Jumat, 30 Maret 2018

Tips Praktis Menyediakan Menu Piring Gizi Seimbang







Memasak menjadi hal yang terpisahkan bagi setiap ibu. Tiada hari tanpa memasak. Namun terkadang memasak bisa menjadi hal yang membingungkan bagi seorang ibu. Ketika bangun pagi masih saja ada ibu yang bingung harus masak apa hari ini. Memasak menjadi dihindari karena banyaknya waktu dan tenaga yang dihabiskan untuk memasak setiap harinya.

Terkadang ada juga ibu lebih suka menyediakan makanan instan yang mudah diolah tanpa memperhatikan kandungan gizinya. Padahal asupan gizi dari setiap makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita.

Padahal ada juga lho makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang, namun mudah dan cepat diolah. Apa itu? Nasi Goreng Jawa Dinobites!. Nasi goreng adalah salah satu makanan popular di Indonesia. Nasi goreng mudah didapat, dari warung kaki lima hingga restoran. Bahkan nasi goreng menjadi menu andalan sarapan di rumah.

Nasi goreng adalah panganan yang sudah memiliki usia berabad. Kemunculan nasi goreng Nasi goreng ternyata sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, yakni sekitar tahun 4000 Sebelum Masehi. Nasi goreng adalah makanan tradisonal dari Cina.

Ide memasak nasi goreng dimulai dari kebiasaan warga Cina yang tidak suka dengan makanan yang sudah dingin. Oleh sebab itu, mereka mencoba untuk memasak kembali nasi yang sudah dingin. Agar lebih enak, mereka memasukkan bumbu-bumbu sewaktu memasaknya. Akhirnya nasi goreng menjadi makanan yang sangat lezat dan digemari.

Di Indonesia banyak sekali jenis dan ragam nasi goreng. Salah satunya adalah nasi goreng jawa. Nasi goreng Jawa ini berbeda dengan jenis nasi goreng Cina. Ada bumbu khusus yang diracik untuk menyajikan nasi goreng ini. Perpaduan aneka rempah dan udang.

Bagaimana membuat nasi goreng jawa yang cepat? Gampang, sediakan bumbunya terlebih dahulu. Saya selalu membuat bumbu-bumbu dasar terlebih dahulu untuk memudahkan proses memasak, salah satunya adalah bumbu nasi goreng Jawa. Kali ini saya akan membagi resep dan cara memasak bumbu nasi goreng Jawa.

Bumbu Nasi Goreng Jawa


Bahan-bahan ;
v  250 gr bawang merah
v  100 gr bawang putih
v  250 gr Udang segar (ukuran kecil)
v  3 batang bawang prei (iris kecil-kecil)

Cara membuat :
v  Haluskan smua bahan termasuk udang (sebelumnya goreng udang terlebih dahulu)
v  Tuang ke penggorengan,aduk-aduk sampai kandungan air berkurang
v  Setelah air berkurang,masukkan minyak goreng sampai bumbu terendam,aduk-aduk terus sampai bumbu Harum,terakhir masukkan daun bawang,aduk-aduk sebentar matikan api
v  Tunggu sampai uap panas hilang,masukkan ke tempat kedap udara lalu simpan di freezer

Dengan begitu, kapanpun ingin memasak nasi goreng Jawa, tinggal ambil saja bumbunya. Termasuk saat ingin memasak nasi goreng Jawa Dinobites ini. Langkah pertama, sediakan bahan-bahannya :

Bahan Nasi Goreng Jawa Dinobites


v  Nasi
v  Sawi
v  Telur
v  Mi basah
v  Bumbu nasi goreng jawa
v  Emping
v  Tomat
v  So Good Chicken Nugget Dinobites


Langkah kedua, adalah memasak semuah bahan tersebut. Caranya :
v  Goreng So Good Dinobites
v  Rebus telur
v  Tumis bumbu nasi goreng jawa, masukkan sawi , mi basah dan nasi
v  Aduk hingga semua bahan tercampur
v  Masak hingga matang
v  Sajikan di piring saji
v  Jangan lupa telur, So Good Dinobites, tomat dan emping

Saya memilih So Good Chicken Nugget Dinobites sebagai protein dalam  nasi goreng Jawa. So Good Chicken Nugget Dinobites hidangan kaya protein yang enak dan disukai anak-anak. Dengan bentuk dinosaurus yang lucu, membuat anak-anak menjadi berselera dan lahap saat makan. 


