Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa






Saat puasa bau mulut seringkali menjadi sebuah kendala. Ketika tidak makan dan minum saat puasa, air liur yang biasanya digunakan untuk membilas kuman penyebab plak dan bau mulut pdoduksinya menjadi turun. Inilah yang menyebabkan mulut menjadi bau. 


Bakteri pun terus berkembang biak tanpa ada pembilasan dari air liur, yang kemudian menghasilkan gas berbau tidak sedap dari mulut.


Hukum Menyikat Gigi Saat Puasa



Biasanya ingin segera sikat gigi untuk menghilangkan bau mulut. Tapi karena puasa, jadi ragu. Boleh nggak ya sikat gigi saat puasa? Apakah sikat gigi tidak membatalkan puasa? 


Baiknya memang tidak menyikat gigi saat puasa. Sikat gigi menggunakan pasta gigi saat puasa, di khawatirkan akan membatalkan puasa. Takut air ataupun pastanya tertelan dan masuk ke dalam perut. Kalau sudah seperti itu ya pasti batal puasanya. 





Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Jika seseorang bersiwak dengan siwak yang basah lantas cairan dari siwak tadi terpisah lalu tertelan, atau ada serpihan dari siwak yang ikut tertelan, puasanya batal. Hal ini tidak ada perbedaan di antara para ulama (Syafi’iyah, pen.). Al-Faurani dan yang lainnya menegaskan seperti itu.” (Al-Majmu’, 6:222).


Duh, kan jadi takut untuk sikat gigi saat puasa. Kalau nggak disikat nanti bau dong. 


Baca Juga : Lima Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa 



Mencegah Bau Mulut Saat Puasa



Jangan khawatir, bau mulut saat puasa bisa di cegah kok. Menghilangkan bau mulut saat puasa tidak hanya dengan menyikat gigi saja. Ada hal lain yang bisa dilakukan.


1. Sikat Gigi Sebelum Puasa


Baiknya menyikat gigi di bulan Ramadan dilakukan saat malam hari sebelum tidur. Atau setelah makan sahur sebelum adzan subuh, kita bisa menyikat gigi terlebih dahulu. Kalau ada air kumir ataupun pasta yang tertelan, tidak akan membatalkan puasa.


2. Gunakan Obat Kumur




Saat puasa baiknya perawatan gigi tidak hanya dengan disikat saja. Tambahkan dengan obat kumur atau mouthwash. Berkumur dengan mouthwash akan menjaga kesegaran mulut. 


3. Bersiwak




Saat puasa lebih baik bersiwak. Gosok siwak dengan kayu siwak (arok). Tanpa diberi pasta gigi. Siwak kering membuat kita tidak khawatir menelan air ataupun pasta gigi saat menggosok gigi.


4. Perhatikan Asupan 


Bau mulut bisa kita cegah dengan cara menjaga asupan makanan dan minuman. Saat sahur hindari makanan makanan berlemak, terlalu manis, terlalu asin, makanan beraroma tajam seperti bawang, atau minuman yang berkafein tinggi. Sebab makanan- makanan tersebut bisa memicu bau mulut. 


Empat hal diatas bisa kita lakukan untuk menecegah bau mulut. Mjlut yang tetap segar akan membuat kita semangat beraktivitas saat puasa. 

Tidak ada komentar