Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Serunya Memetik Strawberry di Taman Kelinci Padusan






Baru minggu pertama Desember, kenapa sudah hawa liburan yang terasa. Mungkin November kemarin saya dan suami dipenuhi oleh deadline yang datang silih berganti. Mungkin karena si kakak sudah selesai PAS (Penilaian Akhir Semester). Atau mungkin juga kami berempat kekurangan waktu untuk bersama. Jadi kami butuh liburan!


Taman Kelinci Padusan






Berhubung hanya memanfaatkan weekend maka kami pun memilih tempat liburan yang tidak jauh dari rumah. Kasihan juga sia Ayah yang tiap hari lembur harus nyetir jauh-jauh. Maka kami putuskan berlibur di Taman Kelinci Padusan yang terletak di Pacet Mojokerto. 


Wisata ini juga sedang hapening, banyak teman-teman yang sudah pernah kesana. Katanya, wisata ini sangat edukatif dan menghibur anak-anak. Ditambah lagi tak akan menguras kantong, karena murah meriah!






Taman Kelinci Padusan ini terletak di daerah pegunungan. Wisata ini dikelilingi oleh banyak gunung. Terletak di kaki gunung Arjuna dan juga dikelilingi oleh gunung Welirang dan Penanggungan. Tentunya memiliki udara bersih nan sejuk. Cocok untuk kami rehat sejenak dari segala polusi dan teriknya Surabaya, hehe.






Setelah menempuh perjalanan selama dua jam, kami pun sampai disini. Sebelum masuk, kami membeli tiket terlebih dahulu. Ternyata disini tak hanya ada wisata taman kelinci, tetapi juga beberapa wahana lainnya. Tiket dijual terpisah. 


Kami beli dua tiket, taman kelinci dan petik strawberry. Masing-masing harganya Rp. 20.000. Jadi total untuk kami berempat adalah Rp. 160.000. 





Taman Kelinci merupakan satu dari beberapa wahana wisata edukasi alam dan permainan anak yang dikelola Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) “Petik Strawberry” di Desa Padusan. Lokasi tempat wisata ini sekitar 23 kilometer atau 30 menit dari Kecamatan Mojosari, ibu kota Kabupaten Mojokerto atau sekitar 31 kilometer atau 40 menit dari pusat Kota Mojokerto. Jika dari Surabaya, jaraknya sekitar 84 kilometer atau hampir dua jam perjalanan.


Dulunya, wilayah ini adalah area persawahan. Disini petani menanam padi, palawija dan buah-buahan. Awalnya hanya petani merintis kebun strawberry. Wisata petik strawberry sangat diminati pengunjung. Lalu kemudian berkembang menjadi beberapa wahana baru lainnya. Mulai dari taman kelinci, play groud, ATV hingga area berkuda. Selain wisatawan lokal, juga banyak wisatawan mancanegara yang datang kesini.


Ada Apa di Taman Kelinci Padusan



Memberi Makan Ikan






Sebelum masuk Taman Kelinci Padusan, kami mencoba serunya memberi makan ikan. Ada kolam ikan di sebelah loket. 





Kami bisa memberi makan ikan secara langsung. Dengan membeli sebungkus pakan ikan seharga Rp. 5.000, anak-anak bisa merasakan serunya memberi makan ikan. 





Playground






Setelah puas memberi makan kelinci kami pun masuk. Anak-anak main di playground. Main ayunan, prosotan hingga adu ketangkasan naik jembatan. Disini ada kandang kura-kura dan kalkun. 

















Lalu di playground ini ada bangunan, model rumah panggung gitu. Di dalam nya ada kandang kelinci. Anak-anak juga bisa main otopet disini. 














Petik Strawberry 








Puas bermain di playground kami naik keatas. Lokasi wisata ini terletak di perbukitan, maka kami pun harus naik keatas. Menaiki beberapa anak tangga, kami menuju kebun strawberry.






Memetik strawberry ternyata ada aturannya lho. Saat memetik strawberry tidak boleh ditarik tangkainya dan tidak boleh di petik bunganya. Caranya adalah pegang buahnya dan patahkan. Oh ya, masing-masing orang hanya boleh memetik strawberry 5 buah saja. Tidak boleh lebih. 







Anak-anak senang sekali. Memetik strawberry langsung dari pohonnya. Merasakan menjadi petani strawberry yang memanen buahnya. 


