Jumat, 16 Maret 2018

Kudapan Sehat dan Praktis Ala Cheff Chacha


 

Stick Mozarela Ala Cheff Chacha


Chacha, sulung kami yang bulan depan berusia 5 tahun sangat suka memasak. Dia selalu ingin membantu ketika melihat saya sedang sibuk di dapur. Ketertarikannya memasak sudah di mulai sejak dia masih berumur tiga tahun. Memang awalnya saya sedikit takut jika dia ikut di dapur. Takut dia kena api kompor lah, takut kena pisau dan takut klo acara masak saya jadi lebih lama klo dia ikut serta, hahaha. 

Namun akhirnya saya sadar, sebagai orangtua saya bertugas untuk memfasilitasi minat anak. Maka saya mulai memberikan Chacha kesempatan untuk ikut serta di dapur. Mulai dari yang gampang-gampang dulu lah. Memetiki sayur yang akan dimasak, misalnya bayam, kangkung ataupun kacang panjang. Memintanya membantu memotong sosis, pentol dan kentang. Memberinya kesempatan membuat sarapannya sendiri, ya yang simple seperti membuat sandwich atau sereal. 
 
Cheesecake ala cheff Chacha
Tak hanya saya, ayahnya juga mengajarinya memasak. Chacha belajar baking dengan ayahnya. Maklum bundanya angkat tangan klo urusan baking, hihihi. Beberapa kue yang pernah dia buat dengan ayahnya antara lain brownies, cheesecake dan kue bolu. Nah klo sama saya biasanya Chacha bikin kudapan. Sudah beberapa kudapan yang kami buat bersama. Mulai dari veggie ball, setup kentang, bola-bola kentang, pudding cokelat dan stik mozarela. 

Brownies Ala Cheff Chacha


Sekarang saya akan membagi resep stik mozarela ala Chacha. Membuat stik mozarela ini gampang banget kok. Chacha bisa membuat sendiri tanpa bantuan saya. Saya hanya mengawasi dan membatu menggoreng. Ya, saya masih belum membiarkan Chacha menggoreng. Interaksinya dengan kompor hanya sebatas saat membuat pudding. Saya masih khawatir dia terkena minyak panas saat menggoreng.


Oke kembali lagi ke stik mozarela ya, berikut bahan-bahannya :
1.      Keju mozarela yang sudah berbentuk stik
2.      Tepung terigu
3.      Telur
4.      Tepung panir

 
bahan-bahan
Cara membuat :
1.      Balur keju mozarela dengan tepung terigu
2.      Masukkan ke kocokan telur

cheff Chacha in action


3.      Balur dengan tepung panir
4.      Lakukan hingga semua keju mozarela selesai di balur

diamkan di dalam freezer terlebih dahulu


5.      Masukkan ke dalam freezer selama 2 jam

Goreng


6.      Goreng dengan minyak panas

Mozarelanya nampol banget

Nah bagaimana? Gampang sekali kan. Biasanya saya buat sebanyak 500 gram keju mozarela. Biar isa jadi stok kudapan di rumah dan bekal sekolah Chacha. Kudapan ini tak hanya enak, tapi juga sehat karena buatan sendiri. Tertarik untuk mencoba?

3 komentar:

  1. Huaaa.. Kalau ini ya pasti enak. Pinternya Chacha dah bisa bikin aneka camilan��

    BalasHapus
  2. Ya ampun dek, kamu kayaknya lbh jago dari aku soal masak memasak :D. Jd pgn coba mba. Weekend mau cari stok mozarella deh.. Kako disuruh milih aku jg lbh seneng cemilan yg gurih2 drpd yg manis.

    BalasHapus

Keliling Jakarta Dua Hari, Tidak Cukup !!

Jakarta, kota yang cukup berarti buat saya. Merantau selama 1,5 tahun cukup membuat saya jatuh cinta dan merindu. Makanya se...