Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Cari Duit dari Ngeblog







Halooo....
Kali ini saya mau cerita pengalaman cari duit dari blog. Meskipun baru dua tahun ini serius ngeblog, tak ada salahnya saya berbagi pengalaman menghasilkan duit dari blog. Buat newbie macam saya ini, penghasilan ngeblog yang di dapat selama ini sudah cukup lumayan lah. Meski tak sebanyak para bloggergram tetap harus disyukuri.



Why Blogging




"Why Blogging?" Ya, pertanyaan tersebut sering saya terima. Apa sih yang membuat saya memilih menulis di blog? Kenapa saya nggak fokus nulis buku saja?






Hmm ada empat alasan mengapa saya menulis di blog.






💠 Hobi

Menulis sudah menjadi hobi saya sejak dulu. Kalau dulu tulisan lebih banyak di buku tulis sekarang beralih ke blog.


💠 Tempat Curhat

Kalau dulu waktu SD sampai kuliah curhatnya di buku diary, sekarang beralih curhat di blog. Menuliskan pengalaman harian di blog. Kebanyakan blog saya berisi catatan pengasuhan. Bagaimana cerita saya sehari-hari dalam membersamai anak-anak.


💠 Asah Skill

Menulis di blog menjadi sarana berlatih bagi saya. Dengan rutin menulis di blog, skill menulis saya semakin terasah. Ini yang nantinya dapat memudahkan saya menulis buku.


💠 Eksistensi

Tak dapat dipungkiri, menulis di blog juga menjadi sarana eksistensi diri. Setelah memutuskan menjadi full time mom, blog membantu saya untuk tetap bisa eksis meski dari dalam rumah.



Manfaat Blogging



Selain mendapatkan penghasilan, sebenarnya ada juga manfaat lain yang bisa kita terima saat ngeblog.


Pertama, nambah teman. Ya, sejak jadi blogger tentu lingkaran pertemanan saya semakin luas. Saya bisa kenal dengan blogger-blogger lainnya. Tentunya ini menjadi kesempatan yang baik buat saya yang newbie ini. Saya bisa banyak belajar dari blogger-blogger senior. Pengalaman dan ilmu mereka jauh lebih banyak dari saya.






Kedua, nambah skill. Ngeblog itu nggak hanya soal nulis. Tapi juga butuh sklill lain yang mendukung. Mulai dari fotografi, videografi sampai desain. Dimana semua skill tambahan tadi semakin memperkuat konten yang kita tulis di blog.


Ketiga, networking. Blogging membuat kita bisa memperluas networking. Tak hanya bertemu dengan sesama blogger, tapi juga bertemu klien.


Keempat, get the money. Lasy but not least, pastinya dari blog bisa mendatangkan penghasilan tersendiri.


Cara Dapat Duit dari Blog



Lalu pertanyaannya sekarang, bagaimana caranya agar bisa dapat duit dari blog. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar blog menjadi ladang penghasilan bagi kita. Beberapa diantaranya sudah pernah saya lakukan.


1. Product Review

Product Review menjadi cara bagi seorang blogger dalam mendatangkan pundi-pundi. Disini blogger berkewajiban mengulas sebuah produk. Biasanya produk dikirim dari klien, ada juga yang harus beli sendiri tapi nanti akan diberi ongkos pengganti.


2. Event

Meliput acara juga bisa menjadi cara blogger mendapat penghasilan. Tugas blogger disini meliput jalannya acara, ya macam wartawan gitu lah. Bedanya hasil liputan kita tulis di blog.






3. Sponsor Post

Saya juga pernah mendapat tawaran kerjasama dari klien dalam bentuk sponsor post. Disini saya berkewajiban menulis tentang produk dari sponsor. Juga menanamkan link di blog saya. Link tersebut nanti akan mengarah ke web klien.


4. Content Placement

Content placement ini artinya kita menayangkan tulisan yang sudah di buat oleh klien. Jadi tugas kita tinggal posting saja di blog.


