SCRIPT ANTI M1 BL Chathaulos, Hadirkan Ulos dalam Nuansa Kekinian - Dee Stories

Chathaulos, Hadirkan Ulos dalam Nuansa Kekinian




Selama ini Ulos identik dengan upacara adat. Kain khas Batak ini memang sering terlihat saat prosesi adat, mulai dari pernikahan, kelahiran hingga kematian. Melihat corak Ulos yang cantik-cantik, saya sebenarnya ingin memakainya. Namun ragu, apakah boleh saya memakainya. Keraguan saya terjawab, kemarin saya bertemu ibu Martha Simanjuntak. Saya dan teman-teman blogger lainnya menghadiri acara launching Chathaulos. Kami pun belajar banyak tentang Ulos. 


Ulos



Ulos adalah kain tradisional khas Batak. Dari asal katanya ulos berarti kain. Ulos diartikan sebagai selimut yang menghangatkan tubuh. Melindungi dari terpaan udara dingin. Menurut kepercayaan leluhur Batak, ada tiga sumber yang memberi panas pada manusia. Yaitu matahari, api dan ulos.





Ulos memiliki makna yang sakral bagi masyarakat batak. Di Batak ada tradisi mangulosi, yaitu memberikan ulos. Mangulosi bukan sekadar pemberian hadiah biasa, karena ritual ini mengandung arti yang cukup dalam. Mangulosi melambangkan pemberian restu, curahan kasih sayang, harapan dan kebaikan-kebaikan lainnya. Misalnya orangtua yang memberikan ulos kepada anaknya saat upacara pernikahan. Ulos yang diberikan dari orangtua ini harus disimpan baik-baik. 


Chathaulos






Berawal dari kecintaan terhadap leluhurnya, ibu Martha merintis Chathaulos. Chathaulos terinspirasi dari sepenggal kalimat "Ijuk pengihot ni nodong, Ulos pangihot ni holong" artinya, Jika ijuk adalah pengikat pelepah, maka ulis adalah pengikar kasih sayang antar sesama. 





Chathaulos ingin membuat ulos sebagai hasil karya seni dengan nilai estetika tinggi dan semangat modern. Sehingga nantinya banyak orang yang memakai ulos seperti banyak orang yang memakai batik.





Jenis Ulos



Kain ulos memiliki banyak jenis yang beragam. Selain dianggap sakral, ulos juga menunjukkan adanya stratifikasi sosial masyarakat Batak. Tidak semua jenis ulos bisa dipakai secara bebas.


Di Chathaulos ini, ibu Martha menggunakan tiga jenis ulos yang bisa digunakan secara bebas. Namun meskipun begitu, sebagai orang Batak, bu Martha tetap menjunjung tinggi nilai ulos. Salah satunya tidak menggunakan ulos untuk bahan bawahan, misalnya rok ataupun celana. Atau tidak membuatnya terpotong.


Jenis-jenis ulos yang digunakan di Chathaulos adalah 


💠 Ulos Sadum Angkola / Ulos Godang






Ulos jenis ini dikenal memiliki corak dan warna paling menarik. Biasanya ulos ini diberikan kepada anak kesayangan. 


💠 Ulos Ragi Hotang



Hotang dalam bahasa Batak artinya rotan. Ulos ini biasanya diberikan saat upacara pernikahan. Tujuannya agar sepasang pengantin memiliki ikatan rasa yang kuat. 


💠 Ulos Mangiring 



Ulos maniring memiliki motif corak yang beriringan. Ulos jenis ini banyak digunakan untuk menggendong bayi. Kain ulos mangirim biasanya memiliki warna biru, hijau, kuning, merah, dan benang emas. Warna dasar yang banyak di tenun diantaranya hitam dan merah.


Produk Chathaulos



Berawal dari mimpi agar semua orang bisa memakai ulos, Chathaulos memiliki banyak produk yang beragam. Produk-produk ulos yang ada di Chathaulos adalah 


1. Outwear

2. Kemeja

3. Atasan

4. Dress

5. Wearpack

6. Blazer

7. Brokat

8. Hande-Hande / Selendang Sadum Toraja

9. Cocktail Dress




Di Chathaulos juga bisa pesan model dan ulos sesuai selera. Tetapi ada juga yang sudah ready. Dengan berbagai ukuran ; M, L, XL dan XXL. 





