Cafe di Purwokerto yang Homey & Instagramable : TKP



Purwokerto, ini adalah kali kedua saya berkunjung kesini. Ibukota Kabupaten Banyumas ini terkenal dengan kawasan wisata Baturradennya. Namun kali ini saya akan bercerita pengalaman ngafe di kota yang kental dialek Ngapaknya ini.


Nongkrong di Cafe



Kunjungan saya ke Purwokerto kemarin dalam rangka rapat kerja. Selama empat hari saya ada di kota yang terkenal dengan mendoan nya ini. Hari terakhir sebelum pulang ke Surabaya, saya dan teman ingin bersantai sejenak. Nongkrong di cafe sambil menunggu jam keberangkatan kereta.






Kami memutuskan ke TKP (Teh Kopi Panganan) yang terletak di Jalan Pahlwan no 18 Purwokerto. Cafe ini baru buka beberapa hari yang lalu. Kebetulan saya sudah jatuh cinta pada pandangan pertama dengan cafe ini saat melihat postingan facebook seorang teman. 






Jadi mumpung sedang disini, tak ada salahnya buat mampir. Penasaran bagaimana cafe ini. Soalnya dari penampakan luarnya saja sudah terlihat nyaman gitu.


TKP : Cafe Homey & Instagramable


Dari lokasi tempat kami raker, jaraknya hanya 9 km. Perjalanan 10 menit sudah sampai. Saat kami sampai baru pukul 1 siang. Nampaknya cafe baru buka, karena suasananya masih sepi. Bahkan tulisan "closed" masih belum di copot, hehe.





Cafe dengan warna tosca ini langsung membuat kami ingin segera masuk. Wah, saat masuk ke dalam kami makin terkagum-kagum. Interior dalam cafe benar-benar membuat kami serasa di rumah.




Kursi-kursi berwarna putih, serasi dengan dinding yang di cat tosca. Kursi dan meja di tata seperti yang ada di rumah.








Diatur seperti ruang tamu dan ruang makan yang ada di rumah. 





Hiasan dinding bernuansa alam membuat cafe ini semakin menarik. Berbagai rak yang berisi pot bunga di letakkan di sudut-sudut ruangan. Menjadi perpaduan yang apik, sangat instagramable lah.









Disini cocok untuk ngumpul bareng teman-teman. Ngobrol bareng dengan suasana yang nyaman. Atau untuk sekadar me time juga bisa. Menghabiskan waktu disini dengan membaca buku juga asyik.








Menu di TKP Dari Mendoan Sampai Rice Bowl



Menu di TKP ini sangat beragam. Minumannya selain teh dan kopi juga ada jus dan wedang khas Purwokerto. Pilihan kami untuk memenami siang di Purwokerto adalah teh krisan dan jus jambu. 





Makanannya juga beragam. Mulai dari mie, nasi goreng, rice bowl hingga nasi khas lokal. Ada nasi jagung dan nasi krekel. Sayur juga ada disini, kamu bisa pilih pecel atau kluban. 






Kalau nongkrong di cafe, mungkin lebih cocok makan snack ya. Di TKP juga tersedia beragam snack. Ada roti bakar, kentang goreng, lum yam, mendoan, muntuk dan kacang godog. 






Kami memilih mie goreng, roti bakar dan kentang goreng untuk dinikmati. Oh ya kami juga memesan rice bowl, buat bekal di perjalanan nanti. Rice bowl kebuli menjadi pilihan kami untuk menemani perjalanan Purwoketo - Surabaya. 


Bagaimana dengan harganya? Jangan kuatir harganya ramah di kantong. Harganya mulai dari 6 ribuan lho. Bahkan ada harga khusus buat pelajar yang makan dan minum disini. Oh ya, karena masih dalam rangka promo opening, kami juga dapat harga khusus lho. Pembelian rice bowl mendapatkan bonus roti bakar atau kentang goreng. Pas deh dengan pesanan kami. Untuk semua menu yang kami pesan cukup membayar 59 ribu. 


Lokasi TKP



Biasanya cafe-cafe yang ada di Purwokerto itu lataknya di sekitar kampus Universitas Soedirman (UNSOED). Tapi tidak dengan TKP. Cafe ini terletak di kawasan yang cukup strategis. Tidak jauh dari Stasiun Purwokerto dan kawasan oleh-oleh Sawangan. Cocok banget buat persinggahan wisatawan yang akan kembali pulang ke kota masing-masing. Ya seperti kami ini, setelah puas mencari oleh-oleh di Sawangan, kami rehat di TKP sambil menunggu waktu keberangkatan kereta.


Bagaimana? Lucu kan cafenya? Kalau berkunjung ke Purwokerto jangan lupa mampir kesini ya. 

40 komentar

  1. Lutjuu mbak Dee... Ala² toko home decor gituu... Hehe... Namanya jg unik. TKP, kayak tempat kejadian perkara ya... Cuss kita ke TKP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, klo janjian pas ditanya posisi jawabannya " uda di tkp " hehehe

      Hapus
  2. instagramable buanget ya, tapi kayaknya udah gak asik kalau udah masuk umur cat (sekitar 6 bulan ke atas) warnanya yang biru pastel itu pasti akan berubah.

