Mencoba Rute Baru Suroboyo Bus






Suroboyo Bus yang diluncurkan pada 7 April 2018 lalu, menjadi ikon kebanggaan sendiri bagi arek Suroboyo. Bus ini adalah sebuah terobosan keren dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya. 



Bus merah yang tak kalah keren seperti yang yang ada di London, Inggris ini memiliki keunikan tersendiri. Tiket untuk naik bis ini berupa sampah plastik. Bisa dengan gelas plastik ataupun botol plastik bekas air minum kemasan. 




Tujuannya, supaya bisa menurangi jumlah sampah plastik. Sampah plastik yang ditukarkan untuk tiker bis ini sepanjutnya akan di setor ke bank sampah, sehingga sampah plastik menjadi lebih bermanfaat dan tidak mencemari lingkungan.




Hari kamis kemarin, saya mencoba naik Suroboyo Bus dengan rute baru. Ya, jika sebelumnya Suroboyo Bus hanya memiliki satu rute : Purabaya-Rajawali, kini ada dua rute. Rute Barat-Timur adalah rute terbaru yang dimiliki Suroboyo Bus.




Rute baru ini resmi diluncurkan pada 6 September 2018. Rute Barat-Timur ini dimulai dari Halte Unesa Lidah Kulon hingga Halte ITS. Rute baru ini melewati tiga kampus terbesar yang ada di Surabaya : Unair, Unesa dan ITS. Harapannya dengan rute ini para mahasiswa yang akan berangkat kuliah menjadi lebih terbantu.




Kamis kemarin saya ada keperluan di almamater tercinta, Unair. Menyumbangkan buku solo perdana saya ke Perpustakaan Univeesitas Airlangga. 



Maka saya memutuskan naik Suraboyo Bus. Saya naik dari terminal Purabaya. Saya punya kartu setor sampah Suroboyo Bus, dengan kartu ini bila ingin naik Suroboyo Bus tak perlu repot-repot bawa sampah plastik. 



Kamu bisa memiliki kartu ini dengan menukarkan sampah plastikmu di Terminal Purabaya dan Halte Rajawali. Satu stiker Suroboyo Bus bisa di dapat dengan menukarkan 3 botol plastik besar atau 5 botol plastik medium atau 10 gelas plastik. Tempel stiker di kartu, satu stiker bisa menjadi satu tiket perjalanan Suroboyo Bus. 




Sebenarnya saya sudah mendengar tentang rute baru ini. Namun untuk mendapatkan informasi yang jelas saya pun bertanya dengan admin instagram Suroboyo Bus. Adminnya ramah dan responsif. Saya mendapatkan info yang saya butuhkan dengan jelas. Jadi tenang saat memulai perjalanan saya. 



Saat naik bis, saya juga bertanya dengan helper bus. Bila saya ingin turun di Halte Unair, maka saya harus transit dimana. Helper memberikan informasi, bahwa saya turun di Halte RS Darmo untuk transit.



Disana saya menunggu Suroboyo Bus rute Barat-Timur. Bis nya ada tulisan Unesa-ITS. Saat akan turun, sopir bus menyarankan saya untuk instal aplikasi GoBis Suroboyo Bus. 



Dengan aplikasi tersebut saya bisa memantau posisi bus dan kapan bus akan sampai di halte dimana saya menunggu.




Aplikasi ini bisa di dapat di PlayStore. Aplikasi ini berisi informasi tentang rute perjalanan Suroboyo Bus.









Dimana posisi bus berada. Setelah menunggu 45 menit akhirnya bus datang. Saya pun naik. Menurut penjelasan helper, armada untuk rute baru ini hanya tersedia 3 armada. Rute yang dilalui juga sebagian besar ada rute-rute pusat kemacetan. Itulah yang menyebabkan kenapa bus ini datangnya lama.




Saya turun di Halte Unair, tepatnya ada di depan Inkubator Bisnis Universitas Airlangga yang terletak di Jalan Darmawangsa Surabaya.



Sayangnya belum ada bangunan haltenya. Hanya ada petunjuk pemberhentian bus. Mungkin karena ini rute baru, sehingga untuk kelengkapan halte-haltenya harus menunggu beberapa waktu lagi.