Kedepanya Chathaulos akan mengahdirkan ulos dalam bentuk jaket hoodie. Selain itu juga akan berinovasi membuat busana ulos bagi hijabers. 





Harga Ulos



Harga ulos yang ada di Chathaulos dibandrol mulai harga Rp. 500.000 keatas. Harga ini memang sesuai untuk proses pengerjaan ulos yang dibuat secara handmade. 


Namun ibu Martha akan berusaha menekan harga produksi ini. Memproduksi ulos dengan bahan yang terjangkau tetapi tetap menghasilkan corak yang menarik.


Outlet Pertama



Chathaulos diambil dari gabungan nama ibu Martha dan suaminya. Cha (Charles) dan Tha (Martha). Penggunaan nama ini bertujuan agar selalu mengingat bahwa ada dukungan penuh dari suami dalam bisnis ini. Selain itu agar bisnis ini dibangun secara all out, selayaknya membangun sebuah rumah tangga.


Chathaulos ini diluncurkan pertama kali pada Desember 2018. Sebelumnya hanya melayani penjualan via online. Memanfaatkan berbagai macam sosial media yang ada.


Namun ternyata, penjualan online saja tidak cukup. Berdasarkan permintaan pasar, Chathaulos pun membuka outlet pertamanya. Surabaya dipilih menjadi kota pertama. Alasannya adalah ternyata pelanggan Chathaulos kebanyakan berasal dari Surabaya. Selain itu Surabaya juga merupakan kota dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Jadi cukup menjanjikan untuk memasarkan Chathaulos di Surabaya


Cara Pesan Chathaulos






Buat kamu yang ada di luar kota Surabaya, jangan khawatir kamu tetap bisa memesan Chathaulos secara online. Caranya cukup mudah.

Pertama, kamu pilih dulu baju Ulos ready to wear/custom melalui nomor official Chathaulos.


Kedua, isi format pemesanan seperti nama, alamat lengkap, nomor HP, produk yang akan dibeli, dan ukurannya.


Ketiga, bayar DP 50%. Produk akan dibuat setelah DP sudah ditransfer.


Keempat, pesanan akan selesai 5 hari kerja dan di luar waktu pengiriman. Harga yang tertera belum termasuk ongkos kirim ya.


Sedangkan buat kamu yang ada di Surabaya, kamu bisa datang langsung ke outlet Chathaulos. Letaknya di Area Business Centre
Apartemen Taman Melati Surabaya
Mulyorejo, Kec. Mulyorejo, Kota Surabaya. Disini kamu bisa melihat langsung berbagai jenis kain ulos dan berbagai produk yang sudah ready. 






53 komentar

  1. Aakkkk keceee banget outfit2nyaaaa
    Warnanya cerah ceria merona ya.
    Super LOVE!!

    BalasHapus
  2. Wah ternyata Ulos ada macamnya ya. Harganya sesuai dengan kualitasnya��

    BalasHapus
  3. Ulosnya cakep cakep bener. Trus warna warni juga ya. Aku kira warnanya ulos rata-rata gelap, teryata nggak :)

    BalasHapus
  4. Ulos itu ada macam jenisnya ya. Baru tahu tuh. Harga tidak akan mengkhianati hasil, home made yang teliti dan rapi sangat cocok dipakai dalam acara resmi maupun tidak resmi. Warnanya juga banyak yg cocok

    BalasHapus
  5. Ternyata ulos banyak banget macamnya ya kak. Akhirnya kita yang berhijab bisa nyobain ulos yang sangat khas. Aku juga dulu mikirnya ulos hanya untuk orang batak. Ternyata ada juga yang boleh dipergunakan oleh umum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ada yg bisa dipakai oleh siapa saja

      Hapus
  6. Cantik banget ulosnya yah mbak, ternyata dibikin baju jadi keren, gak hanya buat selendang. Naksir sam baju bajunya, harganya lumayan sih sesuailah untuk produk lokal yg cakep banget ini

    BalasHapus
  7. Ulosnyaa bagus2 banget ya moms naksir bngt sama warna2nya yang eye catching bngt

    BalasHapus
  8. Wah, cantik-cantik ya warnanya. Baru tahu kalo ulos juga bisa dijadikan baju. Aku kira cuma buat selendang aja. Berkualitas banget kayaknya ya, makanya harganya mahal. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ulos bisa di buat berbagai jenis baju

      Hapus
  9. Ternyata Ulos ada jenis-jenisnya ya mom dan semuanya punya motif yang khas, aku naksir sama blazer ulos nya tuh yang warna kuning, cantik euy