    BalasHapus
  3. nuansa biru dalam interiornya membuat pengunjung bakalan betah berlama-lama dalam ruangan, apalagi aku jika disuguhkan dengan minuman terenak di lokasi tersebut, auto bertahan lama di lokasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tempatnya nyaman..

      Bakal lebih lama klo ada teman ngobrolnya ya.

      Hehe

      Hapus
  4. mbaa kebetulan besok pagi aou mau ke purwokertooo :D. Ini lg nyariin kuliner2 enak di sana apa aja :D. walopun ga mungkin semua bisa aku coba krn minggu udah balik, tp setidaknya pgnlaaah nyobain kafe atopun tempat2 makan di sana :D. Lucuuu deh TKP ini

    BalasHapus
  5. ya allah puerto rico...
    tahun lalu aku ke sana
    dan emang tempe mendoannya enak banget di sana
    ah kalau ke sana lagi aku pengen ke sini...
    bagus banget tempatnya

    BalasHapus
  6. Salah fokus saya jadi merhatiin raknya tuh hehehe.
    Kebetulan punya satu, jadi mau nambah beli lagi satu ah hehehe...
    Asyik ya kalau ada tempat buat nongkrong yang hati bikin betah dan nyamannn...

    BalasHapus
  7. Suka sama warna toscanya. Purwokerto banyak tempat yang menarik nih kayaknya

    BalasHapus
  8. Beneran homey ya ini mbak, malahan lihat interiornya berasa kalau lagi di rumah. Ini warna kafenya kesukaan aku banget deh, kalau aku sih datang ke kafe modelan gini pasti betah banget. Aku lebih suka berlama-lama di coffee shop daripada di mall.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti enakan di cafe daripada ngemall
      Nggak capek jalan klo di cafe haha

      Hapus
  9. Waaaah tempatnya cocok untuk ngumpul bareng teman-teman apalagi ngobrol bareng dengan suasana yang nyaman dengan banyak spot Instagramable. Bikin betah

    BalasHapus
  10. Cocok nih ... Tempat buat nongki sesama member kumpuk bareng karena suasananya nyaman

    BalasHapus
  11. Shabby Chic banget lucu....desain kafenya. Keliatan banget emang bikin pengunjung jadi nyaman

    BalasHapus
  12. Maau banget pas ke Purwokerto bisa ke kafe ini. OMG berasa banget homenya mbaa. Nyaman banget dan kliatan makanannya enak enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, makanannya juga enak.
      Rice bowl kebuli juaranya

      Hapus
  13. Kirain TKP (tempat kejadian perkara)
    Bisa aja dech,,
    Nggak apa dong ya,kerja sambil memanjakan perut. Kan capek juga kerja
    Ini difoto nuansanya adem banget,jadi berasa di rumah

    BalasHapus
  14. Kampungku deketan sama Purwokerto, dan memang juara banget tempe mendoan disana hehehe

    BalasHapus
  15. Suasanya nyaman ya, aku pernah sekali ke purwokerto walaupun hanya transit hehe

    BalasHapus
  16. Wah rekomended bngt saat jalan2 ke purwokerto msti datang kesini nih tempatnya keceh bngt buat foto2 makananannya juga terlihat enakk bngt

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah main ke Purwokerto tapi kalau ada kesempatan, mau deh main ke TKP :)

    BalasHapus
  18. Makin kreatif yaa...masyarakat disuguhkan dengan suasana nyaman plus pelayanan dan makanan yang super lezat.
    Ada menu kopi-kopi gitu gak, Dee..?

    BalasHapus
  19. Daku pikir TKP adalah Tempat Kejadian Perkara, hihi. Ternyata nama kafe yang nuansa rumahnya berasa banget. Haddeh disiapin kasur mah langsung bobo deh

    BalasHapus
  20. Kafenya emang keliatan kyk rumah yaa nyaman. Warna tosca jd tema utama kafe ini.
    Harga makanannya cukup miring yaaa. Kapan2 mau ke sana ah, kebetulan suamiku dulu kuliah di PWT

    BalasHapus
  21. Singkatannya unik Mbaak hehe kalo dilihat dari foto2nya wmangbhomey banget yaah. Harganya pun sangat terjangkau, apalagi ada bonusnya😍

    BalasHapus
  22. Wah cukup terjangkau juga ya mbak harganya. Semua itu cuman keluar 59rb ajaa hehehe. Yang paling enak yang mana?

    BalasHapus
  23. Suasananya homey banget, coba ada kasur sekalian leyeh leyeh cantik. Hihi
    Murah lo sebanyak itu cuma habis 59 ribu.

    Syarifani Mulyana

    BalasHapus
  24. Tempatnya lucu banget mbak, asyik buat nongkrong-nongkrong lucu bareng temen. Harga makanannya juga murah banget..

    BalasHapus
  25. Desain dan pemilihan warna catnya benar2 homey ya mbak bikin yang ngopi berasa lagi di rumah sendiri

    BalasHapus