SehatQ : Aplikasi Kesehatan Andalan Keluarga





SehatQ : Aplikasi Kesehatan Andalan Keluarga - Anak adalah segalanya. Tumbuh kembang anak menjadi perhatian utama saya. Sebagai seorang ibu, tentu saya ingin anak saya tumbuh dengan baik. Namun, akhir-akhir ini ada yang membebani pikiran saya. Ini tentang berat badan si bungsu. Akhir-akhir ini berat badannya sudah naik. Bahkan kadang malah turun. Saya pun panik!






Saya ingin membawanya ke dokter. Tapi saya bingung, harus di bawa ke dokter apa. Dokter spesialis anak kah? Apa dokter tumbuh kembang? Atau mungkin dokter ahli gizi. Beruntung saya teringat dengan SehatQ, salah satu aplikasi kesehatan terbaru yang sudah saya download sebelumnya. Disini saya bisa tanya dokter langsung. Kebingungan saya akan mendapatkan jawabannya.


Konsultasi dengan Dokter



Berhubung saya sudah punya akun di SehatQ, saya bisa langsung menggunakan layanan chat dokter dari SehatQ. Setelah masuk fitur chat dokter, saya pun melakukan pendaftaran konsultasi online. Saya mengisi data diri, keluhan yang saya hadapi dan informasi tambahan lainnya. Setelah semua data lengkap, maka konsultasi online pun dimulai.





Saya terhubung dengan dr. Zulham Effendy. Tak menunggu lama, saya bisa segera chatting dengan dokter. Saya menjelaskan riwayat awal Aluna. Mulai dari berat badannya saat lahir, usianya kini hingga kebiasaannya yang kadang-kadang menolak makan. Dokternya sangat interaktif, menanggapi dan memberikan penjelasan secara rinci.









Menurut dokter Zulham, Aluna anak yang aktif. Jadi perlu lebih banyak asupan makanannya. Berat badannya memang kurang, harus ditingkatkan. Tapi saya tidak perlu panik.


Beberapa hal yang harus saya lakukan agar bisa menaikkan berat badan Aluna adalah


💠 Menambah asupan gizi pada makanannya. Berikan makanan dengan gizi seimbang.


💠 Beri susu.
Ini sudah saya lakukan sih, Aluna selalu minum susu sapi segar setiap harinya.


💠 Beri Multivitamin

Berikan multivitamin, khusunya yang mengandung temulawak. Mungkin ini nanti akan bisa menaikkan nafsu makannya.


💠 Lakukan Screning

Kunjungi dokter tumbuh kembang anak. Agar dokter bisa melakukan screning tentang tumbuh kembang anak.


Di SehatQ, kita bisa melakukan konsultasi online dengan dokter maksimal 30 menit. Tapi ingat, fitur ini bukan menggantikan peran dokter ya. Kita tetap perlu mengunjungi dokter secara langsung, untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sebagaimana saya yang harus membawa Aluna ke dokter spesialis tumbuh kembang.


Tentang SehatQ



SehatQ adalah sebuah perusahaan rintisan ( start up) yang bergerak di bidang kesehatan. SehatQ ini didirikan oleh Linda Wijaya, master industrial Engineering dari Universitas of Michigan. SehatQ ini resmi diluncurkan pada 25 September 2019. Dibawah naungan Sinarmas.


Kemunculan SehatQ ini berawal dari pengalaman Linda. Saat itu Linda merasakan rumitnya birokrasi layanan kesehatan. Antrian yang cukup lama dan banyaknya prosedural saat mengakses pelayanan kesehatan, menjadi contoh rumitnya birokrask layanan kesehatan. Oleh karena itu SehatQ hadir untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan.


Di SehatQ semua informasi kesehatan akan mudah di dapat. Mulai dari boking dokter, mencari fasilitas kesehatan terdrkat, obat hingga beragam tips kesehatan melalui artikel yang valid.


Fitur  SehatQ



Tak hanya layanan konsultasi online, di sehatQ masih ada beragam fitur menarik lainnya.


1. CHAT DOKTER


Ini adalah fitur unggulan dari SehatQ. Fitur ini pernah saya gunakan. Sebagaimana yang sudah saya ceritakan diatas. Fitur ini bisa membantu kita untuk mendapat pertolongan pertama pada setiap masalah kesehatan. Seperti saat saya khawatir akan berat badan Aluna.





