SCRIPT ANTI M1 BL Resep Sarapan Praktis dan Lezat : Nasi Gila - Dee Stories

Resep Sarapan Praktis dan Lezat : Nasi Gila





Sarapan itu penting lho. Meskipun terkadang banyak orang yang malas makan di pagi hari, tetapi ternyata sarapan punya banyak manfaat. Sarapan bisa memberikan nutrisi pada otak, dengan sarapan berat badan juga akan lebih terkendali, tubuh lebih sahat dan lebih fokus menajalani hari. 


Kami di rumah biasa sarapan pagi pada pukul 05.30. Memang terlihat terlalu pagi ya. Di rumah kebiasaannya sarapan dulu baru mandi. Sedangkan pukul 06.30 suami sudah harus berangkat kerja dan Chacha juga harus pergi sekolah. Makanya jam sarapan kami sepagi itu.


Resep Sarapan Praktis dan Lezat : Nasi Gila



Biasanya untuk menu sarapan saya memilih memasak yang praktis saja. Dengan keterbatasan waktu, tentu menu sarapan tidak yang ribet-ribet. Selain itu, saat sarapan juga lebih enak makan makanan yang simple. 


Tetapi walaupun praktis usahakan tidak makan makanan instan saat sarapan ya. Bukankah diawal tadi saya sudah cerita kalau sarapan itu punya banyak manfaat. Jadi baiknya meskipun memilih menu yang praktis, tetap harus sehat dan lezat ya. 


Seperti pagi ini, menu sarapan kami adalah Nasi Gila. Menu hasil recooked rumah belajar boga IP Surabaya bulan ini. 


Nasi Gila







Buat kamu yang tinggal di Jakarta, pasti tidak asing dengan menu ini ya. Maklum menu ini sempat viral di kawasan ibukota, khususnya daerah Menteng. 


Nasi Gila awalnya adalah nasi goreng yang dicampur dengan berbagai macam bahan. Konon, dahulu ada penjual nasi goreng yang bereksperimen dengan bahan makanan dan bumbu yang lebih beragam. Nasi goreng yang biasa-biasa saja diberi tambahan berbagai bahan istimewa untuk menghasilkan cita rasa baru.


Setelah sang tukang nasi goreng mencoba kreasi masakannya, ia pun bergumam, “Gila, ternyata enak ya”. Reaksi tersebut akhirnya mencetuskan ide tentang penggunaan nama nasi gila. Menu makanan yang awalnya terkenal di Jakarta ini sekarang sudah populer di berbagai daerah lain di tanah air.


Namun nasi gila yang saya masak kali ini bukanlah nasi goreng. Hanya nasi putih hangat yang diberi toping dari beraneka bahan. Jangan khawatirkan rasanya, tetap lezat kok. Bahan-bahan pembuatnya juga mudah di dapat. Kalau saya pakai bahan seadanya yang ada di lemari es. Cara buatnya juga gampang, cukup 15 menit sudah jadi. Cocok banget dimasak untuk sarapan. 


Resep Nasi Gila



Komponen Nasi Gila
1. Nasi putih
2. Acar timun (timun iris saja juga boleh) 
3. Topping (dg isian baso,sosis,dkk
4. Kerupuk aci
5. Taburan bawang goreng. 





Resep Topping



Bahan :

60 gr dada ayam fillet iris tipis
2 butir telur dibuat orak arik
2 pcs sosis, potong2
5 butir baso sapi, potong2
50 gr bawang bombay(+/- 1/2 bombay ukuran sedang) ,rajang
100 ml air
1 siung bawang putih,cincang halus
1/4 kubis, cincang 
2 buah wortel, 

Bumbu 

Saus tiram 1 sdm
Kecap manis 2 sdm
Saus tomat 1 sdm
Kecap asin 1 sdt
Merica secukupnya
Sejumput kecil garam bila perlu
Minyak wijen 1/2 sdt

Jika suka pedas, tambahkan saus sambal sesuai selera,  bisa juga diberi rajangan cabe rawit. 

Cara Membuat


Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum,  masukkan dada ayam.  Masak hingga berubah warna,  lalu tambahkan air.  Masak hingga mendidih. 


Lanjut tambahkan bahan-bahan lain,  aduk rata. Masukkan bumbu saus (saus tomat, kecam manis, kecap asin, saus tiram) dan merica bubuk. Terakhir sebelum diangkat,tambahkan minyak wijen. 


Cara penyajian 



Siapkan nasi putih hangat diatas piring saji, beri topping, taburi bawang goreng.  Jangan lupa lengkapi dengan acar timun dan kerupuk aci (kerupuk kanji). Bisa juga emping atau kerupuk putih. 



Kata saya, nasi ini GILA gampang banget bikinnya. Kalau kata suami, GILA enaknya. Bagaiamana? Tertarik mencoba? 

3 komentar

  1. Berarti selama ini tanpa sadar akan namanya, aku sering bikin nasi gila... Apalagi yang nasi gila goreng ...hihihi...

    BalasHapus
  2. Enak buangeett, dan praktis ya mba
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus