SCRIPT ANTI M1 BL Serunya Jalan-Jalan ke Mini Agrowisata Surabaya - Dee Stories

Serunya Jalan-Jalan ke Mini Agrowisata Surabaya

Mini Agro Wisata Surabaya



Surabaya dikenal sebagai kota metropolitan. Sarabaya menjadi kota pusat bisnis. Namun ternyata di balik hingar bingar layaknya kota besar, di Surabaya terdapat tempat wisata alam yang sangat edukatif. Mini Agrowisata Surabaya!

Mini Agrowisata Surabaya


Petunjuk Arah Menuju Mini Agrowisata Surabaya


Mini Agrowisata Surabaya ini terletak di dalam kompleks kantor Dinas Pertanian Kota Surabaya, yang berada di Jl. Pagesangan II/56.


Tanaman Labu yang Menggantung di Mini Agrowisata Surabaya


Buah Tin, Salah Satu Tanaman yang Ada di Mini Agrowisata Surabaya


Di Mini Agrowisata Surabaya Juga Ada Pohon Nangka



Mini Agrowisata Surabaya ini memiliki luas 6000 meter persegi. Mini Agrowisata ini dibangun untuk tempat pengembangan budi daya pertanian, perikanan, kehutanan, kelautan, dan hortikultura. Disini selain berwisata pengunjung juga bisa belajar langsung tentang budi daya pertanian dan peternakan lho.


Aluna senang, bisa memegang terong langsung dari pohonnya


Mini Agrowisata Surabaya ini sudah dibuka sejak tahun 1999. Pengunjung yang datang tidak hanya dari Surabaya saja. Tetapi juga dari kota-kota di sekitar Surabaya antara lain Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, Lamongan, dan Mojokerto. Paling banyak adalah kunjungan rombongan dari sekolah. Mulai dari PAUD hingga SMA pernah melakukan edutrip kesini.


Aluna melihat kelinci pedaging yang juga di budidayakan di Mini Agrowisata Surabaya

Ada Apa di Mini Agrowisata Surabaya


Berbagai jenis tanaman di budidayakan di Mini Agrowisata Surabaya


Terus terang sudah lama saya mendengar adanya mini agrowisata ini. Bahkan hampir tiap hari saya melewatinya. Maklum kalau dari jalan raya tempat wisata ini tidak terlihat, yang ada hanya bangunan kantor dinas saja. Ya, jelas tidak teihat lah, karena mini agro wisatanya terletak di bagian belakang kantor dinas, hehe.



Kebun Hidroponik di Mini Agrowisata Surabaya


Sesuai dengan namanya, disini banyak terdapat berbagai jenis tumbuhan. Berbagai jenis tanaman dikembangkan dengan berbagai cara, salah satunya hidroponik. Ya, disini pengunjung yang datang bisa belajar menenam hidroponik, agar nanti bisa diterapkan di rumah. Hidroponik ini sesuai untuk masyarakat kota yang minim lahan.



Ada juga kebun anggrek, disini pengunjung bisa melihat berbagai jenis anggrek. Duh anggreknya cantik-cantik. Ada juga kebun toga, disini ada berbgaai tanaman yang bisa menjadi obat bagi keluarga.

Aluna senang melihat ikan di selokan yang ada di sepanjang jalan Mini Agrowisata Surabaya


Tak hanya tanaman, di mini agrowisata ini juga terdapat berbagai jenis hewan. Saat pertama kali masuk mini agrowisata, Aluna sangat antusias melihat ikan-ikan yang ada disepanjang jalan, ikan mas yang cantik tersebar disetiap selokan sepanjang jalan mini agrowisata. Selain itu ada juga kolam budidaya ikan lele. Dan disini juga ada ikan yang bisa digunakan sebagai terapi bagi pengunjung. Terapi ikan, menjadi salah satu kegiatan favorit pengunjung agrowisata ini.




Kolam ikan yang bisa digunakan terapi bagi pengunjung


Tak hanya ikan, di mini agro wisata ini juga terdapat berbagai hewan ternak. 



Mulai dari ayam petelur, kambing etawa dan kelinci pedaging. Pengunjung bisa belajar budidaya peternakan disini. Bahkan untuk kelompok tani akan diberikan hewan ternak dan bibit secara gratis.

Kandang ayam petelur



Budidaya kambing etawa


Budidaya kelinci pedaging




Di Mini Agrowisata Surabaya juga ada arena playground bagi anak-anak. Alar-alat dari playgroundnya terbuat dari kayu, wah semakin alami suasanya. 


Arena Playground



Ada juga saung yang bisa dijadikan tempat mengobrol bersama. Disini juga disediakan mushola dan toilet untuk pengunjung.


Saung


Mushola



Toilet

Tiket dan Jam Operasional


Mini Agrowisata Surabaya ini buka setiap hari. Pada hari Senin-Jum’at, dibuka mulai pukul 08.00- 14.00. Sedangkan pada hari libur, Sabtu dan Minggu dibuka mulai pukul 09.00 – 15.00. Tiket masuknya gratis.

Aluna istirahat sejenak setelah keliling Mini Agrowisata Surabaya


Oh ya kalau kesini jangan lupa membawa bekal ya. Disini tidak ada penjual makanan dan minuman. Tapi pastikan tetap menjaga kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya.



Kesan

Terus terang secara keseluruhan Aluna sangat senang diajak kesini. Ini bisa jadi tempat favorit untuk membawa anak-anak. Mereka bisa melihat tanaman dan hewan. Menghirup udara yang segar, sesuatu yang sangat terbatas di kota besar.


Rombongan field trip anak TK


Namun, kalau kesini sepertinya lebih seru bila rombongan. Kalau datang rombongan dan mengajukan proposal terlebih dahulu akan ada fasilitas tour guide. Ada petugas yang mengantar dan menejlaskan setiap bagian dari mini agrowisata ini. Seperti kunjungan anak paud yang saya lihat, mereka diberikan kesempatan memberi makan hewan-hewan yang ada disana juga diajari cara merawat tanaman yang baik. Sayangnya, kalau datang secara perorangan tidak bisa seperti itu. Pengunjung perorangan hanya bebas berjalan-jalan dan belajar secara mandiri. 




6 komentar

  1. Salam kenal mbak. Saya juga warga Surabay, tapi enggak paham destinasi wisata Agro Wisata Mini ini.
    Nice share mbak.
    Jadi paham saiyah. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo MBak..
      Iya mbak, belum banyak yang tahu kok..
      Cus kesana mbak

      Hapus
  2. Kalau mau ke sana berarti kudu nyari rombongan dulu ya mbak, biar dapat fasilitas tour guide. Kalau turis individu dari luar kota/negeri mau ke situ, rada susah juga ya nyari rombongannya :D

    BalasHapus
  3. Wah senangnya bisa melihat fasilitas dan belajar seru soal agrowisata dan peternakan gitu. Anak-anak juga main...Gratis lagi

    BalasHapus
  4. Ulasan yg keren, Mbak Dian... One day kl sy n kelg jalan" ke Sby, sepertinya akan buka lg artikel ini, hehe...

    BalasHapus
  5. Aku baru tau kalo ada mini agrowisata di Surabaya ini. Asyik juga ya.
    Anak-anak kalo ke Surabaya mainnya di mall aja, maklum di kotaku mall kecil-kecil nggak seperti mall2 di surabaya yang gede2 :D

    BalasHapus