SCRIPT ANTI M1 BL Peluang Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga Bersama Ralali - Dee Stories

Peluang Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga Bersama Ralali









Ketika Ibu Kembali Pulang






Bagi Dita ini adalah tahun keduanya menjadi ibu rumah tangga. Fulltime mom! Memulai aktivitas dari pukul empat pagi hingga sepuluh malam. Mengerjakan semua pekerjaan domestik. Mengasuh buah hatinya yang masih balita. Serta siap sedia melayani semua kebutuhan suami di rumah. Terkadang, ia merindukan saat-saat dimana dia mengajar di sekolah dasar. Setiap pagi disambut gembira dengan murid-muridnya.


Lain halnya dengan Ratih. Meski sama-sama resign dari kantor, Ratih tetap memiliki pekerjaan yang bisa dia lakukan di rumah. Ratih tak lagi harus keluar ke tempat praktek. Dia membuka praktek sendiri di rumahnya. Pagi hingga sorenya dihabiskan untuk mengerjakan semua pekerjaan domestiknya. Lalu di malam hari, dia lakukan perannya sebagai seorang dokter gigi.


Kedua ilustrasi diatas merupakan gambaran fenomena yang ada saat ini. Ketika seorang ibu kembali pulang ke rumah alias resign, maka para ibu ini akan dihadapkan pada pilihan-pilihan baru. Menjadi seorang fulltime mom atau tetap bekerja di dalam rumah.



Setelah Resign, Lalu Apa?

Tidak ada tebu yang manis di kedua sisinya. Mungkin ini bisa menjadi gambaran bahwa tidak mudah menjalani dua peran ganda sekaligus. Tak banyak ibu yang punya karir cemerlang yang juga sukses dalam mengurus rumah tangga.

Banyak ibu yang setiap pagi harus dihantui rasa bersalah. Melihat anak yang selalu menangis saat ditinggal kerja. Atau ada ibu yang tak ingin melewatkan setiap detik perkembangan anaknya. Ada juga yang tak memiliki support system, sehingga tidak ada yang bisa dititipi untuk mengasuh anak. Maka resign menjadi sebuah pilihan yang harus diambil.

Menjalani perubahan status dan peran pasca resign memang tidak mudah. Bila tak direncanakan secara matang dan tak ada dukungan dari orang terdekat, maka tak mungkin ibu akan mengalami masalah baru. Post power syndrom, ya perubahan dari working mom menjadi fulltime mom memang sangat mencolok. Sehingga diperlukan waktu penyesuaian yang mungkin tidak sebentar.

Menjadi seorang mompreneur adalah pilihan yang dilakukan bagi kebanyakan ibu yang memutuskan resign. Ibu rumah tangga yang berbisnis adalah jembatan penyesuaian agar setelah resign tak menimbulkan masalah baru. Dengan berbisnis di rumah, ibu bisa mengasuh anaknya tanpa harus kehilangan pendapatannya.

Memulai Bisnis Rumahan

Saat memutuskan untuk berbisnis, maka yang pertama kali dipikirkan adalah mau bisnis apa. Bagi ibu rumah tangga yang belum punya pengalaman berbisnis tentu akan kesulitan dalam menentukan pilihan bisnisnya. Ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan dalam memilih bisnis rumahan bagi ibu rumah tangga :

1. Pilih yang modalnya kecil

Di tahap awal, baiknya berbinis dengan modal kecil. Buat bisnis dengan modal kisaran 2-10 juta. Minimnya modal akan membuat kita meminimalisir resiko. Bukannya apa-apa, tanpa skill dan pengalaman yang mumpuni tentu resiko gagalnya lebih besar.

2. Pilih yang mudah dilakukan

Pastikan bisnis rumahan yang dikelola adalah bisnis yang mudah dilakukan. Sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

3. Pilih yang memiliki target pasar jelas

Buat bisnis rumahan yang punya target pasar. Khusunya pasar yang mudah dijangkau. Bisa dimulai dari lingkungan terdekat. Apa yang menjadi selera masyarakat sekitar.

4. Pilih yang sesuai passion

Tak hanya kemampuan, kemauan dalam berbinis juga penting. Bila memiliki bisnis yang sesuai dengan passion, maka dalam menjalankan bisnis akan terasa mudah dan menyenangkan.


Tiga Peluang Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga

Ada tiga peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga.

1. Usaha Jasa





Bidang jasa juga memiliki omset besar lho. Jasa-jasa yang saat ini menarik untuk dijual adalah jasa laundry, jasa pembayaran tagihan, jasa menulis artikel atau mungkin jasa bimbingan belajar.

2. Usaha Kuliner

Ada yang bilang usaha kuliner itu nggak ada matinya. Kuliner itu akan selalu dijual. Bukankah makan adalah kebutuhan pokok manusia sampai kapanpun. Maka ibu bisa memulai membuka usaha kuliner. Mulai dari membuka catering, membuat kue kering atau menghasilkan aneka kudapan anak. Usaha kuliner ini tak jauh-jauh dari peran ibu sehari-hari, memasak !

