Lima Destinasi Wisata Jakarta Ini, Tak Hanya Menyenangkan Bagi Anak-Anak, Tetapi Juga Menjadi Sarana Belajar

Sumber Gambar : https://www.jakarta-tourism.go.id



Wisata Jakarta - Jakarta, apa yang ada di benak kita tentang ibukota Indonesia ini. Macet, banjir, padat, ramai, dan lain sebagainya. Ditengah hingar bingar suasana ibukota, Jakarta memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Maka salah satu resolusi saya di tahun 2019 adalah liburan keluarga ke Jakarta!


Liburan Keluarga




Liburan keluarga menjadi agenda wajib bagi kami. Minimal dua kali setahun kami melakukan liburan keluarga jarak jauh. Bila awal tahun 2019 kami sudah pergi ke Bandung, maka di akhir tahun kami ingin liburan ke Jakarta.

Manfaat Liburan Keluarga


Tahukah kamu, liburan keluarga itu punya banyak manfaat lho. Beberapa manfaat liburan keluarga antara lain :

1. Menghilangkan Stres

Liburan keluarga adalah sarana refreshing dari penatnya aktivitas sehari-hari. Liburan keluarga akan menghilangkan stres.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Selain bisa menghilangkan stres, liburan keluarga juga baik untuk kesehatan jantung lho. Framingham Heart Study menunjukkan bahwa perempuan yang mengambil setidaknya delapan kali berpergian saat liburan dalam dua tahun sekali makan dapat menutunkan risiko jantung koroner.

3. Meningkatkan Bonding

Berlibur bersama keluarga akan membuat hubungan keluarga menjadi lebih harmonis. Profesor Manajemen Perhotelan da Pariwisata di Purdue University, Xinran Lehto dan peneliti Purdue lain telah melaporkan tentang dampak positif dari berlibur terhadap keluarga.

Bonding atau kedekatan antar anggota keluarga dapat terjalin lebih baik sepulang dari berpergian saat liburan.

4. Sarana Belajar

Bagi anak-anak, liburan keluarga menjadi salah satu sarana belajar. Mengunjungi tempat-tempat baru akan menambah pengetahuan anak-anak. Tak sekadar menghibur, tapi juga jadi sarana belajar.

5. Sumber Inspirasi

Bagi saya yang seorang blogger, liburan keluarga bisa menjadi sumber inspirasi. Cerita saat liburan bisa menjadi bahan tulisan di blog.

Persiapan Liburan Keluarga


Bagi saya liburan keluarga itu harus dipersiapkan secara matang lho. Rencana liburan sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Apalagi bepergian dua anak yang masih kecil-kecil, pastinya lebih banyak printilan yang harus disiapkan 😉

Beberpa hal yang harus dipersiapkan sebelum liburan antara lain :

1. Tiket, memesan tiket harus dilakukan jauh-jauh hari. Apalagi saat high season. Jangan sampai batal liburan karena nggak dapat tiket. Sedih maksimal itu 😅😅😅

2. Mencari tempat menginap, tentunya saya memilih menginap di tempat yang strategis dan juga nyaman untuk anak-anak.

3. Menentukan destinasi wisata, ini penting. Supaya perjalanan liburan menjadi lebih terarah. Tak perlu bingung kemana harus menuju.

4. List barang yang harus dibawa, tak hanya baju tetapi juga obat-obatan. Jangan lupa bekal makanan saat perjalanan juga.

Lima Destinasi Wisata


Akhir tahun 2019, kami berencana berlibur ke Jakarta. Ada lima tempat yang ingin kami kunjungi.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Sumber Gambar : www.tempatwisataseru.com


Siapa yang tak tahu TMII, tempat wisata sejak zaman order baru ini masih menjadi destinasi wisata favorit di Jakarta. Di TMII tak sekadar wisata, tetapi juga sarana belajar. Banyak hal yang bisa dipelajari dengan mengunjungi TMII.

Sumber Gambar : www.tamanmini.com



Ada anjungan daerah, disini kita bisa belajar tentang budaya Indonesia. Berbagai rumah adat suku-suku di Indonesia ada disini. Didalamnya digunakan sebagai tempat pameran dan peragaan berbagai benda sejarah, pakaian adat, peralatan kesenian, hasil kerajinan, dan benda-benda budaya lain.

