SCRIPT ANTI M1 BL Ini Dia, Empat Resep Nasi Goreng Enak dan Praktis - Dee Stories

Ini Dia, Empat Resep Nasi Goreng Enak dan Praktis






Nasi goreng, siapa yang tak kenal masakan khas Indonesia ini. Nasi goreng menjadi makanan favorit sebagian besar orang Indonesia. Selain cara membuatnya yang mudah, penjual nasi goreng mudah ditemukan. Dari pedagang dengan gerobak keliling, warungan hingga cafe dan hotel berbintang menyajikan nasi goreng dengan berbahai varian rasa. 


Asal Mula Nasi Goreng



Tahukah kamu, nasi goreng asal usulnya dari negeri Tiongkok lho. Awalnya karena tidak ingin membuang nasi, masyarakat Tiongkok menggoreng kembali nasi sisa semalam, agar enak nasi pun ditambahi dengan bermacam-macam bumbu.

Lalu bagaimana ya caranya nasi goreng ini sampai di Indonesia? Dimulai dengan migrasinya orang-orang Tiongkok ke Indonesia pada zaman politik pintu terbuka yang diberlakukan oleh Belanda pada tahun 1870. Orang-orang Tiongkok datang untuk menjadi buruh-buruh tambang di  Bangka. 

Semakin hari variasi nasi goreng semakin banyak. Ada nasi goreng jawa, nasi goreng cumi, nasi goreng ikan asin, nasi goreng pete dan masih banyak lagi. 


Hidangan Favorit Keluarga



Saya adalah pecinta nasi goreng sejati. Dimanapun dan kapanpun jika bepergian pasti yang saya cari adalah nasi goreng. Teman-teman saya setiap kami pergi makan di luar mereka akan bilang " pasti pesan nasi goreng ya". Hehehe, mereka tahu aja.


Tak hanya saya, kedua anak saya juga suka banget sama nasi goreng. Kalau ada nasi goreng, pasti makannya lahap. Memang kok, nasi goreng itu lezat tak heran banyak disukai, termasuk keluarga saya. Menu favorit kami kalau sarapan ya nasi goreng. Kadang makan malam juga seringnya milih nasi goreng. Bahkan siang-siang kalau ngemall ya tetap yang dicari nasi goreng. Hehehe.


Resep Nasi Goreng Enak



Sebagai hidangan favorit keluarga, maka saya selalu stok bumbu nasi goreng di kulkas. Kalau nggak ada bumbu uleg, biasanya sih cuma dikasih irisan bawang merah dan bawang putih yang di geprek. Tapi kadang rasanya kurang nendang, makanya buat bumbu uleg. 


Resep Nasi Goreng Jawa





Ini salah satu bumbu nasi goreng andalan keluarga kami. Bumbunya seperti yang dibuat oleh penjual nasi goreng jawa itu. Cara buatnya gampang kok.


Bahan-Bahan : 


250 gram bawang merah
100 gram bawang putih
250 gram udang (tanpa dikupas dan di buang kepalanya)
3 batang daun bawang
10 butir kemiri sangrai


Aneka Bumbu Nasi Goreng



Cara Membuat 


1. Goreng bawang merah dan bawang putih. 
2. Goreng udang
3. Setelah digoreng, blender semua bahan kecuali daun bawang
4. Tuang ke wajan, masak dengan api kecil sampai kandungan air hilang
5. Setelah air berkurang, masukkan minyak goreng. Tumis sampai harum
6. Masukkan daun bawang, masak hingga matang
7. Bila uap panas sudah hilang, simpan dalam wadah tertutup. Bila mau masak ambil sedikit-sedikit dengan sendok yang kering. Biasanya 4 sdm untuk 2 porsi.


Resep Nasi Goreng Merah 



Selain nasi goreng jawa, saya biasanya juga bikin bumbu nasi goreng merah. Biasanya kalau nasi goreng merah diolah jadi nasi goreng sosis, nasi goreng ayam atau nasi goreng daging sapi. 

Bumbu nasi goreng merah sama seperti bikin bumbu dasar merah. 


Bahan : 

250 gram cabai merah
150 gram bawang merah
50 gram bawang putih 
2 buah tomat


Cara Membuat 


1. Blender semua bahan
2. Tumis sampai harum
3. Bila sudah dingin, simpan di wadah tertutup


Bumbu ini nggak cuma buat nasi goreng merah saja. Tapu juga masakan lainnya, seperti balado dan sambal goreng. 


Resep Nasi Goreng Putih



Khusus si bungsu, maunya nasi goreng putih. Kalau ada nasi goreng merah dia nggak mau. Pedas katanya. Akhirnya saya pun juga stok bumbu nasi goreng putih. Bumbunya ya dari bumbu dasar putih.


Bahan - Bahan : 

250 gram bawang merah
150 gram bawang putih
100 gram kemiri disangrai
25 gram ketumbar disangrai
2 sdt garam
2 sdt merica bubuk
200 ml air
100 ml minyak untuk menumis.


Cara Membuat : 


1. Blender semua bahan kecuali minyak
2. Masak diatas kompor, sampai kandungan air berkurang
3. Bila sudah tidak ada air, tumis sampai harum
4. Setelah dingin, simpan dalam wadah tertutup


Bumbu dasar putih ini biasanya bisa buat masakan lainnya. Misalnya mi goreng dan sayur lodeh.


Resep Nasi Goreng Cumi






Nasi goreng hitam kata anak-anak. Nasi goreng cumi ini juga favorit keluarga. Tinta cumi membuat  warna nasi menjadi hitam, makanya anak-anak menyebutnya nasi goreng hitam. Hehehe.


Bahan : 


2 piring nasi putih
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 ekor cumi-cumi berukuran sedang, bersihkan, potong bentuk cincin
2 butir telur
1 sdm minyak
1 sdm margarin


Cara Membuat


1. Geprek bawang merah dan putih
2. Panaskan minyak dan margarin, tumis duo bawang
3. Masukkan cumi dan telur
4. Masukkan nasi
5. Tambahkan garam, masak hingga matang



Nah itu tadi empat resep nasi goreng yang enak dan praktis yang jadi andalan keluarga kami. Kalau kamu, apa nasi goreng favoritmu? Sharing di kolom komentar ya
 😊😊😊

3 komentar

  1. Ih apa besok beli udang terus dibuat bumbu nasgor yaa

    BalasHapus
  2. Saya juga sukanya nasi goreng putih tp bumbu minimalis aja sprti bwng merah putih.. Cabe rawit mwrah dan mentega untuk menumis.. Sebelumnya telur yg udh diorak arik... Khusus nasi goreng item saya jg favorit bgt. Gurih soalnya pk cumi.. Kebetulan nih barusan bli cumi 😀😋😋

    BalasHapus