Ini Dia Lima Manfaat Sosial Media dalam Kehidupan, Nomer Lima Paling Banyak Dirasakan




Sosial Media, Sosial media siapa yang tak tahu tentang social media? Di era digital saat ini sosial media menjadi hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua kegiatan sehari-hari ditopang dengan sosial media. Mulai dari mencari informasi, hiburan, pendidikan, bisnis hingga cari jodoh pun bisa dilakukan di sosial media.

Pengertian Sosial Media

Apa sih pengertian dari sosial media? Sosial media disebut juga media online. Secara harfiah media sosial didefinisikan sebagai sebuah saluran atau sarana untuk pergaulan sosial yang dilakukan secara online melalui jaringan internet.

Ya, internetlah yang membuat keberadaan sosial media semakin berkembang. Sejak internet ditemukan pada 1969 di Amerika Serikat, internet terus berkembang pesat. Internet menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan setiap manusia. Sebagai seorang ibu, internet juga membantu saya menjalankan tugas-tugas keibuaan. Sebagaimana cerita yang saya tulis disini.

Internet membuat sosial media semakin lekat dalam kehidupan sehari-hari. Pengguna sosial media yang disebut user bisa saling berkomunikasi tanpa batasan jarak dan waktu. Mereka saling berkirim pesan, saling berbagai dan membangun networking melalui sosial media.

Macam-Macam Sosial Media




Perkembangan sosial media secara pesat dimulai dari kemunculan Friendster. Friendster menjadi sosial media pertama yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan berbagai orang di dunia. Friendster langsung menjadi primadona, hanya dalam waktu tiga bulan setelah peluncurannya penggunanya langsung mencapai tiga juta orang.

Setelah kemunculan Friendster, maka munculnya beberapa jenis sosial media lainnya. Sebuah situs yang bernama dreamgrow, telah merilis lima belas sosial media yang terpopuler di seluruh dunia. Facebook menempati peringkat pertama sebagai sosial media paling populer. Pengguna Facebook terus bertambah setiap bulannya, diperkirakan setiap bulan pengguna Facebook naik sebanyak 20 juta orang. Posisi kedua ditempati oleh Youtube. Youtube juga menjadi aplikasi favorit di keluarga kami.

Dampak Sosial Media

Dampak sosial media bagai pisau bermata dua. Ada dampak positif dan negatifnya. Beberapa manfaat positif sosial media adalah membangun jaringan, mencari informasi, berbagai refernsi dan bisnis. Kemudian, salah satu dampak negative dari sosial media yang akhir-akhir ini sangat meresahkan adalah adanya HOAX. HOAX (baca : hoks) adalah kabar, informasi atau berita palsu atau bohong. HOAX menjadi hal yang sangat berbahaya, bahkan bisa menghilangkan nyawa. Bagaimana cara mengatasi HOAX? Bisa dibaca disini ya.

Manfaat Sosial Media
Bagi saya sosial media sangat membantu kehidupam sehari-hari. Setidaknya ada lima manfaat sosial media bagi kehidupan saya.

1. Referensi

Sosial media menjadi sumber referensi yang menunjang peran sosial saya. Sebagai seorang ibu, saya menggunakan sosial media untuk menjalankan home education di rumah. Ya, rumah kami menjalankan home education berbasis digital.
Banyak sekali referensi tentang home education yang saya dapat dari sosial media. Referensi-referensi tersebut membantu saya dalam menyusun kurikulum dan perangkat pembelajaran home education di rumah.

2. Informasi

Sosial media menjadi sarana mencari informasi. Baik informasi parenting, kesehatan bahkan tentang situasi politik saat ini. Era digital merubah cara mencari informasi. Dari berbasis paper seperti Koran dan majalah menjadi digital.

3. Jejaring


Sosial media membantu saya membangun jaringan. Saya bisa terhubung dengan teman-teman lama ataupun mencari teman baru. Bersilaturahmi dengan berbagai kerabat yang jauh. Bahkan saya bisa bergabung dengan berbagai komunitas yang membantu saya menjadi seorang blogger professional.

4. Pekerjaan

Sosial media menjadi sebuah lahan pekerjaan bagi saya. Profesi baru saya sebagai seorang blogger bergantung dari aktivitas sosial media saya. Sosial media membuat saya mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah. Mengumpulkan dari sedikit demi sedikit, supaya jadi bukit.

5. Aktualisasi Diri

Ya, tak bisa dipungkiri sosial media juga menjadi ajang pamer atau bahasa kerennya aktualisasi diri. Sebagai seorang manusia biasa yang pasti punya hasrat narsisme dalam hatinya, terkadang saya sering memposting berbagai kegiatan sehari-hari. Mungkin bukan sekadar pamer sih, tapi mencoba saling berbagi. Saling bertukar pendapat tentang topic-topik tertentu. Atau mungkin, saya berharap postingan saya mampu memberi informasi bagi orang lain. Dan menurut saya, manfaat kelima inilah yang paling banyak dirasakan bagi pengguna sosial media. Menjadi ajang aktualisasi diri.


Nah inilah cerita singkat saya tentang manfaat sosial media dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan kita menggunakan sosial media secara bijak ya. Bagaimana denganmu? Apa manfaat yang kamu dapat dari bermain sosial media? Cerita yuk !.


#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge2018
#day5

Ini Dia Lima Manfaat Sosial Media dalam Kehidupan, Nomer Lima Paling Banyak Dirasakan Ini Dia Lima Manfaat Sosial Media dalam Kehidupan,  Nomer Lima Paling Banyak Dirasakan Reviewed by Dee_Arif on November 24, 2018 Rating: 5

3 komentar:

  1. Kurang lebih Sama, Mbak. Saya yang mencoba aktif ngeblog pastinya butuh medsos sebagai sarana membagikan link tulisan. Ambil sisi positif, buang Yang negatif :)

    BalasHapus
  2. aku ngak banyak punya medsos paling yang menunjak kehidupan dan kegiataan blog aja hehehe

    BalasHapus
  3. bagi saya, no 3 menjalin jejaring adalah yang utama. terlebih dengan blog dan didukung sosmed yg lain, saya tahu banyak tentang orang-orang yang hebat.

    BalasHapus

Mau Sukses Melakukan Food Preparation? Ini Caranya!

Food Preparation,. Food Preparation atau yang lebih akrab disebut foodprep adalah gaya hidup kekinian yang dilakukan oleh para mama ...

Diberdayakan oleh Blogger.