Wisata Bahari Lamongan, Sarana Rekreasi dan Edukasi Keluarga


Hari minggu kemarin team Omah Rame berkesempatan pergi ke Wisata Bahari Lamongan (WBL). WBL ini terlerak di Kecamtan Paciran, Lamongan.



* Tentang WBL *

Dulunya WBL ini dikenal dengan wisata Tanjung Kodok, sebuah wisata bahari yang terkenal di pesisir Jawa. Namun sejak tahun 2004, Tanjung Kodok dirubah menjadi WBL. Pengunjung tidak hanya menikmati wisata bahari, tapi juga berbagai arena permainan modern lainnya.



Setelah menempuh perjalanan selama dua jam, kami pun sampai di WBL. Setelah membayar tiket seharga Rp. 130.000, kami pun masuk. Oh ya, anak-anak yang tinggi badannya lebih dari 85 cm sudah harus membayar tiket ya. Kebetulan Aluna baru 83 cm, jadi kami hanya beli 3 tiket saja.

WBL didirikan diatas lahan seluas 11 hektar. Memiliki 61 jenis wahana yang bisa dinikmati. Mulai dari wahana edukasi hingga wahana yang  menicu adrenalin. Wahana yang ada di WBL bisa dinikmati oleh semua umur. Pastikan membaca ketentuan di setiap wahana ya, agar tak salah naik! Hehehe.

* Omah Rame Menikmati Berbagai Wahana WBL *


1. Rumah Kucing



Wahana pertama yang kami kunjungi adalah Rumah Kucing. Rumah Kucing menjadi wahana bagi pengunjung untuk belajar tentang kucing. Ada berbagai poster yang menjelaskan tentang dunia per kucing an.

Disini kami bisa melihat berbagai jenis kucing. Mulai dari kucing lokal hingga kucing import. Kucing-kucing ditempatkan dalam ruangan kaca. Di depan ruangan ditulis nama dan deskripsi singkat setiap kucing. Lucunya tiap ruangan di desain berbeda. Ada ruang makan, tempat tidur, sekolah bahkan pasar.


Selain kucing, disini juga ada hewan lainnya. Mulai dari Merak, Ragoon, Burung Elang, Burung Beo, hingga Burung Kakak Tua. Anak-anak betah disini. Ya, dunia binatang selalu menarik buat anak-anak.

2. Istana Bawah Laut



Istana Bawah Laut memiliki banyak permainan bagi anak-anak. Mulai dari kuda berputar, playground, helikopter berputa, sepeda air, bumber car dan lain sebagainya.


Disini juga ada Mini Train, yang bisa dinikmati oleh anak-anak dan dewasa. Naik kereta mini sambil melihat kolam bebek dan taman kelinci.




3. Istana Boneka




Istana Boneka terletak dalam wahana 1001 malam. Pengunjung bisa menikmati wahana ini dengan naik kereta yang berupa unta. Berkeliling melihat berbagai boneka sambil mendengarkan cerita Ali Baba. Awalnya anak-anak sedikit takut, karena suasana yang gelap dan boneka yang besar-besar. Tapi akhirnya mereka terbiasa, hehehe.





4. Galeri Kapal dan Kerang



Rute kami selanjutnya adalah Galeri Kapal dan Kerang. Disini kami bisa mengetahui berbagai jenis kapal. Berbagai miniatur kapal di pamerkan disini. Salah satunya, kapal legendaris Dewa Ruci.



Selain kapal, disini juga ditampilkan berbagai jenis kerang. Kerang dari berbagai ukuran ada disini. Anak-anak sangat excited melihat berbagai bentuk kerang yang indah. Disini juga ada ikan hiu putih kecil yang diawetkan.

5. 3 D Art Trick



Jalan-jalan tak lengkap tanpa foto. Di 3 D Art Trick ini, kamu bisa mendaparkan berbagai jenis foto yang instagramabel!. Foto-foto kamu tampak 3 D dan pastinya jadi luar biasa.



