Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Pentingnya Menerapkan Pola Pendidikan Berbasis Fitrah Pada Anak Usia Dini



Setiap anak terlahir dalam keadaan fitrah. Pendidikan berbasis fitrah (FBE) pada dasarnya adalah mendidik anak sesuai dengan fitrah yang dimiliki. Sehingga sejatinya tugas orangtua dalam mendidik anak sangatlah sederhana, yaitu memelihara fitrah anak. Apa itu fitrah? Fitrah adalah apa yang menjadi kejadian atau bawaan manusia sejak lahir. Pengertian fitrah secara sistematik berhubungan dengan hal penciptaan (bawaan) sesuatu sebagai bagian dari potensi yang dimiliki. Ada empat fitrah utama yang diperhatikan dalam penerapan FBE, yaitu fitrah keimanan, fitrah belajar, fitrah bakat dan fitrah seksualitas.
Fitrah Keimanan
Fitrah keimanan meliputi fitrah beragama, fitrah bertuhan, fitrah kesucian, fitrah “malu”, fitrah “harga diri”, fitrah spiritual, fitrah berakhlak dan fitrah moral. Masa keemasan fitrah ini adalah pada usia 0-7 tahun. Pada usia tersebut anak berada pada masa dimana imajinasi dan abstraksi berada pada puncaknya, alam bawah sadar masih terbuka lebar , sehingga imaji tentang Allah, tentang Rasulullah, tentang kebajikan mudah dibangkitkan pada usia ini. Tetapi tidak menggunakan metode doktrinisasi, melainkan melalui kisah inspiratif tentang  gairah kemuliaan budi pekerti, semangat kepahlawan maupun rasa persaudaraan sesama manusia.
Fitrah Belajar
Setiap anak adalah pembelajar tangguh dan hebat. Usia emas fitrah belajar berada pada usia 7-12 tahun. Usia 7-12 tahun secara perkembangan anak berada pada masa dimana otak kanan dan otak kiri sudah tumbuh seimbang, ego sentris telah berkembang menuju sosiosentris sehingga mulai terbuka pada eksplorasi dunia luar. Perkembangan indera sensori sudah tumbuh dengan sempurna.
Fitrah Bakat
Setiap anak adalah unik, mereka memiliki sifat bawaan masing-masing. Sifat bawaan yang unik ini berkaitan dengan keperibadian karena sifatnya melekat dan menjadi karakter kinerja. Kepribadian yang produktif inilah yang disebut dengan bakat. Fitrah bakat mencapai puncak keemasan pada usia 10-14 tahun. Secara fitrah perkembangan usia 10-14 tahun anak berada pada masa menjelang dewasa.

Fitrah Seksualitas
Fitrah seksualitas adalah bagaimana seseorang berpikir, merasa dan bersikap sesuai dengan fitrahnya sebagai lelaki sejati atau sebagai perempuan sejati. Pendidikan fitrah seksualitas tentu berbeda dengan pendidikan seks. Tujuan pendidikan fitrah seksualitas ini adalah membuat anak mengetahui identitas seksualnya, anak mampu berperan sesuai dengan identitasnya dan membuat anak mampu melindungi dirinya dari kejahatan seksual.
Penerapan FBE Pada Usia Pra Latih (0-6 Tahun)
v  Fitrah Keimanan
Membangkitkan kesadaran Allah sebagai Rabb melalui keteladanan, kisah inspiratif dan menciptakan imaji yang positif atau kecintaan terhadap diri, Allah, ibadah dan agama.
v  Fitrah Belajar
Membangkitkan semangat belajar melalui bahasa ibu (sempurna ekspresi), belajar di alam, belajar bersama ayah dan bunda, membangkitkan imaji positif tentang alam dan kehidupan, serta melakukan eksperimen di alam.
v  Fitrah Bakat
Mengembangkan kesadaran bakat lewat penghargaan sifat unik (positif) dan tidak membenturkannya dengan adab.
v  Fitrah Seksualitas
Menciptakan kelekatan sesuai dengan tahap perkembangan usia :
1.      Usia 0-2 Tahun anak didekatkan dengan ibunya, sebab berkaitan dengan proses menyusui.
2.      Usia 3-6 Tahun didekatkan kepada ayah dan bundanya.
3.      Usia 3 Tahun harus jelas bagaimana bersikap, berbicara, dan merasa sesuai fitrah seksualnya. Dimulai dari hal yang sederhana, seperti pakaian dan toilet training.

Dengan pola pendidikan berbasis fitrah, anak dapat berkembang sesuai dengan fitrahnya, dan pada akhirnya akan meraih kesuksesan melakukan setiap peran yang dimilikinya.
Disusun Oleh :
Dian Kusumawardani, S.Sos
Koordinator  Online Institut Ibu Profesional Surabaya