Buka Inspirasi Sehatmu Disini, 7 Tips Sehat ala Ibu Rumah Tangga





Menjadi ibu rumah tangga adalah pilihan bagi sebagian besar perempuan. Ibu rumah tangga adalah profesi yang sangat penting namun sering dianggap sebelah mata. Tak seperti profesi lain yang punya jam kerja teratur, ibu rumah tangga bisa saja memiliki jam kerja selama 24 jam!.

Kesibukan ibu rumah tangga sangat beragam. Mulai menjadi koki yang bertugas menyajikan hidangan sehat bagi keluarganya, guru bagi anak-anaknya, perawat semua anggota keluarga hingga sopir antar jemput anak. Semua kesibukan itu terkadang membuat ibu rumah tangga lupa menjaga kesehatan tubuhnya sendiri. Tak jarang lupa makan bahkan kurang tidur. Padahal kesehatan ibu rumah tangga itu sangat penting bagi semua anggota keluarganya. Ibu rumah tangga adalah matahari keluarga. Apa jadinya bila matahari itu tidak bersinar? Gelap gulitalah seisi rumah.

Oleh karena itu, ibu rumah tangga harus selalu sehat. Simak tujuh tips sehat ala ibu rumah tangga berikut ini.

1. Menu Gizi Seimbang




Hal pertama untuk menjaga kesehatan adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Pastikan menu yang dikonsumsi memenuhi standar gizi seimbang. Gizi seimbang adalah menu jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal. Menu gizi seimbang terdiri dari karbohidrat, protein (hewani dan nabati), kacang-kacangan dan buah. Asupan yang benar akan membuat tubuh menjadi sehat.

2. Menjaga Kebersihan

Penting sekali bagi ibu rumah tangga untuk selalu menjaga kebersihan. Mulai dari mandi 2x sehari, menyikat gigi, mencuci tangan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan. Bila mampu menjaga kebersihan, pasti tidak ada penyakit yang datang.

3. Tidur Siang




Salah satu hal yang saya syukuri saat menjadi ibu rumah tangga adalah memiliki waktu untuk tidur siang. Tidur siang minimal selama 30 menit bisa me recharge tenaga dan konsentrasi. Hingga ibu bisa tetap bugar saat menjalani berbagai aktivitasnya.

4. Jaga Asupan Cairan

Terkadang dehidrasi dialami oleh sebagian besar ibu rumah tangga. Kesibukan pekerjaan rumah yang tak ada habisnya membuat ibu sering lupa minum. Sesibuk apapun pastikan tetap mengkonsumsi cairan sekitar 1,5 - 2 liter/hari. Dengan asupan cairan yang cukup, akan mempelancar peredaran darah dan fungsi ginjal.

5. Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi, yang disebut flavonoid. Sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Dengan rutin mengkonsumsi teh hijau, tubuh menjadi sehat. Kalau saya rutin minum teh hijau 2x sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

6. Be Happy




Ya, jadi ibu rumah tangga itu harus bahagia. Jalani setiap peran kita dengan hati yang lapang. Selalu tersenyum dan berpikir positif terhadap apa yang ada. Sabar terhadap setiap tingkah polah anak.

Dengan begitu kita akan terhindar dari stres. Banyak penelitian menyebutkan, stres bisa melemahkan imunglobin tubuh sehingga tubuh rentan terkena penyakit. So, be happy ya mom!

7. Olahraga Rutin

Last but not least, siapapun pasti tahu jika olahraga secara rutin akan membuat tubuh menjadi sehat. Nah ini yang kebanyakan jadi PR bagi ibu rumah tangga, termasuk saya. Terbatasnya waktu dan tenaga sering jadi alasan klasik untuk menghindari olahraga. 

Tapi itu dulu, sekarang saya sudah menyiapkan waktu untuk berolahraga. Solusinya adalah dengan berolahraga di rumah. Saya memutuskan membeli treadmill di Bukalapak. Bukalapak sebagai situs belanja terpercaya memberikan saya banyak kemudahan untuk memiliki alat olahraga di rumah. 





Caranya muda, terlebih dahulu saya mendaftarkan akun saya di Bukalapak. Lalu memilih kategori : olahraga. Pilih Exercise dan Fitness, lalu mengetik alat yang saya ingingkan.





Saya memilih produk dengan harga sesuai kemampuan. Juga melihat ongkos kirimnya (ongkir). Cari yang dekat biar murah di ongkir. Kalau ada cari juga yang freeongkir. 



Di Bukalapak ada kemudahan pembayaran. Bisa cash ataupun cicilan. Cicilannya pun bervariasi, mulai dari 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Bunganya pun 0%!. Terdapat 16 bank yang siap menyediakan cicilan. Membantu sekali bukan?.




Kita juga bisa melihat spesifikasi dan deskripsi produk yang kita inginkan. Pastikan spesifikasi dan deskripsi produk sudah sesuai dengan kebutuhan. 

Membeli alat olahraga semudah gengaman. Semua berkat Bukalapak. Sekarang tak ada lagi alasan malas berolahraga. Yuk mulai sehatmu sekarang. Cari inspirasi sehatmu di Bukalapak.
Buka Inspirasi Sehatmu Disini, 7 Tips Sehat ala Ibu Rumah Tangga Buka Inspirasi Sehatmu Disini, 7 Tips Sehat ala Ibu Rumah Tangga Reviewed by Dee_Arif on Agustus 27, 2018 Rating: 5

5 komentar:

  1. Senang ya sekarang sudah bisa belanja apapun via online. Bukalapak sangat membantu, banyak fiturnya... Buat investasi juga oke.

    BalasHapus
  2. Iya,, belanja hanya satu genggaman skrg

    BalasHapus
  3. Thx for reminding mba... 👍👍👍

    BalasHapus
  4. Hidup sehat dan tetap aktif itu sangat penting ya mba. Semangat dan sukses terus untuk mba Dian

    BalasHapus

Ngeblog karena Cinta

Kenapa menulis di blog? Jawabannya adalah karena cinta. Ya, semua karena cinta. Cinta apa? Ada tiga cinta yang membuat saya menulis d...

Diberdayakan oleh Blogger.