6. Planet Kaca



Mau mencoba hal seru dan menantang? Coba saja ke Planet Kaca. Disini kamu bisa menikmati serunya menjelajah ruangan yang dikilingi kaca. Seperti labirin, pastikan kamu tidak tersesar memilh jalan. Jangan lupa  hati-hati saat melangkah. Biar tidak terbentur kaca.



7. Rumah Bajak Laut

Rumah Bajak Laut adalah wahana yang berisi berbagai patung bajak laut. Disini pengunjung bisa melihat bagaimana kehidupan bajak laut. Mulai dari restoran bajak laut, tempat minum hingga penjara bajak laut.

Ruangan yang temaram ditambah patung yang bergerak dan bersuara, cukup membuat anak-anak sedikit bergidik. Tapi seru, kapan lagi bisa tahu tentang kehidupan bajak laut.

8. Kolam Renang



Berenang, menjadi tujuan akhir kami di WBL. Kolam renang di WBL sangat luas. Bisa untuk balita hingga dewasa. Di kolam renang juga terdapat banyak sarana permainan. Membuat anak-anak betah berlama-lama disini.

* Fasilitas Umum *

Guna mendukung kenyamanan pengunjung, di WBL disediakan berbagai jenis fasilitas umum. Ada banyak toilet yang  tersebar di setiap arena. Ada juga ruang menyusui, musola, klinik, ruang ganti, ATM hingga loker penitipan barang. Bila ingin menggunakan loker penitipan, siapkan uang 10 ribu untuk loker kecil, atau 20 ribu untuk lokee besar.

Kalau lapar tak perlu khawatir. Di WBL ada banyak penjual makanan. Mereka ada di taman hidangan. Disini kamu bisa memilih berbagai jenis makanan. Mulai dari yang khas Lamongan, seperti Soto dan Tahu Campur. Atau khas Jawa Timur lainnya ; Rawon, Rujak Cingur dan masih banyak lagi. Harga per porsi mulai dari 15 ribu hingga 25 ribu rupiah.

* Akses Ke WBL *

Jarak dari Surabaya ke WBL sekitar 70 km. Bisa ditempuh dengan motor ataupun mobil pribadi. Bila rombongan, naik bis pariwisata saja. Kendaraan umum juga ada. Dari Terminal Osowilangun Surabaya, kamu bisa naik bis Armada Sakti. Satu-satunya kendaraan umum yang akan mengantar kamu ke WBL. Tiketnya murah kok.


Menjelajah WBL selama lima jam memang tidak cukup. Belum puas menikmati semua wahana. Tapi yang penting anak-anak bahagia. Mereka bisa main dan belajar di WBL.


Wisata Bahari Lamongan, Sarana Rekreasi dan Edukasi Keluarga Wisata Bahari Lamongan, Sarana Rekreasi dan Edukasi Keluarga Reviewed by Dee_Arif on Agustus 05, 2018 Rating: 5

6 komentar:

  1. Asyikk seru banget..
    Terakhirnya berenang, abis cape ngejalanin aktivitas dilanjutkan berenang..
    Emg paling mantep dah tuh..

    BalasHapus
  2. Sudah lama nggak main di WBL, ada yang baru ya. 3 D Art Trick. Pasti anak-anak senang main-mainnya.

    BalasHapus
  3. Wah seruuu yaaa, ga jauh dari Surabaya pun.. bisa buat referensi nihhh

    BalasHapus
  4. Sampean dri lamongan mana buk, kok perjalana 2 jam ��

    BalasHapus
  5. Saya ke WBL ini tahun 2010. Kami nyetir dari Surabaya, perjalanannya ke Paciran ini sekitar 2 jam. Sangat senang!
    Menurut saya, WBL ini sama menyenangkannya dengan Dufan :)

    BalasHapus

Blogger, Profesi Impian?

Blogger, menjadi salah satu profesi pilihan bagi beberapa orang. Kendati saat ini posisinya sudah mulai digeser oleh para youtuber da...

Diberdayakan oleh Blogger.