SCRIPT ANTI M1 BL Ini Dia 5 Tumbuhan Herbal yang Bisa Dijadikan Makanan Penurun Gula Darah - Dee Stories

Ini Dia 5 Tumbuhan Herbal yang Bisa Dijadikan Makanan Penurun Gula Darah


Resiko warga Indonesia untuk terkena berbagai penyakit terbilang masih tinggi. Selain karena fasilitas di seluruh daerah masih kurang memadai, kesadaran para warganya untuk memeriksa kesehatan juga rendah. Salah satu penyakit tidak menular namun berbahaya yang banyak diderita adalah diabetes. Oleh karenanya, mereka yang memiliki kadar gula tinggi di dalam tubuh harus mengonsumsi makanan penurun gula darah yang tepat.



Makanan penurun gula darah akan membantu penderita diabetes maupun mereka yang memiliki resiko tinggi diabetes untuk tetap mendapat asupan nutrisi yang cukup, dengan kadar gula yang rendah. Makanan ini wajib dikonsumsi agar jumlah penderita diabetes bisa ditekan. Sebab, menurut data Departemen Kesehatan RI, jumlah penderita diabetes di Indonesia terus bertambah. Bahkan hingga tahun 2030 mendatang, diperkirakan Indonesia akan konsisten berada di peringkat 4 di dunia sebagai negara warganya yang paling banyak menderita diabetes.


Diabetes dan Tipenya

 

 

Diabetes adalah sebuah penyakit dimana pankreas tidak lagi bekerja maksimal untuk memproduksi insulin yang mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini tentu tidak baik, karena bisa memicu penyakit komplikasi lainnya.




Diabetes memiliki tiga tipe yang berbeda. Pertama, diabetes tipe 1 yang diderita anak-anak yang disebabkan karena kurangnya produksi insulin. Sehingga penderitanya akan ketergantungan pada suntik insulin seumur hidupnya. Kedua, diabetes tipe 2 dimana kadar gula yang berlebihan membuat pankreas bekerja terlalu keras hingga insulin tak lagi mengenali zat gula dan zat lain di dalam tubuh. Ketiga, diabetes gestanional yang diderita oleh ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormon.
Penyebab diabetes adalah karena obesitas, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, tidak berolahraga, atau karena faktor keturunan. Untuk itu, mengonsumsi makanan penurun gula darah sangat lah penting. Berikut tanaman herbal yang bisa anda jadikan sebagai makanan penurun gula darah:


Daun Inai

 

 

Daun inai atau yang biasa dikenal dengan daun pacar ini dipercaya sebagai makanan penurun gula darah yang efektif. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk bubuk untuk ditambahkan ke seduhan teh yang bisa anda minum setiap hari. Caranya, jemur daun inai hingga kering dan tumbuk hingga menjadi serpihan kecil.


Kayu Secang




Tanaman ini dapat merangsang proses metabolisme glukosa. Sehingga glukosa dapat tercerna dengan lebih cepat. Rebus lah kayu secang dan minum air sarinya. Anda juga bisa menambahkan kayu secang ke dalam sup sayuran yang biasa dikonsumsi setiap hari.




Pasak Bumi




Tanaman yang dikenal juga dengan nama tongkat ali ini sebelumnya dipercaya memiliki manfaat untuk vitalitas pria. Namun, akar pasak bumi juga berkhasiat sebagai makanan penurun gula darah. Sama seperti kayu secang, pasak bumi direbus dan diminum air rebusannya. Tetapi, anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan dan harus dalam pengawasan dokter, ya.


Kulit Manggis



Bagian dari tanaman yang memiliki nama latin garcinia mangostana ini memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya untuk penurun gula darah. Kandungan kulit manggis tinggi akan antioksidan dan zat xanthone yang baik untuk meningkatkan kualitas kerja insulin.


Ubi Jalar



Umumnya penderita diabetes dianjurkan untuk mengganti nasi sebagai sumber karbohidrat dengan makanan pokok lain yang bisa menjadi penurun gula darah. Seperti kentang dan jenis umbi-umbian lainnya. Nah, ubi jalar bisa menjadi pilihannya karena selain mengandung karbohidrat dengan zat gula rendah, ubi jalar juga mampu menurunkan gula darah. Kandungan gula alami di dalamnya dapat meningkatkan tingkat sesitivitas insulin pada tubuh.


Selain itu, masih ada 5 makanan penurun gula darah lainnya yang bisa dibaca disini.

31 komentar

  1. Kalau secang banyaknya yg sachet mbak, kalau di pasar jarang, pernah dikirimin sama sodara, enak banget minum secang, hangat di badan

    BalasHapus
  2. Wah baru tahu aku kalo tumbuhan ini sangat bermanfaat padalah sering makan ini hehe

    BalasHapus
  3. Kayu secang sering ada di wedang uwuh ya ?
    ..
    Yang lain, nampaknya susah didapat
    Semoga kita selalu sehat ya ?