Pujasera








Mengelilingi Taman Kelinci Padusan ternyata cukup melalelahkan ya. Kami harus naik turun bukit. Anak-anak juga mulai kecapekan. Maka kami istirahat sejenak di pujasera yang tersedia. Kami menikmati makan siang. Biar punya tenaga untuk kembali berjalan.






Play House







Tempat teratas di Taman Kelinci Padusan ini adalah Play House. Kami harus kembali membayar tiket untuk masuk ke wahana ini. Cukup membayar Rp. 5.000 per orangnya.






Disini ada rumah-rumahan yang bisa dijadikan spot selfie. Juga ayunan dan wall climbing mini. Anak-anak bisa adu ketangkasan disini. 















Anak-anak juga bisa main air sepuasnya. Ada kolam renang mini. Saat anak-anak main di kolam, kami bisa rebahan sejenak. Menikmati semilir angin pegunungan. Hmm benar-benar refreshing rasanya.









Area Berkuda







Di area Play House ini anak-anak juga bisa merasakan sensasi berkuda. Ada seekor kuda yang siap mengajak berkeliling. Agar bisa naik kuda, siapkan uang sebesar Rp. 15.000 per orang. 


Taman Kelinci






Puas seru-seruan di puncak, kami kembali turun. Taman kelinci menjadi tujuan terakhir. Sebelum masuk, kami diberi beberapa wortel untuk memberi makan kelinci.














Di taman ini ada banyak kelinci dari beragam jenis. Kelinci-kelincinya lucu dan menggemaskan. Anak-anak bisa memeberi makan kelinci tanpa takut di gigit. Juga bisa berkejaran dengan kelinci. Membelai bulu kelinci yang lembut. 





Es Krim Strawberry








Puas berkeliling semua wahana yang ada di Taman Kelinci Padusan kami kehausan. Kami pun mencoba segarnya es krim strawberry yang tersedia di dekat pintu keluar. Hmm rasanya segar. Strawberry nya alami. Terbuat dari strawberry yang dipetik langsung dari kebunnya.


Bibit Strawberry







Terakhir sebelum pulang, tak lupa kami beli oleh-oleh. Bukan oleh-oleh biasanya. Kami membeli dua bibit strawberry. Per bibitnya dijual seharga Rp. 15.000. Kami beli dua, semoga bisa hidup di tengah hawa Surabaya. Hehe.










Wisata ke Taman Kelinci Padusan sangat menyenangkan. Anak-anak bisa merasakan serunya suasana pedesaan. Mencintai binatang dan merawat tanaman. Menikmati udara segar yang sejuk. Memandang hamparan hijau di daerah pegunungan. Sungguh cukup untuk menghilangkan semua penat. Juga untuk detox dari polusi udara perkotaan.


Bagaiamana? Sudahkah kamu berkunjung kesini? Kalau belum, segera datang. Dijamain kamu tidak rugi 😊😊😊

45 komentar

  1. wah ini sih cocok banget buat anak2

    BalasHapus
  2. Anak saya kapan hari sedih pengen ke sini, kami cuman di depannya doang, ga jadi masuk karena udah kesorean.
    Wajib ke sini nih, mumpung liburan, dan mumpung hujan belum seintens nantinya.
    Lumayan juga buat refreshing mamak-mamak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar mbakk..
      Harus pagi klo kesini, karena cuma sampai jam 4 sore

      Hapus
  3. MasyAllah serunya Mba. Satu tempat wisata tapi banyak wahana bermain dan eksplorenya ya buat anak-anak. Ini cocok banget nih buat anak-anak karya wisata keluarga atau di sekolah gitu ya. Soalnya banyak nilai edukasinya buat anak-anak. Kayak di playground bisa melatih motorik kasar anak. Petik strawbery dan kasih makan ikan bisa buat stimulasi kecerdasan naturalis mereka dan fitrah iman mereka dll. Suka aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar bgt...
      Saat ada di alam bisa asah fitrah keimanan mereka

      Hapus
  4. Lokasi enak banget ini buat isi liburan anak-anak dan pemandangan pegunungna yang indah. Klalau ke sana aku kejauhan ya, semoga di sini ada wisata keluarga serupa. Next time aja ke Taman Kelinci Padusan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, trawas ini ibarat puncak gitu.
      Banyak tempat wisata, jadi tujuan org sby berlibur

      Hapus
  5. Lokasi taman bermainnya bikin betah anak,udah gitu taman kelinci hmm ... Bikin sayang deh sama kelinci yg imut imut

    BalasHapus
  6. Pernah nyari alamat petik stoberi ini di google map eh malah nyasar. Kapan2 mau main kesini juga ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iyakah..
      Di pacet ada banyak yg spt ini..
      Cuma ini aq yg di daerah padusan

      Hapus
  7. Senangnyaaaa jalan2 bareng keluarga di Taman Kelinci Padusan :) Metik stroberi, main di playground, kasih makan ikan dll. Terjagkau juga harganya. Anak2 aakalan betah itu... Eh aku jadi mau juga kan sebentar lg liburan sekolah ya. Ceki2 ah :) TFS mbak Dian.