Tak perlu khawatir saat menggunakan fitur ini. Semua dokter yang ada di SehatQ adalah dokter yang sudah terregistrasi. Dokternya memiliki STR (Surat Tanda Registrasi). Juga sudah tergabung dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia).


2. BOOKING DOKTER



Di SehatQ ini kita tidak akan kesulitan untuk mencari dokter terbaik. Ada 11.501 dokter dengan beragam keilmuannya. Selain itu, kita bisa memilih dokter yang laling dekat dengan tempat tinggak kita. Misalnya, karena saya tinggal di Surabaya maka secara otomatis sistem akan memberikan informasi dokter yang ada di Surabaya.




Dengan fitur ini, urusan booking dokter jadi mudah dan cepat. Tak perlu buang waktu untuk antri di rumah sakit.


3. OBAT





Fitur ini akan membuat kita bisa mendapatkan obat yang aman. Di fitur ini semua informasi yang berkaitan tentang obat diberikan. Mulai dari golongan obat, harga (HET), deskripsi obaf, kemasan, produsen, indikasi, komposisi, aturan pakai, efek samping, kontraindikasi hingga referensinya.


4. RUMAH SAKIT


Di fitur ini kita bisa melihat ada 2349 fasilitas kesehatan. Dimana yang pertama kali ditampilkan adalah fasilitas kesehatan yang terdekat dari tempat tinggal kita.





Fasilitas kesehatan di SehatQ tidak hanya rumah sakit. Tetapi ada juga klinkm, puskesmas, laboratorium hingga klinik spesialis. Seperti gigi dan kulit & kelamin.


5. PENYAKIT





Di SehatQ, kita juga bisa mendapat informasi lengkap seputar penyakit. Ada 13 kategori penyakit yang bisa kita cari tahu. Mulai dari penyakit mata hingga kanker.


6. ARTIKEL


Era digital membuat kita semakin mudah mengakses informasi. Namun di satu sisi juga akan mudah terkena jebakan HOAX. Apalagi, menurut penelitian yang dilakukan Sekretaris Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia, hoax yang paling banyan tersebar adalah informasi kesehatan.




Melalui fitur ini, kita bisa mendapatkan banyak informasi kesehatan yang bebas hoax. Sumbernya valid dan bisa dipercaya. Kategorinya juga beragam. Mulai dari seputar menyusui hingga BPJS, semua disajikan dengan lengkap dan menarik.


7. ACARA




SehatQ juga akan memudahkan kita mengakses acara kesehatan yang sedang berlangsung. Kita bisa melihat beragam acara kesehatan, mulai dari seminar, penyuluhan, olahraga dan lain sebagaianya.


8. PROMO




Fitur ini memudahkan kita mendapat promo-promo kesehatan. Mulai dari promo perawatan, medical check up hingga pencegahan penyakit dari fasilitas kesehatan yang menjadi mitra SehatQ.


Keunggulan SehatQ



Pertanyaannya kemudian, apa sih keunggulan SehatQ dari aplikasi kesehatan lainnya? Banyak!


1. Mudah di Akses



SehatQ itu mudah di akses. Cukup download melalui Playstore ataupun AppStore, segala hal tentang kesehatan akan mudah kita dapatkan.


2. Andalan Keluarga





Aplikasi ini bisa menjadi andalan keluarga dalam memelihara kesehatannya. Cukup dengan satu akun, bisa dimanfaatkan oleh semua anggota keluarga lainnya.


3. Konsultasi Dokter Gratis




Di SehatQ, kita tak perlu mengeluarkan biaya untuk beekonsultasi dengan dokter alias gratis.



4. Mudah Booking Dokter




Di SehatQ kita bisa booking dokter dengan mudah. Bahkan SehatQ ini adalah platform booking dokter terlengkap di Indonesia.


5. Bebas HOAX




Semua informasi yang terdapat di SehatQ bebas hoax. Informasi benar dan berasal dari sumber yang bisa dipercaya.


6. Info Obat Lengkap



Diantara aplikasi kesehatan lainnya, informasi obat di SehatQ sangat lengkap. Ini akan membantu kita mendapatkan obat yang tepat, sesuai keluhan yang kita alami.


7. Jaminan Keamanan dan Keselamatan



Salah satu tantangan bagi aplikasi kesehatan adalah keamanan data. SehatQ menjamin semua keamanan data pengguna. Bahkan hasil konsultasi online dengan dokter tidak akan bisa diakses oleh siapapun. Hanya dokter dan pasien yang terlibat konsultasi online saja yang tahu.