3. Usaha Toko Online

Toko online masih menjadi primadona pilihan bisnis rumahan bagi ibu rumah tangga. Di era digital ini, belanja online menjadi sebuah kebutuhan. Maka toko online menjadi peluang bisnis yang selalu menjanjikan setiap tahunnya.


Ralali




Setelah memutuskan bisnis rumahan apa yang ingin dilakukan, pastikan ibu memilih partner bisnis yang mendukung. Contohnya adalah Ralali.com. Ralali.com adalah platform belanja kebutuhan bisnis perfama di Indonesia. Ralali menghubungkan jutaan vendor dan UMKM sehingga mereka bisa memulai dan mengembangkan bisnisnya.

Ralali adalah B2B (Bussiness to Bussiness) yang didirikan pada tahun 2013. Ralali adalah pusat grosir bisnis online terbesar di Indonesia. Banyak kategori bisnis yang bisa ditemukan di Ralali. Mulai dari HoReCa (Hotel, Restaurant & Cafe), produk MRO ( Maintenance, Repaur and Operation), dan lainnya.




B2B artinya di Ralali bisa menghubungkan pembeli baik individu maupun korpirasi dalan menemukan berbagai produk keperluan bisnis dan perusahaan dari ratusan supplier ternama yang terpercaya. Misalnya, jika ingin membuka usaha laundry , ibu bisa mencari aneka perlengkapannya di Ralali. Salah satunya mesin cuci, di Ralali bisa dapat harga grosir lho.




Tiga Alasan Mengapa Harus Berbisnis di Ralali

Di era digital ini, perkembangan bisnis marketplace begitu pesat. Ada banyak marketplace yang ada di pasaran. Namun kenapa harus berbinis dengan Ralali? Apa kelebihan Ralali dibandingkan marketplace lainnya? Setidaknya ada tiga alasan mengapa harus melilih berbinis di Ralali.




1. Credible

Ralali telah di percaya sebagai B2B Marketplace terbesar di Indonesia dan membukukab pendanaan dari investor terkemuka di Asia. Ralali juga di gawangi oleh tim yang berpengalaman di bidangnya. Misalnya, CEO Ralali telah memenangkan penghargaan Top Leaders dalam Linkedin Power Profiles 2018 Indonesia Award.

2. Reliable

Dengan teknologi Ralali.com yang modern, berbelanja kebutuhan bisnis menjadi lebih cepat, aman dan transparan.

3. Relationship

Ralali adalah partner terdekat anda dalam berbisnis. Ralali menduduku dan membantu para pebisnis di Indonesia untuk tumbuh berkembang seiring dengan berjalannya waktu.


Cara Berbisnis di Ralali

Bila ibu ingin berbinis toko online, bisa lho buka "toko" di Ralali. Syarat menjadi penjual di Ralali ini mudah kok. Ibu tinggal mengisi form pendaftaran sebagai penjual. 





Banyak keuntungan yang di dapat dengan berjualan di Ralali.



💠 B2B Marketplace Terbesar di Indonesia

Ralali adalah B2B marketplace terbesar di Indonesia dengan lebih dari 15.000 pembeli aktif yang terdirk dari korporasi dan pelaku usaha dengan pembelian yang tinggi. Dengan begitu, toko online yang ibu buat tidak akan sulit untuk mencari pembeli.

💠 Program Pembinaan Gratis

Memulai bisnis adalah hal yang tidak mudah. Apalagi bagi ibu rumah tangga yang baru saja resign. Minimnya skill dan pengalaman bisnis, terkadang menjadi hambatan bagi ibu rumah tangga untuk mengembangkan bisnisnya.
Tapi tak perlu khawatir, di Ralali ada program pembinaan gratis. Melalui program ini ibu akan mebdapatkan bimbingan serta edukasi dari para trainer bisnis yang berpengalaman.

💠 Promosi Secara Online Maupun Offline

Promosi adalah kunci kesuksesan dalam mengembangkan bisnis toko online. Ralali akan membatu promosi toko online ibu melalui setiap kampanye pemasaran yang dilakukan. Baik secara online (situs ralali.com, email, media sosial, portal berita ralali) maupun offline (pameran, pesta rakyat, penempatan iklan di lokasi strategis). Wah dengan begitu, ibu akan semakin terbantu. Tak harus bekerja sendiri untuk melakukan promosi.

💠 Jaminan Keamana Bertransaksi

Tak perlu khawatir dengan keamanan bertransaksi di Ralali. Disini penjual bisa mendapatkan kepercayaan calon pembeli melalui aktivitas rekebing bersama (escrow) yang mampu memudahkab setiap pembayaran serta menjamin keamanan dana.

