Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tips Anti Stres Hadapi Corona Covid - 19



Tips Anti Stres Hadapi Corona Covid 19 - Tak terasa beberapa hari lagi memasuki bulan Ramadhan. Senang bertemu bulan mulia ini, meski sedih karena masih dalam bayang-bayang Corona Covid - 19. 


Ramadhan tahun ini ikut disemarakkan oleh tantangan dari Blogger Perempuan Network (BPN), 30 Days Ramadhan. Tahun lalu saya berhasil menyelesaikan tantangan ini. Senang bisa mengisi ramadhan dengan produktif menulis. Selain itu juga dapat hadiah keren dari BPN. 


Nah seperti biasa dalam challenge ini ada tema-tema tertentu yang harus ditulis. Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini temanya per pekan. Di pekan pertama, wajib menulis tentang Corona. 


Di tulisan pertama ini, saya akan berbagi tips anti stres hadapi Corona Covid - 19. 

tips anti stres hadapi corona covid - 19


Terkena Psikosomatis



Saat pertama kali mendengar virus Corona Covid - 19 masuk ke Indonesia, mendadak kepala saya pusing, badan terasa lemas dan mata berair. Padahal sebelumnya saya sehat-sehat saja. Saya masih ingat saat itu, saya sedang ada di kantor. Mendengar berita ada pasien positif Corona di Depok, saya bergegas menuju apotik terdekat. Tujuannya satu : cari masker dan handsanitizer. Ada dua apotik dan dua mini market dekat kantor yang saya datangi, dan saya tidak mendapatkan barang yang saya butuhkan disemuanya.


Saya pun melangkah gontai kembali ke kantor. Mata makin berair, kepala terasa berat dan badan saya pun menggigil. Padahal sebelumnya saya sehat-sahat saja. 


Ternyata saya mengalami gangguan psikosomatis. Psikosomatis terdiri dari dua kata, pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Gangguan psikosomatis adalah penyakit yang melibatkan pikiran dan tubuh, di mana pikiran memengaruhi tubuh hingga penyakit muncul atau menjadi bertambah parah. Istilah gangguan psikosomatis digunakan untuk menyatakan keluhan fisik yang diduga disebabkan atau diperparah oleh faktor psikis atau mental, seperti stred dan rasa cemas. 

Sedangkan dalam istilah psikologi, psikosomatis atau penyakit "fungsional" merupakan kondisi yang menyebabkan rasa sakit dan masalah pada fungsi tubuh, walaupun tidak ditemukan kelainan pada pemeriksaan fisik, maupun pemeriksaan penunjang seperti Rontgen atau tes darah.


Saat mendengar kabar virus Corona masuk Indonesia, saya langsung stres dan cemas. Ketakutan akan virus ini langsung membayangi saya. Dan ini pada akhirnya membuat kondisi fisik saya menurun. Saya yang sebelumnya sehat-sehat saja, mendadak drop. 


Tips Anti Stres 



Tak mau mengalami gangguan psikosomatis lagi, saya pun belajar megolah stres saya. Saya tak mau daya tahan tubuh jadi drop, kan bahaya banget kalau sampai drop ditengah pandemi seperti ini.


Beberapa hal yang saya lakukan agar tidak stres menghadapi Corona antara lain : 


1. Mencari Referensi Terpercaya


Pertama-tama yang saya lakukan adalah mencari referensi terpercaya tentang Corona ini. Mulai dari apa itu corona, bagaimana penyebarannya hingga cara pencegahannya. Dengan begitu saya bisa tahu cara menghadapi virus ini. Salah satunya adalah dengan melakukan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).


2. Relaksasi



Saya juga melakukan relaksasi untuk melepaskan stres. Selain dengan shalat dan membaca Al Qur an, saya juga mendengarkan musik yang membangkitkan good mood. Plus nonton drama korea! (wajib ini mah, hehe). Kalau sudah melakukan ini pikiran akan bayang-bayang corona hilang. Ketakutan saya pun sirna.

3. Bonding dengan Keluarga



Virus ini membuat saya lebih sering beryukur. Saya bisa memiliki lebih banyak waktu dengan suami dan anak-anak. Banyak melakukan aktivitas bersama yang menyenangkan, misalnya main board game. Ini membuat saya gembira, stres pun hilang.


4. Sugesti Positif


Saya juga terus mengafirmasi diri, bahwa semuanya akan baik-baik saja. Selama kita melakukan PHBS dan menjaga daya tahan tubuh, kita akan terhindar dari virus corona. 


Dan terus meyakinkan diri bahwa semua ini akan segera berlalu. Semua akan berjalan dengan normal lagi. Corona akan segera pergi. 


5. Berdoa



Last but not least, berdoa adalah jurus anti stres yang ampuh untuk menghadapi virus ini. Berpasrah dan meminta tolong pada Tuhan, membuat saya lebih rileks menjalani hari-hari ditengah pandemi ini.


Demikian tips anti stres hadapi corona covid 19 yang telah saya lakukan. Semoga tips ini bisa membantu ya. 


Tidak ada komentar

Posting Komentar