SCRIPT ANTI M1 BL Mencoba Suroboyo Bus Rute MERR - Dee Stories

Mencoba Suroboyo Bus Rute MERR



Akhir-akhir ini kenapa ya saya merasa tarif transportasi online berasa mahal banget ya. Apa ini cuma perasaan saya saja, apa teman-teman juga mengalaminya? Duh ini itu benar-benar berasa lho. Maklum saya setiap pergi selalu menggunakan transportasi online. Saya termasuk orang yang nggak bisa mengendarai kendaraan sendiri. Padahal jarak rumah ke tempat mengajar lumayan jauh.


Naik Suroboyo Bus





Seperti hari ini, saya mendapatkan jadwal mengajar di daerah Gunung Anyar. Jarak dari rumah ke lokasi ngajar 16 km. Ketika saya coba cek lewat aplikasi tranaportasi online, ongkosnya 35 ribu rupiah! Duh berat di ongkos euy...


Maka saya memutuskan naik Suroboyo Bus. Bus kebanggaan warga Surabaya. Bus yang resmi beroperasi sejak tahun 2018 semakin menjadi pilihan warga kota.


Suroboyo Bus terus berbenah, mulai dari menambah jumlah armada, rute bahkan ada juga Suroboyo Bus dengan model bus tumpuk (bus tingkat). Sekarang ada tiga rute yang dilayani oleh Suroboyo Bus :

💠 Rute Purabaya - Rajawali

💠 Rute ITS - UNESA

💠 Rute MERR


Suroboyo Bus Rute MERR



Rute MERR (Midle East Ring Road) adalah rute terbaru dari Suroboyo Bus. Rute ini baru diluncurkan pada bulan Agustus lalu. Rute MERR ini dimulai dari Kenjeran hingga Gunung Anyar.


Rute MERR ini akan melintasi 35 titik pemberhentian. Bus akan melaju sepanjang 27 kilometer. Sayangnya baru ada 4-5 armada bus saja yang melayani rute ini. Ini yang membuat penumpang harus menunggu lama di halte.






Saya belum pernah naik rute ini. Maka saya mencari informasi di instagram Suroboyo Bus. Tetapi saya belum menemukan keterangan untuk rute MERR ini. Saya pun bertanya pada teman-teman di WAG (WhatssApp Grup). Beberapa teman menjelaskan bahwa saya harus 2 kali transit. Dan perjalanan akan menghabiskan waktu 2 jam an, bahkan bisa saja lebih. Wah lumayan lama ya. Tapi berhubung saya ingin mencobanya, ya nggak masalah lah soal waktu tempuhnya.


Nah berhubung rumah saya ada di perbatasan Surabaya dan Sidoarjo, maka untuk naik Suroboyo Bus ini saya harus menuju terminal Purabaya. Dari rumah ke terminal Purabaya saya naik ojek online. Ongkos ojek yang harus saya bayar sebesar empat ribu rupiah.


Saya naik Suroboyo Bus rute Purabaya - Rajawali. Saat sudah di dalam bus, saya memberitahu petugas bahwa saya ingin turun Gunung Anyar. Kondektur bus bilang kalau nanti saya turun di Halte RS Darmo, lalu menunggu Suroboyo Bus rute ITS - Unesa.





Saat akan sampai di Halte RS Darmo, bus rute ITS -Unesa terlihat di depan. Kondektur menghubungi kondektur bis yang di depan tersebut untuk menunggu saya. Ternyata saya ditunggu, tetapi di Halte Basra. Alhamdulillah, akhirnya bus nya terkejar. Saya bisa naik Suroboyo Bus rute ITS - Unesa tanpa menunggu lama di halte.





Tempat transit saya berikutnya adalah Halte Bunderan ITS. Disana saya menunggu Suroboyo Bus rute MERR. Saat tiba di halte Bunderan ITS, saya membuka aplikasi Go Bis. Saya scan barcode yang ada di halte. Dengan begitu saya bisa melihat posisi bus tujuan saya ada dimana.