So Good Dinobites Pilhan Favorit Anak-Anak


Nikmatnya sajian So Good Chicken Nugget Dinobites, diolah  dari daging ayam pilihan,  dan dibalut dengan tepung roti yang renyah. Bahan yang tepat dalam menyajikan sajian gizi seimbang bagi keluarga.

Nasi Goreng Jawa Dinobites



Nasi Goreng Jawa Dinobites adalah contoh menu piring gizi seimbang yang mudah dan cepat disajikan. Apa itu gizi seimbang? Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal.

Berikut adalah prinsip menu gizi seimbang :
v     Sesuai kebutuhan gizi
Ketika menyusun menu perhatikan angka kecukupan gizi. Angka kecukupan gizi dihitung dari kebutuhan kalori sehari.
v     Proporsi zat gizi
Selain memperhatikan kebutuhan kalori, menu yang disusun harus memperhatikan proporsi zat gizi. Proporsi zat gizi bisa dilihat dari tumpeng gizi seimbang di bawah ini.

piramida gizi seimbang



Seporsi Nasi Goreng Jawa Dinobites sudah memenuhi porsi gizi seimbang menurut panduan So Good, sebagaimana diagram di bawah ini.


panduan gizi seimbang dari So Good


v  35 % bagian dari piring berupa karbohidrat, bisa berupa kentang, nasi, nasi merah, jagung, atau gandum.

v  35% Sayur yang beragam dengan tidak terlalu banyak melalui proses pengolahan, misalnya sayur bening, sayur sop, tumis, dll.

v  15% berupa buah-buahan, semakin beragam tentu lebih baik dan kaya dengan gizi. Pilihannya bisa disesuaikan dengan selera anak-anak atau keluarga. Misalanya buah naga, semangka, melon, pepaya, atau nanas.

v  15 % sisanya adalah protein. Ini bisa dilengkapi dengan olahan ikan laut, daging ayam, daging sapi, atau protein nabati.

Dalam satu porsi Nasi Goreng Jawa Dinobites mengandung karbohidrat yang berasal dari nasi dan mi basah, kebutuhan sayur juga terpenuhi dengan adanya sawi di dalamnya. Tomat tak hanya sebagai garnish, tetapi juga sebagai asupan buah. Protein hewani di Nasi Goreng Jawa Dinobites diwakili oleh telur dan So Good Dinobites. Sedangkan protein nabatinya diwakili oleh emping blinjo.

Nah bagaimana, ternyata menyediakan makanan dengan gizi seimbang itu tidak susah kan?. Pastikan selalu ada So Good dirumah, supaya kebutuhan protein keluarga terjamin. Seporsi Nasi Goreng Jawa Dinobites saat sarapan akan memberikan energi dalam melakukan aktivitas sepanjang hari. Selamat mencoba!.

3 komentar:

  1. Nasi goreng dan nugget so good kesukaan anak saya banget, sayurnya jg biasa tomat dan timun

    BalasHapus
  2. Hmm.. Looks yummy! ��

    BalasHapus
  3. wah saya baru tahu nih resep bumbu nasi gorengnya yang pakai udang. bisa dicoba kapan-kapan

    BalasHapus

Keliling Jakarta Dua Hari, Tidak Cukup !!

Jakarta, kota yang cukup berarti buat saya. Merantau selama 1,5 tahun cukup membuat saya jatuh cinta dan merindu. Makanya se...