5. Afiliasi Marketing

Afiliasi marketing ini artinya kita memasang link afiliasi produk di blog kita. Nanti link tersebut bisa mengarahkan pengunjung blog ke web afiliasi. Ada banyak web afiliasi ini mulai dari Lazada, project.co dan lain sebagaianya. Jujur saya belum punya pengalaman melakukan pekerjaan afiliasi marketing ini.


6. Lomba

Mengikuti lomba blog juga bisa menjadi cara dapat duit dari blog. Jujur baru 2x saya menang lomba blog. Pertama, jadi juara harapan kontes blog Boromon yang diadakan oleh Blogger Perempuan. Kedua, menjadi runner up lomba pendidikan keluarga yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.






7. Digital Product

Kita juga bisa menjual digital product di blog. Kebanyakan produknya berupa ebook. Saya juga belum pernah mengerjakan digital product.


8. Google Adsense

Google adsense adalah program periklanana online yang dimiliki oleh google. Kalau baca blog ada iklan-iklan itulah yang dinamakan google adsense. Untuk bisa mendapat google adsense, blogger harus mendaftar terlebih dahulu. Silahkan kunjungi laman google adsense.








Optimasi Blog

Agar bisa mendapatkan pundi-pundi dari blog tentu ada syaratnya. Pastikan kamu sudah melakukan optimasi blog. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi blog adalah :






1. Blog TLD

Blog TLD menjadi syarat utama kalau mau dapat duit dari blog. Kebanyakan klien hanya mau bekerjasama dengan blog TLD. TLD itu singkatan dari Top Level Domain. Blog TLD adalah blog dengan akhiran .com, .net, .info dan lain sebagainya.


2. Label Job Review

Buat satu label khusus di blogmu yang menandai bahwa artikel yang ditulis adalah artikel job review. Ya ini bisa dikatakan sebagai portofolio blog. Semakin banyak artikel dengan label job review, semakin banyak jam terbang. Ini bisa menjadi bergaining tersendiri saat diajak kerjasama oleh klien.


3. Tingkatkan Traffic

Agar blogmu semakin "menjual" tingkatkan trafficnya. Mau nggak mau belajar SEO. Biar traffic blog naik.


4. Tingkatkan DA/PA

Biasanya saat ada tawaran kerjasama, klien selalu menanyakan DA/PA blog kita. Makin tinggi DA/PA makin luas kesempatan kita dalam mendapatkan job blogging.


DA adalah Domain Authority, artinya ukuran kualitas sebuah domain. DA ini menentukan peringkat website di search engine. DA dilihat dari usia domain, popularitas domain dan konten domain.


PA adalah Page Authority , artinya probalilitas sebuah website untuk dapat ditemukan oleh search engine.


Cara Dapat Job Blogging

Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa optimal mendapatkan semua kesempatan cari duit dari blogging? Sejauh ini ada dua cara yang saya lakukan.


1. Branding

Kalau mau dikenal sebagai blogger, tentu kita harus membranding diri kita. Branding ini bisa kita lakukan melalui postingan sosial media. Jika kita konsisten branding melalui sosial media, kita bisa juga dilirik oleh klien.


Pengalaman saya ada klien yang langsung mengajak kerjasama dengan melihat postingan di instragam saya.


2. Bergabung dalam komunitas

Pekerjaan sebagai blogger itu pekerjaan yang sangat membutuhkan networking. Dengan bergabung dalam komunitas blogger, kita akan mendapat berbagai tawaran kerjasama.


Beberapa komunitas blogger yang saya ikuti antara lain Blogger Perempuan (HIIP Asia), BCC , BLITZ , MBC dan Blogger Crony. 



Begitulah cerita saya dalam mencari duit dari blog. Bagaimana dengan teman-teman? Apa saja yang sudah dilakukan untuk bisa cari duit dari ngeblog? Sharing yuk di kolom komentar 😘😘




Referensi :



1. Ratri, Carolina. 2015. Blogging : Have Fun and Get The Money. Yogyakarta : Stilleto Book
2. Aridna, Indri. Cara Menghasilkan Uang dari Blog. https://www.indriariadna.com/2019/06/menghasilkan-uang-dari-blog.html

74 komentar

  1. Selalu angkat topi kepada para ibu rumah tangga yang meski sibuk dengan urusan pekerjaan baik di rumah maupun ibu bekerja lainnya tetapi tetap aktif ngeblog. Meski hanya di rumah saja bukan berarti perempuan tidak bisa menghasilkan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak..
      Ibu rumah tangga itu, stay at home & earn money

      Hapus
  2. Lengkap banget ulasannya mbak..