    BalasHapus
  10. Menarik, jadi banyak tahu tentang ulos. Hampir sama dengan batik. Ada batik-batik tertentu yang hanya boleh dipakai di upacara2 tertentu bahkan hanya boleh dipakai kalangan tertentu. Terutama untuk batik klasik. Tapi sekarang sudah banyak batik modern dengan motif beragam yang boleh dipakai siapa saja. Baru tahu juga, kl ulos tidak boleh buag bawahan.. Tfs..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ada bbrp aturan yg terkait dgn ulos ini

      Hapus
  11. Bisa made by order yaa, Dee..?
    Keren banget.
    Aku gak kebayang kalau dipadu jadi hoodie bakalan sekeren apaa..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, bisa costumize..

      Yup, pasti jadi hodie yg keren

      Hapus
  12. Aku baru tahu ternyata kain Ulos juga dibedakan menjadi beberapa jenis ya bu, yang aku suka Ulos sekarang bisa dijadikan beragam pakaian

    BalasHapus
  13. Koleksi ulosnya bagus-bagus banget mbak, sebagai suku Batak saya bangga bisa punya berbagai kain budaya ini.

    BalasHapus
  14. aku pernah dikasih kain ulos dari temanku. Bagus sekali dan kayaknya hrus nambah koleksi kain ulosku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dijadikan apa ulosnya mbak? Buat outer bagus lho

      Hapus
  15. Selalu salut sama anak muda yang berbisnis khususnya bisnis sekaligus melestarikan peninggalan atau budaya bangsa. Salut! Keren ulosnya buat outer 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, ini bisnis yg juga memajukan budaya

      Hapus
  16. Senang banget liat kain ulos, biasanya aku suka liat di foto foto pengantin dengan adat batak. Sekarang makin mudah ya kalo mw punya kain ulos yang bisa dimodifikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sekarang siapa saja bisa pakai ulos

      Hapus
  17. Ulossnya keren semua ini mbaaa bikin ngiler. Jadi ulos dari batak ya. Aduh belum pernah beli ulos. Liat kain ulos gatel pengen tak jahit hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bisa dijahit untuk beragam jenis baju

      Hapus
  18. Memang cakep kainnya dan modelnya, cocok memang dengan harga segitu karena pengerjaan bener2 homemade

    BalasHapus
  19. Cantik2 deh ulosnya. Kesannya mewah dan elegan ya

    BalasHapus
  20. Paling suka kain khas daerah di Indonesia, sekalian traveling sekalian koleksi kain dan hunting Kuliner nya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya, krn tiap daerah pny kain masing2 ya

      Hapus
  21. Kalau dulu ulos cuma buat orangtua hadir di upacara adat atau dipakai upacara pernikahan, sekarang udah banyak invoasinya salah satunya kemeja yang dimix pakai ulos, keren yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ulos bisa dijadikan banyak outfit keren

      Hapus
  22. Koleksi Ulos nya kece semua, dan menarik ya kalo udah jadi kemeja, atau outer gitu. Warnyanya tuh suka, ngejreng jadi ceraaah

    BalasHapus
  23. Seneng deh saya jadi tau sedikit banyak tentang sejarah kain ulos. Cerita tentang sejarah kain nusantara memang selalu menarik perhatian ya. Tfs mba dee��

    BalasHapus
  24. Motif ulosnya bagus bagus semua. Jadi pengen bawa pulang satu nih.

    BalasHapus
  25. Sekarang kalau mau cari Ulos lebih gampang ya, Kak, nggak harus dateng ke pengrajinnya. Selain hemat energi dan biaya, bisa pilih sesuka hati belanja di sini

    BalasHapus
  26. Aku adalah salah satu penikmat kain tradisional. Dari beberapa daerah suka kukoleksi kain-kain tersebut. Nah, ulos ini sudah pasti kusuka karena dari daerah asal juga. Ini kreasi ulos nya menarik sekali dan tampak lebih gaya yah,mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iyakah mbak, punya banyak kain dong? Keren

      Hapus
  27. Mbaaa.. saya suka ama baju orange yang dipakai ama siapa ya kemaren, si Septi atau mba wiwid atau Fani ya?
    Itu cantik banget!

    Keren banget ini beneran, ulosnya aja udah cantik, dibikin kayak gini makin cantik :)

    BalasHapus