Perjalanan Menulis di 2019, Tidak Terlalu Produktif Tapi Penuh Keberkahan








Huaaaaa tidak terasa ya sudah mau berganti tahun. Lalu tiba-tiba ada tugas di KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional). Tugasnya lumayan serius euy, bikin skripsi!! Hehe judulnya cukup menyeramkan dan bikin nggak bisa tidur. Tapi sebenarnya isinya itu ya catatan perjalanan menulis selama setahun ini. Hmm macam kaledoskop gitu kali ya.
Jadi baiklah, mari dirangkum. Apa saja yang sudah dialami selama setahun ini. Bagaimana perjalanan menulis di tahun 2019.


Pencapaian di Tahun 2019



Baiklah kita mulai dulu tentang apa saja pencapaian menulis di tahun ini yaaa...
Media Menulis
Sebelum bercerita tentang pencapaian menulis tahun ini, saya mau cerita dulu tentang media menulis yang saya pakai.


BLOG



www.deestories.com



Ini adalah blog TLD pertama saya. Sudah dua tahun menjadi saksi perjalanan saya sebagai blogger. Blog ini jadi ladang penghasilan tersendiri bagi saya.
Tapi tahun ini sepertinya saya kurang produktif. Setahun ini hanya ada 196 artikel yang tayang di blog ini. Kebanyakan artikel bertema lifestyle.


www.humaneducationcentre.com




Tahun 2019 saya memutuskan memiliki satu blog TLD lagi. Blog ini  khusus dibuat untuk mengabadikan praktek pendidikan berbasis fitrah yang keluarga kami terapkan.


Blog ini ber niche parenting. Catatan pengasuhan dan nutrisi anak menjadi topik di blog ini. Umurnya baru setahun, baru ada 36 artikel yang tayang di blog ini.


Kompasiana



Duh saya sudah hampir 2 tahunan lho punya akun di kompasiana. Tapi masih belum bayak artikel yang tayang. Setahun ini saya hanya bisa menghasilkan 47 artikel disini.


Steemit



Steemit juga menjadi media menulis saya. Sudah setahun lebih saya memiliki akun disini. Tapi hanya mampu menghasilkan 12 artikel. Duhhh,, kemana saja saya.


BUKU



Tahun ini juga tahun yang kurang produktif untuk menulis buku. Tidak ada buku solo di tahun ini. Di tahun ini saya hanya mampu menulis 2 buku antologi. Buku antologi saya tahun ini adalah Pada Suatu Ramadhan dan Bahagia dengan Komunikasi Efektif.





Prestasi di Tahun 2019



Meski kurang produktif, menurut saya tahun ini adalah tahun yang paling membahagiakan. Menjadi lompatan prestasi tersendiri sepanjang karir penulisan saya.


Prestasi-prestasi yang saya raih di tahun ini adalah :


1. Cetakan Ketiga Buku Solo






Buku solo naik cetak, buku solo pertama saya yang berjudul "Ibuku adalah Sekolah Terbaikku" naik cetak lagi di tahun ini. Tahun ini masuk cetakan ketiga. Alhamdulillah di cetakan ketiganya terjual 1505 eksemplar. Jika di total sejak cetakan pertama hingga ketiga adalah 3805 eksemplar. Sebuah pencapaian yang lumayan untuk saya yang pemula ini.


2. Runner Up Lomba Blog Pendidikan Keluarga Kemendikbud



Menjelang akhir tahun datang kabar bahagia. Betapa tidak, saya menjadi pemenang kedua lomba blog pendidikan keluarga yang digelar oleh kemendikbud. Berulang kali ikut lomba blog nggak pernah menang. Sekali menang, dapat juara dua dan lombanya berskala nasional.


Kemenangan ini memberikan kesempatan pada saya untuk menginjakkan kaki di ibukota. Membuat saya merasakan lagi naik pesawat dengan maskapai terbaik, hehe.





Ini prestasi yang luar biasa. Saya bisa menyusihkan ribuan karya yang masuk. Bahkan banyak juga para jawara lomba yang ikutan. Tapi alhamdulillah, artikel saya yang berjudul "Jangan Bingung, Ini Dia Tujuh Langkah Sederhana Menerapkan Pendidikan Literasi Keluarga" mampu menyabet juara dua.


Tak hanya menerima trofi dIan hadiah jutaan, lomba ini membuat saya bisa bertemu dengan finalis lainnya. Kami bisa saling bertukar cerita dan pengalaman menulis. Sungguh hal yang luar biasa.