Begitulah pengalaman saya saat menggunakan SehatQ. Tugas saya dalam menjaga kesehatan keluarga menjadi lebih mudah sekarang. SehatQ menjadi aplikasi kesehatan andalan keluarga.


Bagaimana denganmu? Sudahkah kamu memakai layanan dari SehatQ? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya 😊😊


Referensi





36 komentar

  1. Ini jenis aplikasi yang pernah kubahas sama istri, Mbak. Pasti bakal seru kalau ada, eh lha kok sudah ada yang bikin wkwkw. Memudahkan banget jadi ga buru-buru ke rumah sakit. Hemat waktu dan uang intinya kan.

    BalasHapus
  2. Dengan tekhnologi semuanya jadi lebih mudah ya kak, aplikasi sehatq ini memudahkan kita untuk mendapat pelayanan kesehatan. Infromasinya lengkap sekali ��

    BalasHapus
  3. Semoga saja layanannya segera tersedia di seluruh Indonesia ya, termasuk untuk janji temu dengan dokter. Karena seringkali banyak waktu terbuang selama menunggu.

    BalasHapus
  4. Penasaran banget mau coba sehatQ, bayangin chat sama dokter langsung, mempermudah banget ya mb, jd lbh mantap kl mau lanjut konsul ke dokter apa di dunia offline. Sehat2 semuanya yaaa

    BalasHapus
  5. Jadi di sehatq ini kita tinggal menyampaikan keluhan, nanti sistem sendiri yang memilihkan kita ditanggapi oleh dokter spesialis apa?

    BalasHapus
  6. Wah jadi kalau sakit nggak perlu bingung. Buka sehatq udah bisa dapat diagnosis awal. Memudahkan ya? Penasaran pengin coba.

    BalasHapus
  7. berkat teknologi pelayanan di bidang kesehatan pun jadi semakin praktis yah..bisa konsul sama dokter via online..nice info

    BalasHapus
  8. Keren ya sehatku jadi semuanya serba mudah gitu,dengan tekhnoligo yang serba konsul aja bisa langsung chat sama dokter ya kak

    BalasHapus
  9. anakku juga sempat sulit naik berat badan. Pas sakit tipes sampai kurus kering. Tapi habis sembuh alhamdulillah napsu makannya jadi oke banget. Tentu disuplai suplement juga sama dokter

    BalasHapus
  10. Birokrasi berbelit saat sakit dan akses layanan kesehatan yang masih kurang membuat aplikasi digital semacam Sehatq ini jadi solusi. Paling tidak akan memberi jawaban akan masalah kesehatan di rumah yang kadang bikn resah.
    Dan aku baru tahu ternyata konsultasi dengan dokternya mudah ya...

    BalasHapus
  11. Dengan aplikasi sehatQ, bisa menghemat waktu ya mom,bisa berkonsultasi terlebih dahulu di aplikasi SehatQ dan di tanggapi oleh dokter. Jd kita tak perlu antri di klinik untuk berkonsultasi.

    BalasHapus
  12. Sudah donk. AKu malah sudah pake fitur chat dokternya. Ya ampun, kooperastif banget dokternya. Rekomen banget dah pokoknya SehatQ ini.

    BalasHapus
  13. Aplikasi kesehatan seperti SehatQ memang perlu banget ya, apalagi untuk ibu-ibu yang mudah panikan sepertiku. Bisa tinggal chat dokter saja kalau ada apa-apa dengan anak yang bikin khawatir. Terimakasih infonya, Di :)

    BalasHapus
  14. Wah.. Aplikasi kesehatan sekarang makin canggih dan berkembang ya. Nambah referensi buat saya nih. Terima kasih sharingnya, mbak dian.

    BalasHapus
  15. Beneran ini aplikasi yang paling penting buat seorang ibu mba dian. Soalnya kalo anak-anak sakit ibu2 suka panik duluan, jadinya supaya gak panik bisa langsung chat sama dokter lewat aplikasi sehatQ

    BalasHapus
  16. Saya juga suka buka SehatQ kalau lagi mencari tentang penyakit, penjelasannya lengkap dengan penyebab dan cara menanganinya :D

    BalasHapus
  17. Akses informasi kesehatan semakin dimudahkan di era industri 4.0 ini ya,Mbak. Sehatq pasti akan banyak membantu masyarakat mengakses informasi kesehatan yang benar berikut pelayanannya.