    BalasHapus
  4. Kayu secang emng teekenal banget buat berbagai keluhan penyakit. Sayangnya masih banyak yang bingung dengan kayu ini. Bahkan dari beberapa orang yang kutanya, rata2 malah balik bertanya, apa itu kayu secang?��.

    BalasHapus
  5. Baru tahu lho, Ubi Jalar termasuk makanan penurun gula darah. Saya termasuk yang suka banget makan ama minum-minuman manis soalnya, bisa dicoba neh buat mencegah.

    BalasHapus
  6. Mertua saya nih yang diabetes. Tetapi, saya juga jadi semakin perhatian dengan pola makan. Karena katanya diabetes kan juga bisa menurun

    BalasHapus
  7. Kalau ubi jalar dan kulit manggis mudah dicari ya mba, apalagi sekarang banyak obat herbal dari kulit manggis. Kalau pasak bumi aku baru liat ternyata kaya gitu ya. Sama daun inai itu belum tau kaya apa aslinya.

    BalasHapus
  8. liat foto kayu secang saya jadi ingat wedang uwuh hehe biasanya bude saya suka tambahin secang didalamnya

    BalasHapus
  9. Mbak iparku setiap hari selalu sedia ketela rebus buat cemilan agar gula darahnya stabil. Karena dia udah ngurangi asupan nasi putih, jadi pasti lapar kalo nggak ngemil yang aman

    BalasHapus
  10. Satu lagi ka, teh hijau murni... btw itu daun inai daun pacar kan ya?

    BalasHapus
  11. Yang paling murah dan mudah didapat itu Ubi Jalar, klo yg lain susah banget buat menemukan di pasar

    BalasHapus
  12. Alam menyediakan yang baik untuk tubuh ya. Bahan-bahan di atas sudah dilirik banyak perusahaan obat untuk dikonsumsi masyarakat penderita diabetes

    BalasHapus
  13. Wah ubi jalar sama daun pacar juga ya? Kalau kulit manggis emang udah lama tahunya. Tapi secang sama pasak bumi belum "mengenali" nih. Hehehe

    BalasHapus
  14. Mamahku juga menggunakan obat herbal seperti beberapa diatas, kebetulan mamahku ada diabetes.

    BalasHapus
  15. Wah, informatif banget nih mba artikelnya. Btw, secara genetik aku punya turunan DBM nih. Biar bisa antisipasi dr sekarang, perlu banget nih dicoba sarannya hehe

    BalasHapus
  16. Diabetes memang penyakit yang banyak ditemukan karena masih kurang sadar untuk menerapkan pola hidup sehat, apalagi dengan kemudahan pesan makanan online dan lezatnya makanan cepat saji yg menggiurkan

    BalasHapus
  17. Wah, aku baru tahu dengan tanaman-tanaman ini. Dulu waktu alm. Bapak masih hidup, bapak sering minum ramuan untuk diabetes. Kayaknya bahan-bahannya memang tanaman-tanaman ini.

    BalasHapus
  18. Kalau gula darah meningkat biasanya makan ubi jalar mbak. Tak hanya itu, biasanya mengurangi konsumsi makanan nasi dan sebagainya.

    BalasHapus
  19. yups bener banget, ubi jalar sebagai pengganti karbohidrat cocok buat panganan orang yang sakit diabetes

    BalasHapus
  20. Daun inai itu yang biasa buat pewarna kuku beneran bisa untuk penyakit diabetes ya? Tepat nih informasinya untuk disebarluaskan

    BalasHapus
  21. Aku baru tau kalo diabetes itu menyerang ke anak2 gara2 kurangnya produksi insulin. Yang aku tau penyebab diabetes itu hanya karena berlebihan mengkonsumsi yang manis2 aja... Huft

    BalasHapus
  22. Aku penyuka ubi jalar eh trnyata bnyak faedahnyaa ya sering bngt aku konsumsi makanan manis2 suka takut sma gula darah

    BalasHapus
  23. akrab banget nih dengan nama wedang secang, ibu saya juga kadang konsumsi, saya sih belum pernah, secara merasa belum butuh, padahal manfaat secara kesehatannya bagus banget ya

    BalasHapus
  24. ternyata lebih baik ubi jalar yak daripada ubi pohon. rasanya juga lebih lembut. pantas saja ayah saya yg pengidap DM kerap menikmatinya

    BalasHapus
  25. Ubi jalar meskipun rasanya manis...aman ya buat diabetesi...Apalagi mengenyangkan..cocok deh buat pengganti nasi..

    BalasHapus
  26. Wah jd inget dulu suka minum air secang wkt kecil ternyata manfaat nya utk diabetes jg ya..

    BalasHapus
  27. Aha baru tahu kalau ubi jalar baik untuk penderita diabetes. Mana gampang diperoleh juga

    BalasHapus