Di TMII terdapat 19 museum. Dengan mengunjungi museum-museum tersebut bisa mempelajari sejarah bangsa di masa lalu. Ingat, proklamator kita pernah berpesan : JASMERAH , jangan sekali-sekali melupakan sejarah!


Sumber Gambar : www.tamanmini.com



Dan masih banyak lagi yang bisa dilihat di TMII, seperti Istana Anak-anak, Teater IMAX Keong Mas, Jagat Antariksa Sky World. Semuanya bisa menjadi edutrip yang tak terlupakan bagi anak-anak.

2. Sea World Ancol

Sumber Gambar : www.blogreddoorz.com


Sea World Ancol adalah destinasi kedua yang ingin kami kunjungi. Di Sea World anak-anak bisa belajar tentang biota laut. Oh ya Sea World ini tak hanya sebagai tempat wisata saja lho. Tetapi juga sebagai sarana edukasi dan konservasi biota laut.


Sumber Gambar : www.blogreddoorz.com



Di Sea World Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil.


Sumber Gambar : www.blogreddoorz.com



Selain bisa melihat bermacam-macam biota laut, disini juga bisa menyentuh biota laut secara langsung, melalui wahana kolam sentuh. Atau bagi yang sudah memiliki sertifikat menyelam, bisa merasakan serunya berenang bareng hiu. Di Sea World terdapat 19 wahana yang akan memuaskan pengetahuan pengunjung tentang biota laut.

3. Kidzania


Sumber Gambar : www.wisatania.com


Kidzania ini adalah edutaiment park yang wajib dikunjungi oleh anak-anak. Di Kidzania ini anak-anak bisa bermain sambil beajar tentang berbagai jenis profesi. Ada 63 jenis profesi yang bisa dicoba disini. Mulai dari dokter, pemadam kebakaran, koki dan lain sebagainya.

Sumber Gambar : www.wisatasekolah.com


Berkunjung ke Kidzania ini akan memberikan referensi bagi anak-anak untuk memilih cita-citanya. Kidzania  ini terletak di lantai teratas mall Pacific Place Jakarta Pusat.

4. Setu Babakan


Sumber Gambar : www.jakarta.go.id



Ke Jakarta tanpa merasakan suasana khas Betawi tentu tidaklah lengkap. Betawi adalah penduduk asli kota Jakarta. Datang ke Setu Babakan akan membuat kita bisa merasakan suasana perkampungan khas Betawi.

Setu Babakan sejatinya adalah danau buatan yang berlokasi di wilayah Jagakarsa Jakarta Selatan. Namun sejak 2004, kawasan ini diresmikan sebagai kampung Betawi. Disini bisa belajar budaya Betawi. Mulai dari seni pertujukannya, antara lain Lenong, Ondel-Ondel dan Tanjidor. Juga bisa mencicipi lezatnya kuliner khas Betawi ; karedok, kerak telor, laksa, toge goreng dan lain sebagainya. Duh bikin ngiler saja 😋😋😋

5. Kota Tua Jakarta


Sumber Gambar : www.thejakartapost.com



Kawasan Kota Tua Jakarta ini terdapat di wilayah Jakarta Pusat. Disini terdapat berbagai landmark historis. Mulai dari Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Toko Merah.

Selain itu disini juga terdapat cafe yang sangat terkenal. Namanya Batavia Cafe. Setelah puas berkelililing kawasan Kota Tua, maka saatnya mencicipi kuliner khas Betawi di Batavia Cafe.

Menginap di RedDoorz


Setelah memilih destinasi wisata, maka hal yang harus kami lakukan adalah mencari tempat menginap. Dan disetiap perjalanan travelling, kami selalu mempercayakan RedDoorz sebagai tempat menginap.

Mengapa RedDoorz? Ada tiga alasan mengapa kami selalu memilih Reddorz.

1. Reservasi Mudah

Mencari tempat menginap di RedDorz ini mudah dan anti ribet. Kita bisa memilih tempat menginap sesuai pilihan. Mulai dari sisi lokasi hingga harga yang pas di dompet 😁. Selain itu pembayarannnya juga gampang. Bisa bayar di tempat juga.

2. Harga Terjangkau

RedDoorz menawarkan banyak tempat menginap dengan harga terjangkau. Dengan begitu, budget liburan terasa lebih ringan.

