalu menyengat. Rasa sambelnya tuh lebih ringan aja, dan emang tekstur sambelnya agak lebih encer.
Tak hanya cocok dimakan sebagai cocolan gorengan, tapi bisa dimasak dengan berbagai olahan makanan.

Krupuk adalah makanan khas Indonesia. Selalu hadir di setiap waktu makan. Rasanya tak lengkap bila tanpa krupuk. Krupuk udang dari Finna ini praktis, tidak perlu dijemur dahulu, sudah siap goreng.
Rasanya renyah dan tidak berbau amis.

Menyantap pasta jawa sambal terasi finna ditemani kerupuk udang finna, rasanya luar biasa.
Lain dari yang lain, mungkin ini wujud akulturasi budaya.
Italia dan Indonesia bersatu dalam sepiring pasta.
Penasaran? Silahkan dicoba.



4 komentar:

  1. Pasta Jawa Sambal Terasi Finna ini bener-bener berasa lidah indonesia banget ya mba..

    Terimakasih Resepnya ya mba..

    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  2. Duhh sambel nya bikin ngiler..
    Tambah lagi klo ada pete nya..
    Nyummyyyy

    Tambah mak nyusss klo dicocolin disini
    http://www.misterransel.com/2017/07/olos-bola-bola-kangkung-mercon-so-good.html?m=1


    Thx for sharingnya kakak..

    BalasHapus
  3. Subhanallah. Perlu di coba ya. . . . terima kasih tulisan menginspirasi

    BalasHapus
  4. sueeeeeeerr bikin nagih sambal terasi dari fina. cocok banget buat temen setia ketika menyantap nasi.
    apalagi lidah indonesia itu gak bisa kalo gak ada sambel sama kerupuk wkwkwk

    BalasHapus

Semangat Kartini dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur

Bulan April, identik sebagai bulan Kartini. Bulan dimana kedudukan dan peran perempuan menjadi sorotan. Setiap tanggal 21 April, dip...