    BalasHapus
  18. Perkembangan teknologi cukup banyak memberikan banyak manfaat tidak hanya diseputar dunia teknologi tetapi di dunia kesehatan juga. Salahsatu nya aplikasi SehatQ ini. Banyak info bermanfaat yg didapatkan disini.

    BalasHapus
  19. Wahh fitur2nya ini membantu banget mbak buat kita yang misalnya agak jauh dari rs, klinik, atau sibuk karena ngantor. Paling suka fitur booking dokter, jadi ga perlu ngantri, efesien banget yaa, Sehatq mantapp

    BalasHapus
  20. SehatQ ini menjadi andalan banget untuk cari berita seputar kesehatan, karena menurutku lebih lengkap. Apalagi sekarang sudah ada dalam bentuk mobile apps ya.

    BalasHapus
  21. Aku udah unduh aplikasi ini mbak dan memang membantu banget di saat anak-anak kemarin sakit berhari-hari. Cari dokter semakin mudah.

    BalasHapus
  22. SehatQ ini udah jadi rujukan aku dalam nyari referensi apa pun tentang kesehatan. Palingan, belom nyoba fasilitas chat dan booking dokternya. Nanti deh aku coba :)

    BalasHapus
  23. Untungnya sekarang sudah ada aplikasi SehatQ jadi lebih tenang saat butuh bantuan medis darurat ya Mbak, ak juga sudah download aplikasi SehatQ lho

    BalasHapus
  24. Wow...banyak juga yaa...rumah sakit dan dokter yang tergabung dalam platform Sehatq ini.
    Jadi semakin banyak pilihan, semakin tersebar di seluruh pelosok wilayah Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga banyak orang yang teredukasi dengan membaca hal-hal baik mengenai kesehatan melalui platform SehatQ, gak percaya lagi sama broadcast hoax-hoax di luaran sana...

      Hapus
  25. Wah keren dong ini, aku coba download dan pelajari aahh thanks infonya mbak :)

    BalasHapus
  26. Aku juga pakai aplikasi Sehatku, mba. Senangnya dapat banyak informasi yang membantu tau infomasi kesehatan dan jadwal dokter

    BalasHapus
  27. Fitur sehatQ lengkap dan mudah banget. Bikin kita gak perlu keluar rumah buat konsultasi ke dokter. Masuk ke dalam pertolongan pertama nih.

    BalasHapus
  28. Aku seringnya pakai SehatQ ini buat booking dokter gigi anakku hehe, soalnya aplikasi RS-nya sendiri tuh kadang suka error. Suka baca2 artikelnya juga tapi blm pernah nyobain fitur konsultasinya sih. Kyknya bisa juga buat nanya2 walau gak bisa menggantikan pemeriksaan langsung ya mbak.

    BalasHapus
  29. Wah bisa chatting asyik tentang kesehatan
    Jadi pingin install juga, lututku sakit

    BalasHapus
  30. Tapi lucu sih artikel pembukanya 🤣🤣 saya pengen bawa ke dokter tp ke dokter apa? Anaknya si mbak sakit apa, ya bawa ke dokter sesuai sakitnya hihihi... Tp klo anak2 cukup sih bawa ke dokter anak aja

    BalasHapus
  31. Sebenarnya aplikasi gini cocok buat yang sibuk dan kekinian. Tapi kalau aku sodorkan aplikasi ginian ke orang di sekitar rumah, mereka gak paham. Sudah aku jelaskan cara bacanya juga.
    Mereka lebih mantap kalau langsung ngantre

    BalasHapus
  32. Saya juga paling suka baca artikel kesehatan di sehatq.com ini
    Simple dan mudah dicerna.
    Nggak kebanyakan istilah yang harus dicek maknanya

    BalasHapus
  33. Aku udah cobain aplikasi sehatQ ini responnya juga cepat pas tanya-tanya soal kesehatan ke dokternya memudahkan banget pokoknya

    BalasHapus
  34. yg aku paling suka dr aplikasi kasi ini tentang HOAKS itu kak... yang ada mitos dan faktanya. karena kita tuh kadang termakan hoaks tentang kesehatan yang gk/belum tentu benar adanya

    PS
    Peluk dari jauh
    lilpjourney(dot)com

    BalasHapus
  35. Belum pernah pake aplikasi ini, tapi dari sini seenggaknya sudah ada gambaran.

    BalasHapus