Tapi secara keseluruhan perjalanan saya kemarin sangat memuaskan. Melakukan perjalanan dari Terminal Purabaya hingga Universitas Airlangga (Unair) menjadi nyaman. Tak perlu kepanasan di jalan, karena dinginnya Suroboyo Bus. Oh ya Suroboyo Bus ini punya beberapa fasilitas penunjang kenyamanan penumpang. Fasilitas tersebut antara lain : 

1. Kursi Cantik dengan 3 Warna Berbeda.




Di Suroboyo Bus ini terdapat 3 warna kursi yang berbeda : warna merah untuk lansia dan disabilitas. Warna jingga untuk laki-laki dan warna merah muda untuk perempuan. Pemisahan tempat duduk antara perempuan dan laki-laki ini diharap bisa mencegah terjadinya pelecehan seksual.




2. Alaram Otomatis 

Di Suroboyo Bus ini ada tombol alarm otomatis. Bila keadaan darurat, penumpang bisa mememcet tombol ini, lalu pintu bus akan otomatis terbuka.

3. Alat APAR




Suroboyo Bus juga dilengkapi alat APAR. Ini untuk jaga-jaga bila terjadi kebakaran di dalam bus. 

4. CCTV




Naik Suroboyo Bus ini kamu akan merasa aman. Kamu akan terhindar dari berbagai bentuk kejahatan. Bus ini memiliki 12 CCTV yang tersebar diseluruh bagian bus. Jika barangmu ketinggalan, kamu masih bisa mendapatkannya dengan menghubungi kru Suroboyo Bus.

5. Glass Breaker




Ada sekitar empat buah glass breaker di bus ini. Dengan glass breaker, bila terdapat keadaan darurat, penumpang bisa memecahkan kaca.

6. Ramah Difabel




Suroboyo Bus juga bisa dinikmati oleh para difabel. Selain mendapatkan kursi khusus difabel, saat naik dan turun bus mereka juga tidak akan kesulitan.

7. Terhubung dengan Surabaya Intellegent Urban Transport System




Suroboyo Bus ini terhubung dengan Surabaya Intellegent Urban Transport System (SITS). SITS adalah Sistem Cerdas untuk mendukung manajemen transportasi dengan pemanfaatan teknologi (Informasi, Komunikasi, Sensor, Kontrol dan Komputerisasi) untuk membangun sistem informasi dan manajemen trasportasi secara otomatis. Dengan SITS, Suroboyo Bus akan terjamin kelancaran dan keselamatan lalu lintasnya.

8. Tempat Penukaran Sampah



Bila kamu tidak sempat menukarkan sampah plastik di Terminal Purabaya dan Halte Rajawali, kamu tetap bisa menukarkan saat di dalam bus. Tukarkan sejumlah sampah yang kamu butuhkan untuk tiket perjalananmu. Di dalam Surabaya Bus terdapat tempat penukaran sampah plastik. 

9. Pendingin Ruangan (AC)

Perjalananmu dengan Suroboyo Bus ini akan terasa sangat nyaman. Tak perlu takut kepanasan. Bus ini dilengkapi dengan AC dengan kekuatan maksimal. Perjalanan akan tetap dingin dan nyaman.

Suroboyo Bus ini adalah transportasi modern yang sangat cocok bagi warga perkotaan. Kedepannya saya berharap armada bus ini semakin bertambah. Rute-rutenya juga semakin banyak. Agar warga Surabaya bisa berubah. Melakukan mobilitasnya menggunakan transportasi umum. Dengan begitu kemacetan kota akan menemukan jalan keluarnya. Yuk naik Suroboyo Bus.

Referensi Foto : 

1. Dokumentasi Pribadi
2. Instagram Suroboyo Bus.



#SurabayaBus
#SurabayaBusFans
#DishubSurabaya

Mencoba Rute Baru Suroboyo Bus Mencoba Rute Baru Suroboyo Bus Reviewed by Dee_Arif on September 28, 2018 Rating: 5

6 komentar:

  1. wah saya juga menulis ttg SB ini di blog saya mba, sayangnya saya belom kesempatan menjajal yang bus tumpuknya heheheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga belum nyoba yg tumpuk..

      Kayaknya seru juga

      Hapus
  2. aku kmrn naik yang bus merahnya kak, penasaran sama yang bus tumpuk hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama,, yuk kapan2 naik bus tumpuknya

      Hapus
  3. Balasan
    1. Iya,, ini transportasi umum ternyaman d surabaya

      Hapus

Situs Streaming Film Yang Wajib Dikunjungi

Kesibukan kantor dan juga kesibukkan kampus yang tidak ada hentinya akan menyebabkan pikiran menjadi kusut. Sehingga dampaknya rasa sunt...

Diberdayakan oleh Blogger.