    Buat saya nge blog jadi satu aktivitas yang membuat saya merasa lebih "berarti"

    BalasHapus
  3. Wah baru 2 tahun udah lengkap banget, selamat ya
    Semoga sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih newbie mbak, butuh banyak belajar juga

      Hapus
  4. Keren juga nih info2 nya. Makin samangat buat ngeblog. Aku br 1 bulan hehe

    BalasHapus
  5. Ini mah udah blogger kereeen mom 😊. Lengkap banget infonya mom. Mesti belajar lagi nih buat blogging supaya bisa nambah pemasukan. Thanks artikelnya mom.

    BalasHapus
  6. Saya awal ngebloog 2010 dengan platform gratisan Wordpress yang masih ada sampai skrg.
    Sempat beberapa kali berhenti tapi, menulis memang kebutuhan saya sih sebagi theraphy jadi belum sampai =jadi sumber penghasilan. Kalau dapat materi dari ngeblog menjadi bonus. Hal paling berkesan selain mendapatkan materi dari ngeblog ya ke networking.

    BalasHapus
  7. Hal ini sudah aku lalukan tinggal menunggu hasilnya, maklum newbie hehe

    BalasHapus
  8. waaah lengkap serba serbi cari duit dari ngeblognya...

    BalasHapus
  9. makin semangat blogging aku jadinya kak.. aku juga belum setahun ngeblog dan alhamdulillah juga sudah bisa menghasilkan dari sini. biarpun sedikit-sedikit tapi lumayan lah..

    BalasHapus
  10. Informasi yang menarik. Iya mbak, jadi blogger sekarang menguntungkan. Alhamdulillah, aku sering dapat job artikel placement dan juga sering menang lomba blog. Rasanya senang banget dapat penghasilan dari sebuah hobi. Semoga kita sukses terus ya mba.

    BalasHapus
  11. be a blogger sekarang banyak digandrungi karena tau nya menghasilkan uang yah hehe padahal ga tau juga kan banyak hal yang perlu dipelajari selain sekedar nulis saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, byk keterampilan lain yg harus dikuasai

      Hapus
  12. Untuk optimasi aku masih butuh perjuangan nih biar bisa dapat job dari blog, termasuk menjadikan blogku TLD dan menaikkan skor DA PA nya

    BalasHapus
  13. Memang menyenangkan terjun ke dunia blog ini, sangat banyak manfaat yang didapatkan yg awalnya hanya sebuah hobi 🤗 selain dapat uang aku juga bisa dapat banyak teman dari berbagai kota/pulau di Indonesia dan menjalin persahabatan.

    BalasHapus
  14. Keren banget, Mba. Baru dua tahun tapi sudah oke punya, nih! Tulisannya lengkap dan sangat mencerahkan. Semoga banyak yng terinspirasi untuk serius blogging, ya, Mba. ������

    BalasHapus
  15. Wahh jadi makin terinspirasi deh.. semangaaattt terus nge-blognyaa

    BalasHapus
  16. Saya masih dalam tahap belajar, semoga kelak dapat menghasilkan uang juga dari dunia blogging. Terima kasih sudah mau berbagi informasi, Mbak.

    BalasHapus
  17. Usia blog saya sudah cukup lama. Lebih dari tujuh tahun, Ibarat anak, sudah waktunya masuk SD, hihihi. Tapi, saya baru mulai menulis secara serius di pertengahan tahun 2018. Itu pun belum konsisten sampai saat ini. Kalau pekerjaan kantor penuh, urusan anak banyak yang harus diselesaikan, kerap kali saya sudah terlalu lelah buat menulis.

    Tapi, dalam kondisi menulis belum konsisten tersebut, tetap lho beberapa kali mendapatkan tawaran pekerjaan, baik berupa sponsored post, product review, maupun content placement. Gimana kalau konsisten, coba? InsyaAllah lebih banyak lagi.