    BalasHapus
  8. Anakku suka banget sama binatang, kalau dibawa kesini dia pasti suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, coba bw kesini biar anak happy

      Hapus
  9. Mbak, itu 'kan peraturannya hanya boleh memetik maksimal 5 buah strawberry. Bagaimana cara mengawasinya supaya gak ada wisatawan yang memetik lebih dari itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas pulang akan dihitung sama petugasnya mbak

      Hapus
  10. Ajak anak-anak emang pas banget,ada nilai edukasinya.
    Anak bisa menyatu dengan alam,dan bisa lupain gadget + mall sekali-kali.
    Apalagi biaya masuknya tergolong murah,hanya Rp.5000/orang udah bisa menikmati alam dan bermain bersama kelinci.
    Bagi yang suka memetik strawbery juga seru banget ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini paket lengkap.
      Wisata edukatif yg murah meriah

      Hapus
  11. Paling seneng y bawa anak ke wisata alam kaya gini anak bisa mendapatkan kegembiraan tapi tetep belajar keren tempatmya

    BalasHapus
  12. Aaahh keren ini, nyari yang kaya gini di Jakarta susah loh mbak :(

    BalasHapus
  13. Wah lengakap sekali ya Taman Kelinci Padusan ini. Asri dan wahana kesukaan anak-anak nih semua ada. Murmer pula biayanya. Bisa nih ke sini kalau saya mudik Kediri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bener itu mbak..
      Bisa mampir sini dulu

      Hapus
  14. duh menyenangkan banget rekreasi di taman kelinci ini
    anak-anak pasti seneng ya mbak bisa liat kelinci lucu juga memetik strawberry langsung

    BalasHapus
  15. Eh, lumayan juga jaraknya yaa...Dee.
    40 menit dari Mojokerto loo...Surabaya-Mojokerto aja sejam kan yaa..?
    Tapi namanya liburan, pasti terasa nikmatnya.

    Happy Holidaayy, shaiii~

    BalasHapus
  16. Duh anakku bakalan suka kalau diajak ke sini mba. Menikmati sekali liburan dengan pemandangan yang alami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..
      Wisata alam spt ini selalu bikin anak2 happy

      Hapus
  17. Wuih senengnya bisa puas2 ke sana, banyak mainan, ada kolam renanag mini, bisa kasi makan hewan2. Kyknya lokasinya emang ramah anak kecil dan cocok banget buat liburan sama keluarga ya.

    BalasHapus
  18. Wah, seru bsnget ya di Ta.an Kelinci Padusan, anak-anak bisa puas bermain dan juga bisa memetik strawberry sendiri

    BalasHapus
  19. Tamannya seru juga ya mbak, memberi makan ikan, banyak permainan anak dan banyak kelinci yang lucu. Jadi pengen menikmati liburan di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mbak..
      Ini sangat menyenangkan..
      Apalagi buat anak anak

      Hapus
  20. Objek wisata di kota mojokerto ini bagus sekali,ga nyangka dikota ini ada objek wisata seperti ini... sekarang disetiap daerah hampir merata memiliki objek wisata yang bagus bagus seperti mojokerto..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Mojokerto, khususnya trawas banyak obyek wisata mbak..
      Trawas itu ibarat puncak buat orang surabaya

      Hapus
  21. ini mah paket lengkap yaaa. semuanya adaaa :D. kalo bawa anak kesini ga bingunf dan mati gaya kalo kelamaan mba. bisa main ama klinci, main di playground, naik kuda, berenang hahahaha. kalo kapan2 aku ke mojokerto, bakal mampir sih ke taman ini :D

    BalasHapus
  22. Anakku pasti seneng deh kalau diajak kesana, lumayan irit di kantong nih

    BalasHapus
  23. Wah sepertinya nyaman banget ya kak, jadi ga sabar pengen ke sana juga hehehe

    BalasHapus
  24. Wah,anak-anakku pasti happy nih diajak ke taman kelinci padusan ini. Coz mereka bisa bebas main dan kerjar-kejaran.

    BalasHapus