SCRIPT ANTI M1 BL Resep Soto Ayam Lamongan, Hidangan Lezat untuk Berbuka - Dee Stories

Resep Soto Ayam Lamongan, Hidangan Lezat untuk Berbuka




Hari ini Ramadan memasuki hari keempat. Rasanya hari ini ingin menyajikan sesuatu yang berbeda untuk berbuka. Biar keluarga merasakan nikmatny berbuka setelah seharian berpuasa. 


Maka pilihan menu berbuka hari ini jatuh pada Soto Ayam Lamongan. Yes, masak soto!. Lalu apa istimewanya soto? Bukankah sudah sering menyajikan soto untuk keluarga. Istimewa lah, karena ini adalah edisi perdana saya masak soto tanpa bumbu instan! Hahaha.


Selama ini memang sudah sering masak soto, tapi selalu pakai bumbu instan. Makanya terkadang bosan juga, rasanya kurang nendang gitu deh. Makanya hari ini memberanikan diri masak Soto Ayam Lamongan. Resepnya hasil referensi dari Rumah Belajar Boga Ibu Profesional Surabaya. 


Soto Ayam Lamongan






Soto Ayam Lamongan adalah kuliner khas Lamongan yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Soto Lamongan sangat terkenal kelezatannya. Soto Ayam Lamongan berbeda dengan jenis soto-soto lainnya. Baik secara rasa dan penyajiannya. 


Ciri khas dari Soto Ayam Lamongan ini adalah adanya poya. Poya ini terbuat dari krupuk udang yang ditumbuk halus. Bila poya ini bercampur dengan kuah soto, akan menimbulkan cita rasa yang khas.




Ayam yang digunakan dalam Soto Ayam Lamongan ini biasanya adalah ayam kampung. Sebelum disajikan, ayam yang sudah dimasak bersama kuah soto harus digoreng terlebih dahulu. 


Penyajian Soto Ayam Lamongan ini juga berbeda dengan soto lainnya. Dalam penyajiannya, Soto Ayam Lamongan ini disajikan dengan nasi dan bahan tambahan lainnya seperti suwiran daging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, mie bihun dan irisan telur ayam dalam satu mangkuk. Kemudian di siram dengan kuah soto dan ditamburkan Poya dan bawang goreng. Selain itu untuk penambah rasa Soto Ayam Lamongan ini bisa di tambahkan seperti sambal, jeruk nipis dan kecap.


Resep Soto Ayam Lamongan



Nah pasti penasaran dengan resep Soto Ayam Lamongan kan? Oke, kita langsung saja ya. Berikut adalah resep Soto Ayam Lamongan yang saya ambil dari Rumah Belajar Boga Surabaya. 



Bahan-Bahan






500 gram ayam kampung
1,5 liter air
2 batang serai yang dimemarkan
4 lembar daun jeruk
2 sdm garam
1 sdt merica
1 sdm gula
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus : 





8 butir bawang merah
4 butir bawang putih
4 butir kemiri yang sudah di sangrai
2 cm jahe
4 cm kunir yang sudah di bakar
1 sdt kaldu bubuk


Bahan Pelengkap


50 gram soun yang sudah di seduh, tiriskan
3 butir telur rebus
2 batang seledri, cincang kasar
2 buah tomat yang dipotong-potong
2 sdm bawang goreng
Bubuk poya (krupuk udang dan bawang yang sudah ditumbuk halus)


Cara Memasak : 



1. Tumis bumbu halus dan serai, daun jeruk hingga harum

2. Rebus ayam dalam air yang mendidih (membuat kuah soto)

3. Bila bumbu sudah meresap, angkat ayam kemudian goreng

4. Masukkan bumbu ke dalam kuah

5.  Masak hingga matang

5. Soto siap disajikan


Cara Penyajian : 





Isi mangkok dengan nasi. Lalu beri soun, irisan ayam, seledri. Siram kuah. Berikan taburan poya dan bawang goreng diatasnya. Jangan lupa berikan perasan air jeruk nipis dan sambalnya. Soto Ayam Lamongan siap dinikmati. 😊😊😊

Tidak ada komentar