3. Menaklukkan Tantangan Menulis



Tahun ini juga cukup membanggakan. Di tahun ini saya berhasil menaklukkan tantangan menulis selama 30 hari berturut-turut dari dua event yang berbeda. Saat ramadhan saya bisa mengikuti dua tantangan menulis tiap hari tanpa putus. Yaitu event 30 Hari Berbagai Kebaikan bersama BPN (Blogger Perempuan Network) dan Kisah untuk Ramadhan bersama Kompasiana.


4. Job Blogging



Tahun 2019 bukan tahun yang rame untuk job blogging. Hanya ada 10 sponsor post dan 3 content placement di tahun ini. Juga ada 7 klien untuk buzzer di sosial media.


5. Raport Klip



Lalu bagaimana raport saya di KLIP tahun ini? Hmm,, karena tahun ini saya kurang produktif, maka raportnya pun tak sebagus tahun lalu.


Dari 12 bulan saya hanya sekali meraih badge You're Execelent (YE). Bahkan di bulan maret saya tak dapat badge. Selebihnya saya hanya meraih badge You're Good.


6. Sharing Kepenulisan






Tahun ini saya juga mulai memberanikan diri menjadi narasumber dalam bidang penulisan. Tahun ini ada dua kulwap menulis yang saya isi.




Target Menulis 2020






Kini saatnya menentukan target menulis di 2020. Beberpa target yang saya buat :


1. Menulis dua buku solo



Saya ingin menghasilkan dua buku solo di tahun ini. Rencana akan diterbitkan di bulan April dan Desember 2020. Dua-duanya sebenarnya sudah saya susun di tahun ini. Hanya tinggal merampungkan saja. Semoga benar-benar rampung di tahun 2020. Sebab sudah ada penerbit yang menunggu.


2. Menulis 5 buku antologi



Saya juga ingin tetap produktif menulis buku antologi. Paling tidak ingin menghasilkan 5 buku antologi. Sudah ada 2 naskah yang siap sih, jadi semoga bisa mencapai target.


3. Menang lomba blog



Saya juga ingin ikut berbagai lomba blog. Paling tidak berharap di tahun 2020 bisa memenangkan 5 lomba blog. Semoga terwujud, amin.


4. Konsisten menulis



Pengennya tahun 2020 benar-benar bisa one day one post. Satu hari satu tulisan. Menulis di semua blog yang saya miliki. Di isi rutin semuanya, termasuk Kompasiana dan Steemitnya.


5. Aktif di KLIP & IIDN



Tahun depan saya ingin terlibat aktif di dua komunitas penulisan. Selain KLIP saya juga ingin aktif di IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis). Harapannya dengan aktif di komunitas penulisan, bisa menjaga semangat saya untuk terus menulis. Juga bisa semakin menambah skill dan pengetahuan menulis saya.


6. Penggagas Rumbel Literasi



Tahun 2020 saya sudah tidak menjadi pengurus regional IP Surabaya Raya. Maunya aktif di rumbel (rumah belajar) saja. Ingin bisa menggagas lahirnya rumbel literasi di IP Sidoarjo. Rumbel literasi sudah dinanti oleh banyak member IP Sidoarjo. Semoga saya bisa mewujudkannya.


7. Berbagi Ilmu Kepenulisan


Sebagaimana tema IP 2020  "Semesta Karya", saya juga ingin banyak berbagi di tahun depan. Ingin bisa banyak berbagi ilmu kepenulisan. Baik lewat kulwap ataupun talkshow.


Rencana Menulis 2020



Setelah menulis target, pasti harus menyusun rencana agar semua target tercapai. Rencana menulis di tahun depan adalah :


1. Bikin Tema



Biar nggak bingung mau nulis apa setiap harinya, maka saya berencana akan membuat tema menulis setiap bulannya. Kalau bisa ya jumlah tema sebanyak jumlah hari. Biar bisa mencapai target one day one post.


2. One Week One Book



Biar menulisnya lancar, tentu harus banyak membaca. Di rumah bahkan masih banyak buku baru yang belum tersentuh. Duhhh... 😥


3. Rajin Blogwalking



Biar skill ngeblog makin terasah, maka saya harus rutin blogwalking. Mencoba mengamati dan belajar dari blog-blog teman.