💠 Jangkauan Nasional

Toko online yang di daftarkan di Ralali akan mampu menjabgkau pelanggan secara nasiobal. Ralali akan memastikan toko online ibu mampu melayanu jutaan pelanggan dari seluruh pelosok Indonesia melalui beragan jasa pengiriman terpercaya.

💠 Laporan Transaksi Penjualan

Di Ralali, ibu akan bisa memantau performa dan data transaksi toko online secara rinci mrlalui laporan penjualan yang komprehensif.






Nah bagaimana? Apakah ibu sudah tahu akan melakukan apa setelah resig? Apakah siap memulai bisnis rumahan? Pastikan memilih Ralali sebagai patner berbisnis ya bu.
Stay at home and earn money.

42 komentar

  1. Wah... Boleh dicoba nih Ralali kebetulan saya punya toko. Thanks infonya mbak

    BalasHapus
  2. Saya bukan emak2 tapi pengen ikut deh

    BalasHapus
  3. wah keren nih ralali. Boleh dicoba ya

    BalasHapus
  4. Waah jadi lebih tahu tentang Rarali. Kemarin -kemarin ngerti kalau market place tapi baru tau lebih detail sekarang. Thanks infonya Mbak.

    BalasHapus
  5. Keren akh. Sukses terus ya Bu

    BalasHapus
  6. Sedang mikir mikir, enaknya bisnis apaan.. Sukses mbak!

    BalasHapus
  7. Banyak pilihan untuk bernisnis ya.. dan memang gak harus dengan modal besar ya. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Untuk pemula bisa mulai dari modal kecil dulu

      Hapus
  8. aku penasaran nih sama Ralali, kepo aaah, bener banget nih, aku sempet bingung mau ngapain pas tahun 2017 lalu resign dari kantor, sempet usaha jualan earring juga sampe akhirnya memutuskan untuk jadi blogger sepernuhnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bisa lho mulai lagi bisnis di Ralali

      Hapus
    2. Infonya bagus banget nih mbak, pas juga buat aku yang memutuskan berhenti bekerja. Sempet bingung mau ngapain, tapi sekarang ada Ralali ya. Jadi ide bisnis banget.

      Hapus
  9. Ibu RT juga bisa profesional karena RALALI yaaa
    --kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  10. Wah Ralali sangat membantu sekali ya mbak buat cari-cari kebutuhan usaha. #2019BukaUsaha

    BalasHapus
  11. Info yang menarik sekali.

    www.kidalnarsis.com

    BalasHapus
  12. Gampang bgt skrg klo mau mulai usaha yah kak, untung saja ada B2B marketplace spt Ralali yg dpt mendukung usaha kita :)

    BalasHapus
  13. Banyak yang rekomendasi ralali mbak. Jadi pengen coba juga.

    BalasHapus
  14. Ibu rumah tangga sekarang keren-keren, semakin berdaya dengan berbisnis dari rumah

    BalasHapus
  15. Wah, ralali paket komplit ya mb... Lengkap, ada program pembinaannya pula. Sip lah. .mksh infonya..

    BalasHapus
  16. Saya juga kalau cari usaha ya yang butuh modal terbatas. Sekarang apa aja bisa dijual online karena murah ga butuh sewa toko. Keren ya ada Ralali bisa mempermudah pengadaan barang sekaligus jual barang dengan gampang. Moga lancar ya usahanya Mbak.

    BalasHapus
  17. baru tau ada ralali ini mbak. tapi boleh uga nih dicoba. nice info banget mba diaaan :)

    BalasHapus
  18. Meskipun belum menikah... nantinya aku pengen banget bisa mengurus anak dan suami sendiri alias sepenuhnya di rumah. Namun karena sudah terbiasa bekerja dan ta'biatnya suka kerja, pasti nggak bisa diem aja di rumah. Bisnis bisa jadi satu solusi bagi ibu rumah tangga ya mba. makasih banget pencerahannya. Semoga berkah dunia akhirat. Jazakillah khair...

    BalasHapus
  19. Lagi kepikiran bisnis olahan barang bekas yg dibuat kerajinan, kira2 di Ralali Uda ada yg demikian gak za

    BalasHapus
  20. Dengan adanya Ralali ini, marketpalce di Indonesia nambah lagi za

    BalasHapus
  21. Setuju mbak. Pilih yg sesuai passion. Krn itu modal utama buat kita utk terus semangat menjalankan bisnis. Thank tulisan cantiknya mbak ❤️

    BalasHapus
  22. Ralali keren nih. Pasti banyak entrepreneur yang terbantu Ralali

    BalasHapus
  23. Makin banyak cara buat kita ya.. makasii sharingnya kaak

    BalasHapus
  24. Saya dulunya bekerja mba kemudian setelah nikah resign memang membutuhkan waktu untuk adaptasi selain itu kadang masih suka kangen kerja hehehe, untuk sekarang ngeblog jadi gak begitu bosen

    BalasHapus