3. 6 Guarantee Service

RedDoorz memiliki 6 guarantee service yang sangat memuaskan. Antara lain ; linen bersih, kamar mandi bersih, perlengkapan mandi, televisi, air mineral dan wifi gratis. Paket komplit kan !


Sumber Gambar : https://www.booking.com/hotel/id/reddoorz-setiabudi-8.id.html


Rencananya saat ke Jakarta kami akan menginap di RedDoorz Plus @ Setiabudi Eight. Lokasinya sangat strategi, ditengah-tengah kelima destinasi wisata yang kami kunjungi. Selain itu juga dekat dengan sarana trasnportasi umum. Ada stasiun kereta api Sudirman dan halte busway Dukuh Atas. Ini akan mempermudah perjalanan wisata kami.

Nah itu tadi lima destinasi wisata di Jakarta yang ingin kami kunjungi. Kelimanya tak hanya menjadi wisata yang menghibur, tetapi juga sebagai sarana belajar. Semoga resolusi wisata 2019 kami bisa terwujud!. Doakan ya. Amin 😊.




39 komentar

  1. Informasi yang lengkap....salam kenal mba

    BalasHapus
  2. Padahal saya tinggal dekat Jakarta tapi belum semuanya sempat saya sambangi. Semoga bisa terkunjungi semua.

    BalasHapus
  3. Baru tau Setu Babakan. Dari semuanya cuma ke situ yang belum pernah

    BalasHapus
  4. Penasaran dengan situ babakan.
    Tempat lainnya sudah pernah dikunjungi

    salam,
    kidalnarsis.com

    BalasHapus
  5. Hm....jadi pengen ke Kota Tua.

    BalasHapus
  6. penasaran sama situ babakan
    kalau yang lain udah pernah ke sana

    BalasHapus
  7. Sama..saya juga penasaran pengen tau sama setu babakan alias kampung betawi..menarik kayaknya

    BalasHapus
  8. jakarta banyak tempat wisata
    tapi yg ada edukasi memang terbatas
    dan biasanya selalu ramai pengunjung

    BalasHapus
  9. Wah kalo pake RedDoorz lebih nyaman dan mursida ya mbaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  10. Sepakat kalo TMII masuk dalam list. Soalnya banyak banget taman yg bisa digunain untuk belajar bareng, ngumpul bareng, juga banyak wahana yg mengedukasi. Anw, bagi pelancong atau wisatawan luar jakarta jakarta memang kudu pinter2 nyari penginapan yg aman, nyaman dan murce ya. Boleh juga pake redDoorz, nice info mbaak ❤️❤️

    BalasHapus
  11. Ya Ampun dr kelima destinasi tsb, aku blm pernah ksana smuanya kak wkwkwk pdhal sering jg ke JKT

    BalasHapus
  12. Ya Allah mbak sudah bahas liburan aja, sudah pengen nih liburan juga :D

    BalasHapus
  13. Aku kalau ke Jakarta pasti cuma di hotel, jalan-jalan sekitar hotel. Next time bisa dih dicoba list destinasi disini. Thankyou mbaak..

    BalasHapus
  14. aku pengen banget ke sea world
    dari dulu gak kesampaian hiks

    BalasHapus
  15. Kalau ke Jakarta saya kok lebih suka ke wisata kota tua nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak,, lengkap juga sekitar sana. Belajar sejarah

      Hapus
  16. Awal tahun kemarin kami liburan ke Jakarta Mbak, dari 5 destinasi itu hanya 1 yang kami kunjungi yaitu Kota Tua. Kayaknya butuh waktu lebih banyak agar bisa explore maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, apalagi sama bocils..
      Butuh tenaga lebih juga, haha

      Hapus
  17. wah bisa jadi rujukan ni kalo ke ibu kota...secara saya masih dua kali ke ibu kota..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah syukurlah klo gitu, makasih ya mbak

      Hapus
  18. Saya awal tahun justru ke Jakarta, akhir tahun belum tahu ada rencana kemana, masih menabung dulu hehe. Kamar Reddoorz ini banyak yang bahs dan bilang bagus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, slama ini klo ke luar kota juga nyarinya di Redoorz

      Hapus
  19. Saya ada rencana pengen ajak anak-anak jalan-jalan ke Jakarta. Jadi pas ketemu artikel ini rasanya pas sekali :)

    BalasHapus