    Kalau lomba, masih jarang ikutan. Rasanya tuh penuh persiapan matang sekali kalau mau ikutan blogging competition. Alasannya ya memang benar. Blogging itu bukan hanya menulis, tapi mesti dikombinasikan dengan kemampuan pengambilan gambar dan desain juga. Kalau karyanya standar, agak gimana gitu mau ikut lombanya, hahaha ...

    BalasHapus
  18. Nice article Mbak Dee.. sepertinya harus lebih rajin lagi nih saya ngeblognya hihi.. secara saya part time blogger, ada tugas utama yg menanti minta diselesaikan dulu. tp kl pas dpt transferan dr brand seneng banget sih hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, sama kok mbak..
      Yuk sama sama konsisten di 2020

      Hapus
  19. Aku juga udah merasakan panen duit dari ngeblog. Tapi khusus dari afiliasi aku malas nyoba, digital produk juga belum pernah. Thanks for sharing ya mba, makin banyak yang bisa dilakukan dengan ngeblog, emak jadi punya penghasilan tambahan, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..
      Klo kita fokus dan konsisten malah makin banyak

      Hapus
  20. Aku newbie nih mba baru banget berapa bulan ini serius ngeblog, jaman dulu punya multiply dan blogspot tapi sudah wassalam entah kemana. Dan skrg, bener banget blogging kalo diseriusin jd nambah skill naikin DA PA, belajar maintain dan coding juga. Daaaan, yang aku suka nambah networking lewat komunitas dan dpt kesempatan dtg ke event2 keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, paling asik tu saat meet up sama teman teman blogger

      Hapus
  21. Saya masih di level nulis blog buat curhat dan pelampiasan hobi meski cukup lama menulis. Inginnya sih, dapat duit juga. Tapi memang prosesnya tak semudah itu ya. Nge blog itu sebuah perjalanan panjang juga untuk sampai ke tahap menghasilkan duit. Mudah-mudahan saya segera bisa menyusul Mba Dee. Tulisan mbak Dee keren, selalu suka bacanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ya..
      Yuk saling menyenangati :)

      Hapus
  22. Bener banget nge blog bisa menghasilkan uymang, yg penting kita update setiap hari minimal 1 tulisan tayang di blog

    BalasHapus
  23. Wah aku jd flash back ke tahun di mana aku mulai mendapatkan penghasilan dr ngeblog, dimulai dr job receh yang dapat 100 rb per tulisan, lalu ke event, lomba, dll hahaha gak kerasa. Tapi kdng ku kangen masa lalu jg di mana bisa ngeblog retjeh xixixixix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,,,
      Sekarang da jadi bloggergram ya..
      Mau berguru sama mbak April :)

      Hapus
  24. Keren mbak. Saya udah 5 tahun ngeblog alhamdulillah pernah beberapa kali dapat uang dari ngeblog. Karena emang nggak terlalu diniatin juga sih buat nyari duit, hehehe. Paling susah GA buat saya. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih harus banyak belajar saya mas..
      Iya awalnya ya nulis aja, klo dpt duit ya itu bonusnya lah, hehe

      Hapus
  25. Wah ini check list penting nih. Aku sdh melakukan beberapa. Yang belum adsense (belum tembus) hiks. Sekarang lagi ngerapihin broken link biar DA bisa naik. Masih banyak peer nya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,, aq juga ini lagi bersih2 , broken link

      Hapus
  26. infonya banyak banget dan komplit...satu persatu aku harus benahin juga blog aku. yg sudah2 cuma bisa nulis, posting dan publish. ga ngerti harus diapain lagi blognya.

    BalasHapus
  27. Salut am mbak dian yang ngeblogny rajin banget nih. Saya kapan2 mau diajarin berburu job ya mbak. Pemula nih. Huhu

    BalasHapus
  28. Kalau saya blogger awalnya cuma iseng dan sering jalan-jalan. Tapi lambat laun tergiur juga buat cari tambahan income. Semoga rezekynya makin nambah ya mba.