4. Belajar Skill Baru



Saat memutuskan menjadi seorang blogger, tentu tak hanya modal kemampuan menulis saja. Saya butuh beberapa skill lain yang mendukung. Mulai dari fotografi, videografi sampai SEO. Saya ingin di tahun 2020 mempelajari keterampilan-keterampilan lain yang mendukung pekerjaan saya sebagai seorang blogger. 





Baiklah mungkin ini yang bisa saya ceritakan. Pencapaian  menulis di 2019 membuat saya bersyukur. Semoga tahun depan akan lebih baik lagi. Semua target bisa tercapai. Amin...
Bagaimana denganmu? Apa resolusi menulismu di tahun 2020? Share yuk...







18 komentar

  1. Hallo mbak, steemian juga ya hahaha
    Jumpa lagi nih, saya baru ngeblog betulan, blm sebulan. Moga konsisten hehe

    BalasHapus
  2. Wah 196 tulisan? Hebat bangett

    Belum lagi kompasiana dan Buku

    Jadi pingin bikin resolusi juga ah

    BalasHapus
  3. Salam kenal mbak. Ternyata saya berjumpa dengan senior dalam menulis, banyak pencapaian mbak yang menurutku keren! senang bisa berjumpa walaupun hanya dalam dunia maya, hehe.

    BalasHapus
  4. Pencapaian luar biasa. Tidak ada seujung kukunya dibandingkan saya mah. Semoga resolusi dan rencana 2020 nya tercapai ya Mbak. Amin...

    BalasHapus
  5. What a GREAT achievement!
    Keren Mbaaa
    Masya Allah TabarokAllah
    semogaaaa makin berkontribusi optimal yaaa

    BalasHapus
  6. Wiih, capainnya keren mba, tulisannya menginspirasi nih, jadi pemacu agar konsisten nulis.

    BalasHapus
  7. Pencapaian yang sangat luar biasa dibidang kepenulisan, mba. Salut.
    Semoga resolusi 2020 tercapai semua dan semangat menulisnya juga bisa tertular sama sy yg membaca ini.

    BalasHapus
  8. Mbak 😭 luar biasa, aku jadi minder.. aku jauh dari kata produktif. Harus banyak belajar dan lebih rajin nulis lagi ini, ada keinginan menambah blog TLD juga di tahun akan datang. Sukses terus buat mbak 🤗

    BalasHapus
  9. Wow.capaian yang luar biasa mbak!

    Rangkumannya juga keren. Saya ngga punya catatan berapa job conten placement dan berapa job buzzer/endorse hehee..menginspirasi, mungkin mulai tahun depan berusaha lebih tercatat..

    Congrats again mba. You're inspiring!

    BalasHapus
  10. Masya Alloh, berkah ya mba.
    Banyak karya yang sudah dihasilkan dari menulis.
    Pingin bisa seperti mbanya.
    Makasih mba, sudah menjadi inspirasi buat saya :)

    BalasHapus
  11. Semangat mbaaa. Aku juga perlu lebih giat lagi nih di tahun 2020.

    BalasHapus
  12. Ngos-ngosan bacanya Mba, kereeennnn maksimal!
    ingin kuketularan sedikit aja semangatnya hahaha.
    Saya agak kendor di 2019 ini, target tidak tercapai, karena sungguh waktu tidak memungkinkan.
    Kereeenn maksimaal, semoga tercapai ya Mba resolusinya :)

    BalasHapus
  13. Keren bgt mba bnyak nulis di berbagai platform, jauh banget sm saya yang hanya di 2 blog, jd pengen bikin resolusi jg nih buat thn depan biar lebih aktif

    BalasHapus
  14. Keren nih mbak Dian kaleidioskop dalam bidan tulis menulis. Semoga di tahun yang akan datang semakin berkibar

    BalasHapus
  15. Pencapaian yang luar biasa, semoga resolusi tahun 2020 tercapai, amin ya robbal alamin

    BalasHapus
  16. Masyaallah keren mbanya, bisa nulis di berbagai platform, blognya ada dua yang TLd dan berjalan kedua-duanya. Selamat atas kelahiran buku solonyanya mbak. Semoga rencana 2020nya tercapai semua ya ��

    BalasHapus
  17. Keren banget mbak rajin bikin review pencapaian kegiatan kek gini. 2020 bahkan udah ada resolusi mau ngapain. Semoga tahun depan pencapaiannya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya ya mbak aamiin

    BalasHapus
  18. Pengalamannya sangat berharga sekali ya kak untuk pribadi, sekaligus buat para pembaca blog ini

    BalasHapus