Beruntung, bus yang saya tunggu posisinya sudah dekat. Bus nya ada di pemberhentian ARH (Arif Rahman Hakim). Setelah sepuluh menit menunggu, bus pun datang. Akhirnya saya bisa segera sampai di Gunung Anyar. Perjalanan saya ke Gunung Anyar hanya menempuh waktu 15 menit. Namun bila di total, dari rumah ke Gunung Anyar saya menempuh waktu 2 jam 10 menit.


Dari halte Gunung Anyar menuju tempat mengajar saya tempuh dengan jalan kaki. Jarak halte Gunung Anyar ke tempat mengajar 500 meter. Perjalanan mengajar kali ini hanya menghabiskan ongkos 4 ribu. Itu pun untuk naik ojek online dari rumah ke Purabaya. Suroboyo Bus nya gratis, karena dibayar dengan botol plastik yang sudah saya tukarkan sebelumnya. Saya hemat 31 ribu rupiah. Mantap bukan?


Hal yang Perlu Disiapkan Saat Naik Suroboyo Bus



Perjalanan saya kali ini sebenarnya sangat nyaman. Bus cukup sepi, AC bus membuat udara di dalam sangat sejuk. Tak terasa panasnya Surabaya.


Sebelum naik Suroboyo Bus rute MERR, persiapkan hal-hal berikut :


💠 Kartu Suroboyo Bus





Dengan kartu ini teman-teman tidak perlu repot membawa botol plastik. Tukarkan terlebih dahulu botol plastik di pos-pos Suroboyo Bus, yang terdapat di  Terminal Purabaya, Halte Rajawali dan Arif Rahman Hakim.


💠 Download Aplikasi GoBis




Download aplikasi GoBis di ponsel. Dengan aplikasi ini kita bisa tahu posisi bus yang kita tunggu.




💠 Bawa Buku





Waktu tempuh yang cukup lama sayang jika dilewatkan begitu saja. Seperti yang saya lakukan tadi, saya membaca buku sepanjang perjalanan saya.


Saran untuk Suroboyo Bus



Secara keseluruhan Suroboyo Bus sangat nyaman. Ada AC nya, bus yang bersih dan petugas yang ramah. Namun ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, yaitu :


💠 Tambah Armada


Dengan semakin banyaknya armada yang beroperasi, maka semakin cepat penumpang mendapatkan bus. Seperti penuturan Dinas Perhubungan Surabaya, idealnya untuk rute MERR ini dibutuhkan 20 armada.


💠 Tambah Rute


Dalam waktu setahun sudah ada 3 rute Suroboyo Bus. Itu adalah sebuah prestasi yang bagus. Harapannya semakin banyak lagi rutenya. Sehingga warga kota Surabaya semakin banyak yang menggunakan Suroboyo Bus. Bukankah bagus bila warg beralih ke transportasi umum?



Inilah cerita saya hari ini. Menikmati perjalanan menggunakan Suroboyo Bus rute MERR. Perjalanan yang nyaman dan murah. Meskipun harus menyediakan waktu yang lama untuk perjalanan. Bagaimana dengan teman-teman lainnya? Apakah sudah pernah naik Suroboyo Bus? Bagaimana pegalaman naik Suroboyo Bus? Saya tunggu ceritanya di kolom komentar ya 😊😊😊

4 komentar

  1. wah bis yang bayar pakai botol bekas itu ada aplikasinya juga ya? keren euy, semoga armada dan rutenya semakin banyak ya, biar orang2 juga ikutan merecycle daripada bayar transportasi lainnya

    BalasHapus
  2. NAik grab jarak dekat masih murmer mbakyu, asal pakai Ovo, sering ada promo gitu.
    Tapi kalau jarak jauh emang mihilll.

    Btw saya eh anak saya pengen banget nih cobain naik bus rute ini, jadi kepikiran besok Sabtu mau ngevent naik ini pulangnya deh hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya, ayo diajak anaknya mbak

      Anak2 klo bilang ini namanya bis tayo, hehe

      Hapus