    BalasHapus
  29. Wahh selamat ya mbak, sudah pernah menang ngeblog. Tips dan ulasannya penting banget.
    Makasih sdh sharing mb

    BalasHapus
  30. Dapet duit dari blog itu menyenangkan sekali mbak, selain itu bisa nambah banyak hal seperti yang ditulis diatas. Cuma sayangnya gak banyak yg tau profesi ini, bahkan saya kerap dipandang sebelah mata krn gk keliatan gaya,punya seragam dsb, tiap hari mainan hp terus.

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah bisa ngeblog sekaligus mendapat job review yah mba, memang butuh effort juga namun selalu semangat. Semoga tahun depan selalu keberlimpahan cuan dari blog yah :D

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah, Review produk, SP dan CP udah pernah merasakan kak, tapi sayang udah beberapa kali ikut lomba tapi g pernah menang. Semangat ini jadi ikut menurun :(

    BalasHapus
  33. Just got my first job as a blogger this month! Yeay..! Alhamdulillah..

    BalasHapus
  34. Awalnya aku ngeblog juga cuma buat tempat curhat aja. Skrg udah diseriusin. Komunitas yg paling berharga sih. Krn kita bisa belajar bnyk dari blogger pro yg udah malang melintang di dunia perbloggeran. Aku juga bljr bnyk ttg menaikkan DA/PA dan diet Spam Score baru2 ini. Udah mulai serius aku tuh.

    BalasHapus
  35. Saya juga ngeblog diawali karena suka menulis, Mbak Dian. Makanya awal-awal itu, blog saya gunakan untuk menyimpan tulisan saya saja. Akhirnya lama-lama bisa juga dapat penghasilan dari blog. Hanya ternyata.. saya belum memberi label khusus job. Jadi labelnya masih campur dan asal saja. Wah harus saya benahi ya, Mbak. Terima kasih sharing kerennya, Mbak Dian.

    BalasHapus
  36. Saya dulu ngeblog emang karena suka aja dari tahun 2005 dan makin manteb dari 2008 ketika anak lahir ingin aja nulis semua ttg anak, eh keterusan dan keasyikan deh nulis blog sampai akhirnya menghasilkan, alhamdulillah.

    BalasHapus
  37. Keren. Udah 2 tahun sudah sejauh ini. Saya masih mentok di sponsored post sama content placement, sementara event belum bisa karena kebanyakan weekday. Semoga blog saya semakin berkembang. Begitu juga dengan mba. Aamiin.

    BalasHapus
  38. Wahhh bisa banget yaaa. Kudu banyak belajar sih memang. Orientasi di awal harus dijaga

    BalasHapus
  39. Pertama jadi blogger ya ini. Krn lihat suamiku yg juga blogger sering dapat penghasilan tambahan dari blognya

    BalasHapus
  40. Ternyata blog bukan hanya menjadi media untuk bercerita dan lain sebagainya, namun juga bisa mendapatkan penghasilan dari sini. Terimakasih informasinya mbak.

    BalasHapus
  41. Di era ini, blog memang sangat menghasilkan. Saya yg belum pernah dapet dari event, digital product sama aviliasi. Di daerah jarang sih ada event-event yang mengundang blogger.

    BalasHapus
  42. Aku nulis blog awalnya juga karena hobby kak, lama-lama kepikir juga, gimana dapet duit dari hobi kita ini

    BalasHapus
  43. iya, duit dari ngeblog ini jadi bonus buat aku
    menyenangkan
    dari hobi jadi duit
    alhamdulillah....

    BalasHapus
  44. Alhamdulillah gak nyangka juga dlu hanya sekedar hobi eh skrg jadi ladang mencari tambahan yang cukup menjanjikan.

    Semua point udah kucoba kecuali affiliate karna emang gak tertarik aja. Hehe

    BalasHapus
  45. Hobi yang "menghasilkan", jadi sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.
    Jadi hobinya engga sekedar hobi aja, tapi ada manfaatnya.

    BalasHapus
  46. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi :)

    BalasHapus
  47. Dulunya sih aku jadiin blog sebagai tempat curhat, tapi lama-lama malah ikutan pengen cari duit di blog. dan ternyata susah ya, kirain mudah.

    BalasHapus